Asal Usul Nilai Asli dan Simbol Pi Pada Lingkaran

Header PI

Apa yang dimaksud pi pada lingkaran? Darimana datangnya angka dan simbol pi? Yuk cari tahu sejarah penemuan pi dalam ilmu Matematika!

---

Beberapa hari yang lalu, aku sempat bikin pertanyaan di Instagram Story. Pertanyaannya kira-kira gini...

 

pertanyaan instagram story tentang pi

 

Yup, jawaban dari pertanyaan itu adalah pi. Fyi, penulisan yang benar itu pi ya bukan phi.

Kita sudah dikenalkan tentang pi (π) dari SD sampai SMA. Bahkan, ketika di perguruan tinggi, ada juga beberapa jurusan yang masih mempelajari materi yang berkaitan sama pi (π). Bisa dibilang, mulai dari anak remaja sampai orang dewasa kenal sama simbol pi (π) ini.  

Ohya, kamu tau nggak, semua hasil jawaban yang masuk dari pertanyaan di Instagram Story ku, semuanya benar, loh!

 

jawaban pertanyaan instagram story tentang simbol pi

 

Biasanya kamu akan menemukan pi (π) dalam pelajaran matematika, contohnya pada materi lingkaran. Kamu akan membutuhkan pi untuk menghitung luas dan juga keliling lingkaran. Maka dari itu, pi (π) merupakan rasio keliling lingkaran dengan diameternya. Nilai pi (π) yang biasa kita gunakan ada dua, yaitu  3,14 atau 22/7. Tapi, apakah 3,14 atau 22/7 adalah nilai asli dari pi (π)? Yuk, kita cari tau!

Baca Juga: Pengertian dan Persamaan Lingkaran

Sejarah Singkat Simbol Pi (π)

Sekitar 250 SM, pi (π) pertama kali dihitung oleh matematikawan terkenal bernama Archimedes dari Syracuse. Dia menggunakan teorema pythagoras untuk menentukan luas dua poligon (segi banyak), yaitu poligon yang ada di dalam lingkaran dan poligon yang dibatasi oleh lingkaran. Hasil dari perhitungannya, Archimedes hanya menemukan perkiraan bilangan, yaitu antara 3 1/7 dan 3 10/71, atau nilai rata-rata yang didapat sekitar 3,1418. 

Setelah itu, banyak matematikawan lainnya yang menaruh fokus pada cara menghitung nilai pi (π), supaya memperoleh pendekatan nilai pi (π) yang sangat akurat. Seperti matematikawan asal Cina, yaitu Liu Hui.  Menggunakan metodenya sendiri, ia menemukan 5 digit desimal menjadi 3,14159.

Namun, perjalanan mencari nilai pi (π) yang lebih akurat belum selesai, nih. Matematikawan Hindu Aryabhata, Brahmaputra, sampai matematikawan Arab, yaitu Mohammed bin Musa al Khawarizmi juga mencoba menghitung nilai pi (π), tapi hasil yang diperoleh masih kurang akurat. 

Lalu, dengan menggunakan metode Archimedes, matematikawan asal Jerman, Ludolph Ceulen menemukan pendekatan nilai pi hingga 35 digit, dengan akurat loh. Prestasinya ini dianggap luar biasa dan banyak orang yang menghormati jasanya. 

ludolph van ceulen penemu simbol pi

Baca Juga: Kuliah Matematika Cuma Jadi Guru Les? Kata Siapa?

Penemuan Simbol Pi (π)

Eitss, tapi nggak efisien banget dong kalo matematikawan dan orang jaman dulu nulis pi (π) dengan semua digit yang ada. Apalagi, ada kemungkinan digit desimalnya yang akan terus bertambah. Makanya, William Jones mengenalkan penggunaan simbol yang merupakan huruf Yunani untuk mewakili semua nilai pi. Sampai akhirnya, simbol ini digunakan oleh Euler dan populer sampai sekarang.

Nilai Asli Pi (π)

Di tahun 2019, seorang ilmuwan komputer yang juga bekerja di Google bernama Emma Haruka Iwao, berhasil menemukan 32 triliun digit pi dengan akurat. Tapi, pada 29 Januari 2020, Timothy Mullican berhasil menemukan 50 triliun digit pi (π) yang jauh lebih akurat. Banyak banget kan? kalo dijabarin nggak muat nih! 

Atas prestasinya ini, Timothy masuk dalam Guinness Book of World Records, memecahkan rekor sebelumnya. Sampai sekarang sih rekornya belum ada yang bisa mengalahkan. Mungkin kamu mau menandingi Timothy?

Seiring berjalannya waktu, bilangan desimal pi (π) akan terus mengalami pembaruan, dan mungkin aja terus bertambah tak terhingga banyaknya. Maka dari itu, pi (π) juga disebut bilangan irasional. Tapi, untuk memudahkan siswa menemukan luas dan keliling lingkaran kita gunakan nilai pi (π) dengan dua digit desimal, yaitu  3,14. Lalu, bagaimana dengan pi (π) yang nilainya  22/7?

Nah, ini nih yang jarang dijelaskan. Sebenarnya, 22/7 karena 22/7 itu kan bilangan rasional, sedangkan yang sudah disampaikan di atas pi itu bilangan irasional ( π = 3,1415…). Jadi, seharusnya nilai mendekati 22/7 ya, bukan sama dengan 22/7. Atau bisa ditulis kaya gini 22/7

Oke, sekarang kamu udah tau kan fakta-fakta yang jarang diungkap mengenai pi (π)? Tunggu, tunggu! belum selesai, ada satu lagi fakta menarik tentang pi.

peringatan hari pi lingkaran

---

Asik, sekarang kamu udah lebih kenal nih sama pi (π), salah satu simbol keren yang terus menerus bikin orang penasaran tentang bilangan yang mendekatinya. Supaya makin keren, kamu bisa belajar live bareng STAR Master Teacher di Brain Academy Online. Selamat belajar!

Bahasa Panda

Referensi:

A history of Pi. [Daring]. Tautan: https://mathshistory.st-andrews.ac.uk/HistTopics/Pi_through_the_ages/ (Diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)

Pi Approximation Day. [Daring]. Tautan : https://nationaltoday.com/pi-approximation-day/ (diakses pada tanggal 2 Agustus 2021)

Google’s Emma Haruka Iwao calculates most accurate value of Pi, breaks Guinness World Record. [Daring]. Tautan: https://indianexpress.com/article/technology/tech-news-technology/googles-emma-haruka-iwao-calculates-most-accurate-value-of-pi-breaks-guinness-world-record-5626288/ (diakses pada tanggal 9 Agustus 2021)

Happy Pi Day. [Daring] Tautan: https://pi.delivery/ (diakses pada tanggal 19 Agustus 2021)

Most Accurate Value of Pi. [Daring]. Tautan: https://www.guinnessworldrecords.com/world-records/66179-most-accurate-value-of-pi (diakses pada tanggal 19 Agustus 2021) 

 

 

Profile

Kak Efira MT Saintek

Beri Komentar