Strategi Menjawab Soal Literasi Bahasa Indonesia di UTBK SNBT

tips-menjawab-tes-skolastik-snbt-literasi-bahasa-indonesia-1

Literasi Bahasa Indonesia akan muncul pada Tes Skolastik SNBT. Soal ini hampir mirip dengan PBM dan PPU. Bagaimana cara mengerjakannya?

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan terbaru, seleksi masuk PTN mengalami beberapa perubahan, terutama pada soal yang diujikan di UTBK SNBT. Kalau di tahun-tahun sebelumnya kamu bertemu dengan soal Pemahaman Bacaan Menulis (PBM) dan Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), maka mulai tahun 2023 lalu, keduanya digantikan dengan Literasi Bahasa Indonesia.

Hmm, apa sih yang mendasari perbedaan antara Literasi Bahasa Indonesia dengan PBM dan PPU? Apakah lebih sulit dan memakan waktu lama untuk menjawabnya? Kita bahas karakteristik, tipe soal, jenis teks, beserta tipsnya, yuk!

 

Perbedaan PBM, PPU, dan Literasi Bahasa Indonesia

Kalau kamu masih ingat, materi UTBK sebelumnya lebih menekankan hafalan dibanding daya nalar siswa. Contohnya pada soal PBM dan PPU, yang sering ditanyakan adalah pengetahuan tata bahasa, seperti apa itu frasa, kalimat, konjungsi, wacana, dan lain-lain.

Nah, pada Literasi Bahasa Indonesia, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan untuk memahami esensi suatu bacaan. Tetapi, bukan berarti tata bahasa sudah nggak penting buat dipelajarin ya guys. Karena, untuk dapat memahami informasi dari suatu bacaan , kamu harus mengerti kata demi kata serta kalimat yang ada di dalamnya.

Baca juga: Contoh dan Pembahasan Soal Literasi Bahasa Indonesia SNBT

 

Bentuk Soal Literasi Bahasa Indonesia

Meskipun tergolong baru, bentuk soal Literasi Bahasa Indonesia sebenarnya sudah pernah muncul pada soal AKM Literasi, lho! Berdasarkan hal ini, kisi-kisi Literasi Bahasa Indonesia dapat kita bagi menjadi 2, yaitu berdasarkan jenis teks dan konteks bacaan.

 

1. Jenis Teks

Ada dua teks yang muncul pada soal UTBK SNBT Literasi Bahasa Indonesia. Pertama, teks informasi yang berbentuk iklan, dokumen pemerintahan, artikel, berita, laporan, infografis, resep, dan ulasan.

Selanjutnya, kita juga bakal bertemu dengan teks sastra. Ada teks cerita, fiksi ilmiah, catatan perjalanan, puisi, cerita bergambar, dan sebagainya. Kamu pasti sudah akrab dengan beberapa yang disebutkan tadi dong?

Coba deh, kamu baca artikel mengenai jenis-jenis karya sastra di blog ini, seperti pantun, novel, atau cerpen. Biar kamu lebih paham dan siap menghadapi SNBT nanti. Selamat belajar!

jenis-teks-dan-konteks-bacaan-utbk-snbt-literasi-bahasa-indonesia

 

2. Konteks Bacaan

Sebuah teks pasti mempunyai topik atau konteks bacaan. Nah, kalau di Literasi Bahasa Indonesia, konteks bacaannya terbagi menjadi 3 jenis, yaitu PersonalSosial Budaya, dan Saintifik. Hmm, kayak gimana sih maksudnya?

Topik pada bacaan personal biasanya menyangkut hobi, cita-cita, pengalaman pribadi, peristiwa, gaya hidup, dan profesi. Topik ini sering muncul pada AKM Literasi di tingkat Sekolah Dasar (SD). Teksnya lebih singkat, sederhana, dan mudah dipahami.

Kemudian ada teks bacaan sosial budaya yang berhubungan dengan transportasi publik, permainan tradisional, perekonomian, kebijakan publik, makanan khas, tarian, dan kebiasaan masyarakat. 

Terakhir, teks bacaan saintifik. Teks ini menyajikan topik mengenai ruang angkasa, kesehatan atau medis, fisika, ilmu gizi, cuaca, iklim, gejala alam, dan biologi.

Konteks bacaan sosial budaya dan saintifik merupakan teks yang kemungkinan paling sering muncul di soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT. Topik yang dipilih sengaja dibuat lebih kompleks, beragam, dan butuh pemahaman tingkat menengah.

Baca juga: Ketentuan Terbaru SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri

 

Tipe Soal

Kalau tadi sudah bahas bentuknya, sekarang kita lanjut ke tipe atau level soal. Seperti yang disebutkan di awal artikel, Literasi Bahasa Indonesia bertujuan untuk memahami esensi dan menganalisis argumen dari suatu bacaan. Makanya, tipe soal tes ini dibagi menjadi 3 level, yaitu:

 

1. Menemukan Informasi

Kita mulai dari level yang paling mudah, alias menemukan informasi. Biasanya, peserta ujian diminta untuk mencari informasi yang eksplisit, tersurat, dan relevan dengan teks yang disajikan. Kamu pasti bisa deh ngerjainnya, gampang kok!

 

2. Memahami Informasi

Level menengah atau sedang yaitu memahami informasi. Akan ada pertanyaan yang berkaitan dengan kesimpulan, menentukan ide pokok, serta memberikan prediksi. Bukan cuma membaca, tetapi kamu juga wajib memahami keseluruhan teksnya. Kira-kira apa sih yang ingin disampaikan pada teks tersebut? Begitu ya.

tipe-soal-utbk-snbt-literasi-bahasa-indonesia

 

3. Mengevaluasi dan Merefleksi Informasi

Sampailah kita pada level tersulit soal Literasi Bahasa Indonesia, yakni mengevaluasi dan merefleksi informasi. Bentuknya bukan cuma teks, melainkan berupa gambar atau infografis. Kalau kamu punya daya nalar dan literasi yang bagus, tipe soal ini tak sesulit yang dibayangkan.

Soal di level ini mengharuskan kamu untuk memberi saran atau solusi, menghubungkan informasi dengan pengalaman pribadi, menilai format penyajian atau tata bahasa, serta menentukan pilihan yang paling tepat sesuai dengan isi teks.

 

Strategi Penguasaan Materi

Agar dapat memahami esensi dari sebuah teks, kamu perlu waktu yang lama untuk berkonsentrasi supaya bisa menjawab dengan benar. Ternyata, ada 2 teknik membaca teks panjang secara cepat dan efektif. Apa itu?

 

1. Skimming

Skimming adalah metode membaca cepat untuk mengetahui intisari, pokok permasalahan, maupun gagasan umum yang terdapat dalam sebuah teks. Teknik ini cocok dipakai untuk menjawab soal yang kompleks, seperti mengevaluasi dan merefleksi informasi.

Langkah-langkah skimming, antara lain:

  • Melihat judul teks.
  • Hindari membaca kata per kata.
  • Simak bagian awal dan akhir paragraf.
  • Perhatikan gambar atau infografis yang terdapat pada teks.

 

skimming-dan-scanning

 

2. Scanning

Scanning adalah metode membaca untuk menentukan informasi yang relevan berdasarkan kata kunci. Teknik ini sering disebut “membaca loncat”, karena kamu hanya perlu menemukan informasi yang spesifik, bukan membaca keseluruhan teks. Scanning cocok digunakan untuk level soal mencari informasi yang tergolong mudah.

Langkah-langkah scanning, antara lain:

  • Perhatikan kata kunci yang diminta.
  • Telusuri paragraf dengan cepat.
  • Baca informasi di sekitar kata kunci.
  • Perhatikan kata yang dicetak miring atau tebal.

 

Tips Menjawab Soal Literasi Bahasa Indonesia

Untuk menguasai Literasi Bahasa Indonesia, kamu hanya perlu rajin membaca dan berlatih dengan variasi soal yang berbeda. Berikut tips menghadapinya!

  • Baca pertanyaan terlebih dahulu, kemudian membaca teks untuk mempersingkat waktu.
  • Gunakan teknik skimming atau scanning sesuai dengan tipe soal yang dihadapi.
  • Abaikan informasi yang tidak terkandung pada teks supaya kamu tak terkecoh.

Tuh, ternyata ada cara cepat buat jawab tes Literasi Bahasa Indonesia. Kalau mau tahu lebih banyak, subscribe YouTube Channel Ruangguru ya! Semua tentang SNBT dibahas lengkap sampai ke akar-akarnya. Dijamin seru, nggak membosankan, dan bikin kamu paham!

 

UTBK SNBT tinggal sebentar lagi nih. Kamu nggak mau siap-siap lebih awal gitu? Ikutan kelas gratis di Brain Academy, yuk. Bisa online atau datang langsung ke cabang terdekat dari kotamu. Fasilitasnya lengkap, bisa bantu lolos ke jurusan dan PTN yang kamu pengenin!

Brain Academy SNBT

Salsabila Nanda