Latihan Soal SIMAK UI Kemampuan Dasar (KD) dan Pembahasan

SIMAK UI Kemampuan Dasar

Berikut contoh latihan soal dan pembahasan SIMAK UI Kemampuan Dasar (KD) yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) akan berlangsung mulai tanggal 2 sampai 4 Juli 2022. Sedangkan pendaftarannya sudah dibuka sejak 27 Mei hingga 27 Juni mendatang. Apakah kamu sudah mendaftar? Jangan sampai terlewat ya! Jalur mandiri ini terbuka untuk jenjang Vokasi, Sarjana, dan Pascasarjana.

Komponen penilaian SIMAK UI terdiri dari nilai UTBK dan nilai ujian mandiri yang diselenggarakan secara daring atau online. Materi ujian mandiri SIMAK UI terdiri dari Kemampuan Dasar (KD), Kemampuan IPS (KS), dan Kemampuan IPA (KA). Biar nggak panik, kita lihat contoh soal dan pembahasanya dulu yuk!

Baca juga: Jadwal dan Info Lengkap Seputar SIMAK UI 2022

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

CONTOH SOAL SIMAK UI BAHASA INDONESIA

 

Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–4!

(1) Meskipun gejala dan efeknya hampir mirip, ada perbedaan besar antara stres dan depresi.(2) Depresi merupakan masalah kesehatan umum yang dapat menyebabkan periode kesedihan berkepanjangan dan memicu pikiran bunuh diri. (3) Di lain sisi, stres juga masalah umum dan serius, tetapi sering diremehkan dan menganggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. 

(4) Apa perbedaan antara depresi dan stres? (5) Depresi merupakan kondisi klinis yang memiliki beberapa gejala yang jelas. (6) Ini merupakan penyakit umum yang cukup banyak menyerang populasi dunia. (7) Sama seperti gangguan kardiovaskuler, depresi dikategorikan sebagai sebuah penyakit. (8) Sementara itu, stres memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang. (9) Stres dapat hadir dalam jutaan bentuk, apakah itu masalah keluarga, tekanan pekerjaan dan keuangan, serta kesepian. (10) Sesuatu yang dianggap seseorang sebagai tugas sehari-hari dan dapat diselesaikan dengan mudah juga menyebabkan stres.

 

1. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan
Konsep : Pernyataan yang sesuai

Pernyataan manakah yang tidak sesuai dengan bacaan di atas?

  1. Depresi mempunyai kemiripan dengan stres.
  2. Stres juga merupakan masalah kesehatan mental.
  3. Depresi dapat berakibat fatal bagi penderitanya.
  4. Ternyata ada perbedaan cukup besar antara stres dan depresi.
  5. Stres sering kali dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Kunci: B

Pembahasan: 

Pilihan A, kemiripan depresi dan stres, merujuk pada kalimat pertama, yaitu meskipun gejala dan efeknya hampir mirip, ada perbedaan besar antara stres dan depresi.

Pilihan C, depresi dapat berakibat fatal, merujuk pada kalimat kedua, yaitu depresi merupakan masalah kesehatan mental umum yang dapat menyebabkan periode kesedihan berkepanjangan dan memicu pikiran bunuh diri.

Pilihan D, perbedaan yang cukup besar antara depresi dan stres, merujuk pada kalimat pertama, yaitu meskipun gejala dan efeknya hampir mirip, ada perbedaan besar antara stres dan depresi.

Pilihan E, stres sering dianggap bagian dari kehidupan sehari-hari, merujuk pada kalimat ketiga, yaitu stres juga masalah umum dan serius, tetapi sering diremehkan dan menganggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

Jadi, pernyataan yang tidak sesuai pada pilihan jawaban B karena dalam teks tidak dijelaskan apabila stres merupakan masalah kesehatan mental.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

2. Topik : Ejaan
Subtopik : Konsep Kilat Penulisan Kata
Konsep : Kata Serapan 

Kata yang ditulis tidak sesuai dengan ejaan terdapat pada ….

  1. Kalimat (6)
  2. Kalimat (7)
  3. Kalimat (8)
  4. Kalimat (9)
  5. Kalimat (10)

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Kata kardiovaskurel seharusnya ditulis kardiovaskular. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

3. Topik: Kalimat dan Wacana
Subtopik: Konsep Kilat Kalimat Efektif
Konsep: Kalimat Efektif  

Kalimat manakah yang tidak efektif pada bacaan di atas?

  1. Kalimat (1)
  2. Kalimat (2)
  3. Kalimat (3)
  4. Kalimat (4)
  5. Kalimat (6)

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat satu merupakan kalimat yang tidak efektif karena tidak memiliki subjek. Kalimat satu merupakan kalimat majemuk yang memiliki fungsi kalimat sebagai berikut:  Meskipun gejala dan efeknya hampir mirip (ket), ada perbedaan besar (p) antara stres dan depresi (pel).

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

4. Topik: Kata, Frasa, dan Makna Kata
Subtopik: Konsep Kilat Kata dan Makna 
Konsep: Makna Kata 

Kalimat manakah yang menggunakan kata yang maknanya selaras dengan kata memicu pada kalimat (2)?

  1. Gurunya selalu mendorongnya untuk belajar rajin.
  2. Tentara itu menarik pelatuk senjatanya setelah dia membidik.
  3. Semangat juangnya membawanya menjadi pemenang lomba.
  4. Stres mengakibatkan terjadinya gangguan pada jantung.
  5. Pemecatan ketua partai itu menyebabkan terjadinya gelombang demonstrasi.

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Kalimat (2) ialah sebagai berikut: Depresi merupakan masalah kesehatan umum yang dapat menyebabkan periode kesedihan berkepanjangan dan memicu pikiran bunuh diri.

Kata memicu pada kalimat tersebut berarti menyebabkan. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 

(1) Perjalanan ke Mars akan lebih berbahaya dari sebelumnya. (2) Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ada peningkatan risiko kanker dua kali lebih tinggi bagi astronaut yang melakukan perjalanan ke planet merah tersebut. (3) Risiko kanker yang tinggi ini disebabkan adanya radiasi kosmik. (4) Memakai baju astronaut yang lebih tebal tidak akan menyelesaikan masalah.

(5) Mereka menemukan bahwa model risiko yang sebelumnya dijadikan pedoman belumlah lengkap. (6) Apalagi, model ini selama ini dijadikan pedoman oleh NASA dan grup lainnya. (7) Model lama tersebut menyatakan bahwa sel stem kanker yang teradiasi hanya berdasarkan kerusakan sel langsung dan mutasi. (8) Sementara itu, pada model baru, turut dihitung kemungkinan kerusakan berat pada sel yang akan meningkatkan risiko kanker untuk sel bystander. (9) Dengan demikian, ada efek turunan yang sulit dihindari.

 

5. Topik : Wacana
Subtopik : Konsep Kilat Wacana

Konsep : Wacana

Manakah ringkasan yang paling tepat dari bacaan di atas?

  1. Astronaut yang melakukan perjalanan ke Mars berisiko terkena kanker dua kali lebih tinggi karena adanya radiasi kosmik.
  2. Risiko kanker yang akan dialami oleh astronaut yang melakukan perjalanan ke Mars menjadi lebih tinggi akibat adanya efek turunan yang sulit dihindari.
  3. Perbedaan utama perhitungan risiko kanker pada model lama dan model baru dalam perjalanan ke Mars terletak pada kemungkinan kerusakan berat pada sel.
  4. Penelitian telah menemukan bahwa perjalanan ke Mars berisiko tinggi bagi para astronaut dengan adanya kemungkinan terkena serangan kanker.
  5. Perjalanan ke Mars meningkatkan risiko astronaut terkena kanker dua kali lebih tinggi karena adanya koreksi perhitungan risiko kanker pada perjalanan ke Mars pada model lama.

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Ringkasan dalam teks harus mencakup keseluruhan isi teks. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah “perjalanan ke Mars meningkatkan risiko astronaut terkena kanker dua kali lebih tinggi karena adanya koreksi perhitungan risiko kanker pada perjalanan ke Mars pada model lama.” karena mencakup gagasan pokok dari kedua paragraf. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

CONTOH SOAL SIMAK UI BAHASA INGGRIS

 

Teks untuk menjawab soal nomor 1 sampai nomor 4.

There appears to be increasing numbers of children who specialize in a single sport at an early age. The lure of a college scholarship or a professional career can motivate young athletes to commit to specialized training regimens at an early age. However, the American Academy of Pediatrics recommends avoiding specializing in one sport before puberty.

Once puberty begins, both boys and girls go through their adolescent growth spurt (AGS). The change and the age at which they occur can have an impact on a child’s sports performance. Going through this can have a significant impact on athletic performance in both positive and negative ways. Increases in body size, hormones, and muscle strength can improve athletic performance. Nevertheless, there may be a temporary decline in balance skills and body control during the AGS. Quick increases in height and weight affect the body’s center of gravity. Sometimes, the brain needs to adjust to this higher observation point. As a result, a teen may seem a little clumsy.

This phase is especially noticeable in sports that require good balance and body control (e.g. figure skating, diving, gymnastics, basketball). In addition, longer arms and legs can affect throwing any type of ball, hitting with a bat, catching with a glove, or swimming and jumping. Coaches that are aware of the AGS can help reduce athletic awkwardness by incorporating specific aspects of training into practice sessions.

1. Topik: Reading Comprehension 
Subtopik: Specific Information
Konsep: Synonym

The word “lure” in paragraph 1 is closest in meaning to . . .

  1. plan
  2. illusion
  3. chance
  4. appeal
  5. thought

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Soal ini menanyakan sinonim atau kata yang memiliki arti yang sama dengan lure. Kata lure memiliki arti “daya pikat”. Coba kita perhatikan arti dari masing-masing pilihan jawaban; plan berarti “rencana”, illusion berarti khayalan, chance berarti “kesempatan”, appeal berarti “daya tarik” dan thought berarti “pikiran”. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

2. Topik: Reading Comprehension 
Subtopik : Specific Information
Konsep : Referent

 The word “this” in paragraph 2 refers to . . .

  1.  age
  2. impact
  3. puberty
  4. change
  5. occurrence

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Soal ini menanyakan apa yang dirujuk oleh kata this yang terdapat pada paragraf kedua. Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, kita bisa perhatikan kalimat yang mengandung kata this di dalamnya dan juga kalimat sebelumnya atau bahkan dua kalimat sebelumnya jika informasi yang diminta tidak dapat ditemukan di paragraf yang mendahuluinya.

Pada paragraf kedua, kalimat yang mengandung kata this dan kalimat sebelumnya adalah Once puberty begins, both boys and girls go through their adolescent growth spurt (AGS). The change and the age at which they occur can have an impact on a child’s sports performance. Going through this can have a significant impact on athletic performance in both positive and negative ways.

(Saat pubertas mulai berjalan, baik anak laki-laki maupun perempuan melalui percepatan pertumbuhan remaja. Perubahan dan usia dimana dapat berdampak pada kinerja olahraga mereka. Melalui hal ini dapat memberikan dampak yang signifikan pada kinerja atletik mereka baik secara positif atau negatif). Hal yang dimaksud dapat memiliki dampak negatif maupun positif adalah pubertas.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

3. Topik : Reading Comprehension 
Subtopik : Specific Information
Konsep : Paraphrase

Which sentence is closest in meaning to the last sentence in paragraph 3?

  1. By designing training founded on the knowledge of AGS, trainers can be more  aware of possible difficulties in sports.

  2. With practice that prevents children from performing awkwardly, trainers can assist children through this growth phase.

  3. To help children perform with more ease, trainers should consider the effects of puberty when designing a training routine.

  4. Without considering the physical changes undergone by children, trainers cannot prevent them from having difficulties when training.

  5. Since identifying potential problems during children’s phase of AGS is necessary to eliminate clumsiness, trainers can do this before training begins.

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Soal ini menanyakan tentang kalimat manakah yang memiliki makna sama dengan kalimat terakhir pada paragraf ketiga. Kalimat yang dimaksud adalah Coaches that are aware of the AGS can help reduce athletic awkwardness by incorporating specific aspects of training into practice sessions.

Dari kalimat ini dapat disimpulkan bahwa kalimat ini menjelaskan pelatih yang bersedia membantu mengurangi kecanggungan pada saat latihan. Dengan kata lain, melalui latihan yang dapat mencegah anak-anak merasa canggung ini, pelatih dapat membantu mereka melewati fase pertumbuhan ini. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

4. Topik: Reading Comprehension 
Subtopik: General Information
Konsep: Main Idea 

The most appropriate title for this passage is..

  1. Adolescent Growth Spurt and Sport
  2. Effects of Puberty on Sports Performance
  3. The Rising Popularity of Sports among Children
  4. The Impact of Poor Balance and Body Control
  5. The Side Effects of Specializing in Sports of Children

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Soal ini menanyakan judul yang paling tepat untuk teks di atas. Pada teks tersebut, penulis memaparkan tentang dampak pubertas terhadap performa olahraga pada anak-anak, baik laki-laki maupun perempuan. Penulis juga menjelaskan beberapa dampak fisik yang dapat dialami oleh anak-anak saat mereka mengalami pubertas dan bagaimana hal tersebut dapat berpengaruh pada performa olahraga. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa judul yang paling tepat untuk teks diatas adalah pengaruh pubertas terhadap kinerja olahraga. 
SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

Teks untuk menjawab soal nomor 5 

Scientists used artificial intelligence (AI) to study the spatial relationships between main earthquakes and their aftershocks. In tests, AI predicted the aftershock locations better than the traditional methods that many seismologists use.

In 1992, a series of earthquakes prompted an outbreak of interest among seismologists. They were trying to map out where exactly an aftershock might occur based on how a mainshock might shift stresses on other faults. After 1992, researchers began trying to refine the complicated stress change patterns using different criteria. The most used criterion, the Coulomb failure stress change, depends on fault orientations. However, stresses can push on the faults from many directions at once. Consequently, fault orientations in the subsurface can be complicated.

Using AI, the data included more than locations and magnitudes. The data considered different measures of changes in stress on the faults from the quakes. The AI learned from the data to determine how likely an aftershock was to occur in a specific place. The team tested how precise the system could pinpoint aftershock locations using data from another 30,000 mainshock-aftershock pairs. The AI consistently predicted aftershock locations much better than the Coulomb failure criterion.

However, the study focuses just on permanent shifts in stress due to a quake. Aftershocks may also be triggered by a more momentary source of stress. A quake’s rumbling through the ground could produce this kind of stress. Another question is whether an AI based forecast system could leap into action quickly enough after a quake. The predictions in the new study benefited from a lot of information about which faults slipped and by how much. In the immediate aftermath of a big quake, such data wouldn’t be available for at least a day.

 

5. Topik: Reading Comprehension
Subtopik
: Implied Information
Konsep: Assumption 

In paragraph 2, why does the author include information about the earthquake happening in 1992?

  1. To give background for the new approach in seismology
  2. To inform readers of the first occurrence of aftershocks
  3. To describe how extensive the AI research has been done
  4. To illustrate how interesting aftershocks were to seismologists
  5. To give an example of a prominent series of earthquakes in history

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Soal ini menanyakan tentang alasan mengapa penulis memasukkan informasi pada paragraf kedua tentang gempa yang terjadi pada tahun 1992. Sebelum mengetahui alasan mengapa penulis menyisipkan informasi tersebut, coba kita perhatikan apa yang menjadi pokok bahasan pada paragraf kedua. Pada paragraf tersebut penulis menuliskan bahwa rentetan gempa yang terjadi menarik ketertarikan seismologi terkait persebaran tempat terkait dimana gempa susulan terjadi.

Sehingga, dapat kita tarik kesimpulan bahwa alasan penulis memasukkan mengenai informasi tersebut adalah untuk memberikan latar belakang munculnya pendekatan baru pada seismologi. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

CONTOH SOAL SIMAK UI MATEMATIKA DASAR

 

1.Topik: Eksponen
Subtopik: Eksponen
Konsep: Sifat Eksponen

Jika mtk 1a-Jun-03-2022-08-28-40-90-AM dan mtk 1b-4 nilai mtk 1c-3 adalah..

  1. 50
  2. 100
  3. 150
  4. 200
  5. 250

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Sederhanakan dan selesaikan soal menggunakan sifat-sifat logaritma.

mtk 1d-3

karena mtk 1e-4 maka mtk 1f-2

mtk 1g-2

Selesaikan soal yang ditanyakan

mtk 1h-1

mtk 1i-1

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

2. Topik: Eksponen dan Logaritma
Subtopik: Persamaan Logaritma
Konsep: Definisi Logaritma, Sifat Logaritma, dan Sifat Eksponen

Jika 2a-1 dan 2b-1 memenuhi 2c-1 nilai 2d-1 adalah..

2e-1

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Ubah persamaan logaritma yang diketahui

2f-1

2g-1

Misalkan 2h-1maka persamaannya akan menjadi:

2i-1

Tentukan nilai x

2j-1

Tentukan nilai 2d-1

2k

2l

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

Topik: Persamaan Kuadrat
Subtopik: Persamaan Kuadrat
Konsep : Menyusun Persamaan Kuadrat Baru

3. Diketahui 3a-2 . Jika3b-1 memiliki akar 3c-1 dan 3d dengan 3e, maka persamaan kuadrat yang akar-akarnya 3e-1 dan 3g adalah..

3h

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Tentukan akar-akar 3c-1 dan  3d dari persamaan 3b-1

3i

Diketahui 3a-2 sehingga

3j

karena 3e-1 maka 3k dan 3l

Akar-akar persamaan kuadrat baru adalah

3m

Persamaan kuadrat baru yang diminta

3n

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

4. Topik: Matriks
Subtopik:  Determinan Matriks
Konsep: Perkalian Matriks, Determinan Matriks, dan Sifat Determinan

Jika 4a-1 dan 4b-1 jumlah kuadrat yang memenuhi nilai 4c-2adalah..

4d

 

Kunci jawaban: D

Pembahasan:

Tentukan matriks 4e

4f

Tentukan determinan matriks 4e

4g

Dengan menggunakan sifat determinan selesaikan

4h

Jumlah kuadrat semua nilai t:

4i

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

5. Topik: Barisan dan Deret
Subtopik:  Barisan Aritmetika
Konsep: Beda Barisan Aritmetika

Jika 5a-1 adalah barisan aritmetika dengan 5b-1, nilai 5c-1 adalah..

  1. 2
  2. 3
  3. 4
  4. 6
  5. 9

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Ingat bahwa beda(selisih) dua suku barisan aritmetika yang berdekatan selalu sama, maka:

5d-1

Dari soal diketahui:

5e-1

Substitusikan persamaan (ii) ke (i):

5f-1

 

Tentukan nilai 5c-1 

5g

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-03-2022-07-58-10-14-AM

Susah nggak? Kalau belum paham, daftar Paket Super Intensif SIMAK UI Brain Academy aja ya! Ada diskon 60% pakai kode MASUKUI. Worth it parah deh pokoknya. Yuk, yuk, udah nggak sabar kan mau foto pake jakun tahun ini?

IDN CTA Blog Paket Simak UI Brain Academy Online

MT Brain Academy