5 Tips Jitu Mempersiapkan UTBK SBMPTN, Pasti Berhasil!

Pojok Kampus - Tips Belajar untuk UTBK-01

Mau lolos UTBK 2022? Simak 5 cara berikut supaya kamu makin siap!

---

Sebelum kamu baca artikel ini, coba deh lihat ilustrasi di atas. Terlihat seorang pelajar yang sedang membaca buku dengan mimik yang sulit ditebak. Kira-kira dia lagi kenapa ya? Kalau menurutku sih, antara pusing atau bingung harus mulai dari mana. UTBK memang tinggal hitungan bulan. Siap nggak siap, ya musti siap. Nah, untuk membantu Brainies, ada beberapa tips menghadapi UTBK 2022 secara optimal! Bukan cuma belajar aja lho, tapi ada hal lain yang lebih penting. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

 

1. Siapkan Mental

Yup, mental menjadi faktor pertama keberhasilan kamu di UTBK. Banyak di antara kita yang terlanjur overthinking dan akhirnya buang-buang waktu buat memikirkan kegagalan dibanding keberhasilan. Kalimat seperti "kayaknya nggak mungkin deh aku masuk ITB," atau "aku nggak sanggup ngerjain latihan soal sebanyak ini," harus kamu buang jauh-jauh ya. Percaya deh, insecurity kamu tidak membantu sama sekali. Fokus dengan apa yang ingin kamu gapai. Lolos atau enggaknya jadi urusan belakangan. Yakinkan bahwa kamu pasti bisa. Coba dulu ya, Brainies.

 

2. Membuat Target atau Rencana Belajar

Oke, mental sudah siap nih. Selanjutnya, kita buat target belajar! Caranya, kamu kelompokkan dulu mapel yang belum dikuasai. Prioritaskan mapel yang sulit dimengerti atau mapel dengan jumlah sub-bab terbanyak. Sehingga, kamu masih mempunyai cukup waktu untuk mengejar ketertinggalan. Kemudian, mapel tersebut kamu bagi lagi menjadi beberapa topik. Setelah itu, tinggal atur jadwal belajarnya deh. Contoh, kamu masih lemah di mapel Ekonomi. Maka, kamu dapat menyusun rencana belajar sebagai berikut:

Jadwal

Bab atau Topik

Minggu ke  I

Siklus Akuntansi

Minggu ke II

Mekanisme Pasar

Minggu ke III

Konsep Dasar dan Sistem Ekonomi

Minggu ke IV

Biaya Produksi

 

Oh iya, supaya nggak cepat bosan, kamu bisa belajar sambil mendengarkan lagu atau mengkombinasikan dengan materi yang lebih ringan. Jangan dipaksa kalau udah nggak kuat, nanti pusing sendiri lho. Hihihi.

 

3. Pahami Konsep

Kesalahan siswa dalam belajar yaitu menghafal bukan memahami konsep. Kamu harus ingat bahwa soal UTBK jauh berbeda dengan soal PTS atau PAS. Tipe soal yang diberikan pun akan berbeda setiap harinya. Hayoloh, makin ngeri nggak? Yuk, yuk, ubah cara pandangmu dalam mengerjakan soal UTBK. Yang kamu butuhkan bukan hafalan, tetapi nalar dan logika dalam memahami konsep dasar topiknya. 

Baca Juga: Gaya Belajar Anak IPA dan Anak IPS, Jangan Sampai Tertukar!

Saat mengerjakan TKA Saintek atau hitung-hitungan, pastikan kamu memahami konsep dasar matematika seperti aljabar, algoritma, peluang, eksponen, dan lain- lain. Sedangkan untuk menguasai TKA Soshum, kamu bisa  membuat peta konsep. Urutkan dari topik utama, kemudian subtopik, sampai yang paling detail dan rinci.

 

4. Perbanyak Latihan Soal dan Tryout

Practice makes perfect, remember? Dengan mengerjakan latihan soal UTBK, kamu dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami materi. Jangan lupa, di blog Brain Academy tersedia kumpulan latihan soal UTBK TKA, TPS, dan Bahasa Inggris secara gratis. Kalau masih kurang, kamu bisa kok langganan paket Brain Academy. Ribuan soal, video pembahasan, dan live teaching persiapan UTBK dapat kamu akses mulai dari 100 ribuan per bulan.

Pojok Kampus - Tips Belajar untuk UTBK-02

Selain itu, tryout UTBK juga bisa menjadi simulasi  UTBK yang sesungguhnya loh, Brainies! Tryout di Brain Academy dilengkapi dengan pembahasan dan rasionalisasi sehingga kamu lebih pede memilih program studi dan kampus. Semakin sering mengikuti tryout, kamu semakin terbiasa menghadapi berbagai tipe soal. So, nggak bakal panik maupun khawatir saat menjalani UTBK 2022 yang akan datang! 

 

5. Fokus, Disiplin, dan Istirahat

Rencana cuma jadi wacana kalau nggak direalisasikan secepat mungkin. Percuma dong, sudah bikin jadwal belajar, langganan Brain Academy, tapi... semangatnya malah hilang. Terus, gimana caranya biar fokus belajar? Pertama, ingat tujuan utama kamu, yaitu masuk ke perguruan tinggi negeri. Kedua, cari tempat yang nyaman dan membantu kamu berkonsentrasi. Ketiga, pahami gaya belajar kamu. Apakah visual, auditory atau kinestetik? Kamu lebih suka belajar lewat gambar, mendengarkan, atau bersama teman-teman? Terakhir, jangan lupa istirahat. Tubuh dan pikiran kamu juga butuh rehat setelah berpikir. 

---

Aku doakan semoga kamu berhasil lolos di UTBK tahun ini. Brain Academy punya berbagai fitur belajar yang bisa kamu akses secara online atau datang langsung ke cabang terdekat di kotamu. Serunya lagi, kamu bisa coba gratis sebelum langganan. Pokoknya, dijamin worth it

Live Teaching Brain Academy Online

 

 

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!