Contoh Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA 2024 Semester 1

Latihan soal PTS Kelas 10 IPA Semester Ganjil

Sedang belajar untuk Penilaian Tengah Semester? Intip soal dan pembahasan PTS kelas 10 SMA IPA berikut ini

BAHASA INGGRIS

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Family members

Level : MOTS

1. Julian has one brother and one sister. His brother is Aisyah and his sister is Jasmine. Julian married Jane and they have 2 children, Juan and Julliete. Aisyah married Melisa and they have 2 children, Mila and Maura. Jasmine is still single.  The correct statement based on the description above is … 

  1. Aisyah is Juan’s uncle.
  2. Julian is Julliete’s uncle.
  3. Mila is Aisyah’s niece.
  4. Maura is Jasmine’s sister.
  5. Julian is Maura’s father.

 

Kunci: A

Pembahasan:

Julian memiliki satu saudara laki-laki dan satu saudara perempuan. Saudaranya adalah Aisyah dan saudara perempuannya adalah Jasmine. Julian menikahi Jane dan mereka memiliki 2 anak, Juan dan Julliete. Aisyah menikahi Melisa dan mereka memiliki 2 anak, Mila dan Maura. Jasmine masih sendiri. Berdasarkan deskripsi tersebut, dapat kita ketahui bahwa Julian merupakan ayah dari Juliette, jadi opsi jawaban B kurang tepat. Kemudian, Mila adalah anak perempuan (daughter) dari Aisyah, jadi opsi jawaban C juga kurang tepat. Lalu Maura merupakan keponakan perempuan (niece) dari Jasmine, maka opsi jawaban D juga kurang tepat.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Verb

Level : MOTS

2. Mrs. Nura: How was the concert, Nia?

  Nia: It was so incredible. The band, stage act, lighting, I love it! Like, seriously, I really _______ it.

  1. saw
  2. enjoyed
  3. bored
  4. fed-up
  5. hate

 

Kunci: B

Pembahasan:

Pada kalimat tersebut, Nia ingin mengatakan bahwa ia sangat menikmati konser semalam, dibuktikan dengan I love it! Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah enjoyed.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Present Continuous Tense

Level : MOTS

3. The following sentences are correct, except…

  1. I am talking to my brother right now.
  2. My sister is taking care of our niece now.
  3. Jean is attending a debate competition at the moment.
  4. Look! Selena is singing on the 64th Grammy Award.
  5. Justin talking politely to his parents on the phone.

 

Kunci: E

Pembahasan:

Dalam Present Continuous Tense, Subject harus diikuti dengan am/is/are + V-ing. Sehingga, jika kita cermati, opsi jawaban E memiliki struktur kalimat yang kurang tepat, seharusnya Justin is talking politely to his parents on the phone.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E.

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Simple Present Tense

Level : MOTS

4. Caca: What do you usually do on the weekend, Ris?

Riska: ____________________________________

The correct response to complete the dialog is…

  1. On the weekend, I did yoga.
  2. I usually just hang out with my friends on the weekend.
  3. I usually relaxing my mind.
  4. I am watching YouTube all day long.
  5. On the weekend, I will go to the swimming pool.

 

Kunci: B

Pembahasan:

Subject yang ditanyakan di atas adalah Riska. Caca bertanya apa yang biasa Riska lakukan pada saat weekend. Untuk merespon pertanyaan tersebut, opsi jawaban yang paling tepat adalah B, karena menjelaskan tentang kebiasaan yang biasa Riska lakukan pada saat weekend.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B.

Topik : Basic English in Introduction

Subtopik : Pronoun

Level : LOTS

5. Choose an option that consists of reflexive pronouns!

  1. I, you, he, she, it, we, you, they
  2. Me, you, him, her, it, us, you, them
  3. My, your, his, her, its, our, your, their
  4. Mine, yours, his, hers, ours, yours, theirs
  5. myself, yourself, himself, herself, itself, ourselves, yourselves, themselves

 

Kunci: E

Pembahasan:

Kita diminta untuk mencari yang mana yang merupakan reflexive pronoun, pilihan jawaban A merupakan subject pronoun, pilihan jawaban B merupakan object pronoun, pilihan jawaban C merupakan possessive adjectives, pilihan jawaban D merupakan possessive pronoun, pilihan jawaban E merupakan reflexive pronoun.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah E.

Topik: Basic English in Introduction

Subtopik: Present Continous Tense

6. Normally … (we/finish) work at four, but this week … (we/work) until six to earn a little more money.

  1. we finish, we are working
  2. we are finish, we work
  3. we finish, we work
  4. we are finishing, we are working
  5. we are finishing, we work

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Pada situasi pertama, kata normally menunjukkan kebiasaan (Present simple), dan situasi kedua terdapat kata this week yang bersifat sementara (Present continuous).

Maka jawaban yang benar yaitu A.

separator latihan soal

Topik: Basic English in Introduction

Subtopik: Simple Present Tense

7. The earth … round the sun.

  1. goes
  2. makes
  3. eats
  4. rises
  5. sets

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat tersebut merujuk pada Simple Present. Bumi mengitari (go round) matahari. Subject the earth (singular) dan menggunakan verb+s/es.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.

Baca juga: Contoh, Rumus, dan Kegunaan Simple Present Tense

separator latihan soal

Topik: Common Expression

Subtopik: Expression of Congratulating and Complimenting

8. Jerry: Congratulations on your wedding! I  hope you’ll … together.

Sarah: Thanks, and I’m sure we will!

What would be the best expression to fill in the gap?

  1. be very exciting
  2. feel awful
  3. be very happy
  4. live long
  5. be unhappy

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Untuk dapat melengkapi kalimat tersebut, kita bisa melihat kalimat yang diucapkan oleh Jerry sebelumnya dan respon yang diberikan oleh Sarah. Dalam percakapan tersebut, Jerry memberikan selamat atas pernikahan Sarah dan Sarah berterima kasih atas hal itu. Sehingga ucapan yang paling tepat untuk melanjutkan pernyataan yang diucapkan oleh Jerry adalah harapan agar Sarah bahagia selalu.

Maka, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Common Expression

Subtopik: Tenses

9. She.. that TV shows five times.

  1. had
  2. has
  3. has seen
  4. saw
  5. seen

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Dari kalimat diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatannya telah dilakukan selama 5x. Untuk menunjukkan hal tersebut maka akan menggunakan Present Perfect Tense. Formula kalimatnya adalah S + have/has + V3. Karena subjectnya adah She, maka auxiliary verbnya adalah Has.

Maka, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Expression of Preference

Subtopik: Showing Preference

10. My family and I would rather stay at home than… somewhere during holidays.

  1. goes
  2. going
  3. go
  4. to go
  5. went

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Untuk mengungkapkan kecenderungan / kesukaan, kita dapat menggunakan pola Subject + would rather + verb 1 + than + verb 1. Sehingga kata yang paling benar untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah go.

Maka, jawaban yang benar adalah C.

Baca Juga: Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPS Semester Ganjil

BAHASA INDONESIA

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level : MOTS

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.

Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/

1. Pada paragraf pertama teks di atas terdapat adjektiva sebanyak . . .

  1. Satu
  2. Dua
  3. Tiga
  4. Empat
  5. Lima

 

Kunci : C

Pembahasan :

Adjektiva adalah kata sifat. Cara menandakannya iala dapat dibubuhi dengan kata sangat atau tidak. Adjektiva pada teks tersebut terdapat tiga buah, yaitu busuk, menyengat, dan penting.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level : MOTS

Tanaman ini dinamakan bunga bangkai karena ia mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Meski begitu, bau ini memiliki dua peran yang sangat penting, yaitu sebagai perlindungan dan penarik perhatian serangga yang membantu proses penyerbukan.

Habitat asli bunga bangkai adalah di hutan Sumatera. Namun, karena terancam punah, ia mulai dikonservasi di banyak tempat. Salah Satunya adalah di taman hutan raya Ir. Djuanda yang terletak di bandung Jawa Barat.

Sumber: https://notepam.com/contoh-teks-laporan-hasil-observasi/

2. Kalimat simpleks terdapat pada . . .

  1. Paragraf pertama kalimat pertama
  2. Paragraf pertama kalimat kedua
  3. Paragraf pertama kalimat ketiga
  4. Paragraf kedua kalimat pertama
  5. Paragraf kedua kalimat kedua

 

Kunci : D

Pembahasan :

Kalimat simpleks adalah kalimat yang terdiri dari satu predikat dan tidak memiliki konjungsi. Dari dua paragraf tersebut kalimat simpleks hanya terletak pada paragraf kedua kalimat pertama.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Analisis Teks Laporan Hasil Observasi

Level : HOTS

Perhatikan teks berikut!

Lingkungan RT 03 kurang bersih, karena kurangnya kesadaran masyarakatnya untuk menjaga kebersihan dan kurangnya keberadaan fasilitas kebersihan, seperti tong sampah. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat RT 03. Kerja sama antara pengurus RT dan masyarakat akan lebih meningkatkan upaya kebersihan lingkungan tersebut. Pengurus RT berperan dalam penyediaan fasilitas kebersihan bersinergi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

3. Pada teks di atas kalimat opini terdapat pada …

  1. Kalimat satu
  2. Kalimat dua
  3. Kalimat tiga
  4. Kalimat empat
  5. Kalimat satu dan empat

 

Kunci : A

Pembahasan :

Opini adalah ide atau pendapat seseorang mengenai suatu hal. Sementara, fakta adalah keadaan atau peristiwa yang benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Dalam teks tersebut opini terdapat pada kalimat satu.

Dengan demikian, jawaban yang sesuai adalah A.

Bacalah kutipan berikut ini!

(1) Saat ini, penerapan konsep pembangunan berkelanjutan dapat disebut jauh dari harapan. (2) Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. (3) Setiap tahun di negara kita kehilangan 684.000 hektar hutan karena pembalakan liar, pengalihan fungsi hutan, kebakaran hutan, dan perambahan hutan. (4) Hal ini diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. (5) Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang diikuti bencana bagi manusia. (Sumber: www.beritadaerah.co.id dengan pengubahan seperlunya)

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Analisis Teks Eksposisi

Level : MOTS

4. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan oleh kata ….

  1. jauh
  2. kesulitan
  3. flora dan fauna
  4. negara
  5. kita

 

Kunci : C

Pembahasan :

Kata teknis adalah istilah yang tidak cukup umum untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata teknis berkaitan erat dengan suatu bidang tertentu. Pada kutipan teks di atas, kata teknis ditunjukkan dengan kata flora dan fauna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Analisis Teks Eksposisi

Level : HOTS

5. Kata yang pada kalimat kelima di atas termasuk penanda kalimat majemuk ….

  1. hubungan penjelasan
  2. hubungan sangkalan
  3. hubungan atributif
  4. hubungan akibat
  5. hubungan cara

 

Kunci : C

Pembahasan  :

Kalimat majemuk terdiri dari 7 jenis, salah satunya kalimat majemuk hubungan atributif. Kalimat majemuk hubungan atributif ditandai dengan kata yang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Laporan Hasil Observasi

Subtopik: Mengenal Laporan Hasil Observasi

6. Berikut ini yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi adalah ….

  1. Teks yang ditulis berdasarkan hasil penelitian
  2. Teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung
  3. Teks yang ditulis berdasarkan hasil cerita orang lain
  4. Teks yang memberikan informasi berdasarkan bahan bacaan
  5. Teks yang ditulis berdasarkan hasil diskusi kelompok

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Teks Laporan Hasil Observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Laporan Hasil Observasi

Subtopik: Mengenal Laporan Hasil Observasi

7. Di bawah ini yang merupakan struktur teks laporan hasil observasi adalah ….

  1. pendahuluan, deskripsi bagian, kesimpulan
  2. pernyataan umum, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
  3. pendahuluan, deskripsi bagian, deskripsi manfaat
  4. pendahuluan, isi, kesimpulan
  5. pernyataan umum, isi, kesimpulan

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

Teks LHO memiliki tiga struktur, yaitu

  • Pernyataan umum
  • Deskripsi bagian
  • Deskripsi manfaat

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Baca juga: Ciri, Contoh, dan Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

separator latihan soal

Topik: Laporan Hasil Observasi

Subtopik: Kebahasaan Laporan Hasil Observasi

Perhatikan teks berikut! 

(1) Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. (2) Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C dan memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. (3) Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. (4) Kandungan serat buah pepaya juga halus. (5) Sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.

8. Dari teks di atas, terdapat kalimat tidak efektif yang ditunjukkan oleh kalimat nomor ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Kalimat tidak efektif ditunjukkan oleh kalimat kelima karena menggunakan konjungsi intrakalimat (sehingga) yang tidak bisa digunakan di awal kalimat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Perhatikan kalimat berikut!

Dirinya mengatakan tidak terjadi sesuatu yang membahayakan di sana.

9. Kalimat tersebut mengandung pronomina persona orang ….

  1. pertama tunggal
  2. pertama jamak
  3. kedua tunggal
  4. ketiga tunggal
  5. ketiga jamak

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Dirinya termasuk ke dalam pronomina persona ketiga tunggal, opsional lain kurang tepat. Opsional A, pronomina persona pertama tunggal ditandai dengan penggunaan aku, saya.  Opsional B, pronomina persona pertama jamak ditandai dengan penggunaan kami, kita.  Opsional C, pronomina persona kedua tunggal ditandai dengan penggunaan kamu, engkau. Opsional E, pronomina persona ketiga jamak ditandai dengan penggunaan mereka.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Baca juga: Apa itu Teks Eksposisi? Pahami Ciri, Struktur, dan Contohnya

separator latihan soal

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Mengenal Teks Eksposisi

10. Berikut ini yang bukan jenis teks eksposisi adalah ….

  1. proses
  2. ilustrasi
  3. pertentangan
  4. pemaparan
  5. berita

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Jenis teks eksposisi

  1. proses
  2. ilustrasi
  3. pertentangan
  4. berita

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

MATEMATIKA IPA

Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak 

Subtopik : Fungsi Nilai Mutlak

Level : MOTS

1. Grafik fungsi dari persamaan mtk ipa pts 10 1a adalah

  1. mtk ipa pts 10 1b
  2. mtk ipa pts 10 1c
  3. mtk ipa pts 10 1d
  4. mtk ipa pts 10 1e
  5. mtk ipa pts 10 1f

 

Kunci : A

Pembahasan :

Pertama-tama perhatikan bahwa grafik fungsi mtk ipa pts 10 1h

mtk ipa pts 10 1g

Seperti ini, kemudian karena tidak ada nilai y yang bernilai negatif maka dicerminkan terhadap sumbu-x didapat

mtk ipa pts 10 1b

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional

Subtopik : Persamaan Rasional

Level : MOTS

2. Penyelesaian dari mtk ipa pts 10 2aadalah

mtk ipa pts 10 2b

 

Kunci : E

Pembahasan :

mtk ipa pts 10 2c

Syarat penyebut tidak boleh nol

mtk ipa pts 10 2d

Jadi yang memenuhi adalah mtk ipa pts 10 2e

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Rasional

Subtopik : Pertidaksamaan Rasional

Level : MOTS

3. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan pecahan mtk ipa pts 10 3a adalah

mtk ipa pts 10 3b

 

Kunci : E

Pembahasan

Perhatikan perhitungan berikut ini!

mtk ipa pts 10 3c

Pada bentuk pembilangnya, yaitu mtk ipa pts 10 3d didapat pembuat nol nya adalah sebagai berikut.

mtk ipa pts 10 3e

Kemudian, pembuat nol pada penyebutnya adalah sebagai berikut

mtk ipa pts 10 3fSelanjutnya, dengan menggunakan tabel didapat hasil sebagai berikut.

mtk ipa pts 10 3g

Karena tanda pertidaksamaannya adalah <, maka pilih daerah yang nilainya negatif. Oleh karena itu, penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah

mtk ipa pts 10 3h

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Topik : Fungsi Persamaan dan Pertidaksamaan Irasional 

Subtopik : Persamaan irasional

Level : MOTS

4. Penyelesaian dari mtk ipa pts 10 4aadalah

mtk ipa pts 10 4b

 

Kunci : B

Pembahasan :

mtk ipa pts 10 4c

karena x = -3 memenuhi syarat x≥-3, maka solusi ini diterima. sehingga penyelesaian dari persamaan irrasional di atas adalah x = -3.

Maka, nilai x yang memenuhi adalah x = -3.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Topik : MINAT – Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen

Subtopik : Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen

Level Kognitif : MOTS

5. Hasil kali dari seluruh nilai yang memenuhi adalah …

 

Kunci: D

Pembahasan :

Perhatikan perhitungan berikut!

Ingat kembali jika terdapat persamaan bentuk eksponen , maka \

Akibatnya, didapat hasil sebagai berikut.

Diperoleh pembuat nolnya adalah x = − 2 atau x = 2.

Dengan demikian, hasil kali dari seluruh nilai x yang memenuhi adalah .

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Rasional

Subtopik: Persamaan Nilai Rasional

6. Bentuk sederhana dari mtk ipa 1a-1adalah..

mtk ipa 1b

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

mtk ipa 1c

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Baca juga: Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPA Semester 1

separator latihan soal

Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Rasional

Subtopik: Persamaan Nilai Rasional

7. Nilai mtk ipa 2ayang memenuhi persamaan mtk ipa 2badalah..

mtk ipa 2c

 

Kunci: B

Pembahasan:

mtk ipa 2d-2Untuk pembilang

mtk ipa 2e

Syarat: nilai pembilang tidak menyebabkan penyebutnya nol

mtk ipa 2f

Maka penyelesaiannya hanya x=3.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: SIstem Persamaan Linear

Subtopik: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

8. Jumlah tiga bilangan adalah 13, bilangan terkecilnya 3, dan bilangan terkecil adalah setengah dari bilangan terbesar. Diantara tiga bilangan tersebut, bilangan yang bukan merupakan bilangan terkecil dan terbesar adalah ….

  1. 3
  2. 4
  3. 5
  4. 6
  5. 7

 

Kunci: B

Pembahasan

Misalkan terdapat tiga bilangan berurutan yaitu a, b, dan c sehingga

a+b+c= 13

bilangan terkecilnya 3 sehingga a= 3, kemudian

a= 12c atau c= 2a

Maka

c=23=6

Kemudian untuk nilai b

a+b+c= 13

3+b+6= 13

b+9= 13

b= 4

Jadi, bilangan yang bukan merupakan bilangan terkecil dan terbesar adalah 4.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Sistem Persamaan Linear

Subtopik: Aplikasi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel pada Cerita

9. Sebuah toko buah menjual berbagai jenis buah-buahan di antaranya mangga, jeruk, dan anggur. Jika pembeli pertama membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 1 kg anggur dengan harga Rp70.000,00, pembeli kedua membeli 1 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 2 kg anggur dengan harga Rp90.000,00 dan pembeli ketiga membeli 2 kg mangga, 2 kg jeruk, dan 3 kg anggur dengan harga Rp130.000,00, maka jumlah uang yang harus dibayar oleh seorang pembeli jika ia ingin membeli 1 kg mangga  dan 2 kg jeruk adalah ….

  1. Rp10.000,00
  2. Rp25.000,00
  3. Rp30.000,00
  4. Rp35.000,00
  5. Rp40.000,00

 

Kunci: C

Pembahasan

Misalkan

x= Banyak Mangga

y= Banyak Jeruk

z= Banyak Anggur

Sehingga dapat dibuat model matematika sebagai berikut

2x+2y+z= 70.000                           (1)

x+2y+2z= 90.000                          (2)

2x+2y+3z= 130.000                        (3)

Pertama, kurangkan persamaan (1) dan (2)

2x+2y+z= 70.000                         (1)

x+2y+2z= 90.000

z-x= 20.000                               (4)

Selanjutnya eliminasi persamaan (1) dan (3)

2x+2y+z= 70.000

2x+2y+3z= 130.000 _

-2z= -60.000

z=3 0.000                                (5)

 

Eliminasi persamaan (4) dan (5)

z-x= 20.000

30.000-x= 20.000

x= 10.000

Kemudian menentukan nilai y

2(10.000)+2y+30.000=70.000

50.000+2y=70.000

2y=20.000

y=10.000

Jadi harga 1 kg mangga dan 2 kg jeruk adalah

x+2y= 10.000+2(10.000)= 30.000

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen

Subtopik: Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen

10. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan eksponen mtk ipa 5a-1 adalah..

mtk ipa 5b

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan :

mtk ipa 5c

Karena bilangan pokoknya lebih dari 1, maka

mtk ipa 5d

Pembuat nol dari pertidaksamaan tersebut adalah x= 4 atau x= 2, maka himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah 2 < x < 4.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

BIOLOGI

Topik : Keanekaragaman Hayati

Subtopik : Mengenal Keanekaragaman Hayati

Level : HOTS

1. Perhatikan data – data dibawah ini !

  1. Ikan koi bercorak putih dan ikan koi bercorak merah
  2. Mawar merah, mawar putih dan mawar hitam
  3. Rumput, padi dan jagung
  4. Kelapa, aren dan sawit
  5. Ayam, merpati, dan burung unta

Contoh keanekaragaman hayati tingkat spesies ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1, 2 dan 3
  2. 3, 4 dan 5
  3. 1, 3 dan 5
  4. 2, 4 dan 5
  5. 2, 3 dan 5

 

Kunci : B

Pembahasan :

Keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis adalah variasi yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. Contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah

  • Keanekaragaman hayati pada spesies famili graminae seperti rumput, padi dan jagung
  • Keanekaragaman hayati pada kelompok palem-paleman seperti kelapa, aren, sawit dan kelapa
  • Keanekaragaman hayati pada spesies golongan aves seperti ayam,    merpati, kalkun dan burung unta
  • Keanekaragaman hayati pada famili felidae seperti singa, harimau dan jaguar

Dengan demikian jawaban adalah B.

Topik : Keanekaragaman Hayati

Subtopik : Mengenal Keanekaragaman Hayati

Level : LOTS

2. Seorang turis sedang melakukan sebuah perjalan ke sebuah negara di daerah benua Amerika. Pada perjalanannya turis tersebut banyak menemukan jenis pohon yang sejenis dan pohonnya akan selalu berwarna hijau meskipun pada musim dingin ataupun musim panas. Daerah yang dijelajahi oleh turis tersebut termasuk kedalam bioma ….

  1. Tundra
  2. Taiga
  3. Gurun
  4. Stepa
  5. Chaparral

 

Kunci : B

Pembahasan :

Bioma yang memiliki jenis hutan yang hanya terdiri dari satu jenis pohon saja (hutan konifer) disebut dengan bioma taiga. Bioma taiga adalah bioma yang terdapat di skandinavia, rusia, siberia, alaska dan amerika utara. Ciri-ciri bioma taiga antara lain :

  • Memiliki musim dingin yang panjang
  • Hutan homogen atau variasi tumbuhan sedikit
  • Tumbuhan yang mendominasi adalah tumbuhan konifer atau tumbuhan yang berdaun jarum seperti pinus, cemara, juniper, cedar dan balsam fir
  • Daun selalu berdaun hijau pada musim dingin maupun musim panas.

Dengan demikian jawabannya adalah B.

Topik : Klasifikasi pada Makhluk Hidup

Subtopik : sistem klasifikasi makhluk hidup

Level : HOTS

3. Pernyataan yang tepat berdasarkan pohon filogeni di bawah ini adalah…

Biologi Makhluk 3

  1. Canidae memiliki hubungan lebih dekat dengan Mustelidae dibandingkan dengan Felidae
  2. Canis latrans bukan merupakan hasil evolusi dari Canis lupus
  3. Panthera pardus memiliki nenek moyang yang sama dengan hewan lain pada tingkat family
  4. Jalur evolusi antara Canidae dan Mustelidae berbeda
  5. Lutra lutra kemungkinan merupakan hasil evolusi Felidae

 

Kunci : A

Pembahasan :

Berdasarkan pohon filogeni di atas, dapat disimpulkan bahwa canidae memiliki hubungan yang lebih dekat dengan Mustelidae dibandingkan dengan Felidae. Canis latrans bukan merupakan hasil evolusi dari Canis lupus . Canis lupus dan Canis latrans berbeda spesies, namun memiliki kesamaan pada tingkat genus yaitu Canis. Panthera pardus memiliki nenek moyang  yang berbeda dengan hewan lain pada tingkat family karena memiliki family yang berbeda dengan hewan lainnya. Jalur evolusi Canidae, Mustilidae, dan Felidae berbeda. Lutra lutra bukan merupakan hasil evolusi Felidae karena Lutra lutra Mustelidae.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Topik : Klasifikasi pada Makhluk Hidup

Subtopik : sistem klasifikasi makhluk hidup

Level : LOTS

4. Daftar yang memuat sejumlah keterangan suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya disebut ….

  1. kunci dikotomi
  2. pengelompokan
  3. kunci determinasi
  4. animalia
  5. klasifikasi

 

Kunci : C

Pembahasan :
Kunci determinasi adalah salah satu cara mengelompokkan makhluk hidup melalui pengamatan atau observasi langsung terhadap ciri-ciri morfologi. Berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri- ciri morfologi yang diamati maka dapat ditentukan kekerabatan dan klasifikasi dari makhluk hidup tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Topik : Virus

Subtopik : ciri/ karakteristik virus

Level : LOTS

5. Para ahli biologi memiliki istilah dalam mendeskripsikan virus, yaitu mampu “meminjam ” kehidupan. Virus dikatakan memiliki kemampuan tersebut dikarenakan…

  1. Memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan makhluk hidup
  2. Hanya menunjukkan karakteristik mahluk hidup ketika di dalam tubuh sel inangnya
  3. Dapat memperbanyak diri seperti mahluk hidup
  4. Dapat beradaptasi dan berevolusi seperti makhluk hidup
  5. Virus tersusun atas beberapa macam molekul

 

Kunci : B

Pembahasan :

Virus memenuhi beberapa karakteristik makhluk hidup yaitu, virus memiliki struktur tubuh, dapat memperbanyak diri, memiliki kemampuan beradaptasi. Namun virus hanya mampu bereplikasi pada sel inang yang hidup, sering disebut sebagai parasit obligat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Topik : Keanekaragaman Hayati

Subtopik : Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Level Kognitif : HOTS

6. Seorang siswa melakukan observasi terhadap flora dan fauna yang dilestarikan di beberapa daerah di Indonesia. Hasil observasi tersebut dapat dilihat pada tabel berikut.

Berdasarkan tabel tersebut, pernyataan yang tepat terkait upaya pelestarian flora dan fauna tersebut adalah …

A. Flora dan fauna pada nomor 1 dapat dikonservasikan di taman nasional karena dapat mempertahankan ekosistem asli.
B. Fauna pada nomor 2 dapat dikonservasikan di suaka margasatwa karena termasuk fauna liar dan terancam punah.
C. Fauna pada nomor 3 dapat dikonservasikan di kebun binatang karena fauna perlu dirawat dan dilestarikan.
D. Flora pada nomor 4 dapat dikonservasikan di cagar alam karena memiliki ciri yang khas dan terancam punah.
E. Fauna pada nomor 5 dapat dikonservasikan di kebun raya karena dapat bermanfaat sebagai sarana edukasi.

 

Kunci : B

Pembahasan :

Upaya pelestarian keanekaragaman hayati disebut juga sebagai konservasi. Konservasi dibedakan menjadi dua, yaitu konservasi in situ dan konservasi ex situ. Perbedaan kedua jenis konservasi tersebut sebagai berikut.

A. Konservasi in situ

Konservasi in situ merupakan konservasi yang dilakukan di dalam habitat aslinya. Konservasi in situ dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya cagar alam, suaka margasatwa, dan taman nasional.

1. Cagar alam

Cagar alam adalah kawasan konservasi flora, fauna, dan ekosistemnya. Suatu kawasan yang dijadikan sebagai cagar alam harus memiliki keunikan atau kekhasan dari keanekaragaman hayati dan terancam punah. Contoh kawasan cagar alam adalah Cagar alam di Maninjau Agam, Sumatera Barat. Kawasan tersebut melindungi flora Rafflesia jenis tuan mudae dan kantong semar serta berbagai fauna, seperti harimau sumatera, kambing hitam, siamang, dan kijang (pilihan jawaban D tidak tepat).

2. Suaka margasatwa

Suaka margasatwa adalah kawasan konservasi yang berfokus pada fauna liar dan terancam punah. Contoh kawasan suaka margasatwa adalah Suaka Margasatwa Lamandau di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Kawasan tersebut melindungi beberapa fauna, seperti orang utan, bekantan, dan beruang madu (pilihan jawaban B tepat).

3. Taman nasional

Taman nasional adalah kawasan konservasi yang mempertahankan ekosistem asli suatu wilayah tertentu. Kawasan ini dikelola dengan sistem zonasi untuk tujuan penelitian, pendidikan, dan ilmu pengetahuan. Contoh taman nasional adalah Taman Nasional Ujung Kulon di Pandeglang Banten. Taman Nasional Ujung Kulon melindungi badak bercula satu, anjing hutan, dan owa jawa (pilihan jawaban tidak tepat).

B. Konservasi ex situ

Konservasi ex situ merupakan konservasi yang dilakukan di luar habitat aslinya. Konservasi ex situ dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya kebun binatang dan kebun raya.

1. Kebun binatang

Kebun binatang adalah tempat untuk melihat, merawat, dan menjaga kelestarian fauna. Kebun binatang juga sering dijadikan sebagai objek wisata, edukasi, dan penelitian. Contoh kebun binatang adalah Kebun Binatang Surabaya di Jawa Timur. Kebun binatang tersebut melestarikan berbagai fauna diantaranya komodo, harimau putih, dan burung jalak (pilihan jawaban C tidak tepat).

2. Kebun raya

Kebun raya merupakan tempat yang ditanami berbagai macam tumbuhan untuk penelitian, edukasi, dan wisata. Contoh kebun raya adalah Kebun Raya Bogor di Jawa Barat. Kebun Raya Bogor melestarikan berbagai flora diantaranya Rafflesia patma, anggrek, dan bunga lotus (pilihan jawaban E tidak tepat).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Ruang Lingkup Biologi

Subtopik: Tingkat Organisasi Kehidupan

7. Terdapat sekumpulan domba yang ada di padang rumput. Sekumpulan domba tersebut merupakan .…

  1. organisme
  2. populasi
  3. komunitas
  4. individu
  5. ekosistem

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

Organisme adalah individu tunggal contohnya, seekor hewan, sebatang tumbuhan, dan seorang manusia. 

Populasi adalah kumpulan spesies atau organisme sejenis pada suatu tempat dan waktu tertentu. Contohnya sekumpulan domba di padang rumput.

Komunitas adalah sekumpulan populasi makhluk hidup pada  suatu wilayah tertentu dan saling berinteraksi satu sama lain.

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi dan membentuk hubungan timbal balik.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah pilihan B.

Baca juga: Ruang Lingkup Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan

separator latihan soal

Topik: Keanekaragaman Hayati

Subtopik: Keanekaragaman Hayati di Indonesia

8. Berikut yang merupakan flora khas Papua adalah ….

  1. meranti dan kayu eboni
  2. damar dan cendana
  3. keruing dan langusei
  4. pala dan matoa
  5. matoa dan kayu manis

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Bunga Rafflesia – Sumatera

Kayu Eboni – Bagian Tengah (Sulawesi Tengah)

Matoa – Bagian Timur (Papua)

Cendana – Bagian Tengah (Nusa Tenggara Timur)

Keruing – Bagian Barat (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Madura)

Kayu Ulin – Kalimantan

Durian – Asia Tenggara

Anggrek Hitam – Bagian Barat (Kalimantan Timur)

Anggrek – Papua

Maka, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal

Topik: Klasifikasi Makhluk Hidup

Subtopik: Sistem Klasifikasi pada Makhluk Hidup

9. Perhatikan cara penulisan beberapa makhluk hidup berikut ini!

1) Mangifera indica

2) Musa paradisiaca

3) Solanum lycopersicum

4) Pantheratigris

5) Hibiscus Rosa-sinensis

Tata cara penulisan nama makhluk hidup dengan sistem Binomial nomenklatur yang tepat adalah …

  1. 1, 3, dan 5
  2. 1, 3, dan 4
  3.  2, 3, dan 5
  4.  2, 3, dan 5
  5.  2, 4, dan 5

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

  • Tata cara penulisan nama ilmiah (Binomial nomenclature):
  • Terdiri dari dua kata
  • Huruf pertama pada kata pertama diawali dengan huruf kapital
  • Ditulis miring, atau ditebalkan, atau digaris bawahi

Jawaban nomor 1 sudah tepat kerana memenuhi aturan dalam penulisan nama ilmiah  berdasarkan poin poin diatas

Jawaban nomor 2 salah karena  dalam penamaan tidak dicetak miring atau ditebalkan atau digaris bawahi

Jawaban nomor 3 salah karena dalam penulisan nama ilmiah cukup kata pertama saja yang diawali huruf kapital

Jawaban nomor 4 salah karena hanya terdiri dari satu kata

Jawaban nomor 5 salah karena kata kedua diawali dengan menggunakan huruf kapital

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal

Topik: Virus

Subtopik: Ciri Khas dan Struktur Biokimiawi Virus

10. Perhatikan gambar struktur virus bakteriofage berikut ini!

bio ipa 4a

Selubung protein penyusun virus ditunjukkan oleh nomor .

  1.  5
  2.  4
  3.  3
  4.  2
  5.  1

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Bagian-bagian dari virus Bakteriofage sebagai berikut:

1= Kepala virus

2= Selubung protein/Kapsid

3= DNA atau RNA virus, materi genetik yang berperan besar untuk replikasi diri.

4= Leher virus

5= Kaki virus untuk adsorpsi/melekat pada inang.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

Baca juga: Virus dan Bakteri, Apa Perbedaannya?

separator latihan soal

Topik: Virus

Subtopik: Struktur Virus

11. Di bawah ini adalah beberapa macam organel sel:

  1. DNA
  2. RNA
  3. Ribosom
  4. Sitoplasma
  5. Membran sel

Struktur yang dapat dimiliki oleh virus adalah .…

  1. I dan II
  2. I atau II
  3. II dan IV
  4. II dan V
  5. III dan V

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan 

Virus merupakan makhluk aseluler atau dikatakan juga sebagai partikel yang bisa melakukan reproduksi (memperbanyak diri), virus dikelompokkan ke dalam metaorganisme (peralihan antara makhluk hidup dan benda mati). Virus memiliki struktur materi genetik berupa DNA atau RNA. Virus tidak memiliki membran sel, sitoplasma maupun ribosom selayaknya sel makhluk hidup.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

FISIKA

Topik : Vektor

Subtopik : Aplikasi Vektor (Resultan dua vektor)

Level : LOTS

1. Resultan ketiga vektor di bawah ini adalah

Fisika Vektor 1

  1. 24 N
  2. 16 N
  3. 12 N
  4. 10 N
  5. 4 N

 

Kunci: E

Pembahasan:

Sumbu X:

Fisika Vektor 1a-1

Fisika Vektor 1b

Maka besar resultan ketiga gaya tersebut adalah

Fisika Vektor 1c

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Topik : Vektor

Subtopik : Aplikasi Vektor Pada Usaha, Momen Gaya dan Kemagnetan

Level : MOTS

2. Andi mengeluarkan gaya 100 N untuk menarik balok yang sedang diam dan berada pada bidang datar licin. Andi menarik gaya dengan membentuk sudut 53° terhadap arah vertikal. Andi ingin memindahkan balok tersebut sejauh x dengan melakukan usaha sebesar 640 J. Nilai x adalah….

  1. 16 m
  2. 12 m
  3. 8,0 m
  4. 6,4 m
  5. 2,4 m

 

Kunci: C

Pembahasan:

Fisika Vektor 2

Fisika Vektor 2a

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Topik : Gerak Lurus 

Subtopik : Gerak Lurus Berubah Beraturan

Level : HOTS

3. Rahmat mengendarai mobil dengan kecepatan 90 km/jam, tiba-tiba melihat seorang anak kecil di tengah jalan pada jarak 200 m di depannya. Jika mobil direm dengan perlambatan maksimum sebesar 1,25 m/s2 yang terjadi adalah…

  1. Mobil tepat akan berhenti di depan anak
  2. Mobil langsung berhenti
  3. Mobil berhenti waktu menabrak anak itu
  4. Mobil berhenti jauh di depan anak itu
  5. Mobil baru berhenti setelah menabrak anak itu

 

Kunci: E

Pembahasan:

Fisika Gerak Lurus 3a

Sehingga

Fisika Gerak Lurus 3b

Mobil setelah direm baru berhenti pada jarak 250m. Jika jarak si anak 200m, artinya mobil baru berhasil berhenti setelah menabrak anak itu.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Topik : Gerak Lurus 

Subtopik : Gerak Vertikal

Level : MOTS

4. Bola A dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan 10 m/s. Satu detik kemudian dari titik yang sama bola B dilempar vertikal ke atas pada lintasan yang sama dengan kecepatan 25 m/s. Tinggi yang dicapai bola B saat bertemu dengan bola A adalah…

  1. 4,8 m
  2. 5,0 m
  3. 5,2 m
  4. 4,6 m
  5. 5,4 m

 

Kunci: A

Pembahasan:

Dalam menyelesaikan soal di atas, besaran vektor yang arahnya ke atas diberi tanda positif (+) , besaran vektor yang arahnya ke bawah diberi tanda negatif (-).

Diketahui:

Fisika Kecepatan 4a

Ditanya:

Fisika Kecepatan 4b

* Selang waktu bola A berasa di udara sebelum bertemu bola B = 1,2 s

* Selang waktu bola B berada di udara sebelum bertemu bola  1,2 – 1 = 0,2 s

* Tinggi yang dicapai bola A saat bertemu dengan bola B (h):

Fisika Kecepatan 4c

* Tinggi yang dicapai bola B saat bertemu dengan bola A (h):

Fisika Kecepatan 4d

Sehingga jawaban yang benar untuk ketinggian bola A bertemu dengan bertemu bola B adalah 4,8 m.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Topik : Gerak parabola

Subtopik : Kecepatan minimum

Level : MOTS

5. Seorang pemain basket berdiri pada lapangan basket sejauh 10 m dari posisi jaring. Tinggi pemain tersebut adalah 2 m, dan tinggi jarring adalah 3,05 m. Dia sedang berlatih melakukan lemparan jarak jauh dari posisi tersebut. Dia berlatih melemparkan bola basket dengan sudut 40° dengan bidang horizontal dan bola tepat lurus ketinggian kepalanya. Kecepatan lemparan bola agar bola tepat masuk ke lubang jaring adalah…

  1. 10,8 m
  2. 11 m
  3. 11,2 m
  4. 11,4 m
  5. 11,6 m

Fisika Gerak Parabola 5a

 

Kunci: C

Pembahasan:

* Jarak horizontal bola

Fisika Gerak Parabola 5b

* Jarak vertikal bola

Fisika Gerak Parabola 5c

 *Subtitusi pers (1) ke (2)

Fisika Gerak Parabola 5d

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Topik : Besaran dan Satuan

Subtopik : Pengukuran

Level Kognitif : MOTS

6. Perhatikan tabel berikut!

Pasangan yang tepat terkait besaran pokok dan alat ukur adalah ….

A. A-1, B-2, C-3, dan D-4
B. A-2, B-4, C-1, dan D-3
C. C-1, B-4, C-3, dan D-2
D. C-1, B-3, C-4, dan D-2
E. C-1, B-3, C-4, dan D-2

 

Kunci : B

Pembahasan :

Pasangan yang tepat terkait besaran pokok dan alat ukur sebagai berikut.

Dengan demikian, pasangan yang tepat adalah A-2, B-4, C-1 dan D-3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Topik: Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah

Subtopik: Hakikat Fisika

7. Sebagai cabang dari sains, hakikat ilmu fisika adalah sebagai ….

  1. proses, produk, dan pengetahuan
  2. produk, pengamatan, dan sikap
  3. pengetahuan, proses, dan produk
  4. proses, produk, dan sikap
  5. sikap, pengetahuan, dan produk

 

Kunci Jawaban: D 

Pembahasan: 

Sebagai cabang dari sains, hakikat ilmu fisika adalah proses dari pengamatan melalui eksperimen, dan dari proses tersebut dapat dihasilkan produk bisa berupa hukum, postulat, teori ataupun teknologi dari proses tersebut, dan dari proses dan produk dapat membentuk sikap ilmiah.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal

Topik: Besaran dan Satuan

Subtopik: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

8. Di bawah ini yang merupakan kelompok besaran vektor adalah .…

  1. gaya, berat dan massa
  2. perpindahan, laju, dan kecepatan
  3. kecepatan, momentum, dan berat
  4. percepatan, kecepatan dan daya
  5. gaya, daya dan usaha

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan: 

Besaran vector adalah besaran yang memiliki nilai/besar dan arah. Contohnya: kecepatan, momentum, berat, perpindahan, gaya, dan percepatan.

Maka, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Besaran dan Satuan

Subtopik: Penggunaan Alat Ukur

9. Widi melakukan percobaan di laboratorium. Ia melakukan pengukuran pelat tipis dengan menggunakan jangka sorong. Dari hasil pengukuran diperoleh panjang 2,20 cm dan lebar 36 cm. Luas pelat tersebut menurut aturan penulisan angka penting adalah ….

  1. 79,00 cm2
  2. 79,20 cm2
  3. 79,2 cm2
  4. 79 cm2
  5. 79,1cm2

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Panjang = 2,20 cm (3 AP)

Lebar = 36 cm (2 AP)

Luas = Panjang x lebar

Luas = 2,20 x 36

Luas = 79,20 cm(bulatkan menjadi 2 AP)

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal

Topik: Vektor

Subtopik: Notasi dan Komponen Vektor

10. Sebuah gaya sebesar F newton memiliki arah 30° terhadap garis horizontal. Komponen gaya pada sumbu x dan sumbu y berturut-turut adalah ….

  1. Fx = 0,5 F; Fy = 0,5√2 F
  2. Fx = 0,5√2 F; Fy = 0,5 F
  3. Fx = 0,5√2 F; Fy = 0,5√2 F
  4. Fx = 0,5 F; Fy = 0,5√3 F
  5. Fx = 0,5√3 F; Fy = 0,5 F

 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Komponen gaya pada sumbu x (Fx) dan sumbu y (Fy) berturut-turut adalah

fis ipa 4a

Maka, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal

Topik: Vektor

Subtopik:

Perhatikan 2 vektor di bawah ini.

fis ipa 5a

11. Besar resultan kedua vektor tersebut adalah ….

fis ipa 5c

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan:

Diketahui: A = 10N

B = 20N

θ=600

Ditanyakan: R = …?

fis ipa 5d

Maka, jawaban yang tepat adalah A.

KIMIA

Topik : Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya

Subtopik : Metode Ilmiah

Level : HOTS

1. Metode ilmiah adalah suatu urutan sistematis dari tahapan-tahapan penelitian ilmiah. Stenley akan melakukan metode ilmiah, yaitu meneliti “Pengaruh Penggunaan Pupuk Cair terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam”. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan percobaan dengan menggunakan pupuk cair dari berbagai merek.
  2. Mengamati masalah yang terjadi di kebun bayam.
  3. Menganalisis pupuk cair yang paling efektif.
  4. Melakukan kajian literatur mengenai pupuk cair dan bayam.

Urutan langkah-langkah yang tepat sesuai dengan tahapan dalam metode ilmiah adalah ….

  1. 1), 2), 3), 4)
  2. 2), 4), 1), 3)
  3. 2), 1), 3), 4)
  4. 4), 2), 1), 3)
  5. 2), 1), 4), 3)

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Berdasarkan percobaan yang dilakukan Stenley:

  1. Mengamati masalah yang terjadi di kebun bayam. (identifikasi masalah) [2]
  2. Melakukan kajian literatur mengenai pupuk cair dan bayam. (menyusun dasar teori) [4]
  3. Melakukan percobaan dengan menggunakan pupuk cair berbagai merek. (menguji hipotesis) [1]
  4. Menganalisis pupuk cair yang paling efektif. (menganalisis data) [3]

Jadi, urutan langkah langkah yang tepat adalah 2,4,1,3

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Topik : Teori Atom

Subtopik : Teori dan Model Atom Kuantum

Level : LOTS

2. Salah satu teori yang menjadi dasar sehingga terciptanya model atom mekanika kuantum (modern) adalah…..

  1. Dalton dan Niel Bohr
  2. Pauli dan Rutherford
  3. Rutherford dan De Broglie
  4. Schrodinger dan De Broglie
  5. Pauli dan Rutherford

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Teori mekanika kuantum didasarkan pada hipotesis de Broglie yang menyatakan bahwa partikel  yang berukuran sub-mikroskopis memiliki sifat dualisme partikel yaitu memiliki sifat materi dan gelombang. Schrodinger mengkolaborasikan hipotesis de Broglie dan prinsip ketidakpastian Heisenberg,  dia berpendapat bahwa elektron bergerak  dalambentuk gelombang sehingga tidak memiliki lokasi yang tepat.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Subtopik : Pendahuluan Struktur Atom

Level : MOTS

3. Suatu atom magnesium melepaskan 2 elektron sehingga membentuk ion Mg2+ Atom Mg memiliki nomor massa 24 dan nomor atom 12. Jumlah elektron ion Mg2+ adalah….

  1. 12
  2. 11
  3. 10
  4. 24
  5. 22

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Dari soal diketahui bahwa atom Mg mempunyai nomor atom 12 dan no massa 24 notasinya adalah  1224Mg. Atom Mg akan menjadi ion Mg2+ dengan melepas 2 elektron sehingga atom Mg akan kehilangan 2 elektron.

Jumlah eletron Mg2+ = 12-2 = 10 elektron

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Subtopik : Konfigurasi Elektron dan Diagram Orbital

Level Soal : MOTS

4. Konfigurasi elektron  untuk kelima atom K, L, M, N dan O sebagai berikut

Unsur

Konfigurasi

K

1s2 2s2 2p5 3s1

L

1s2 2s2 2p6 3s1 3p2

M

1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 3d1

N

1s2 1s2 2p6 3s2 3p6 4s1

O

1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d1

Pengisian elektron yang benar menurut aturan Aufbau dan Hund adalah …

  1.  K dan M
  2. L dan N
  3. M dan N
  4. N dan O
  5. K dan M

 

Jawaban : D

Pembahasan :

Konfigurasi atom

Kimia Atom 5a

Konfigurasi elektron

Kimia Atom 5b

Sehingga pengisian orbital 3p setelah 3s penuh. Pengisian orbital 3d setelah 4s penuh.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Topik : Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Subtopik : Bilangan Kuantum dan Bentuk Orbital

Level Soal : HOTS

5. Atom A memiliki keempat bilangan kuantum berturut-turut  n = 5, l =1, m = -1,  S = – ½.   Ion yang mungkin untuk atom A agar memiliki konfigurasi seperti Xenon (Z = 54) adalah …

  1. A+
  2. A2+
  3. A
  4. A2-
  5. A3+

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Atom A memiliki bilangan kuantum  n = 5, l =1, m = 0,  S = – ½   → 5p4

Sehingga konfigurasi atom  A = [kr]5s2 4d10 5p4

Konfigurasi atom Xe  = [kr]5s2 4d10 5p6 

                           (A harus menerima 2 elektron agar sama dengan Xe)

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Topik : Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya

Subtopik : Materi dan Klasifikasinya

Level Kognitif : MOTS

6. Perhatikan materi-materi berikut!

1. Perunggu
2. Gas helium
3. Gas nitrogen
4. Air
5. Gas karbon monoksida

Materi yang merupakan molekul unsur dan molekul senyawa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor ….

A. 4 dan 1
B. 3 dan 5
C. 5 dan 2
D. 1 dan 3
E. 2 dan 4

 

Kunci : B

Pembahasan :

Materi atau zat adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Materi terdiri atas unsur, senyawa, dan campuran. Unsur adalah materi yang tersusun dari satu jenis atom. Contoh unsur adalah gas helium (He) pada nomor 2.

Senyawa adalah molekul yang tersusun dari dua unsur atau lebih. Berdasarkan jenis unsurnya, senyawa dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut.

1. Molekul unsur tersusun dari unsur yang sejenis. Contoh molekul unsur adalah gas nitrogen pada nomor 3. Gas nitrogen terdiri dari dua unsur yang sama, yaitu nitrogen (N).

2. Molekul senyawa tersusun dari unsur yang berbeda jenis. Contoh molekul senyawa adalah air dan gas karbon monoksida pada nomor 4 dan 5. Air tersusun dari unsur hidrogen (H) dan unsur oksigen (O), sedangkan gas karbon monoksida (CO) tersusun dari unsur karbon (C) dan unsur oksigen (O).

Lalu, campuran adalah materi yang terdiri dari dua zat atau lebih yang bercampur. Contoh campuran adalah perunggu pada nomor 1. Perunggu merupakan paduan logam yang terdiri dari timah (Sn), tembaga (Cu), dan beberapa logam lain. Dengan demikian, molekul unsur dan molekul senyawa secara berurutan ditunjukkan oleh nomor 3 dan 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Kimia dan Ruang Lingkupnya

Subtopik: Materi dan Klasifikasinya

Perhatikan perubahan materi berikut!

  1. Kertas yang terbakar
  2. Es yang mencair
  3. Sumbu lilin yang terbakar
  4. Terlarutnya gula dalam air
  5. Iod yang menyublim
  6. Warna pakaian memudar

7. Perubahan yang menghasilkan zat baru ditunjukkan oleh nomor ….

  1. (1), (2), dan (4)
  2. (1), (3), dan (6)
  3. (2), (4), dan (5)
  4. (2), (5), dan (6)
  5. (3), (4), dan (6)

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

  • Perubahan  fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Adapun contoh perubahan fisika adalah es yang mencair, larutnya gula dalam air, dan iod yang menyublim
  • Perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru ditandai dengan adanya perubahan warna, terbentuk gas, dan terbentuknya endapan. Adapun contoh perubahan kimia adalah kertas yang terbakar, sumbu lilin yang terbakar, dan pakaian yang memudar

Maka, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Teori Atom

Subtopik: Teori Atom dan Model Chadwick

8. Ilmuwan yang berhasil menemukan neutron adalah ….

  1. William Crookes
  2. Goldstein
  3. James Chadwick
  4. Sir Humphry Davy
  5. J. J. Thomson

 

Kunci Jawaban: C

Pembahasan:

  • William Crookes: mengemukakan bahwa sinar katoda merupakan partikel-partikel yang bermuatan negatif
  • Goldstein: penemu proton
  • James Chadwick: penemu neutron
  • Sir Humphry Davy: mengemukakan bahwa gas menjadi penghantar yang lebih baik pada tekanan rendah

Maka, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal

Topik: Struktur Atom

Subtopik: Partikel Penyusun Atom

9. Jika suatu atom mempunyai proton 22 dan jumlah neutron adalah 34. Pernyataan yang benar adalah ….

  1. nomor massa = 56, nomor atom = 22
  2. nomor massa = 22, nomor atom = 56
  3. nomor massa = 34, nomor atom = 22
  4. nomor massa = 22, nomor atom = 34
  5. nomor massa = 68, nomor atom = 22

 

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

1. Tentukan proton dan neutron

proton = 22

neutron = 34

2. Tentukan Nomor atom

Nomor atom = proton = 22

3. Tentukan Nomor massa

Nomor massa = proton + neutron

Nomor massa = 22 + 34

Nomor massa = 56

4. Menarik kesimpulan

Nomor atom = 22 dan nomor massa = 56

Maka, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal

Topik: Konfigurasi Elektron & Bilangan Kuantum

Subtopik: Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner

10. Elektron valensi atom dengan konfigurasi 2,8,8,6 adalah ….

  1. 2
  2. 6
  3. 8
  4. 18
  5. 24

 

Kunci Jawaban: B

Pembahasan:

  • Elektron valensi adalah elektron pada kulit terakhir.
  • Elektron terakhir pada konfigurasi 2,8,6 jatuh pada angka 6
  • Sehingga elektron valensinya adalah 6

Maka, jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal

Topik: Konfigurasi Elektron & Bilangan Kuantum

Subtopik: Konfigurasi Elektron Bohr dan Stoner

11. Bilangan kuantum yang menunjukkan posisi elektron dalam orbital adalah ….

  1. bilangan kuantum utama
  2. bilangan kuantum magnetik
  3. bilangan kuantum spin
  4. bilangan kuantum azimuth
  5. bilangan kuantum ruang

 

Kunci Jawaban: D

Pembahasan:

Bilangan kuantum magnetik (m) adalah bilangan kuantum yang menunjukkan posisi elektron dalam orbital. Orbital pada bilangan kuantum magnetik jumlahnya sesuai dengan bilangan kuantum azimuthnya (l).

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal

Itu dia soal dan pembahasan PTS kelas 10 IPA tahun 2024. Tenang, di artikel berikutnya kita akan membahas soal untuk kelas 11 dan 12. So, stay tune! Kalau belum ngerti sama pembahasan di atas, kamu bisa langganan Brain Academy Online. Gurunya super sabar dan asyik banget. Lagi ada diskon PTS juga hingga 50%, loh! Buruan jangan sampai ketinggalan ya.

Promo PTS Brain Academy Online

Salsabila Nanda