Bingung Cara Membuat Kata Pengantar? Pahami Struktur & Contohnya, Yuk

kata-pengantar

Kata pengantar sering kita temukan pada halaman awal karya ilmiah. Apa isi dari kata pengantar dan bagaimana cara menyusunnya?

---

Coba deh, kamu buka buku pelajaranmu. Setelah sampul atau cover, kamu akan melihat sebuah halaman yang berjudul kata pengantar. Bagian ini sering dianggap remeh oleh pembaca. Padahal, kata pengantar memiliki beberapa fungsi penting, lho, salah satunya meningkatkan kredibilitas penulis di mata pembaca.

Apakah kamu masih mengalami kesulitan ketika membuat kata pengantar? Di artikel ini, kita akan membahas cara dan contoh menulis kata pengantar yang benar sesuai strukturnya.

Selamat belajar!

 

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah bagian awal dari sebuah karya ilmiah. Di dalamnya, terdapat ucapan syukur dan terima kasih dari penulis terhadap pihak-pihak yang membantu penyusunan karya ilmiah tersebut. Penulis juga memberi penjelasan singkat tentang isi dari karyanya. Tak lupa, penulis membuka kesempatan bagi pembaca untuk menyampaikan kritik serta saran mereka.

Kamu mungkin penasaran, kenapa sih dinamakan 'kata pengantar'? Selain berada di pendahuluan karya ilmiah, bagian ini bersifat sebagai pembuka atau pengantar sebelum masuk ke bab selanjutnya.

Baca juga: Pedoman Penulisan Daftar Pustaka Menurut APA Style

 

Fungsi Kata Pengantar

Fungsi atau tujuan dari kata pengantar, antara lain:

  • Menyampaikan rasa hormat terhadap pihak yang terlibat dalam pembuatan karya tulis ilmiah.

  • Menjelaskan gambaran atau informasi umum dari karya ilmiah.

  • Menarik minat seseorang untuk membaca keseluruhan buku atau karya ilmiah.

  • Menyampaikan permohonan maaf, kritik, serta saran atas kekurangan yang ada dalam karya ilmiah.

 

Struktur Kata Pengantar

Kata pengantar terdiri dari 3 struktur, yaitu pembuka, isi, dan penutup.

  • Pembuka

    Pada kalimat pembuka, penulis menyampaikan rasa syukur karena berhasil menyelesaikan karya ilmiah. Rasa syukur ini ditujukan kepada Tuhan. Jika kamu mendapat banyak bantuan dari beberapa pihak, kamu bisa mengurutkan nama-nama mereka berdasarkan jabatan.

 

  • Isi

    Bagian kata pengantar yang kedua adalah isi. Di sini, penulis bisa menjelaskan gambaran umum dari karya ilmiah yang dibuat, seperti tujuan atau latar belakang penulis dalam menyusun karyanya. Struktur ini hendaknya ditulis secara singkat, namun mendorong pembaca untuk menikmati keseluruhan buku atau karya ilmiah.

 

  • Penutup

    Struktur terakhir dari kata pengantar adalah penutup. Bagian ini berisi permohonan maaf apabila terdapat kekurangan pada karya ilmiah. Penulis juga berharap pembaca dapat memetik manfaat maupun memberikan kritik dan saran untuk karya selanjutnya. Di pojok kanan bawah, tertera bulan, tahun, nama kota penerbit, serta nama penulis.

 

struktur-kata-pengantar

 

Baca juga: 7 Langkah Membuat Skripsi dengan Mudah dan Cepat

 

Contoh Kata Pengantar

Kamu sudah belajar tujuan dan struktur dari kata pengantar. Supaya lebih mudah dalam membuatnya, berikut contoh kata pengantar yang bisa kamu jadikan referensi.

 

1. Contoh Kata Pengantar Skripsi

 

KATA PENGANTAR

(Bagian Pembuka)

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul "Pengaruh Aplikasi Tiktok terhadap Minat Belanja Masyarakat Jakarta".  Dalam penyusunan skripsi, penulis tak lepas dari pihak-pihak yang telah membantu dari awal hingga skripsi dapat terselesaikan dengan baik. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Prof. Dr. Ir. Maryono, MBA, selaku Rektor Universitas Ruang Raya.

2. Dr. Sinta Irawan, M.Si, selaku Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Ruang Raya

3. Dr. Liliana Herlambang, M.Si, selaku Dosen Pembimbing yang telah memberikan arahan bagi penulis dalam merampungkan skripsi.

4. Kedua orangtua saya yang tiada henti memberikan doa dan dukungan.

5. Teman-teman Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2022 yang namanya tidak bisa disebutkan satu per satu. Terima kasih sudah memberikan kesan, motivasi, dan banyak cerita selama perkuliahan.

(Bagian Isi)

Skripsi ini ditulis untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik perkuliahan demi memperoleh gelar Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Ruang Raya. Skripsi ini membahas hubungan aplikasi media sosial dengan perilaku belanja masyarakat, sehingga pembaca dapat mengetahui  seberapa besar pengaruh dari aplikasi yang mereka gunakan sehari-hari.

(Bagian Penutup)

Penulis menyadari bahwa di dalam skripsi ini masih terdapat kelemahan. Oleh sebab itu, penulis berharap adanya kritik dan saran demi perbaikan karya yang akan datang. Penulis mohon maaf apabila ada kesalahan kata yang kurang berkenan.

 

Jakarta, Oktober 2022

Nanda Salsabilla

Baca juga: 600+ Kata Baku dan Kata Tidak Baku Menurut KBBI

 

2. Contoh Kata Pengantar Buku atau Karya Ilmiah

 

KATA PENGANTAR

(Bagian Pembuka)

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah dan pertolongan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan buku yang berjudul "5000 Resep Diet untuk Pemula."

Tak lupa penulis menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya untuk Ibu Putri Maharani S.Gz., M.Gz selaku nutrisionis yang telah memberikan arahan dan bantuan selama penulis menyelesaikan buku ini. Penulis juga menghaturkan terima kasih untuk teman-teman yang meluangkan waktu untuk berdiskusi serta memotivasi penulis agar buku ini dapat selesai lebih cepat.

(Bagian Isi)

Buku "5000 Resep Diet untuk Pemula" berisi cara mengolah makanan dan minuman yang lezat, mudah, serta bergizi. Buku ini ditujukan bagi mereka yang ingin memulai diet tanpa menguras kantong. Resep yang diberikan bervariasi agar tidak bosan selama berada dalam program diet.

(Bagian Penutup)

Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ingin hidup sehat. Namun, penulis menyadari buku ini tak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, penulis menyampaikan permohonan maaf serta terbuka untuk kritik dan saran demi perbaikan di masa mendatang.

Jakarta, November 2022

Nanda Salsabilla

---

Apakah artikel ini sudah menjawab rasa kebingunganmu saat menulis kata pengantar? Kalau belum, belajar bareng Master Teacher di Brain Academy aja gimana? Penjelasannya seru, disesuaikan dengan kurikulum terbaru, dan bisa coba kelas gratis dulu!

New call-to-action

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!