Latihan Soal SIMAK UI Kemampuan IPA (KA) dan Pembahasan

2cc483ef-5813-4a57-966a-7f8b0a5c0a78

Berikut contoh latihan soal dan pembahasan SIMAK UI Kemampuan IPA yang terdiri dari Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) akan berlangsung mulai di bulan Juli mendatang. Sedangkan pendaftarannya akan dibuka sampai bulan Juni 2023. Apakah kamu sudah mendaftar? Jangan sampai terlewat ya! Jalur mandiri ini terbuka untuk jenjang Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana.

Komponen penilaian SIMAK UI terdiri dari nilai UTBK dan nilai ujian mandiri yang diselenggarakan secara daring atau online. Materi ujian mandiri SIMAK UI terdiri dari Kemampuan Dasar (KD), Kemampuan IPS (KS), dan Kemampuan IPA (KA). Biar nggak panik, kita lihat contoh soal dan pembahasanya dulu yuk!

Baca juga: Jurusan yang Paling Diminati di SIMAK UI, Cek Dulu!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

LATIHAN SOAL SIMAK UI BIOLOGI

 

1. Topik : Genetika dan Evolusi
Subtopik : Konsep Kilat Mutasi 
Konsep : Jenis-jenis Mutasi 

Keberhasilan evolusi akan tercapai jika mutasi terjadi pada ….

  1. DNA sel somatik
  2. DNA plasma nutfah
  3. RNA sel somatik
  4. RNA plasma nutfah
  5. DNA dan RNA sel somatik

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Evolusi merupakan proses perubahan struktur makhluk hidup yang terjadi dalam kurun waktu lama, dalam satu generasi ke generasi berikutnya. Evolusi terjadi karena adanya variasi genetik akibat perkawinan yang menghasilkan rekombinasi gen dan dapat terjadi akibat mutasi. Mutasi merupakan perubahan struktur, susunan, atau jumlah DNA dan kromosom pada suatu individu. Mutasi lebih banyak terjadi pada DNA karena pada umumnya di dalam DNA inilah materi genetik makhluk hidup banyak tersimpan.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang terdapat kata RNA tereliminasi (C, D, dan E). Tersisa jawaban antara A dan B. Plasma nutfah yaitu substansi pembawa sifat keturunan yang berhubungan dengan keanekaragaman. Sehingga mutasi yang menunjukkan keberhasilan evolusi adalah mutasi yang terjadi pada DNA plasma nutfah karena merupakan DNA yang menjadi sumber keanekaragaman atau variasi suatu makhluk hidup. Mutasi yang terjadi pada sel somatik atau sel tubuh tidak akan diturunkan kepada keturunannya, contohnya induk yang terkena kanker kulit karena mutasi atau pembelahan sel kulit yang tidak terkontrol, tidak akan diwariskan ke keturunannya. Jadi, perubahan yang bisa mengarah kepada evolusi tidak diwariskan kepada keturunannya jika mutasi terjadi pada sel somatik.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

2. Topik: Genetika dan Evolusi
Subtopik: Konsep Kilat Materi Genetik 
Konsep: Struktur Kromosom

Jika terdapat 20 kromatid pada suatu sel, banyaknya sentromer dalam sel tersebut adalah ….

  1. 10
  2. 20
  3. 40
  4. 20 – autosom
  5. 20 – gonosom

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Suatu struktur kromosom terdiri atas sentromer dan lengan kromosom (kromatid). Sentrosom merupakan bagian kromosom yang menyempit dan tampak lebih terang, di dalamnya tidak terdapat gen. Sentromer ini berperan sebagai tempat melekatnya benang spindel saat pembelahan sel. Fungsi sentromer adalah orientasi dan mengatur gerak kromosom saat pembelahan sel, pembentukan kromatid dan menentukan bentuk kromosom. Sedangkan kromatid merupakan lengan kromosom yang berisi materi genetik. Nah kromosom itu terdiri dari 2 kromatid (dari hasil duplikasi materi genetik) dan 1 sentromer di bagian tengah antara kedua kromatid. Kedua kromatid (saudara) ini akan berpisah saat mitosis atau meiosis II. Sehingga jika ada 20 kromatid pada suatu sel, maka terdapat 10 sentromer di dalam sel tersebut. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

3. Topik : Klasifikasi Makhluk Hidup
Subtopik : Konsep Kilat Fungi
Konsep : Karakteristik Fungi 

Struktur clamp connection adalah suatu bentuk khas yang dapat terjadi pada hifa jamur ….

  1. Deuteromycetes
  2. Basidiomycetes
  3. Oomycetes
  4. Ascomycetes
  5. Zygomycetes

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Clamp connection atau kait penghubung merupakan struktur anatomi khusus yang dibentuk dari sel hifa,terdapat pada setiap septum hifa jamur Basidiomycetes. Clamp connection ini berfungsi dalam transfer nukleus setiap pembelahan sel dengan tujuan mempertahankan tahap dikarion yang memastikan setiap kompartemen hifanya terdapat dua nukleus.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

4. Topik: Bioteknologi
Subtopik: Konsep Kilat Bioteknologi Konvensional dan Modern
Konsep: Totipotensi

Tumbuhan lebih mudah dimanipulasi melalui rekayasa genetik dibandingkan hewan karena ….

  1. gen tumbuhan tidak memiliki intron
  2. vektor digunakan mentransfer DNA rekombinan lebih banyak tersedia pada tumbuhan
  3. sel somatik tumbuhan dapat menghasilkan individu tumbuhan utuh
  4. gen dapat diinsersikan ke dalam tanaman melalui mikroinjeksi
  5. sel tumbuhan memiliki nukleus lebih besar

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Tumbuhan memiliki sifat totipotensi yaitu kemampuan selnya menjadi suatu sel, jaringan, organ, bahkan organisme utuh baru yang identik dengan induknya. Sifat ini dimanfaatkan dalam kultur jaringan yaitu menghasilkan bibit yang banyak dalam waktu cepat dan sifat identik dengan induk. Pilihan jawaban A kurang tepat, karena seluruh makhluk hidup eukariot termasuk tumbuhan, gennya memiliki intron dan ekson. Pilihan B kurang tepat karena belum ada bukti yang mengatakan bahwa vektor untuk mentransfer DNA rekombinan lebih banyak tersedia pada tumbuhan, vektor yang biasa digunakan yaitu bakteri Agrobacterium tumefaciens. Kemudian pilihan jawaban D dan E juga tidak tepat karena mikroinjeksi dapat dilakukan pada hewan dan tumbuhan, serta pada sel tumbuhan yang ukurannya lebih besar adalah vakuola bukan nukleus. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

5. Topik: Sistem Organ Tubuh Manusia
Subtopik: Konsep Kilat Sistem Saraf 
Konsep: Hipotalamus

Hipotalamus merupakan bagian dari ….

  1. otak depan
  2. otak belakang
  3. otak tengah
  4. otak kecil
  5. batang otak

Kunci Jawaban: A

Pembahasan :

Hipotalamus merupakan kelenjar di otak yang berfungsi mengontrol sekresi hormon. Hipotalamus ini terletak di dasar otak depan, yaitu di bawah organ thalamus dan di atas pituitari, sementara di bagian belakang hipotalamus terdapat amigdala. Hipotalamus akan melepaskan hormon ke kelenjar pituitari yang nantinya akan mengirim hormon ke berbagai bagian tubuh. Secara garis besar hipotalamus berperan sebagai penghubung antara sistem saraf dan sistem hormon melalui regulasi kelenjar hipofisis. Selain itu hipotalamus juga menjadi pusat pengaturan beberapa fungsi tubuh seperti termoregulasi, osmoregulasi, dan pengaturan lapar serta haus.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

LATIHAN SOAL SIMAK UI FISIKA

1. Topik: Listrik Magnet
Subtopik: Konsep Kilat Induksi Magnetik
Konsep: Bentuk Lintasan Partikel yang Memasuki Medan Magnet

Sebuah elektron bergerak di ruang hampa searah sumbu x+  menuju ke daerah dengan medan magnet H = 32 kA/m ke arah sumbu y+. Elektron kemudian bergerak melingkar dengan jejari lintasan R = 2 m. Diketahui massa elektron fis 1a-1 dan besar muatannya fis 1b Besarnya energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan elektron sebelum masuk ke dalam medan magnet adalah ….

  1. 13 kV
  2. 13 MV
  3. 14 kV
  4. 14 MV
  5. 15 kV

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Elektron bergerak melingkar sehingga elektron akan mengalami gaya sentripetal. Selain itu elektron memasuki daerah bermedan magnet sehingga elektron akan mengalami gaya lorentz.

fis 1c

fis 1d

Keadaan awal elektron adalah diam. Kemudian elektron bergerak akibat adanya energi potensial. Sehingga berlaku hukum kekekalan energi mekanik.

fis 1e

Substitusi dua persamaan di atas

fis 1f

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

2. Topik : Gelombang dan Optik
Subtopik : Konsep Kilat Alat Optik
Konsep : Pembentukan Bayangan pada Mata Manusia

Lensa mata manusia merupakan lensa cembung yang memiliki index bias 1,44 dan jejari kelengkungan 7,0 mm. Anggap jejari kelengkungan kedua lensa adalah sama. Jika sebuah benda setinggi 10 cm diletakkan 50 cm di depan lensa mata, terbentuk bayangan ….

  1. maya, terbalik, diperbesar
  2. nyata, terbalik, diperkecil
  3. maya, tegak, diperbesar
  4. nyata, tegak, diperkecil
  5. maya, terbalik, diperkecil

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Indeks bias lensa mata = 1,44

R lensa = 7,0 mm = 0,7 cm

h = 10 cm

s = 50 cm

Fokus lensa mata dicari menggunakan persamaan berikut.

fis 2a-1

Untuk menentukan sifat bayangan, maka bisa dicari terlebih dahulu letak bayangan terhadap lensa (s’) dan perbesaran bayangan(M). Tanda dari hasil s’ serta nilai dari M digunakan untuk menentukan sifat bayangan.

fis 2b-1

fis 2c-1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

3. Topik: Zat dan Kalor
Subtopik: Konsep Kilat Teori Kinetik Gas 
Konsep: Kelajuan Efektif Gas 

Gas oksigen berada dalam suatu wadah tertutup pada suhu 27° C. Jika konstanta Boltzman= fis 3a-4 kecepatan rata-rata molekul gas ini adalah ….

  1. 1248 m/s
  2. 624 m/s
  3. 447 m/s
  4. 205 m/s
  5. 101 m/s

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

T = 27oC = 27+273 = 300 K

Mr Oksigen = 32 gr/mol = 32 x10-3 kg/mol

R = 8,314 J/mol K

5RT untuk molekul diatomik (O2 termasuk diatomik)

3RT untuk molekul monoatomik

fis 3b-2

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

4. Topik: Fisika Modern
Subtopik: Konsep Kilat Fisika Kuantum
Konsep: Radiasi Benda Hitam

fis 4a-2

Gambar diatas adalah grafik intensitas (I) vs panjang gelombang (λ) radiasi elektromagnetik dari benda yang memiliki emisivitas 0,5. Diasumsikan semua foton yang diradiasikan memiliki fis 4b-2, dan diketahui fis 4c-2

Jumlah foton yang diradiasikan benda tersebut setiap detik per meter persegi apabila temperaturnya 4000 K adalah ….

 

fis 4d-1

Baca juga: Latihan Soal SIMAK UI Kemampuan Dasar (KD)

Kunci Jawaban  C

Pembahasan:

Nilai e = 0,5

T = 4000 K

Panjang gelombang pada intensitas maksimum yang dipancarkan dapat dicari menggunakan pergeseran wien,

fis 4e

Energi yang dimiliki foton dapat dicari menggunakan persamaan berikut

fis 4f

Hubungan energi dan daya radiasi dapat ditentukan melalui persamaan berikut.

fis 4g

Daya radiasi elektromagnetik dapat dicari menggunakan persamaan di bawah ini

fis 4h

Dari persamaan di atas, dapat ditentukan jumlah foton per detik per satuan luas

fis 4i

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

LATIHAN SOAL SIMAK UI KIMIA

1. Topik: Termokimia
Subtopik: Konsep Kilat Termokimia
Konsep: Perubahan Entalpi Berdasarkan Hukum Hess

Diketahui entalpi reaksi berikut ini

kim 1a-2

Pembakaran ZnS di udara mengikuti persamaan berikut (belum setara).

kim 1b-1

Entalpi ΔH° reaksi pembakaran ZnS adalah ….

  1. −1.764,8 kJ/mol
  2. − 882,4 kJ/mol
  3. − 441,2 kJ/mol
  4. + 441,2 kJ/mol
  5. + 882,4 kJ/mol

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Reaksi setara dari pembakaran ZnS yaitu:

kim 1c

Berdasarkan data yang diketahui, penentuan ΔH° reaksi pembakaran ZnS dapat menggunakan Hukum Hess. Pada Hukum Hess, yang perlu dijadikan patokan adalah reaksi yang akan ditentukan ΔH° sehingga beberapa reaksi yang diketahui dapat diberi perlakuan sebagai berikut.

kim 1d

Maka, 

kim 1e

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

2. Topik : Reaksi Redoks dan Elektrokimia
Subtopik : Konsep Kilat Elektrokimia
Konsep : Hukum Faraday I

Elektrolisis 1 L larutan CuSO₄ dengan elektroda platina menghasilkan deposit logam Cu (Ar Cu = 63,5) sebanyak 3,175 g pada katoda. Volume gas yang dihasilkan pada anoda dalam keadaan STP adalah ….

  1. 2,24 L
  2. 1,68 L
  3. 1,12 L
  4. 0,56 L
  5. 0,28 L

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

1. Tulis reaksi elektrolisis CuSO4

Pada elektrolisis 1 L larutan CuSO4, di katoda akan terjadi reaksi reduksi ion tembaga sedangkan di anoda akan terjadi reaksi oksidasi air (SO42- sisa asam oksi tidak dapat dioksidasi). Reaksi yang terjadi di katoda dan anoda sebagai berikut

kim 2a-1

 

2. Cari mol Cu

Jika pada reaksi itu dihasilkan endapan logam Cu sebanyak 3,175 g, maka mol Cu sebagai berikut

mol Cu kim 2b-1

 

3. Cari mol O2

Gas yang dihasilkan pada anoda adalah gas O2. Mol O2 yang dihasilkan, dapat ditentukan dengan perbandingan koefisien zat pada reaksi. Maka, volume gas yang dihasilkan pada anoda dalam keadaan STP sebagai berikut.

mol Okim 2c-1

 

4. Cari volume O2

volume Okim 2d-1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

3. Topik: Laju Reaksi
Subtopik: Konsep Kilat Laju Reaksi 
Konsep: Penentuan Laju Reaksi Multi Experiment

Reaksi pembentukan gas NOBr dari gas NO dan Br₂ mengikuti persamaan berikut.

kim 3a-2

Reaksi ini berorde 1 terhadap setiap reaktan dengan nilai tetapan laju reaksi sebesar 0,25 M ⁻¹ s⁻¹. Jika ke dalam 125 mL labu dimasukkan 20 mmol NO dan 15 mmol Br₂, laju reaksi setelah 25% NO bereaksi adalah …. 

kim 3b-2

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

1. Cari mol NO yang bereaksi

Reaksi pembentukan gas NOBr yaitu:

2NO(g) + Br₂(g) → 2NOBr(g)

Masing-masing reaktan (NO dan Br2) berorde satu, sehingga persamaan laju reaksinya dapat dituliskan: 

v = k[NO][Br2]

Harga tetapan laju reaksinya (k) sebesar = 0,25 M ⁻¹ s⁻¹ 

Jumlah mol NO yang bereaksi:

n = 25% 20 mmol = 5 mmol

 

2. Cari mol gas NO dan gas Br2 

Untuk menentukan mol dari setiap reaktan setelah 25% gas NO bereaksi, dapat menggunakan persamaan stoikiometri.

kim 3c-1

Setelah 25% gas NO bereaksi, ternyata tersisa 15 mmol gas NO dan 12,5 mmol gas Br2. Selanjutnya menghitung laju reaksinya yaitu.

kim 3d-1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

4. Topik: Kimia Karbon
Subtopik: Konsep Kilat Makromolekul dan Polimer
Konsep: Monomer

Kevlar merupakan polimer yang bersifat tahan panas dan serat sintetis yang kuat. Rumus struktur kevlar adalah sebagai berikut.

Monomer penyusun kevlar adalah …

kim 4b-1

kim 4c-1

kim 4d

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Polimer tersusun atas molekul-molekul kecil yang berulang (monomer). Berdasarkan jenis reaksi pembentukan, polimer dibagi menjadi dua:

  1. Adisi : monomer memiliki ikatan rangkap C = C
  2. Kondensasi : monomer yang mengandung gugus fungsi tertentu. Pada pembentukan polimer dengan proses ini disertai pelepasan molekul.

Polimer Kevlar merupakan polimer yang tersusun dari dua monomer yang berbeda, yaitu 1,4-fenildiamin (para-fenilendiamin) dan tereftaloil klorida.

kim 4e

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

5. Topik: Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Subtopik: Konsep Kilat Sifat Keperiodikan Unsur
Konsep: Jari-jari Ion Positif

Diketahui nomor atom unsur Na, Mg, dan Al masing-masing 11, 12, dan 13. Urutan jari-jari kation yang tepat adalah ….

  1. Na+ > Mg2+ > Al3+
  2. Na+ > Al3+ > Mg2+
  3. Mg2+ > Al3+ > Na+
  4. Al3+  > Mg2+ > Na+
  5. E. Al3+  > Na+  > Mg2+

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Konfigurasi elektron dari masing-masing atomnya yaitu

Na = 2, 8, 1   Na+ = 2, 8 (melepas 1e)

Mg = 2, 8, 2   Mg2+ = 2, 8 (melepas 2e)

Al = 2, 8, 3     Al3+ = 2, 8 (melepas 3e)

Na, Mg, dan Al merupakan unsur yang berada pada periode yang sama yaitu di periode 3. Dalam satu periode, jari-jari atom dari kiri ke kanan akan semakin kecil karena muatan inti atom semakin banyak namun jumlah kulit tetap. 
Sedangkan jari-jari kation (ion positif) lebih kecil daripada atom netralnya. Pada Na+, Mg2+, dan Al3+ ketiga ion ini memiliki jumlah elektron valensi yang sama tetapi jumlah proton berbeda. Ion Na+ memiliki jumlah proton yang paling sedikit diantara ion Mg2+ dan Al3+ sehingga gaya tarik menarik antara inti dengan elektron semakin kecil, akibatnya jari-jari nya semakin besar. Urutan jari-jari kation yang tepat adalah Na+ > Mg2+ > Al3+

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

CONTOH SOAL SIMAK UI MATEMATIKA IPA

1. Topik: Aljabar
Subtopik: Konsep Kilat Persamaan Lingkaran
Konsep: Persamaan Garis Singgung Lingkaran yang Melalui Titik

Diketahui persamaan lingkaran MTK 1A-Jun-04-2022-06-34-36-08-AM dan mtk 1b-Jun-04-2022-06-35-03-09-AM berturut-turut adalah mtk 1c-4 dan mtk 1d-4 bersinggungan di titik (5,0). Jika garis l adalah garis singgung lingkaran MTK 1A-Jun-04-2022-06-34-36-08-AM di titik (3,-4) yang merupakan garis singgung juga untuk lingkaran mtk 1b-Jun-04-2022-06-35-03-09-AM di titik (m,n), nilai m+n=

  1. 5
  2. 6
  3. 7
  4. 8
  5. 9

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Lingkaran MTK 1A-Jun-04-2022-06-34-36-08-AM pusat (0,0) dan jari-jari 5. Lingkaran mtk 1b-Jun-04-2022-06-35-03-09-AM pusat (a, 0) dan jari-jari r. Persamaan garis singgung yang melalui titik (3, -4) pada lingkaran MTK 1A-Jun-04-2022-06-34-36-08-AM:

mtk 1e-Jun-04-2022-06-38-10-45-AM

mtk 1f-3

Persamaan garis singgung melalui titik (m, n) yang terletak pada lingkaran mtk 1b-Jun-04-2022-06-35-03-09-AM dengan demikian:

mtk 1g-3

Dengan melihat gambar dapat m=7 dan n=-1

 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

2. Topik: Aljabar
Subtopik: Konsep Kilat Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
Konsep: Hubungan Nilai Diskriminan dengan Akar-Akar Persamaan Kuadrat

Jika grafik fungsi kuadrat mtk 2a-Jun-04-2022-06-43-24-65-AMselalu berada di bawah sumbu x untuk a<m, nilai 3m=…

mtk 2b-Jun-04-2022-06-45-29-91-AM

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Kurva mtk 2c-Jun-04-2022-06-48-57-79-AMberada di bawah sumbu x jika p < 0, dan mtk 2d-4Sehingga grafik fungsi mtk 2e-3 berada di bawah sumbu x jika,

1. mtk 2f-2

2. mtk 2g-1

untuk mencari a, gunakan rumus ABC

mtk 2h-1

mtk 2i

dengan garis bilangan diperoleh mtk 2j

Iriskan kedua syarat

mtk 2k

maka didapat mtk 2l sehingga didapat mtk 2m

Jadi, mtk 2n

 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

3. Topik: Aljabar
Subtopik: Konsep Kilat Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
Konsep: SPLKDV

Jika mtk 3a-4 dan mtk 3b-4merupakan penyelesaian sistem persamaan berikutmtk 3c-4 nilai mtk 3d-4 adalah..

  1. -7
  2. -6
  3. -5
  4. -4
  5. -3 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Dari persamaan kedua diperoleh

mtk 3e-3

Substitusi ke persamaan 1:

mtk 3f-2

Substitusi nilai y ke x maka diperoleh

mtk 3g-1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

4. Topik: Aljabar
Subtopik: Konsep Kilat Polinomial
Konsep: Teorema Sisa pada Polinomial (Suku Banyak)

Jika suku banyak f(x) dibagi oleh (x – 2) menghasilkan sisa 10, sisa pembagian suku banyak f(x) oleh mtk 4a-Jun-04-2022-07-17-43-52-AM adalah…

mtk 4b-Jun-04-2022-07-18-38-23-AM

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

f(x) dibagi x – 2 sisa 10, berarti f2= 10

f(x) dibagi x2 – 3x+2 berarti dengan menggunakan formula

mtk 4d-4

maka didapat

mtk 4e-4

 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AM

5. Topik: Aljabar
Subtopik: Konsep Kilat Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
Konsep: Pertidaksamaan Rasional 

Penyelesaian dari pertidaksamaan mtk 5a-Jun-04-2022-07-24-46-97-AM adalah

mtk 5b-Jun-04-2022-07-25-32-53-AM

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Perhatikan bahwa mtk 5c-Jun-04-2022-07-27-48-79-AM maka

mtk 5d-3

Jika mtk 5e-2 maka mtk 5f-3 akan bernilai mtk 5g-2 tidak ada penyelesaian untuk mtk 5h-2

Jika mtk 5i-1 maka mtk 5j-2berarti

mtk 5k-1

Kuadratkan kedua ruas

mtk 5l-1

Maka pertidaksamaan diatas dapat ditulis

mtk 5m

Kalikan dengan -1 di kedua ruas

mtk 5n

Sehingga didapat penyelesaian yang tepat adalah

mtk 5o

Namun karena terdapat syarat mtk 5i-1 maka penyelesaiannya hanya satu yaitu

mtk 5p

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-04-2022-02-55-09-70-AMSusah nggak? Kalau belum paham, daftar Paket Super Intensif SIMAK UI Brain Academy aja ya! Ada diskon 60% pakai kode MASUKUI. Worth it parah deh pokoknya. Yuk, yuk, udah nggak sabar kan mau foto pake jakun tahun ini?

IDN CTA Blog Paket Simak UI Brain Academy Online

 

 

MT Brain Academy