Yuk Lakukan Meditasi Ini untuk Kamu yang Susah Fokus

Elisabeth Garnistia Feb 11, 2021 • 9 min read


 

10022021_MEDITASSI_Content_Blog_820x410_Draft1

Artikel ini membahas cara-cara bermeditasi untuk meningkatkan fokus

---

Banyak di antara kamu, pasti susah sekali mengembalikan fokus saat belajar maupun bekerja. Apalagi di jam-jam rawan, otak pun terasa sulit untuk berkompromi untuk fokus kembali, akhirnya berdampak pada produktivitas bekerja atau belajar.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fokus yaitu dengan bermeditasi. Meditasi diyakini dapat memberikan segudang manfaat baik secara fisik dan mental. Apalagi untuk kamu yang memiliki kesibukan yang padat, seperti bersekolah atau bekerja. Meditasi bisa menjadi jawaban untuk membantu memulihkan pikiran, lho!

Manfaat meditasi juga sudah diakui manfaatnya. Dalam jurnal yang membahas mengenai manfaat kesadaran meditasi menuliskan, bahwa hasil dari melakukan 3 bulan meditasi dapat membantu menambah performa dalam hal visual motorik, lalu hasil dari 1 minggu melakukan meditasi dapat menambah performa dalam berkonsentrasi dan meningkatkan kewaspadaan. 

Manfaat lain meditasi pada kesehatan tubuh adalah dapat meningkatkan fungsi imun, menurunkan inflamasi dalam sel, lalu meditasi juga dapat meningkatkan kebahagian karena dapat menambah emosi positif dalam jiwa, menurunkan depresi dan kecemasan. 

Meditasi ternyata memang banyak banget manfaatnya, tidak heran banyak perusahaan besar menawarkan latihan meditasi untuk para karyawannya. Salah satunya adalah Google. Google memberi pelatihan meditasi bagi setiap karyawannya, dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas  dalam bekerja. 

Lalu bagaimana cara melakukan meditasi yang benar bagi pemula untuk meningkatkan konsentrasi? Simak 4 tips ini berikut, 

Baca Juga: Mindfulness: Cara Menyayangi Diri dengan Hidup di Saat Ini

1. Luangkan waktu 5-15 Menit 

067246300_1522746779-iStock-622427720

Luangkan Waktu 5 sampai 15 menit untuk Melakukan Yoga (Sumber: liputan6.com)

Luangkan waktu sekitar 5 sampai 15 menit untuk melakukan meditasi. Bagi pemula, kamu bisa meluangkan waktu 5 menit setiap hari untuk melakukan meditasi. 

Meditasi akan terasa sulit jika kamu langsung melakukan dalam waktu yang lama karena dalam meditasi kamu akan dilatih untuk memusatkan perhatian dan mempertahankan selama sesi meditasi berlangsung. 

Latihlah kemampuan konsentrasi sesering mungkin dalam meditasi. Setelah kamu sudah terlatih untuk fokus, barulah kamu dapat meningkatkan durasi meditasi sesuai kebutuhan kamu.

2. Cari Posisi Ternyaman 

Posisi Nyaman Selama Meditasi

Cari Posisi Ternyaman untuk Melakukan Meditasi (glitzmedia.co)

Carilah posisi senyaman mungkin agar kamu dapat mempertahankan fokusmu selama sesi. Kamu bisa melakukan meditasi di kursi, sofa, dan tempat tidur asalkan kamu tidak melakukan meditasi dengan terlentang. 

Ambilah posisi duduk yang dapat kamu pertahankan selama sesi meditasi. Hal ini akan sedikit membingungkan bagi pemula, namun ketika kamu sering berlatih meditasi, kamu akan dapat menemukan posisi yang pas dan nyaman untuk diri sendiri. 

Kamu juga bisa menaruh bau-bauan seperti aroma therapy agar tubuhmu dapat semakin rileks.

3. Tentukan Tujuan 

Tujuan Meditasi

Tentukan Tujuan Sebelum Melakukan Meditasi (Sumber:alodokter.com)

Sebelum melakukan meditasi, kamu harus menetapkan tujuan apa yang ingin kamu raih setelah melakukan meditasi. 

Seperti, untuk membuat pikiran lebih fokus, pikiran lebih sadar (mindful), atau pikiran lebih tenang. Ketika kamu sadar akan tujuan yang kamu ingin raih dalam meditasi, kamu dapat gunakan tujuan tersebut untuk kembali fokus pada tujuan ketika pikiranmu terdistraksi selama  melakukan meditasi.

Baca Juga: 7 Tips Agar Kamu Lebih Berkonsentrasi dalam Belajar

4. Fokus

Fokus Diperlukan Saat Meditasi

Usahakan untuk Tetap Fokus selama Meditasi (Sumber: orami.co.id)

Setelah mengatur waktu, tempat, dan tujuan bermeditasi, sekarang waktunya untuk melakukan meditasi sesungguhnya. Fokus pada apa yang kamu ingin lakukan selama bermeditasi. 

Bagi pemula, kamu bisa melakukan teknik pemula yaitu fokus pada satu titik. Maksudnya, kamu dapat memilih fokus pada satu objek kecil seperti nafas, suara air mancur, atau memandangi satu objek di depanmu.

Diharapkan, kamu dapat mempertahankan fokus selama bermeditasi tanpa dipengaruhi faktor lain seperti, perasaan mengantuk, khawatir, dan suara-suara dari dalam pikiranmu. 

Bila kamu ingin melakukan meditasi dengan fokus pada pernapasan, mulailah untuk mengambill nafas panjang diafragma melalui hidungmu. Lakukan seolah-olah perutmu adalah balon kecil yang menggembung seiring kamu mengambil napas. 

Setelah selesai mengambil nafas yang panjang, mulailah untuk menghembuskan nafas melalui mulut. Lakukan hal ini seolah-olah perutmu adalah balon yang mengempis. Selama melakukan teknik pernapasan, cobalah untuk tetap fokus pada suara nafasmu.

Lakukan teknik pernapasan ini sambil berkonsentrasi penuh pada nafasmu. Coba rasakan nafasmu, bagaimana udara masuk melalui hidung dan membuat perutmu membesar. Lalu rasakan pelan-pelan bagaimana nafas keluar melalui mulutmu. Rasakan setiap tarikan dan hembusan nafas yang keluar dan masuk dari hidung dan mulutmu. 

Latihan bermeditasi dengan berfokus pada satu titik ini dapat meningkatkan ketenangan dan konsentrasi. Yuk mulai lakukan meditasi agar kamu bisa lebih fokus selama belajar atau bekerja. 

Jangan menyerah jika kamu merasa menemukan hal-hal yang mendistraksi mu seperti kulit yang tiba-tiba terasa gatal, rambut mengenai wajah. Biarkan saja, jangan sampai hal tersebut mengontrol ketenanganmu. Arahkan fokus kembali pada objek yang kamu fokuskan dan lakukan kembali meditasi dengan tenang. 

Sekarang kamu sudah mengetahui cara bermeditasi untuk meningkatkan fokus kamu. Jangan lupa dicoba agar kamu dapat kembali produktif! 

Bagi kamu yang masih bingung mengikuti bimbel online yang seru, yuk daftarkan dirimu ke Brain Academy Online.

BA onlineReferensi:

Cara Meditasi yang Benar dan Mudah bagi Pemula. 13 Oktober 2019. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190717102939-255-412852/cara-meditasi-yang-benar-dan-mudah-bagi-pemula (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Debora. 19 Januari 2021. 5 Cara Meditasi yang Benar untuk Meningkatkan Fokus, Mudah Kok!. Tautan: https://www.orami.co.id/magazine/cara-meditasi-untuk-meningkatkan-fokus/ (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Firman, T. 13 September 2018. Sulit Berkonsentrasi dan Fokus? Cobalah Meditasi. Tautan: https://tirto.id/sulit-berkonsentrasi-dan-fokus-cobalah-meditasi-cYqr. (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

LaMeaux, C. HOW TO INCREASE YOUR FOCUS THROUGH MEDITATION. Tautan: https://www.gaiam.com/blogs/discover/how-to-increase-your-focus-through-meditation (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Kober, H., dkk. (2018). Brief Mindfulness Meditation Improves Attention in Novices: Evidence From ERPs and Moderation by Neuroticism. Tautan: https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnhum.2018.00315/full (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Hasibuan, L. (8 April 2018). Studi: Meditasi Bantu Otak Tetap Fokus. Tautan: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20180408134546-33-10152/studi-meditasi-bantu-otak-tetap-fokus (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Meditasi Pernafasan, Keajaiban Nafas Dalam Meditasi. 2 Agustus 2019. Tautan: https://riliv.co/rilivstory/meditasi-pernafasan-keajaiban-nafas-dalam-meditasi/ (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Rifda, H. 18 Juli 2020. Melatih Konsentrasi Saat Meditasi dengan 7 Langkah Berikut!. Tautan: https://riliv.co/rilivstory/melatih-konsentrasi-saat-meditasi/ (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Seppälä, E. 11 September 2013. 20 Scientific Reasons to Start Meditating Today. Tautan: https://www.psychologytoday.com/us/blog/feeling-it/201309/20-scientific-reasons-start-meditating-today (daring). (Diakses: 21 Januari 2021). 

Sumber Gambar: 

Luangkan Waktu 5 sampai 15 menit untuk Melakukan Yoga. Tautan: https://www.liputan6.com/global/read/3906377/12-negara-dengan-jumlah-zona-waktu-terbanyak-indonesia-posisi-berapa (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Cari Posisi Ternyaman untuk Melakukan Meditasi. Tautan: https://glitzmedia.co/post/wellness/health-body/rasakan-efeknya-melakukan-meditasi-untuk-pemula-dengan-cara-tepat-seperti-ini?page=2 (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Tentukan Tujuan Sebelum Melakukan Meditasi. Tautan:https://www.alodokter.com/manfaat-meditasi-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental  (daring). (Diakses: 22 Januari 2021). 

Usahakan untuk Tetap Fokus selama Meditasi. Tautan: https://www.orami.co.id/magazine/cara-meditasi-untuk-meningkatkan-fokus/ (daring). (Diakses: 22 Januari 2021).

Profile

Elisabeth Garnistia

Beri Komentar