Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia UTBK SNBT Tahun 2024

SNBT Literasi Bahasa Indonesia

Salah satu subtes yang muncul pada UTBK SNBT adalah Literasi Bahasa Indonesia. Simak latihan soal dan pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Halo, teman-teman! Pasti kamu sudah tahu bahwa tahun di tahun 2024 ini akan ada soal isian di UTBK SNTB. Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa terdapat 4 jenis tes skolastik yang diujikan, salah satunya Literasi Bahasa Indonesia. Hmm, kira-kira seperti apa ya contoh soal dan cara mengerjakannya? Yuk, lihat!

 

Apa itu Literasi Bahasa Indonesia?

Literasi Bahasa Indonesia adalah soal yang menguji kemampuan calon mahasiswa untuk benar-benar memahami esensi dari suatu bacaan serta dapat menganalisis argumen yang ada di dalamnya. Jenis soal ini hampir mirip dengan UTBK Pemahaman Bacaan serta AKM Literasi, dimana terdapat pertanyaan mengenai ide pokok, permasalahan, atau kesimpulan dari teks yang disajikan.

Tenang, kamu nggak perlu takut. Ada beberapa tips untuk menjawab soal Literasi Bahasa Indonesia:

  1. Baca soal terlebih dahulu agar menghemat waktu pengerjaan.
  2. Garisbawahi kata kunci yang dianggap penting dalam teks.
  3. Gunakan teknik membaca skimming, yaitu cara cepat untuk menemukan ide pokok atau simpulan dari sebuah teks.

 

Latihan Soal Literasi Bahasa Indonesia

Ingat ya, untuk bisa menjawab literasi bahasa Indonesia dengan benar, kamu harus berlatih dengan variasi soal yang berbeda. Nah, apa saja sih kisi-kisi atau materi yang kemungkinan keluar di sub-tes ini? Yuk, simak pembahasan dan kunci jawabannya!

Baca juga: Strategi Mengerjakan Literasi Bahasa Indonesia, Pasti Lolos SNBT!

separator latihan soal-4

1. Contoh Soal Isian Literasi Bahasa Indonesia (NEW!)

Topik : Bedah Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia

Subtopik : Memahami Informasi

Level Kognitif : HOTS

Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

Cancel culture dapat diartikan sebagai sebuah praktik boikot massal terhadap seseorang atau suatu kelompok. Pemboikotan ini bisa terjadi di dunia nyata, media sosial, atau keduanya. Cancel culture dilakukan dengan cara mengumpulkan dukungan untuk memboikot seseorang atau suatu kelompok yang telah melakukan hal yang tidak pantas atau melanggar nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, seperti mengatakan hal yang rasis atau melakukan tindakan kriminal.

Orang-orang atau kelompok yang mengalami cancel culture biasanya akan diboikot, baik dalam pekerjaannya hingga kehidupan sosialnya. Pada prosesnya, mereka juga akan mendapatkan ujaran kebencian dan dimasukkan ke dalam daftar hitam (blacklist). Hal ini dilakukan masyarakat sebagai bentuk penolakan keberadaan diri mereka di ruang publik. Cancel culture ini sering dialami para figur publik, seperti selebritas dan politisi.

Jika ditelusuri lebih lanjut, cancel culture memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif dari gerakan cancel culture adalah gerakan ini bisa berfungsi sebagai alat pengendalian sosial. Hal ini terjadi karena gerakan ini bisa membuat masyarakat, terutama figur publik, akan berhati-hati ketika berucap dan bertindak. Sementara itu, dampak negatifnya adalah menimbulkan cyber bullying terhadap seseorang dan menciptakan rasa malu, tidak percaya diri, hingga depresi pada orang yang mengalaminya. Selain itu, jika terjadi pada figur publik, cancel culture ini tentunya berpotensi besar merusak kehidupan mereka sebagai figur publik.

Berdasarkan informasi pada teks, tentukanlah apakah pernyataan dalam tabel berikut termasuk ke dalam kalimat fakta atau opini dan tentukan pula apakah kalimat tersebut sesuai dengan informasi pada teks!

Catatan: Tabel terdiri dari enam baris dan lima kolom

soal isian literasi bahasa indonesia

 

Kunci Jawaban : Opini Sesuai; Opini Sesuai; Opini Tidak Sesuai; Opini Tidak Sesuai; Opini Sesuai

Pembahasan :

Soal meminta kita untuk mengklasifikasikan kalimat dalam tabel ke dalam kalimat fakta atau opini dan mengecek kesesuaian pernyataan dengan informasi pada teks. Berikut ini adalah hasil analisis dari setiap pernyataan.

Pernyataan 1 merupakan kalimat opini. Kata harus pada pernyataan menunjukkan bahwa kalimat tersebut berisikan saran terhadap suatu hal. Kalimat ini sesuai dengan isi teks. Menurut teks, cancel culture biasanya dilakukan pada orang atau kelompok yang melakukan hal yang tidak pantas sehingga mereka bisa malu atas tindakannya itu dan tidak mengulanginya lagi.

Pernyataan 2 merupakan kalimat opini. Kata bisa menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal. Pernyataan ini sesuai dengan informasi pada paragraf 3 yang menjelaskan bahwa cancel culture bisa menimbulkan cyber bullying terhadap seseorang.

Pernyataan 3 merupakan kalimat opini. Hal ini ditandai dengan keberadaan kata sangat yang menunjukkan pendapat seseorang terkait suatu hal dan pendapat ini bisa berbeda dengan orang lainnya. Namun, pernyataan ini tidak sesuai dengan isi teks karena teks tidak menjelaskan pihak yang menggemari gerakan cancel culture.

Pernyataan 4 merupakan kalimat opini. Kata bisa pada pernyataan menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal. Namun, pernyataan ini tidak sesuai dengan isi teks karena teks tidak menjelaskan bahwa cancel culture bisa menyebabkan pikiran seseorang menjadi terbuka.

Pernyataan 5 merupakan kalimat opini. Kalimat ini menunjukkan adanya kemungkinan terjadinya suatu hal yang belum dipastikan kebenarannya Pernyataan ini sesuai dengan isi teks karena teks menjelaskan bahwa cancel culture dapat dilakukan di media sosial dan gerakan ini biasanya dialami para publik figur, seperti selebritas dan politisi, yang telah melakukan hal yang tidak pantas atau melanggar nilai dan norma yang berlaku. Selebgram merupakan selebritas yang ada di media sosial Instagram sehingga termasuk publik figur.

Jadi, jawaban secara berurutan adalah opini sesuai, opini sesuai, opini tidak sesuai, opini tidak sesuai, dan opini sesuai.

separator latihan soal-4

2. Topik : Bedah Contoh Soal Literasi Bahasa Indonesia

Subtopik : Mengevaluasi dan Merefleksi Informasi

Level Kognitif : HOTS

Teks ini digunakan untuk menjawab soal.

(1) Ide bisnis dengan modal kecil bisa dimulai dari rumah, terutama bagi para pencinta kucing. (2) Kucing adalah hewan peliharaan yang imut dan lucu. (3) Biasanya, orang memelihara kucing untuk menghilangkan rasa kesepian, tetapi sebetulnya ada peluang bisnis yang menarik di luar hal tersebut. (4) Contoh peluang bisnis tersebut adalah menjadi content creator. (5) Pemilik kucing bisa membuat konten tentang kucingnya, seperti cara perawatannya, jenis makanan yang dikonsumsinya, atau tingkah lucu dari kucingnya tersebut. (6) Saat membuat konten, pemilik kucing juga bisa memakaikan baju atau aksesori pada kucingnya. (7) Pemilik kucing pun bisa mendapatkan sumber pendapatan baru apabila ia juga menjual baju dan aksesori tersebut. (8) Jika tidak bisa memproduksi baju dan aksesori kucing sendiri, pemilik kucing harus bisa mencari produsen yang menjual barang-barang tersebut dengan harga murah agar ia tetap mendapat keuntungan saat menjual kembali produknya. (9) Selain baju dan aksesori, pemilik kucing juga bisa mendapat pendapatan tambahan dengan menjual makanan favorit kucingnya. (10) Menjual makanan favorit kucing peliharaan juga bisa dilakukan dengan modal yang tidak besar. (11) Dengan melakukan hal-hal tersebut, pencinta kucing dapat mendapatkan cuan sambil menjalani hal yang disenangi.

Tanggapan berupa opini yang sesuai dengan teks tersebut adalah …

A. Saat ini, pencinta kucing dapat memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil.
B. Salah satu ide bisnis yang paling murah untuk pencinta kucing adalah menjual makanan kucing.
C. Sebaiknya, pencinta kucing memulai bisnis yang berkaitan dengan kucing sesuai dengan kemampuan dan modal yang dimiliki.
D. Banyaknya peluang bisnis bagi pencinta kucing membuat banyak content creator yang memanfaatkan kucing peliharaannya.
E. Hanya content creator yang dapat membagikan kegiatannya bersama kucing peliharaannya dan membuatnya jadi ide bisnis yang paling menarik.

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Soal meminta kita untuk menentukan opini yang sesuai dengan teks. Opini merupakan gagasan atau pendapat yang dikemukakan oleh seseorang dan bersifat subjektif.

Opini yang sesuai dengan teks terdapat pada pilihan jawaban C, yakni Sebaiknya, pencinta kucing memulai bisnisnya sesuai dengan kemampuan dan modal yang dimiliki. Pernyataan tersebut merupakan opini. Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan kata sebaiknya yang bermakna ‘sepatutnya; sepantasnya’. Kata tersebut menunjukkan anjuran atau saran untuk orang lain. Selain itu, opini tersebut berkaitan dengan isi teks. Kalimat (7) dan (10) berkaitan dengan modal yang harus dikeluarkan pencinta kucing ketika ingin berbisnis menjual pakaian, aksesori, dan makanan favorit kucing supaya bisa mendapatkan untung. Keduanya menyiratkan agar pencinta kucing perlu mengeluarkan modal yang lebih rendah/murah. Oleh sebab itu, opini yang terdapat pada pilihan jawaban C masih berhubungan dengan isi teks.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

3. Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

    (1) Pada 16 November 2010, angklung diakui sebagai Warisan Budaya Dunia Kategori Tak Benda oleh UNESCO. (2) Namun, pelestarian angklung di Indonesia tentu menghadapi hambatan. (3) Perkara klasik seperti tidak adanya regenerasi, baik dari sisi seniman maupun perajin angklung, masih menjadi masalah utama. (4) Bahkan, setelah lebih dari 10 tahun ditetapkan sebagai warisan budaya dunia, angklung tak banyak memiliki peminat dalam tataran generasi muda.

    (5) Padahal, perkembangan angklung di mancanegara justru menunjukkan kecenderungan positif. (6) Angklung sedikitnya dimainkan di 131 negara, baik di sekolah maupun komunitas. (7) Sebagai contoh, di Amerika Serikat, alat musik Sunda itu dimainkan di universitas-universitas di Pennsylvania dan Hawaii. (8) Melihat hal itu, ada paradoks yang nyata: angklung diminati di negara lain, tetapi ditinggalkan di negara asalnya. (9) Oleh karena itu, regenerasi pemain angklung di Indonesia saat ini perlu menjadi perhatian dari semua pihak. (10) Pembuatan program pelestarian angklung juga menjadi hal yang penting. (11) Angklung mungkin harus dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah dari jenjang dasar untuk menjaga kelestariannya.

 

Mawarni, N. L. (2021). Indonesia dalam ancaman krisis regenerasi angklung. alinea.id. Diambil 3 November 2021 dari https://www.alinea.id/gaya-hidup/indonesia-dalam-ancaman-krisis-regenerasi-angklung-b2cDE97VR.

Apa gagasan utama paragraf pertama?

  1. Ada berbagai hambatan dalam pelestarian angklung di Indonesia. 
  2. Angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. 
  3. Angklung merupakan warisan budaya UNESCO yang sepi peminat. 
  4. Angklung sulit dilestarikan meskipun sudah jadi warisan budaya dunia.
  5. Angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia meskipun tak banyak diminati. 

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Gagasan utama disebut juga dengan ide pokok, yakni pokok bahasan dalam sebuah paragraf atau bacaan. Gagasan utama dapat terletak pada awal, tengah, akhir, ataupun menyebar pada keseluruhan kalimat dalam bacaan.

Paragraf pertama pada bacaan dalam soal terdiri dari empat kalimat. Kalimat (1) membahas diakuinya angklung sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Kalimat (2) memberikan informasi yang bertentangan dengan kalimat pertama. Pada kalimat (2), disebutkan bahwa ada banyak hambatan dalam melestarikan angklung. Sementara itu, kalimat (3) memberikan informasi tambahan untuk mendukung kalimat (2). Kalimat tersebut menyebutkan alasan sulitnya pelestarian angklung, yakni tidak adanya regenerasi. Informasi tersebut didukung oleh kalimat (4) yang menyebutkan bahwa hingga saat ini, angklung masih jarang diminati oleh generasi muda.

Dari informasi pada kalimat-kalimat tersebut, dapat dipahami bahwa kalimat (3) dan (4) mendukung kalimat (2). Namun, gagasan pada kalimat (2) bertentangan dengan kalimat (1). Jadi, dapat disimpulkan bahwa gagasan utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat (1) dan (2): walaupun angklung merupakan warisan budaya dunia, tetap ada banyak hambatan dalam pelestarian angklung. Dengan demikian, gagasan utama paragraf pertama adalah angklung sulit dilestarikan meskipun sudah jadi warisan budaya dunia.

Pilihan A tidak tepat. Jika ide pokok paragraf 1 sama seperti pada pilihan A, paragraf 1 seharusnya membahas hambatan apa saja yang terjadi dalam pelestarian angklung di Indonesia.

Pilihan B tidak tepat. Paragraf 1 tidak hanya membahas penetapan angklung sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Pembahasan tersebut bukanlah fokus utama pada paragraf 1.

Pilihan C tidak tepat. Fokus pembahasan pada paragraf 1 adalah adanya hambatan dalam pelestarian angklung meskipun angklung sudah menjadi warisan budaya dunia, bukan angklung merupakan warisan budaya UNESCO yang sepi peminat.

Pilihan E tidak tepat. Pernyataan pada pilihan E tidak sesuai dengan isi paragraf 1. Fokus pembahasan teks bukan masalah penetapan angklung sebagai warisan budaya dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

4. Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 4 dan 5.

Mengonsumsi Buah yang Benar dan Sehat

  1. Disarankan mengonsumsi buah 20—30 menit sebelum makan. Hal itu akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Buah juga akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sementara itu, mengonsumsi buah setelah makan akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa menjadi lebih lambat sehingga memicu begah, bahkan diare atau sakit perut.
  2. Disarankan makan buah satu jam sebelum berolahraga karena buah akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kekenyangan atau mual.
  3. Buah segar jauh lebih baik. Buah-buahan memang kaya akan serat dan berbagai vitamin. Namun, tidak demikian dengan buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses. Buah yang seperti ini umumnya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bahkan dapat pula mengandung pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh.

Superman is gone. (2016). Cara Makan Buah yang Benar. UHB News. Diambil 3 November 2021 dari http://news.uhb.ac.id/en/posts/cara-makan-buah-yang-benar/.

2. Berdasarkan pernyataan pada poin 3, dapat diasumsikan bahwa …. 

  1. buah kalengan atau buah beku tidak dapat dikonsumsi karena berbahaya.
  2. buah dengan kandungan gula yang tinggi membahayakan kesehatan tubuh.
  3. kandungan yang tidak baik untuk tubuh mungkin terdapat pada buah beku. 
  4. pengawet atau bahan kimia tambahan menyebabkan buah tidak dapat dikonsumsi.
  5. kandungan gula yang tinggi dan pengawet terkandung dalam setiap buah kalengan.

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Sebuah asumsi bisa didapatkan dari pemahaman akan informasi yang tersedia. Pada pernyataan nomor 3, terdapat pernyataan Buah yang seperti ini umumnya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bahkan dapat pula mengandung pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh. Frasa buah yang seperti ini merujuk pada buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses yang disebutkan pada kalimat sebelumnya.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat diasumsikan bahwa kandungan yang tidak baik untuk tubuh mungkin terdapat pada buah beku. Asumsi tersebut didasarkan pada kalimat dapat pula mengandung pengawet … yang bisa membahayakan tubuh.

Pilihan A tidak tepat. Buah kalengan atau buah buku memang dapat mengandung pengawet atau bahan kimia lain, tetapi bukan berarti tidak dapat dikonsumsi.

Pilihan B tidak tepat. Buah yang dibahas pada pernyataan adalah buah kalengan, buah beku, dan buah yang telah diproses. Buah-buah tersebut dapat mengandung pengawet atau bahan kimia lain yang membahayakan tubuh. Jadi, hal yang membahayakan tubuh adalah pengawet atau bahan kimia, bukan buah dengan kandungan gula tinggi.

Pilihan D tidak tepat. Pengawet atau bahan kimia lain yang terkandung pada buah beku, buah kalengan, atau buah yang telah diproses memang dapat berbahaya bagi kesehatan, tetapi bukan berarti bahwa hal-hal tersebut menjadikan buah tidak dapat dikonsumsi. Buah tetap dapat dikonsumsi, tetapi dapat membahayakan kesehatan.

Pilihan E tidak tepat. Kata setiap pada pilihan E menjadikan asumsi pada pilihan tersebut tidak tepat. Sesuai pernyataan, buah kalengan memang dapat mengandung kandungan gula yang tinggi, bahan pengawet, atau bahan kimia lain. Namun, bukan berarti setiap buah kalengan memiliki kandungan-kandungan tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

5. Berdasarkan bacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa …. 

  1. buah segar harus dikonsumsi karena kaya serat dan berbagai vitamin 
  2. buah mengandung vitamin dan merupakan detoks yang efektif bagi tubuh 
  3. lambatnya penyerapan fruktosa menyebabkan begah, diare, dan sakit perut 
  4. mengonsumsi buah tepat sebelum berolahraga dapat meningkatkan energi 
  5. konsumsi buah usai makan membuat penyerapan buah oleh tubuh tidak maksimal 

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Simpulan merupakan kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang didasarkan pada uraian sebelumnya. Untuk dapat menemukan simpulan yang tepat, pembaca perlu memahami isi bacaan. Bacaan pada soal membahas cara untuk mengonsumsi buah yang benar dan sehat.

Simpulan yang tepat berdasarkan bacaan tersebut adalah konsumsi buah usai makan membuat penyerapan buah oleh tubuh tidak maksimal. Simpulan tersebut didapatkan dari informasi pada nomor (1). Pada informasi (1), disebutkan bahwa konsumsi buah sebelum makan akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Sementara itu, makan buah setelah makan akan membuat penyerapan fruktosa menjadi lebih lambat (penyerapan tidak maksimal). Berdasarkan kedua informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsumsi buah usai makan akan menyebabkan penyerapan buah tidak maksimal.

Pilihan A tidak tepat karena sesuai informasi pada nomor (4), buah segar lebih baik untuk dikonsumsi daripada buah beku, buah kalengan, atau buah yang telah diproses. Namun, hal itu tidak menunjukkan bahwa buah segar harus dikonsumsi. Keharusan untuk mengonsumsi buah segar tidak dibahas dalam bacaan.

Pilihan B tidak tepat karena sesuai informasi pada nomor (2), buah akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Jadi, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi agar buah bisa menjadi detoks yang efektif bagi tubuh.

Pilihan C tidak tepat karena sesuai informasi pada nomor (1), disebutkan bahwa makan buah setelah makan akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa menjadi lebih lambat sehingga memicu begah, bahkan diare atau sakit perut. Artinya, lambatnya penyerapan fruktosa dapat menimbulkan salah satu dari efek berikut: begah, diare, atau sakit perut. Informasi pada pilihan C tidak tepat karena lambatnya penyerapan fruktosa disebut mengakibatkan begah, diare, dan sakit perut (ketiga efek itu akan terjadi).

Pilihan D tidak tepat karena sesuai informasi pada nomor (3), disebutkan bahwa salah satu waktu yang disarankan untuk makan buah adalah satu jam sebelum berolahraga, bukan tepat sebelum berolahraga.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-4

6. Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

     (1) Perubahan sosial adalah perubahan pada masyarakat yang memengaruhi sistem sosial masyarakat, termasuk nilai-nilai, sikap, hingga pola perilaku. (2) Perubahan sosial akan selalu terjadi di masyarakat. (3) Manusia merupakan makhluk sosial yang senantiasa berkembang sekaligus berupaya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik sehingga dinamika perubahan sosial tidak bisa dihindari.

    (4) Menurut Idraddin dan Irwan terdapat tiga dimensi dalam perubahan sosial, yaitu struktur sosial, interaksi sosial, dan budaya. (5) Berdasarkan tiga dimensi tersebut muncullah istilah perubahan sosial-budaya yang mencakup perubahan pada tingkatan kehidupan sosial dan budaya. (6) Hal itu dapat memberikan dampak di berbagai bidang yang saling memengaruhi atau memiliki hubungan timbal balik.

    (7) Perubahan sosial-budaya menyebabkan berkembangnya inovasi teknologi karena adanya modernisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan. (8) Adanya inovasi teknologi tersebut dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja serta menyebabkan eskalasi tenaga profesional. (9) Di sisi lain, perubahan sosial-budaya menyebabkan munculnya kesenjangan sosial-ekonomi karena tidak semua masyarakat memiliki kapasitas untuk meningkatkan taraf hidupnya. (10) Selain itu, perubahan sosial-budaya dapat menyebabkan disorientasi nilai dan norma budaya sehingga dapat memicu perilaku menyimpang, seperti kenakalan remaja.

 

Idhom, A. (2021). Dampak Perubahan Sosial Budaya terhadap Pendidikan dan Ekonomi. tirto.id. Diambil 02 November 2021 dari https://tirto.id/dampak-perubahan-sosial-budaya-terhadap-pendidikan-dan-ekonomi-gimD.

Paragraf 3 bacaan tersebut berfungsi untuk ….  

  1. melanjutkan pembahasan berdasarkan gagasan utama paragraf pertama  
  2. memerinci pembahasan yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya   
  3. menyimpulkan penyebab permasalahan yang diuraikan paragraf kedua  
  4. memberikan bukti empirik berdasarkan hal yang dijelaskan pada kalimat (5) 
  5. menguraikan implementasi yang dibahas pada paragraf sebelumnya 

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Sebuah teks harus memiliki keterkaitan antara paragraf yang satu dengan paragraf yang lainnya. Hubungan antarparagraf merupakan keterkaitan antara paragraf satu dengan paragraf yang lainnya yang terjalin secara logis. Hubungan antarparagraf dapat berupa perincian, pemaparan, penambahan, simpulan, contoh, akibat, penjelasan, atau pertentangan.

Paragraf pertama teks tersebut menjelaskan tentang perubahan sosial akan selalu terjadi di masyarakat. Paragraf kedua menjelaskan tentang pengertian perubahan sosial menurut Idraddin dan Irwan. Kemudian, paragraf ketiga memerinci tentang dampak adanya perubahan sosial di antaranya berkembangnya teknologi informasi; adanya modernisasi dan kemajuan pendidikan; meningkatnya efektivitas dan efisiensi kerja; bertambahnya tenaga kerja profesional; kesenjangan sosial-ekonomi; disorientasi nilai dan norma; serta adanya perilaku menyimpang. Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan atau fungsi paragraf 3 teks tersebut adalah memerinci pembahasan yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena paragraf ketiga tidak melanjutkan pembahasan tentang perubahan sosial yang selalu terjadi di masyarakat. Paragraf 3 memberikan contoh atau memerinci contoh tentang dampak adanya perubahan sosial di masyarakat.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena paragraf 3 teks tersebut tidak menyimpulkan tentang pengertian perubahan sosial menurut ahli. Jika menyimpulkan, paragraf 3 akan memberikan pembaca gambaran utuh tentang simpulan dari pendapat-pendapat ahli tentang pengertian perubahan sosial.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena paragraf 3 teks tersebut tidak membuktikan tentang istilah perubahan sosial-budaya. Paragraf 3 memberikan contoh atau memerinci contoh tentang dampak adanya perubahan sosial di masyarakat.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena paragraf 3 tidak menguraikan implementasi atau penerapan tentang istilah perubahan sosial-budaya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-4

7. Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7, 8, dan 9.

     (1) Sebuah penelitian dari University of Manchester mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi terhadap kesehatan mental yang buruk di Indonesia. (2) Para peneliti menyurvei 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas yang menggunakan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial membahayakan kesehatan mental orang dewasa. (4) Peningkatan satu standar deviasi dalam penggunaan media sosial oleh orang dewasa setara dengan peningkatan 9 persen dalam skor CES-D (Center for Epidemiologic Studies Depression Scale) yang merupakan alat ukur untuk gejala depresi.

    (5) Berdasarkan survei Riset Kesehatan Dasar Indonesia terbaru, prevalensi individu dengan gangguan jiwa karena media sosial di tanah air diperkirakan 11,8 juta orang. (6) Hal ini menunjukkan bahwa teknologi dapat memiliki sisi negatif. (7) Oleh karena itu, pejabat kesehatan masyarakat harus berpikir kreatif untuk menemukan cara agar masyarakat menyadari konsekuensi negatif dari media sosial. (8) Pengguna media sosial daring juga harus bijak dalam menggunakan media sosial untuk mencegah peningkatan penyakit mental.

Jenihansen, R. (2021). Mengapa Media Sosial Berpengaruh Buruk pada Mental Orang Indonesia?. National Geographic Indonesia. Diambil 21 November 2021 dari https://nationalgeographic.grid.id/read/132950342/mengapa-media-sosial-berpengaruh-buruk-pada-mental-orang-indonesia.

Bacaan tersebut tersusun atas beberapa kalimat yang membahas kontribusi media sosial terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia. Informasi-informasi dalam bacaan itu saling berkaitan, termasuk pada kalimat (2) dan (3). Jika kamu membaca dengan saksama, hubungan apa yang terdapat di antara kalimat (2) dan kalimat (3)?  

  1. Hubungan pemerincian dari penelitian terkait penggunaan media sosial yang membahayakan kesehatan mental individu yang berusia 20 tahun ke atas di Indonesia.
  2. Hubungan pembuktian terkait hasil survei yang dilakukan University of Manchester tentang media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia.
  3. Hubungan penambahan informasi yang berkaitan dengan penggunaan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya dan dampaknya terhadap kesehatan mental. 
  4. Hubungan penegasan dari informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni mengenai survei dampak penggunaan media sosial terhadap kesehatan mental masyarakat Indonesia.
  5. Hubungan penjelasan dari informasi yang memuat survei terhadap 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas yang menggunakan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya.

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Sebuah paragraf harus memiliki keterkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Hubungan antarkalimat merupakan keterkaitan antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya yang terjalin secara logis. Hubungan antarkalimat dapat berupa pemerincian, pemaparan, penambahan, simpulan, contoh, akibat, penjelasan, atau pertentangan. Untuk menentukan hubungan antarkalimat, pembaca perlu memahami isi dan konteks dari kalimat tersebut.

Kalimat (2) dan (3) masing-masing berbunyi: (2) Para peneliti menyurvei 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas  yang menggunakan sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya. (3) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial membahayakan kesehatan mental orang dewasa. Dalam kalimat (2), penulis memberikan sebuah data tentang penelitian atau survei individu yang menggunakan media sosial daring. Kemudian, kalimat (3) menjelaskan tentang hasil temuan tersebut, yaitu penggunaan media sosial membahayakan kesehatan mental orang dewasa.

Berdasarkan isi bacaan kalimat (2) dan (3), dapat disimpulkan bahwa hubungan yang terkandung pada kedua kalimat tersebut adalah hubungan penjelasan dari informasi yang memuat survei terhadap 22.423 individu berusia 20 tahun ke atas yang menggunakan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lainnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-4

8. Bagaimana sikap penulis dalam bacaan tersebut?

  1. Prihatin karena penggunaan media sosial yang berlebihan berdampak bagi kesehatan mental. 
  2. Menentang penggunaan media sosial daring Facebook, Twitter, dan lain-lain yang menyebabkan gangguan mental.  
  3. Meyakinkan dampak penggunaan media sosial daring yang berbahaya bagi kesehatan mental. 
  4. Cemas karena penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental.  
  5. Resah terhadap hasil penelitian dari University of Manchester bahwa media sosial berdampak pada kesehatan mental.  

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Dalam menulis sebuah teks, penulis pasti memiliki tujuan dan sikap dalam sebuah tulisan. Tujuan penulisan dan sikap penulis dapat dilihat secara tersirat atau secara tidak langsung. Oleh karena itu, agar bisa mengetahui tujuan dan sikap penulis dalam sebuah teks, pembaca perlu memahami maksud teks secara keseluruhan.

Paragraf pertama teks tersebut menjelaskan bahwa penggunaan media sosial berdampak buruk bagi kesehatan mental. Sementara itu, paragraf kedua menjelaskan tentang jumlah individu dengan gangguan jiwa karena media sosial. Kemudian, kalimat terakhir paragraf kedua penulis mengharapkan agar pengguna media sosial harus bijak dalam menggunakan media sosial untuk mencegah peningkatan penyakit mental. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis cemas karena penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan mental atau gangguan jiwa.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena penulis tidak prihatin, tetapi merasa cemas atas dampak buruk media sosial sehingga di kalimat terakhir paragraf kedua penulis berharap pengguna media sosial bijak dalam menggunakan media sosial. Selain itu, teks tersebut menjelaskan dampak buruk penggunaan media sosial bagi kesehatan mental, bukan hanya berdampak bagi kesehatan.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena penulis tidak menentang penggunaan sosial media. Penulis menjelaskan dampak buruk media sosial terhadap kesehatan mental.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena teks tersebut tidak bersifat persuasif. Dalam teks tersebut, penulis bukan berusaha untuk meyakinkan pembaca, melainkan berusaha menjelaskan masalah yang ada kepada pembaca. Penulis merasa cemas atas dampak buruk media sosial sehingga penulis berharap pengguna media sosial bijak dalam menggunakan media sosial.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena fokus pembahasan dalam teks tersebut adalah dampak buruk media sosial bagi kesehatan mental, bukan hasil penelitian dari University of Manchester. Penulis tidak meresahkan hasil penelitian tersebut..

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

9. Berdasarkan teks tersebut, dampak yang sangat mungkin muncul apabila penggunaan media sosial semakin meningkat adalah …. 

  1. kesehatan mental seseorang yang berusia kurang dari 20 tahun makin buruk.
  2. makin banyaknya individu berusia 20 tahun ke atas dengan gangguan jiwa di dunia.
  3. media sosial makin berisiko terhadap peningkatan gangguan mental masyarakat.
  4. pejabat kesehatan masyarakat melarang penggunaan media sosial.
  5. masyarakat makin tidak menyadari konsekuensi negatif media sosial.

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Untuk menentukan dampak yang paling mungkin muncul dari suatu hal, dibutuhkan pemahaman mengenai informasi yang disampaikan. Informasi yang ingin disampaikan penulis terdapat pada ide pokok/gagasan utama. Teks pada paragraf pertama menjelaskan bahwa penggunaan media sosial berdampak buruk bagi kesehatan mental. Sementara itu, paragraf kedua menjelaskan tentang jumlah individu dengan gangguan jiwa karena media sosial. Berdasarkan penjelasan tersebut, dampak yang sangat mungkin muncul apabila penggunaan media sosial semakin meningkat adalah media sosial makin berisiko terhadap peningkatan gangguan mental masyarakat.

Pilihan A tidak tepat karena hal tersebut tidak sesuai dengan isi teks. Kalimat (2) dan (3) menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Manchester adalah individu dengan usia di atas 20 tahun, bukan kurang dari 20 tahun.

Pilihan B tidak tepat karena hal tersebut tidak sesuai dengan isi teks. Kalimat (1) dan (2) menjelaskan bahwa para peneliti University of Manchester melakukan penelitian di Indonesia, bukan dunia.

Pilihan D tidak tepat karena hal tersebut tidak sesuai dengan isi teks. Kalimat (7) dijelaskan bahwa pejabat kesehatan masyarakat harus berpikir kreatif untuk menemukan cara agar masyarakat beristirahat dari media sosial atau agar masyarakat menyadari konsekuensi negatif dari media sosial, bukan melarang penggunaan media sosial.

Pilihan E tidak tepat karena meningkatnya penggunaan media sosial bukan merupakan dampak dari masyarakat yang makin tidak menyadari konsekuensi negatif media sosial. Kalimat pada pilihan E merupakan dampak jika pemerintah tidak melakukan upaya apa pun dalam menyadarkan masyarakat terkait konsekuensi negatif dari media sosial. Kedua hal tersebut tidak berkaitan secara langsung.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dampak yang sangat mungkin muncul apabila penggunaan media sosial semakin meningkat adalah media sosial makin berisiko terhadap peningkatan gangguan mental masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

10. Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 10 dan 11.

     (1) Para peneliti dari Jepang menemukan bahwa dalam skala waktu geologis, satu spesies pohon hutan hujan tropis telah mengalami banyak perubahan. (2) Dalam sebuah laporan penelitian terbaru, para peneliti dari University of Tsukuba mengungkapkan bahwa Shorea parvifolia, spesies pohon hutan hujan tropis, telah mengalami ekspansi populasi yang cepat di Borneo. (3) Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman tentang masa lalu spesies menjadi kunci untuk memastikan keberadaannya pada masa depan.

    (4) Profesor Yoshihiko Tsumura, sebagaimana dilansir EurekAlert, mengatakan bahwa Shorea parvifolia tersebar luas di Asia Tenggara. (5) Struktur genetik Shorea parvifolia dipengaruhi oleh fluktuasi glasial dan interglasial yang berulang. (6) Perubahan genetik ini memberikan pengetahuan untuk memastikan keberadaannya pada masa depan. (7) Untuk memeriksa genetiknya, para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia. (8) Tim menggunakan penanda DNA nukleus dan data pengurutan DNA dari kloroplas (struktur sel tumbuhan yang melakukan fotosintesis) untuk memeriksa struktur genetik spesies tersebut. (9) Analisis DNA tersebut menunjukkan bahwa S. parvifolia telah mengalami ekspansi populasi baru-baru ini di Borneo. (10) Spesies ini kemungkinan besar bermigrasi dari Semenanjung Malaya ke Borneo dan kemudian mengalami peningkatan populasi besar sehingga menghasilkan keragaman genetik yang cukup besar.

Priyambodo, U. (2021). Genetika Hutan Borneo Ungkap Masa Lalu dan Kemungkinan Masa Depannya. Diambil 7 November 2021 dari https://nationalgeographic.grid.id/read/132977048/genetika-hutan-borneo-ungkap-masa-lalu-dan-kemungkinan-masa-depannya.

 

Topik yang dibahas pada bacaan tersebut adalah …

  1. Beberapa perubahan yang terjadi pada Shorea parvifolia.  
  2. Shorea parvifolia baru-baru ini mengalami ekspansi populasi.
  3. Penelitian tentang Shorea parvifolia oleh para peneliti dari Jepang.  
  4. Penggunaan DNA untuk meneliti genetika Shorea parvifolia.  
  5. Pentingnya penelitian tentang Shorea parvifolia untuk masa depan.  

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Topik merupakan pokok pembicaraan atau inti masalah yang dibahas dalam suatu teks. Untuk menemukan topik, pembaca perlu memahami ide pokok tiap paragraf, kemudian menyimpulkan isi bacaan berdasarkan ide pokok tersebut.

Paragraf pertama teks tersebut menjelaskan tentang Shorea parvifolia telah mengalami ekspansi populasi. Paragraf kedua menjelaskan tentang eksperimen atau penelitian untuk membuktikan bahwa Shorea parvifolia telah mengalami ekspansi. Kemudian, paragraf ketiga menjelaskan tentang saran pembagian unit konversi hutan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan penjelasan tersebut, topik yang dibahas pada bacaan tersebut adalah Shorea parvifolia baru-baru ini mengalami ekspansi populasi.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks tersebut menjelaskan tentang perubahan lingkungan atau ekspansi salah satu spesies hutan hujan tropis, yaitu Shorea parvifolia. Sementara, informasi pada pilihan jawaban A terdapat kata beberapa yang berarti banyak, sedangkan pada teks tersebut hanya menjelaskan satu perubahan atau ekspansi.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena inti teks tersebut menjelaskan tentang ekspansi Shorea parvifolia dan para peneliti Jepang membuktikan tentang ekspansi tersebut. Semetara, informasi pada pilihan jawaban C belum jelas penelitian tersebut merujuk pada aspek atau bagian apa yang diteliti.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena informasi pada pilihan jawaban D hanya mewakili paragraf 2, yaitu tentang penelitian genetika Shorea parvifolia.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena informasi pada pilihan jawaban E belum jelas penelitian apa yang dibahas, sedangkan teks tersebut menjelaskan tentang ekspansi Shorea parvifolia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-4

11. Kalimat yang dicetak miring pada paragraf 2 memiliki makna yang sama dengan …  

  1. Para peneliti mengambil contoh daun dari pohon dalam populasi yang mencakup semua batas jangkauan geografis S. parvifolia untuk memeriksa genetiknya.  
  2. Untuk memeriksa genetiknya, sampel daun yang berasal dari pohon dalam populasi alami diambil oleh peneliti yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia.  
  3. Para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup seluruh rentang geografis S. parvifolia untuk diperiksa genetiknya.  
  4. Contoh daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir semua batas jangkauan S. parvifolia diambil oleh para peneliti untuk diperiksa genetiknya.  
  5. Untuk memeriksa genetiknya, sampel daun dari pohon dalam populasi yang mencakup seluruh batas jangkauan geografis S. parvifolia diambil oleh para peneliti.  

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Mencari kalimat yang memiliki makna sama dengan kalimat tertentu sama halnya dengan mencari variasi kalimat. Sebuah kalimat dapat divariasikan dengan berbagai cara. Namun, hasil dari variasi kalimat tersebut tidak boleh mengubah makna pada kalimat asalnya.

Kalimat yang bercetak miring berbunyi Untuk memeriksa genetiknya, para peneliti mengambil sampel daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata sampel dapat juga diartikan sebagai ‘contoh’ dan kata rentang berarti ‘batas jangkauan’. Tanpa mengubah makna kalimat asalnya, kalimat tersebut dapat divariasikan menjadi Contoh daun dari pohon dalam populasi alami yang mencakup hampir semua batas jangkauan S. parvifolia diambil oleh para peneliti untuk diperiksa genetiknya.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena pada kalimat asal berbunyi hampir seluruh rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia, bukan semua rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena yang mencakup hampir seluruh rentang geografis S. parvifolia adalah populasi alami, bukan para peneliti. Selain itu, kalimat pilihan B juga tidak sejajar.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena pada kalimat asal berbunyi hampir seluruh rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia, bukan seluruh rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena pada kalimat asal berbunyi hampir seluruh rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia, bukan seluruh rentang (batas jangkauan) geografis S. parvifolia. Selain itu, kalimat pilihan E juga tidak sejajar.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

12. Teks ini digunakan untuk menjawab soal berikut.

    (1) Bunuh diri masih menjadi masalah nyata di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. (2) Berdasarkan data World Health Organization (WHO), setiap tahun, ada 800 ribu orang yang meninggal karena bunuh diri. (3) Dengan kata lain, setiap 40 detik, ada setidaknya satu orang yang bunuh diri. (4) Sementara itu, di Indonesia, ada sekitar 16 ribu kasus percobaan bunuh diri setiap tahun. (5) Angka tersebut pun diperkirakan belum mencerminkan kondisi yang real karena masih banyak kasus bunuh diri yang belum terdata. (6) Bahkan, berdasarkan hasil riset, angka kasus bunuh diri di Indonesia terus meningkat, terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. (7) Oleh karena itu, sudah sepantasnya kasus bunuh diri mendapat perhatian dari berbagai pihak.

    (8) Di sisi lain, upaya pencegahan bunuh diri pun sangat penting untuk dilakukan, baik oleh pihak berwenang maupun diri kita sebagai bagian dari masyarakat. (9) Tidak harus muluk-muluk dengan melakukan hal-hal besar, beberapa hal sederhana justru dapat menjadi opsi yang tepat. (10) Pencegahan bunuh diri dapat dimulai dengan mengenali ciri seseorang yang ingin bunuh diri. (11) Umumnya, orang yang berkeinginan untuk bunuh diri akan sering membicarakan kegelisahan yang dialami serta kematian. (12) Selain itu, mereka biasanya stres, sulit tidur karena gangguan jiwa, dan akhirnya menarik diri dari aktivitas sehari-hari, keluarga, serta orang lain. (13) Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, kita dapat menolong orang-orang terdekat yang memiliki keinginan untuk bunuh diri.

 

Ilustrasi yang paling tepat untuk melengkapi penjelasan pada bacaan tersebut adalah ….

  1. tabel jumlah kasus bunuh diri di negara maju di dunia 
  2. tabel persebaran kasus bunuh diri di dunia selama pandemi 
  3. infografik dampak bunuh diri terhadap populasi penduduk dunia 
  4. bagan langkah-langkah pertolongan untuk orang yang ingin bunuh diri 
  5. diagram perbandingan jumlah kasus bunuh diri di Indonesia dan negara lain.

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Sebuah ilustrasi dapat ditambahkan ke dalam bacaan agar informasi dalam bacaan tersebut menjadi lebih lengkap. Namun, ilustrasi yang ditambahkan harus sesuai dengan konteks agar tetap padu dengan isi bacaan.

Bacaan pada soal terdiri atas dua paragraf. Paragraf pertama membahas perlunya kasus bunuh diri mendapat perhatian. Sementara itu, paragraf kedua membahas perlunya penanganan bunuh diri dari berbagai pihak. Dalam paragraf tersebut, dijelaskan bahwa penanganan bunuh diri dapat dimulai dengan mengenali ciri orang yang melakukan bunuh diri. Ciri-ciri tersebut dijelaskan pula pada paragraf kedua. Untuk melengkapi bacaan tersebut, dapat ditambahkan ilustrasi berupa bagan untuk menunjukkan langkah-langkah pertolongan untuk orang yang ingin bunuh diri. Ilustrasi tersebut dapat melengkapi informasi pada paragraf kedua.

Pilihan A tidak tepat karena bacaan pada soal tidak membahas kasus bunuh di negara maju, tetapi membahas kasus bunuh diri secara umum di dunia dan khusus di Indonesia.

Pilihan B tidak tepat karena persebaran kasus bunuh diri di dunia selama pandemi tidak menjadi fokus bahasan dalam teks. Selain itu, sesuai dengan isi teks, peningkatan kasus bunuh diri selama pandemi terjadi di Indonesia, bukan di seluruh negara di dunia.

Pilihan C tidak tepat karena dampak bunuh diri terhadap populasi penduduk dunia tidak menjadi bahasan dalam teks. Hal yang dibahas dalam teks adalah kasus bunuh diri yang meningkat membutuhkan perhatian dan perlunya penanganan bunuh diri dari berbagai pihak

Pilihan E tidak tepat karena teks tidak membandingkan kasus bunuh diri yang ada di setiap negara. Bacaan tersebut hanya membahas peningkatan kasus bunuh diri secara umum.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

13. Perhatikan ilustrasi berikut!

Budi mendapat tugas menulis esai tentang tindak korupsi. Saat melakukan riset untuk menentukan topik esainya, ia menemukan informasi berikut.

Dana Desa Rentan Disalahgunakan

    Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa mewajibkan pemerintah pusat untuk mengalokasikan dana desa dari anggaran nasional untuk peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa. Menurut catatan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) hingga akhir tahun 2016 setidaknya terbangun lebih dari 120.000 km jalan, 1.960 km jembatan, 5.220 unit pasar desa, pembangunan tambatan perahu sebanyak 5.116 unit, pembangunan embung 2.047 unit, dan pembangunan irigasi sebanyak 97.176 unit. Selain itu, pembangunan penahan tanah sebanyak 291.393 unit, pembangunan sarana air bersih 32.711 unit, pembangunan MCK 82.356 unit, pembangunan poliklinik desa 6.041 unit, dan pembangunan sumur 45.865 unit.

    Akan tetapi, berbagai bentuk penyalahgunaan dana desa juga tidak sedikit. Berdasarkan hasil pemantauan Indonesia Corruption Watch, sepanjang 2015 sampai 2017, kasus tindak pidana korupsi di tingkat desa semakin menjamur. Pada 2015 setidaknya ada 17 kasus, jumlah ini meningkat menjadi 41 kasus pada 2016 dan 96 kasus pada 2017. Jika di total, dalam kurun waktu 3 tahun, setidaknya ada 154 kasus korupsi di tingkat desa dengan kerugian negara mencapai Rp 47,56 miliar.

    Terdapat 154 kasus korupsi di tingkat desa, 127 diantaranya terkait dana desa. Latar belakang pelaku yang paling banyak terlibat korupsi di tingkat desa adalah kepala desa yaitu 112 orang. Selebihnya merupakan perangkat desa 32 orang dan keluarga kepala desa 3 orang. Data ini memperlihatkan masih buruknya tata kelola dana desa. Bahkan kepala desa dan perangkat desa yang seharusnya mengelola dana desa untuk kepentingan masyarakat justru menjadi bagian dari praktek penyimpangan.

ICW.  (2018). Dana Desa Rentan Disalahgunakan. Diambil pada 13 September 2022 dari https://antikorupsi.org/id/article/dana-desa-rentan-disalahgunakan.

Setelah membaca artikel tersebut, topik apa yang mungkin Budi pilih untuk esainya?

  1. Dana Desa bagi pembangunan daerah tertinggal.
  2. Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa.
  3. Bukti-bukti pemanfaatan Dana Desa.
  4. Modus penyelewengan Dana Desa.
  5. Pemaparan tata kelola Dana Desa.

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Esai yang ditugaskan kepada Budi dibatasi dengan tema tindak korupsi. Dengan demikian, topik atau ide pokok esai Budi harus berada di dalam batasan tersebut.

Pilihan A, B, C, dan E tidak tepat karena topik tentang Dana Desa, Undang-Undang tentang Desa, bukti pemanfaatan, dan tata kelola Dana Desa jelas tidak berada di dalam tema tindak korupsi.

Pilihan D adalah pilihan yang paling tepat karena sebuah tindakan pasti mengimplikasikan modus sehingga topik modus penyelewengan Dana Desa berkaitan langsung dengan artikel dan tindak korupsi sebagai tema tugas esai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

14. Perhatikan ilustrasi berikut!

Setelah menentukan topik untuk tugas esai tentang tindak korupsi, Budi mencari data yang berkaitan dengan korupsi Dana Desa. Dalam pencariannya, Budi menemukan sebuah artikel yang memuat informasi seperti yang ia inginkan. Namun, Budi menemukan sebuah kejanggalan dalam artikel tersebut sehingga Budi pun batal menggunakannya sebagai sumber. Berikut bagian artikel yang memuat kejanggalan itu.

Tambah Dananya, Tambah Korupsinya

    Penambahan anggaran Dana Desa ternyata disertai juga dengan peningkatan angka kasus korupsinya. Pada tahun 2015, pemerintah mengalokasikan Rp 20,67 triliun untuk Dana Desa, disusul dengan Rp 46,98 triliun di tahun 2016. Alokasi ini meningkat hingga Rp 60 triliun di tahun 2017 dan 2018. Angka penyerapan Dana Desa di tahun-tahun tersebut menunjukkan kenaikan dari 82,72 persen di tahun 2015 hingga 97,65 persen di 2016 dan 98,54 persen di 2017 hingga 99 persen di 2018. Sayangnya, kasus korupsi Dana Desa di tahun-tahun tersebut juga mengiringi kenaikan-kenaikan tersebut. Ada 17 kasus di tahun 2015, 41 kasus di 2017, 96 kasus di 2017, dan 27 kasus di semester pertama tahun 2018.

Kejanggalan apa yang ditemukan oleh Budi?

  1. Tidak ada informasi mengenai jabatan pelaku korupsinya dalam pemerintahan desa.
  2. Angka kasus korupsi di tahun 2018 diambil sebagai indikator sebagai peningkatan.
  3. Tidak ada informasi mengenai rincian alokasi Dana Desa yang diselewengkan.
  4. Besaran kenaikan Dana Desa dari tahun ke tahun tidak sama.
  5. Penyerapan Dana Desa dari tahun ke tahun tidak sama.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kalimat terakhir teks menyatakan rincian angka korupsi di tahun 2018 dengan keterangan “di semester pertama tahun 2018.” Karena hanya diambil dari satu semester, angka kasus korupsi di tahun tersebut masih bisa naik atau tetap. Jika naik, pernyataan bahwa peningkatan angka korupsi mengiringi peningkatan Dana Desa benar, tetapi jika tetap, pernyataan tersebut salah. Namun, tampak di kalimat kelima, penulis tetap menggunakan angka korupsi tahun 2018 yang belum tuntas tersebut sebagai bagian dari data yang “mengiringi kenaikan-kenaikan” yang ia jelaskan sebelumnya. Dengan demikian, angka korupsi tahun 2018 tersebut diambil oleh penulis sebagai indikator peningkatan korupsi.

Pilihan A tidak tepat karena informasi mengenai jabatan pelaku korupsi memang tidak relevan dengan ide pokok paragraf sehingga ketiadaan informasi tersebut bukan sebuah kejanggalan.

Pilihan C tidak tepat karena rincian alokasi Dana Desa hanya bersifat informasi tambahan bagi ide pokok paragraf sehingga ketiadaan informasi tersebut bukan sesuatu yang janggal.

Pilihan D tidak tepat karena tidak ada informasi yang menyatakan bahwa Dana Desa harus dinaikkan dengan besaran yang sama sehingga perbedaan besaran kenaikan bukan hal yang janggal.

Pilihan E tidak tepat karena besar penyerapan Dana Desa tentunya bergantung pada pengelolaan dana tersebut sehingga ketidaksamaan besarnya bukan sesuatu yang janggal.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-4

15. Perhatikan ilustrasi berikut!

Budi memerlukan sumber tambahan untuk menyokong sebuah ide yang hendak ia masukkan ke dalam esainya. Setelah melakukan pencarian, Budi memutuskan untuk menggunakan sebuah artikel sebagai salah satu sumber pustaka esainya. Berikut artikel yang ditemukan Budi.

Desa Ponggok, Bukti Keberhasilan Dana Desa

    Menteri Keuangan (Menkeu) melakukan kunjungan ke Desa Ponggok dan merasa bangga akan pencapaian pemerintah Desa Ponggok dalam memanfaatkan Dana Desa. Sejak menerima Dana Desa pada tahun 2015, Desa Ponggok telah melakukan banyak pembangunan untuk memajukan desa, mulai dari pembangunan infrastruktur, pembangunan sanitasi dan penyediaan air bersih, sampai dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

    “Sore hari ini kita melihat bagaimana Desa Ponggok bisa membangun dirinya. Melakukan upaya perbaikan kesejahteraan masyarakat di bawah kepemimpinan Bapak Juanedhi merupakan suatu prestasi yang sangat sangat sangat membanggakan. Saya berterima kasih,” ujar Menkeu di gedung Banyu Panguripan, Desa Ponggok, pada Rabu (22/08).

    Pemerintah telah memberikan Dana Desa selama tiga tahun. Desa Ponggok adalah contoh desa yang mampu mengelola dan mengimplementasikan Dana Desa dengan sangat baik. Jika seluruh desa di Indonesia mampu melakukannya, tidak akan ada kemiskinan lagi. Ketimpangan juga semakin kecil sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakan pertumbuhan ekonomi.

    Selanjutnya, Menkeu menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) sedang memformulasikan besaran jumlah Dana Desa yang ditransfer ke tiap desa. Dengan formulasi ini, desa yang sudah mandiri akan menerima jumlah yang lebih kecil dibanding desa yang masih belum mandiri agar dapat cepat mengejar ketertinggalannya. Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes) akan terus mengevaluasi Dana Desa agar dana ini dapat dimanfaatkan dengan tepat guna dalam mengentaskan kemiskinan dan kesenjangan sehingga dapat tercipta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemenkeu.(2017). Desa Ponggok, Bukti Keberhasilan Dana Desa. Diambil pada 20 Oktober 2022.https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/desa-ponggok-bukti-keberhasilan-dana-desa.

Apa yang dapat dilakukan Budi dengan artikel tersebut di dalam esainya?

  1. Budi dapat menggunakannya untuk mengevaluasi kebenaran berita dalam artikel tersebut.
  2. Budi dapat memakainya sebagai alat pembuktian kesuksesan Dana Desa sebagai program pemerintah.
  3. Budi dapat memakainya sebagai rujukan untuk menunjukan kerugian masyarakat akibat tindak korupsi.
  4. Budi dapat memakainya sebagai rujukan untuk menyebutkan Bapak Juanedhi sebagai tokoh pemberantasan korupsi.
  5. Budi dapat memakainya sebagai sumber untuk menjelaskan bagaimana Desa Ponggok mengelola Dana Desa.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Artikel berisi liputan kesuksesan program Dana Desa di Desa Ponggok. Dengan menggunakan artikel tersebut sebagai sumber dalam esai tentang tindak korupsi, Budi dapat menunjukkan kerugian yang diderita masyarakat jika Dana Desa diselewengkan oleh koruptor, yaitu tidak menikmati pembangunan dan kemajuan desa seperti yang dipaparkan dalam artikel.

Pilihan A tidak tepat karena tugas esai Budi tidak berhubungan dengan benar atau tidaknya sebuah berita.

Pilihan B tidak tepat karena tugas esai Budi tidak berhubungan dengan pembuktian kesuksesan program Dana Desa.

Pilihan D tidak tepat karena peran Bapak Juanedhi yang dibicarakan dalam artikel tidak berhubungan dengan pemberantasan korupsi.

Pilihan E tidak tepat karena tugas esai Budi tidak berkaitan dengan cara mengelola Dana Desa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

16. Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 16, 17, dan 18!

Makanan Cepat Saji atau Makanan Sampah

    Makanan cepat saji (fast food) adalah makanan yang sudah disiapkan dan bisa disajikan dalam waktu cepat sekitar 5-10 menit setelah dipesan. Menurut Executive Chef Hotel Santika Mega City Bekasi Agung Budiharto, makanan cepat saji itu sama dengan makanan sampah (junk food) karena makanan sampah juga bersifat cepat saji. Agung menambahkan bahwa makanan cepat saji umumnya dibuat dengan bahan makanan yang tidak terlalu banyak. Selain itu, pembuatan makanan cepat saji juga sederhana, tidak memerlukan garnish (dekorasi makanan) atau platting (penyajian di piring) yang detail. Dalam hal pemasakan, teknik goreng dan panggang adalah dua teknik yang umum digunakan dalam pembuatan makanan cepat saji.

    Agung menjelaskan bahwa beberapa makanan cepat saji umumnya diolah dengan takaran garam yang cukup besar untuk memperpanjang umur simpan makanan. Alhasil, makanan ini memiliki cita rasa gurih yang cenderung asin. Pemberian garam pada makanan merupakan salah satu teknik pengawetan alami. Sementara itu, makanan sampah mengandung banyak lemak, gula, dan garam sehingga membuatnya terasa lezat. Sayangnya, ketiga kandungan makanan sampah tersebut meningkatkan kadar kalori makanan. Selain itu, makanan sampah juga mengandung sedikit saja nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin, dan mineral. Oleh karena kadar kalori yang tinggi, makanan sampah dapat memperburuk kondisi orang yang mengidap diabetes dan hipertensi.

Tiofani, Krisda.  2021. Apa Itu Makanan Cepat Saji, Hidangan Praktis yang Digoreng?. Diadaptasi pada 13 September 2022 dari https://www.kompas.com/food/read/2021/10/20/150619475/apa-itu-makanan-cepat-saji-hidangan-praktis-yang-digoreng?page=all.

Pernyataan manakah yang TIDAK relevan dengan keseluruhan isi teks?

  1. Pemberian garam merupakan salah satu teknik pengawetan alami.
  2. Beberapa kandungan pada makanan cepat saji  berbahaya bagi kesehatan.
  3. Makanan cepat saji umumnya dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang.
  4. Orang dengan riwayat kesehatan tertentu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan cepat saji.
  5. Fast food sebenarnya sama dengan dengan junk food karena keduanya merujuk ke makanan yang berbahan baku sederhana.

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Soal menanyakan pernyataan yang tidak terkait atau tidak sesuai dengan isi teks.

Paragraf pertama teks bacaan memberikan definisi dan ciri-ciri makanan cepat saji (fast food) atau makanan sampah (junk food). Paragraf kedua membicarakan kandungan makanan cepat saji khususnya garam. Paragraf ini menjelaskan fungsi, kadar, dan dampak kandungan garam dalam makanan tersebut. Dalam paragraf kedua, kalimat “pemberian garam merupakan salah satu teknik pengawetan alami” mengungkapkan informasi yang tidak koheren dengan informasi pada kalimat sebelumnya (Alhasil, makanan ini memiliki cita rasa gurih yang cenderung asin) dan setelahnya (Junk food atau makanan sampah juga mengandung banyak lemak, gula, dan garam, yang membuat makanan ini terasa lezat).

Dinilai dengan lebih luas lagi, kalimat tersebut juga tidak koheren dengan keseluruhan ide pokok teks, yaitu definisi dan ciri-ciri makanan cepat saji serta penjelasan tentang fungsi, kadar, dan dampak kandungan garam di dalamnya. Kesimpulannya, kalimat tersebut tidak relevan dengan isi teks bacaan.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena pernyataannya masih relevan dengan dampak kandungan garam yang besar dalam makanan cepat saji seperti yang dibicarakan di paragraf kedua.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena pernyataannya masih relevan dengan informasi di kalimat terakhir dalam paragraf pertama.

Pilihan jawaban D tidak tepat karena pernyataannya masih relevan dengan informasi dalam paragraf kedua yang mengatakan bahwa makanan cepat saji dapat memperburuk kondisi kesehatan orang dengan diabetes dan hipertensi.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena pernyataannya masih relevan dengan pendapat Agung Budiharto yang dicantumkan dalam paragraf pertama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal-4

17. Pernyataan mana yang merupakan simpulan yang TIDAK logis dalam teks ‘Makanan Cepat Saji atau Makanan Sampah’?

  1. penyebutan junk food  sebagai makanan sampah
  2. perbandingan antara fast food dan junk food 
  3. penyamaan fast food dengan junk food
  4. penyebutan kandungan nutrisi yang tidak lengkap
  5. penyebutan jenis makanan yang memiliki kadar garam tinggi

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Simpulan yang tidak logis adalah simpulan yang dihasilkan dari proses penalaran yang tidak sahih.

Dari lima pilihan yang tersedia, pilihan C adalah jawaban yang paling tepat. Penyamaan fast food dan junk food dinyatakan di paragraf pertama dengan kalimat “… makanan cepat saji itu sama dengan makanan sampah (junk food) karena makanan sampah juga bersifat cepat saji.” Kalimat ini merupakan simpulan yang dihasilkan dari penalaran berikut.

Makanan cepat saji dibuat dengan cepat.

Makanan sampah dibuat dengan cepat.

Jadi, makanan cepat saji sama dengan makanan sampah.

Ketidaksahihan penalaran tersebut terlihat jelas jika menggunakan unsur lain yang lebih jelas.

Rumah Rudi dibangun dengan cepat.

Kamar Ani dibangun dengan cepat.

Jadi, rumah Rudi sama dengan kamar Ani.

Simpulan tersebut salah karena rumah Rudi dan kamar Ani tetap dua benda yang berbeda meskipun memiliki kesamaan dalam hal kecepatan pembangunannya. Dengan penalaran yang sama, makanan cepat saji semestinya tidak disamakan dengan makanan sampah hanya karena memiliki kesamaan dalam kecepatan pembuatannya.

Selain dengan memeriksa kesahihan penalaran, fast food dan junk food pun terlihat memiliki perbedaan dengan membaca paragraf kedua. Fast food dikatakan sebagai makanan yang mengandung kadar garam tinggi oleh karena fungsi garam sebagai pengawet makanan. Sementara itu, junk food tidak hanya dikatakan memiliki kadar garam yang tinggi, tetapi juga kadar kalori yang tinggi serta kandungan nutrisi penting yang rendah. Penjelasan yang berbeda antara kandungan fast food dan junk food di paragraf kedua ini dapat menjadi petunjuk bahwa penyamaan fast food dan junk food adalah simpulan yang tidak sahih.

Pilihan A tidak tepat karena penyebutan junk food sebagai makanan sampah adalah sebuah penerjemahan, bukan simpulan.

Pilihan B tidak tepat karena perbandingan antara fast food dan junk food adalah sebuah perbandingan, bukan simpulan.

Pilihan D tidak tepat karena penyebutan kandungan nutrisi yang tidak lengkap tidak berkaitan dengan simpulan.

Pilihan E tidak tepat karena penyebutan jenis makanan yang memiliki kadar garam tinggi juga tidak berkaitan dengan simpulan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

18. Berdasarkan teks ‘Makanan Cepat Saji atau Makanan Sampah’, dapat diidentifikasi perbedaan makanan yang disebut dengan fast food  dan junk food, yaitu ….

  1. fast food  memiliki rasa yang gurih dan junk food  memiliki rasa asin.
  2. fast food berpotensi lebih sehat dibanding junk food yang kaya akan garam.
  3. tidak ada perbedaan karena fast food dan junk food merupakan hal yang sama dan benar adanya.
  4. ciri fast food didasarkan pada dari proses penyajian dan junk food pada rendahnya kandungan gizi
  5. fast food dapat disajikan dalam 5-10 menit, sedangkan junk food disajikan dalam waktu lebih lama.


Jawaban: D

Pembahasan:

Soal menanyakan perbedaan antara fast food dan junk food.

Menurut informasi di paragraf pertama, ciri-ciri fast food adalah dibuat dengan bahan yang tidak terlalu banyak dan disajikan dengan cepat dan demikian pula halnya dengan ciri-ciri junk food. Sementara itu, menurut informasi di paragraf kedua, ciri-ciri junk food adalah proses penyajian yang cepat, kadar kalori yang tinggi, dan kandungan nutrisi penting yang rendah. Oleh karena itu, pilihan D tepat.

Pilihan A tidak tepat karena kedua jenis makanan tersebut sama-sama mengandung kadar garam yang tinggi sehingga terasa asin.

Pilihan B tidak tepat karena alasan fast food berpotensi lebih sehat daripada junk food bukan karena perbedaan pada kadar garam, melainkan karena junk food berkalori tinggi dan memiliki kandungan nutrisi penting yang rendah.

Pilihan C tidak tepat karena soal sudah dengan jelas meminta detail perbedaan yang disebutkan dalam teks.

Pilihan E tidak tepat karena tidak ada informasi yang menerangkan bahwa junk food disajikan lebih dari 5-10 menit. Informasi yang ada justru menyatakan bahwa junk food dapat disamakan dengan fast food oleh karena penyajiannya yang sama-sama cepat.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal-4

19. Perhatikan ilustrasi dan teks berikut untuk menjawab soal nomor 19-20!

    Setiap orang tentunya ingin sejahtera secara keuangan. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara mengelola keuangan pribadi yang benar. Padahal, pengelolaan keuangan pribadi yang benar tentu akan mempermudah kita untuk mencapai kesejahteraan keuangan. Terdapat empat strategi pengelolaan keuangan pribadi yang dapat dilakukan untuk meraih kekayaan secara finansial.

    Strategi pertama adalah menabung dan berinvestasi setiap bulan. Era  sekarang ini kita harus memprioritaskan penghasilan yang didapatkan tidak hanya untuk ditabung, tetapi juga untuk berinvestasi. Melalui investasi yang baik, kita bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Strategi kedua adalah penghematan. Salah satu bentuk penghematan yang dapat meningkatkan kesejahteraan adalah mengurangi pengeluaran. Namun, penghematan yang dilakukan lebih kepada pengeluaran yang bersifat konsumtif. Jika diharuskan membeli barang konsumtif, penghematan dapat dilakukan dengan membandingkan harga dan kualitas produk sebelum membeli. Kita dapat membandingkan harga dan kualitas produk di satu toko dengan toko-toko lainnya. Lalu, pilihlah produk dengan kualitas terbaik dan harga termurah agar menghemat pengeluaran. Ketika akan membeli produk keuangan (kartu kredit dan jenis kredit lainnya), kita pun harus membandingkannya terlebih dahulu.

    Strategi ketiga adalah membuat anggaran. Banyak orang belum menyadari fungsi dan manfaat anggaran. Robert T. Kiyosaki berpendapat, bahwa orang kaya, orang kelas menengah, dan orang miskin perlu membuat anggaran. Jadi, jika perlu membuat anggaran keuangan untuk mengelola keluar masuknya uang dari kantong kita. Strategi keempat adalah menambah pemasukan. Selain penghasilan yang didapat dari kerja aktif, kita perlu menambah penghasilan dari sumber lain atau bisa disebut dengan pendapatan pasif. Contohnya, pemilik rumah kos yang mendapat pendapatan dari penyewaan kamar. Kemudian pengarang atau penulis buku yang mendapat royalti atas karya dan hasil penjualan bukunya.

Berikut ini, pernyataan yang tepat berkaitan dengan teks tersebut adalah ….

  1. mencari penghasilan tambahan dan keuntungan besar melalui investasi yang memiliki risiko terkecil. 
  2. penghematan dapat dilakukan dengan cara menekan pengeluaran kebutuhan yang bersifat prioritas, seperti barang konsumtif.
  3. mempertimbangkan penggunaan kartu kredit adalah salah satu bentuk penghematan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah tugas manager.
  4. penyewaan properti, pembuatan karya buku, dan karya seni dapat membantu meningkatkan penghasilan tambahan selain penghasilan dari kerja aktif.
  5. penyewaan properti, pembuatan karya buku dan karya seni dapat membantu meningkatkan penghasilan tambahan selain penghasilan dari kerja aktif.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Pilihan A tidak tepat. Pada paragraf 2 disebutkan bahwa, menabung dan berinventasi, Melalui investasi yang baik, yang memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Resiko investasi berbanding lurus dengan hasil investasi. Jika resikonya besar maka keuntungan yang didapat semakin besar.

Pilihan B tidak tepat. Pada strategi melakukan penghematan disebutkan,  ketika akan membeli produk keuangan (kartu kredit dan jenis kredit lainnya), kita harus membandingkannya terlebih dahulu. Jadi, kartu kredit bukan salah satu penghematan yang dapat meningkatkan kesejahteraan. Kartu kredit dapat menambah pengeluaran apabila penggunaannya tidak bijaksana.

Pilihan C tidak tepat. Pada strategi ketiga membuat anggaran,  Robert T. Kiyosaki berpendapat bahwa, orang kaya, orang kelas menengah, dan orang miskin perlu membuat anggaran. Jadi, kita perlu membuat anggaran keuangan agar dapat merencanakan dan mengelola pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menunjukkan jika manajer bukan satu-satunya pihak yang bisa membuat perencanaan anggaran keuangan.

Pilihan D tidak tepat. Pada strategi melakukan penghematan, tidak ada kaitannya penghematan dapat dilakukan dengan cara menekan pengeluaran kebutuhan yang bersifat prioritas.

Pilihan E tepat karena pada strategi  menambah pemasukan disebutkan, menambah penghasilan dapat dilakukan dengan memperbanyak pendapatan pasif, yakni pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan pasif. Sebagai contoh, pemilik rumah kos akan mendapat pendapatan pasif dari sewa dan pengarang buku akan mendapat pendapatan pasif dari royalti atas penjualan buku karangannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-4

20. Pengelolaan keuangan pribadi yang ditujukan siswa sekolah dasar adalah..

  1. Membuat anggaran pemasukan dari orang tua.
  2. Memiliki kartu kredit yang dikelola secara mandiri.
  3. Memulai investasi untuk mendapatkan keuntungan.
  4. Menyewakan barang milik orang tua untuk pemasukan.
  5. Menahan untuk membeli barang-barang yang tidak prioritas.


Jawaban: E

Pembahasan:

Soal menanyakan cara pengelolaan keuangan yang cocok untuk anak sekolah dasar. Anak sekolah dasar dapat dikatakan memiliki ketergantungan dengan orang tua untuk memenuhi kebutuhannya. Meski hal ini tidak ditulis secara tersurat di dalam teks akan tetapi dapat dikaitkan dengan cara menghindari membeli barang yang tidak prioritas agar dapat terhindar dari pengeluaran yang bersifat konsumtif. Sehingga, pengelolaan keuangan yang tepat dilakukan oleh anak yang duduk di sekolah dasar adalah dengan cara menahan untuk membeli barang-barang yang tidak prioritas.

Pilihan A tidak tepat Jika ingin membuat rencana anggaran, sebaiknya tidak bisa dengan anggaran pemasukan saja akan tetapi anggaran pengeluaran juga perlu dibuat. Hal tersebut bertujuan untuk mengendalikan pengeluaran-pengeluaran yang bersifat konsumtif.

Pilihan B tidak tepat karena rata-rata anak sekolah dasar belum mampu memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk memiliki kartu kredit.

Pilihan C tidak tepat karena investasi memiliki proses yang sulit sehingga tidak bisa dilakukan oleh anak sekolah dasar. Investasi juga membutuhkan modal awal agar bisa simpan dan memberikan keuntungan. Sehingga untuk siswa sekolah dasar metode ini akan tidak cocok.

Pilihan D tidak tepat karena menyewakan barang orang tua merupakan perbuatan yang tidak baik dilakukan dan tidak ada kaitannya dengan pengelolaan uang.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal-4

21. Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal no 21-22!

    Penghasilan pasif adalah penghasilan yang berasal dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Seperti halnya pendapatan aktif, penghasilan pasif biasanya dikenakan pajak, tetapi sering diperlakukan berbeda oleh Internal Revenue Service (IRS). Hal tersebut menjadi pendorong gaya hidup yang lebih mudah dan profesional karena dapat dikerjakan dari rumah dan dikelola sendiri. Penghasilan pasif telah menjadi istilah yang sudah biasa digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk mendefinisikan uang yang diperoleh secara teratur dengan sedikit atau tanpa usaha dari orang yang menerima.

    Jenis-jenis penghasilan pasif antara lain pendapatan bunga, properti sewaan, dan bisnis yang tidak melibatkan secara material. Pertama pendapatan bunga, yang dimaksud pendapatan bunga adalah ketika uang dipinjamkan ke kemitraan atau perusahaan, bunga atas pinjaman tersebut dikatakan sebagai pendapatan pasif. Kedua Pendapatan penyewaan properti. Pendapatan dari penyewaan properti adalah pendapatan yang diterima dari pihak lain atas sewa properti. Ketiga bisnis yang tidak melibatkan secara material. Jenis penghasilan pasif ini adalah jenis penghasilan yang terjadi karena adanya perjanjian antara pemilik usaha dengan orang yang berinvestasi (investor). Investor tidak berpartisipasi dalam operasi bisnis selain memasukkan dana ke perusahaan.

Chen, J. (2022). Passive Income. Diambil 14 September 2022 dari https://www.investopedia.com/terms/p/passiveincome.asp.

Pernyataan manakah yang termasuk ke dalam jenis penghasilan pasif?

  1. Bonus yang diterima karyawan saat mengerjakan projek tambahan
  2. Pendapatan bunga dari dana yang dipinjamkan ke perusahaan lain
  3. Upah tenaga kerja yang dihitung berdasarkan jam kerja
  4. Penghasilan gaji karyawan yang diterima setiap bulan
  5. Penghasilan yang diterima dari usaha sendiri

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Berdasarkan teks bacaan yang terdapat pada soal, penghasilan pasif adalah penghasilan yang berasal dari properti sewaan, kemitraan terbatas, atau perusahaan lain di mana seseorang tidak terlibat secara aktif. Jenis-jenis penghasilan pasif antara lain pendapatan bunga, properti sewaan, dan bisnis yang tidak melibatkan secara material.

Dari soal tersebut, jawaban yang merupakan jenis penghasilan pasif adalah pendapatan bunga dari dana yang dipinjamkan ke perusahaan lain (Opsi pilihan B). Dijelaskan pada teks bacaan tersebut, pendapatan bunga adalah ketika uang dipinjamkan ke kemitraan atau perusahaan, bunga atas pinjaman tersebut dikatakan sebagai pendapatan pasif.

Pilihan A, C, D, dan E tidak tepat karena pernyataan pada opsi tersebut merupakan contoh dari penghasilan aktif. Penghasilan aktif adalah pendapatan yang dihasilkan karena seseorang terlibat secara aktif dalam suatu pekerjaan. Contoh pendapatan aktif pada seorang karyawan adalah gaji, bonus, dan tunjangan.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal-4

22. Berdasarkan bacaan tersebut, alasan penghasilan pasif lebih mudah dibandingkan dengan penghasilan aktif adalah ….

  1. karena penghasilan pasif tidak dikenakan pajak.
  2. dapat dimulai dengan mudah tanpa modal yang besar.
  3. dapat dikelola secara mandiri dan dikerjakan dimana saja.
  4. penghasilan diperoleh dengan usaha yang besar atau maksimal.
  5. hasil dari penghasilan pasif lebih besar daripada penghasilan aktif.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Pilihan A tidak tepat karena pada paragraf 1 disebutkan, penghasilan pasif biasanya dikenakan pajak, tetapi sering diperlakukan berbeda oleh Internal Revenue Service (IRS).

Pilihan B tidak tepat karena tidak semua penghasilan pasif dimulai dengan cara yang mudah tanpa modal yang besar. Beberapa sumber penghasilan pasif justru membutuhkan modal yang cukup besar seperti, properti, kendaraan, atau dana yang akan dipinjamkan.

Pilihan C tepat karena pada paragraf 1 menginformasikan bahwa penghasilan pasif  menjadi pendorong gaya hidup yang lebih mudah dan profesional sehingga hal ini dapat dikerjakan dari rumah dan dikelola perorangan.

Pilihan D tidak tepat karena penghasilan pasif tidak melibatkan seseorang untuk bekerja atau usaha yang besar. 

Pilihan E tidak tepat karena penghasilan tergantung besarnya investasi/ modal yang dimiliki.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal-4

Biar makin paham sama soalnya, jangan lupa tonton video ini ya!

separator latihan soal-4

Mau belajar lebih banyak seputar materi dan tryout menjelang SNBT? Yuk, daftar Brain Academy. Kamu bisa datang ke cabang terdekat atau belajar online via aplikasi Ruangguru. Semangat!

MT Brain Academy