Latihan Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA Semester Genap

BA Latihan Soal - SOAL PTS 10 IPA Semester Genap

Yuk, pahami kisi-kisi, latihan soal, beserta pembahasan PTS kelas 10 IPA semester genap. Semangat!

---

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-12-19-53-22-PM

BAHASA INDONESIA

Topik: Teks Negoisasi

Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi

1. Teks negosiasi adalah ....

  1. teks yang berisi interaksi sosial untuk mencari kesepakatan di antara pihak-pihak yang memiliki kesamaan kepentingan
  2. teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial di antara pihak-pihak yang bersengketa
  3. teks yang berisi pernyataan serta argumentasi dari pihak-pihak yang berdebat mengenai permasalahan tertentu dengan tujuan untuk mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan
  4. teks yang berisi bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa
  5. teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan hal yang disampaikan oleh penulis

 

Kunci: D

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks negosiasi bertujuan untuk mencari kesepakatan di antara pihak yang memiliki perbedaan kepentingan, bukan kesamaan kepentingan.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena teks negosiasi tidak digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial, tetapi teksnya memuat bentuk interaksi sosial.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan hanya mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Teks Negoisasi

Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi

2. Perhatikan tujuan teks negosiasi berikut!

  1. Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
  2. Mencari pembahasan pro atau kontra dari suatu permasalahan
  3. Memprioritaskan penyelesaian
  4. Menemukan jalan baik dari dua pendapat
  5. Memecahkan sebuah masalah melalui sebuah forum untuk menentukan kesepakatan bersama

Tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor ....

  1. 1 dan 4
  2. 1 dan 3
  3. 2, 3, dan 5
  4. 1, 2, dan 4
  5. 1, 3 dan 5 

 

Kunci: B

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.

Tujuan teks negosiasi adalah

  1. menghasilkan kesepakatan,
  2. menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan, mencari penyelesaian,
  3. memprioritaskan kepentingan bersama, dan
  4. mengarah pada hal yang praktis atau mudah digunakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor 1 dan 3. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Mengenal Teks Negoisasi

3. Urutan struktur teks negosiasi yang tepat adalah ....

  1. orientasi - pengajuan - penawaran - persetujuan
  2. pengajuan - orientasi - pembahasan - simpulan
  3. orientasi - penawaran - pengajuan - persetujuan
  4. orientasi - pendahuluan - pembahasan - persetujuan
  5. orientasi - pengajuan - persetujuan - simpulan 

 

Kunci: A

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan. Struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan.

Pilihan B tidak tepat karena terdapat bagian pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi. 

Pilihan C tidak tepat karena terdapat susunan struktur yang tidak tepat.

Pilihan D tidak tepat karena terdapat bagian pendahuluan dan pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi. Pilihan E tidak tepat karena terdapat bagian pengantar negosiasi yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Negoisasi

4. Salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi adalah adanya kalimat bersyarat. Kalimat tersebut biasanya ditandai dengan konjungsi ....

  1. karena
  2. bahwa
  3. jika
  4. sehingga
  5. dengan demikian 

 

Kunci: C

Pembahasan:

Kalimat bersyarat merupakan kalimat yang menandakan keberadaan sebuah kondisi atau peristiwa sebagai syarat mencapai tujuan. Ciri kalimat bersyarat adalah menggunakan ungkapan penanda syarat. Contoh ungkapan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kalau 
  • Maka 
  • Jika 
  • Jikalau 
  • Apabila 
  • Asal
  • Andai

Jadi, kalimat bersyarat biasanya ditandai dengan konjungsi jika. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Jenis-Jenis Teks Negoisasi

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Sudah satu jam Rinjani tidak keluar kamar. Ia sedang mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah melalui catatan yang telah ia tulis di buku. Rinjani mencoba untuk memahami bentuk-bentuk teks negosiasi. Tiba-tiba mata Rinjani tertuju pada buku catatannya. Ternyata, terdapat kalimat yang belum selesai, yakni contoh dari bentuk negosiasi lisan. Rinjani mencoba memahami makna negosiasi lisan agar ia menemukan jawaban dari contoh negosiasi lisan.

Contoh negosiasi lisan yang seharusnya ditulis oleh Rinjani adalah ....

  1. pengajuan, permintaan, dan penawaran
  2. cerpen dan dialog
  3. dialog dan narasi
  4. dialog dan drama
  5. penawaran dan permintaan

 

Kunci: D

Pembahasan:

Terdapat tiga jenis penyajian teks negosiasi, antara lain

  • bentuk lisan --> dialog dan drama,
  • bentuk gabungan antara narasi dan dialog --> cerpen, dan 
  • bentuk tulisan --> surat penawaran dan surat permintaan barang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

BAHASA INGGRIS

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

  • Read the text and answer the question below!

Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia's independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means "defender of truth", was changed into Agus Salim early in his childhood.

Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.

CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi'i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.

Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.

1. What was the occupation of Agus Salimʼs father?

  1. A teacher and a judge
  2. A teacher and a doctor
  3. A judge and a colonial prosecutor
  4. A colonial prosecutor and a doctor
  5. A general and a colonial prosecutor 

 

Kunci: C

Pembahasan:

Soal di atas menanyakan mengenai apa pekerjaan ayahnya Salim ( the occupation of Agus Salimʼs father ). Informasi tentang pekerjaan (occupation)  dari  ayahnya  Haji  Agus  Salim  dapat  ditemukan  pada  paragraf  pertama,  yaitu   His  father,  Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge ....

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

  • Read the text and answer the question below!

Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia's independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means "defender of truth", was changed into Agus Salim early in his childhood.

Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.

CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi'i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.

Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.

2. CS Hurgronje took Agus Salim to Jeddah to ….

  1. study Islam
  2. handle hajj affairs
  3. pursue his career as an interpreter
  4. learn about Middle Eastern culture
  5. avoid Ahmad Khatib al-Minangkabawi 

Kunci: E

Pembahasan:

Soal di atas menanyakan alasan kenapa CS Hurgronje membawa Agus Salim ke Jeddah. Pada paragraf ketiga dijelaskan That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi'i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi yang artinya 'Perjalanan tersebut juga bertujuan untuk menjauhkannya  dari ajaran radikal keluarga dekatnya, Shafi'i imam dari Masjid al-Haram Ahmad Khatib al-Minangkabawi'.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

  • Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child's innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father's insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle's teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

3. According to the biography, when did Galileo Galilei resign from his teaching job at the University of Pisa?

  1. After he had attracted many followers
  2. After he had been persecuted for three years
  3. When he had a worse offer from the University of Padua
  4. When he decided to pursue his interests in astronomy and mechanics
  5. Before he was appointed as a mathematics professor at the University of Pisa 

 

Kunci: B

Pembahasan:

Arti kalimat soal adalah 'Menurut biografi, kapan Galileo Galilei mengundurkan diri dari pekerjaan mengajarnya di Universitas Pisa?'.

Pada paragraf terakhir dituliskan Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua where he taught maths yang artinya 'Setelah tiga tahun persekusi, dia mengundurkan diri dan pergi ke Universitas Padua, tempatnya mengajar  Matematika.  Berdasarkan  informasi  tersebut,  dapat  diketahui  bahwa  Galileo  mengundurkan  diri  setelah  dia dipersekusi selama 3 tahun.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

  • Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child's innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father's insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle's teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

4. From the fact that Galileo Galilei was imprisoned for supporting the Copernican theory which later was proven to be true, we know that Galileo Galilei was ....

  1. foolish
  2. reckless
  3. arrogant
  4. stubborn
  5. tenacious 

 

Kunci: E

Pembahasan:

Makna kalimat pada soal adalah 'Berdasarkan fakta bahwa Galileo Galilei dipenjara karena mendukung teori Copernican yang kemudian terbukti benar, kita mengetahui bahwa Galielo Galilei adalah orang yang '.

Informasi  dari  kalimat  soal  memperlihatkan  bahwa  Galileo  Galilei  tetap teguh/gigih  dengan  hal  yang  menurutnya  benar meskipun   dia   sampai harus   dimasukkan   ke   dalam   penjara.   Hal   ini   menunjukkan   bahwa dia adalah orang   yang teguh (tenacious).

Kata foolish artinya 'bodoh', reckless artinya 'sembrono/gegabah, arrogant artinya 'arogan/sombong', dan stubborn artinya 'keras kepala'.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

  • Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child's innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father's insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle's teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

5. From Galileo Galilei's biography, we can learn that ....

  1. We must never go against the beliefs of the society to avoid getting imprisoned.
  2. When we believe in something, we must stay faithful to it no matter how hard.
  3. We must always believe to society to escape from getting persecuted.
  4. We must sacrifice everything in our life to get ourselves educated.
  5. We should spend a long time to pursue our interests.

 

Kunci: B

Pembahasan:

Soal menanyakan pelajaran yang terkandung dalam teks.

Dalam  biografi  tersebut,  terutama  pada  bagian  akhir,  dapat  diketahui  bahwa  Galileo  dipersekusi  (dengan  cara  dikucilkan) selama tiga tahun karena dia sangat kritis terhadap ajaran Aristoteles .  Namun, dia tidak menyerah. Setelah dipersekusi, dia mengundurkan diri dari Universitas Pisa dan masuk ke Universitas Padua, tempat dia mengajar Matematika. Cara mengajarnya menarik perhatian banyak orang hingga pada akhirnya dia menghabiskan 18 tahun selanjutnya untuk mengerjakan bidang yang dia sukai, yaitu astronomi dan mekanika.

Dari cerita tersebut, pelajaran yang dapat diambil adalah ketika yakin pada suatu hal, kita harus tetap percaya dengan hal tersebut seberat apapun tantangannya. Hal ini dibuktikan oleh Galileo yang akhirnya dapat mencapai apa yang disukainya setelah dia mengalami tantangan yang berat.

Pilihan A tidak tepat  karena tidak dikatakan bahwa Galileo menentang kepercayaan masyarakat tertentu yang membuatnya dipenjara.  Pada  paragraf  pertama  dikatakan  bahwa  dia  dijatuhi  hukuman  penjara  seumur  hidup  karena  mendukung  teori Copernicus bahwa matahari berada di pusat tata surya.

Pilihan C tidak tepat karena Galileo dipersekusi bukan karena dia menentang keyakinan masyarakat, tetapi karena dia kritis terhadap ajaran Aristoteles. Hal ini dijelaskan pada awal paragraf terakhir.

Pilihan  D  tidak  tepat karena  teks  tidak  membahas  tentang  pengorbanan  yang  harus  diberikan  Galileo  supaya  dia  bisa mendapatkan pendidikan.

Pilihan E tidak tepat karena waktu yang dihabiskan oleh Galileo selama 18 tahun untuk mengerjakan bidang yang dia sukai merupakan hasil dari keteguhannya selama ini mempertahankan prinsip dan keyakinannya.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

BIOLOGI

Topik: Plantae

Subtopik: Lumut (Bryophyta)

1. Reproduksi seksual pada Bryophyta akan membentuk gamet-gamet, baik gamet jantan maupun gamet betina yang dibentuk dalam gametofit. Pada daur hidup Bryophyta, bagian yang menghasilkan gamet adalah ....

  1. tumbuhan lumut dewasa
  2. protonema
  3. anteridium dan arkegonium
  4. zigot
  5. ovum 

 

Kunci: C

Pembahasan:

Anteridium merupakan alat kelamin jantan menghasilkan sel spermatozoid dan arkegonium merupakan alat kelamin betina menghasilkan sel telur (ovum). Sel spermatozoid akan bergerak menuju sel telur, dan dalam pergerakannya sel spermatozoid memerlukan air untuk mencapai sel telur. Kemudian terjadi fertilisasi di dalam arkegonium dan menghasilkan zigot (diploid/2n).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Plantae

Subtopik: Paku (Pteridophyta)

2. Berikut informasi yang tepat terkait daun pada tumbuhan paku tersebut adalah ....

  1. daun tropofil bersifat fertil, mikrofil, dan untuk fotosintesis
  2. daun sporofil bersifat steril dan berperan sebagai penghasil spora
  3. daun tropofil bersifat steril dan berperan untuk fotosintesis
  4. umumnya satu spesies paku memiliki dua jenis daun, yaitu tropofil dan sporofil
  5. umumnya satu spesies paku memiliki dua jenis daun, yaitu mikrofil dan makrofil

 

Kunci: C

Pembahasan:

Daun pada tumbuhan paku dapat dibedakan berdasarkan ukuran maupun fungsinya. Berdasarkan ukurannya, jenis daun tumbuhan paku dapat berupa mikrofil atau makrofil. Daun mikrofil memiliki ukuran yang kecil dan tidak terdiferensiasi, sedangkan daun makrofil/megafil memiliki ukuran yang besar dan terdiferensiasi. Adapun berdasarkan fungsinya, jenis daun tumbuhan paku dapat dibedakan menjadi tropofil dan sporofil. Daun tropofil bersifat steril dan memiliki fungsi utama untuk fotosintesis, sedangkan daun sporofil bersifat fertil dan memiliki sporangium penghasil spora. Umumnya satu spesies paku hanya memiliki satu jenis daun saja. Namun, ada juga spesies tumbuhan paku yang memiliki kedua jenis daun berupa tropofil maupun sporofil secara bersamaan, contohnya Drymoglossum sp. yang memiliki sporofil dengan ukuran lebih panjang daripada tropofil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Plantae

Subtopik: Gymnispermae

3. Kelompok Gymnospermae yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias adalah ....

  1. Agathis
  2. Dioon edule
  3. Podocarpus
  4. Ginkgo biloba
  5. Pinus merkusii

Kunci: B

Pembahasan:

Gymnospermae adalah kelompok tumbuhan berbiji terbuka. Kelompok Gymnospermae dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal misalnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Contoh Gymnospermae yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias adalah Cycas, Cupressus, dan Dioon edule. Sementara itu, Ginkgo biloba dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan dan bahan kosmetika. Pinus merkusii (pinus), Podocarpus (melur), dan Agathis (damar) dimanfaatkan sebagai sumber papan.

Dengan demikan, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Plantae

Subtopik: Dikotil dan Monokotil

4. Kevin melakukan pengamatan terhadap suatu tanaman. Tanaman tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki kotiledon tunggal
  2. Memiliki tulang daun sejajar
  3. Dilindungi koleoriza dan koleoptil
  4. Berkas vaskuler batang tipe kolateral tertutup

Berdasarkan ciri-ciri di atas, tanaman yang ditemukan Kevin adalah ...

  1. Mimosa pudica
  2. Ipomea batatas
  3. Ananas comosus
  4. Capsicum frutescens
  5. Lycopersicum esculentum

Kunci: C

Pembahasan:

Tanaman monokotil adalah tanaman yang memiliki satu kotiledon atau tunggal. Ciri-ciri dari tanaman monokotil adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki sistem perakaran serabut
  2. Dilindungi koleoriza dan koleoptil
  3. Tidak memiliki kambium
  4. Berkas vaskuler batang tipe kolateral tertutup
  5. Memiliki pertulangan daun sejajar atau melengkung
  6. Bagian perhiasan bunga berjumlah 3 atau kelipatannya

Contoh tanaman monokotil adalah jagung (Zea mays), padi (Oryza sativa), kelapa (Cocos nucifera), nanas (Ananas comosus), dan lain-lain. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tanaman yang sesuai dengan ciri-ciri pengamatan Kevin adalah nanas (Ananas comosus).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Animalia

Subtopik: Porifera

5. Tubuh porifera tidak tersusun atas jaringan sejati tetapi dibentuk oleh sekumpulan sel-sel yang tersusun longgar. Salah satu lapisan selnya disebut pinakosit. Pinakosit memiliki fungsi antara lain ....

  1. mengedarkan sari makanan dan oksigen ke sel-sel tubuh lainnya
  2. membuang partikel sisa-sisa metabolisme
  3. membuat spikula (serat spons)
  4. membentuk sel reproduktif
  5. melindungi tubuh bagian dalam 

 

Kunci: E

Pembahasan:

Pinakosit atau pinakoderm merupakan lapisan tubuh terluar dari porifera. Sel-sel berbentuk pipih, tersusun rapat, dan berfungsi untuk melindungi tubuh bagian dalam. Pinakosit dapat berkontraksi sehingga tubuh dapat membesar atau mengecil. Di antara pinakosit, terdapat pori-poru (ostium) yang membentuk saluran air menuju spongosol.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Hukum Gerak Newton

Subtopik: Konsep Gaya

1. Sebuah peti ditarik oleh tiga buah gaya seperti pada gambar.

fis 1a

Besar dan arah resultan gaya yang bekerja pada peti adalah ….

  1. 0 N karena balok tidak bergerak
  2. 18 N ke kanan
  3. 18 N ke kiri
  4. 9 N ke kanan
  5. 9 N ke kiri 

 

Kunci: E

Pembahasan

Resultan gaya yang bekerja pada peti dapat dihitung dengan menjumlahkan semua gaya. Asumsikan gaya ke kanan bernilai positif, sedangkan gaya ke kiri bernilai negatif. Tanda negatif menunjukkan bahwa peti bergerak ke kiri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Hukum Gerak Newton

Subtopik : Konsep Gaya

2. Berikut ini merupakan berbagai jenis gaya.
  1. Gaya berat
  2. Gaya gesek
  3. Gaya magnet
  4. Gaya pegas
  5. Gaya normal

Yang merupakan bukan gaya sentuh ada pada nomor .... 

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 3, dan 4
  3. 1, 2, dan 4
  4. 1 dan 2
  5. 3, 4, dan 5 

 

Kunci: D

Pembahasan

Gaya sentuh: gaya gesek, gaya pegas, dan gaya normal. Gaya tak sentuh: gaya berat dan gaya magnet

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Hukum Gerak Newton

Subtopik: Penerapan Hukum Newton

3. Sebuah mobil-mobilan bermassa 2 kg ditarik dengan gaya 2 N membentuk sudut fis 3a terhadap bidang datar yang licin. Jika mobil-mobilan semula diam, jarak yang ditempuh mobil-mobilan dalam waktu 4 sekon adalah ....

fis 3b

 

Kunci: A

Pembahasan

Kasus tersebut dapat digambarkan seperti berikut:

fis 3c 

Selanjutnya, kita dapat mencari percepatan mobil-mobilan dengan meninjau sumbu-x:

fis 3d  


Maka, jarak yang ditempuh mobil-mobilan dalam selang waktu 4 sekon adalah

fis 3e

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Hukum Gravitasi Newton

Subtopik: Gaya Gravitasi Newton

4. Besarnya gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah ….

  1. sebanding dengan kuadrat jarak kedua benda
  2. berbanding terbalik dengan konstanta gravitasi
  3. berbanding terbalik dengan jarak kedua benda
  4. sebanding dengan massa masing-masing benda
  5. berbanding terbalik dengan massa masing-masing benda

 

Kunci: D

Pembahasan

Gaya tarik-menarik antara dua benda:

fis 4a

fis 4bberbanding lurus dengan konstanta gravitasi

fis 4cberbanding lurus dengan kedua massa

fis 4d berbanding terbalik dengan kuadrat jarak kedua benda

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Hukum Gravitasi Newton

Subtopik: Medan Gravitasi dan Percepatan Gravitasi

5. Perhatikan gambar benda dengan garis-garis medan berikut ini

fis 5a

Urutan benda yang memiliki medan gravitasi dari terkuat ke terlemah adalah ….

  1. A – B – C
  2. B – C – A
  3. A – C – B
  4. B – A – C
  5. C – B – A

 

Kunci: E

Pembahasan:

Sebuah benda yang memiliki garis-garis medan paling rapat, sudah pasti memiliki massa yang besar. Artinya, semakin besar massa sumber, maka garis-garis medan akan semakin rapat. Semakin rapatnya garis-garis medan, maka semakin kuat medan gravitasi yang dihasilkan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

KIMIA

Topik : Elektrolit dan Nonelektrolit

Subtopik : Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

1. Perhatikan tabel berikut!

kim 1a
Berdasarkan tabel di atas, senyawa yang berikatan kovalen nonpolar adalah ....

  1. P
  2. Q
  3. R dan S
  4. P, R, dan S
  5. Q, R, dan S 

 

Kunci: B

Pembahasan:

Senyawa yang berikatan kovalen polar pada fase lelehan tidak menghasilkan listrik, tetapi pada fase larutan dapat menghantarkan listrik. Senyawa kovalen polar memiliki titik didih lebih tinggi dari kovalen nonpolar, tetapi lebih rendah dari senyawa ionik.

Senyawa yang berikatan kovalen nonpolar baik pada fasa lelehan maupun larutan tidak dapat menghasilkan arus listrik. Senyawa kovalen nonpolar memiliki titik didih paling rendah.

Senyawa yang memenuhi poin kovalen nonpolar adalah senyawa Q.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Elektrolit dan Nonelektrolit

Subtopik: Pendahuluan Elektrolit dan Nonelektrolit

2. Berikut ini campuran yang bukan larutan adalah ....

  1. Air dan gula
  2. Air dan alkohol
  3. Air dan NaCl
  4. Air dan NaOH
  5. Air dan pasir 

 

Kunci: E

Pembahasan:

Gula dan alkohol walaupun termasuk dalam senyawa kovalen non polar tapi ada bagian polarnya yaitu ikatan O-H sehingga akan larut dalam air karena molekul air menarik sisi sisi polar dari molekul gula dan alkohol, NaCl dan NaOH akan larut juga dalam air karena NaCl termasuk senyawa ionik yang mudah larut dalam air dan NaOH termasuk basa kuat. Sedangkan pasir tidak akan larut dalam air karena pada pasir ikatan antar atomnya sangat kuat sehingga tidak akan mudah terputus dengan pelarutan air.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Reaksi Reduksi dan Oksidasi

Subtopik : Konsep Redoks Melibatkan Hidrogen

3. Perhatikan reaksi di bawah ini

kim 3a  

Dari reaksi di atas maka spesi manakah yang merupakan oksidator dan alasannya ....

  1. kim 3bkarena melepaskan hidrogen
  2. kim 3c karena mengikat hidrogen
  3. kim 3dkarena autoredoks
  4. Tidak ada karena bukan reaksi redoks
  5. Diperlukan data pendukung

 

Kunci: D

Pembahasan:

Reaksi diatas bukan merupakan reaksi redoks karena yang dilepaskan dan diikat bukan atom hidrogen melainkan ion hidrogen sehingga tidak terdapat oksidator dalam reaksi ini.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Tata Nama Senyawa

Subtopik: Pendahuluan Tata Nama Senyawa

4. Ilmuwan J.R Glauber menemukan suatu garam yang dinamakan garam Glauber. Nama trivial dari senyawa garam Glauber adalah ….
  1. dinatrium sulfat
  2. natrium sulfit
  3. natrium sulfat
  4. natrium sulfida
  5. dinatrium sulfida 

 

Kunci: C

Pembahasan:

Pada abad ke-17, J.R. Glauber menemukan suatu garam dengan rumus kimia kim 4a yang disebut garam Glauber yang memiliki nama trivial natrium sulfat.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Tata Nama Senyawa

Subtopik: Tata Nama Senyawa Kovalen

5. Rumus kimia dari senyawa difosfor tetraklorida adalah .... 

kim 5a

 

Kunci: B

Pembahasan:

Senyawa difosfor tetraklorida merupakan senyawa kovalen biner. Senyawa kovalen biner adalah senyawa yang terbentuk dari dua jenis unsur yang berbeda.

Senyawa difosfor tetraklorida tersusun dari unsur P (fosfor) dan unsur Cl (klor). Nama difosfor artinya unsur P nya ada sebanyak 2(di) dan  tetraklorida artinya unsur Cl nya ada sebanyak 4(tetra). Oleh karena itu, rumus kimia dari senyawa difosfor tetraklorida adalah kim 5b.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

MATEMATIKA IPA

Topik: Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Fungsi Komposisi

1. Diketahui mtk 1a-3 dan mtk 1b-2. Jika mtk 1c-2 maka nilai x yang memenuhi adalah ....


  1. -2
  2. -1
  3. 0
  4. 1
  5. 2

 

Kunci: B

Pembahasan:

Perhatikan perhitungan berikut!

mtk 1d-2Perhatikan bahwa mtk 1c-2Oleh karena itu, didapat perhitungan berikut.

mtk 1e-3Dengan demikian, nilai yang memenuhi adalah -1.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Fungsi Komposisi

2. Diketahui fungsi mtk 2a-3 dan mtk 2b-2 Hasil dari fungsi komposisi mtk 2c-2 adalah ....

mtk 2d-2

 

Kunci: D

Pembahasan

Didapat bentuk fungsi komposisi sebagai berikut.

mtk 2e-1

Dengan demikian, hasil dari fungsi komposisi mtk 2c-2 adalah mtk 2f-1 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Invers Fungsi Komposisi

3. Diketahui  dan . Hasil dari  adalah ....

mtk 3d-2

 

Kunci: E

Pembahasan:

Oleh karena itu bentuk mtk 3e-2 dapat ditentukan dengan perhitungan berikut.

mtk 3f-1

Selanjutnya, perhatikan perhitungan berikut!

mtk 3g

Dengan demikian, hasil dari adalah mtk 3h.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Fungsi Komposisi

4. Diketahui mtk 4a-2.  Jika mtk 4b-2 maka mtk 4c-2= ...

mtk 4d-2

 

Kunci: C

Pembahasan

Perhatikan perhitungan berikut ini!

mtk 4e-2 

Oleh karena itu, diperoleh perhitungan berikut.

mtk 4f-2

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi

Subtopik: Relasi dan Fungsi

5. Diberikan himpunan mtk 5a-2 dan fungsi mtk 5b-3 dengan mtk 5c-2. Grafik di bawah ini yang menggambarkan fungsi f adalah ....

  1. mtk 5d-2
  2. mtk 5e-1
  3. mtk 5f-2
  4. mtk 5g-1
  5. mtk 5h-1

 

Kunci: E

Pembahasan

Pertama, akan dicari nilai fungsi mtk 5i untuk setiap x anggota himpunan A.

mtk 5jDiperoleh mtk 5k

Oleh karena itu, grafik yang tepat untuk menggambarkan pasangan terurut di atas adalah grafik berikut ini.

mtk 5lJadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Ada kesulitan saat mengerjakan soal-soal di atas? Yuk, cobain live teaching bareng STAR Master Teacher Brain Academy! Bisa tanya jawab secara interaktif via aplikasi atau PC. Gurunya lulusan PTN ternama lho, dijamin bikin kamu lebih siap hadapi PTS.

Live Teaching Brain Academy Online 

Profile

MT Brain Academy