Jurusan Teknik Lepas Pantai, Setelah Lulus Jadi Apa?

jurusan teknik lepas pantaiMeskipun tergolong baru, alumni dari Jurusan Teknik Lepas Pantai sangat dicari, lho. Tertarik untuk masuk jurusan ini?

--

Ada banyak jurusan yang mengajak kamu untuk kenal lebih dekat dengan laut, contohnya seperti Jurusan Oseanografi, Jurusan Akuakultur, Jurusan Perikanan, dan Jurusan Teknik Kelautan. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu jurusan tentang laut yang ‘gak kalah menarik dari jurusan-jurusan sebelumnya, yaitu Jurusan Teknik Lepas Pantai.

Buat kamu yang memiliki cita-cita untuk merawat dan melestarikan potensi laut Indonesia, jurusan satu ini mungkin cocok buat kamu! 

 

Tentang Jurusan Teknik Lepas Pantai

Teknik Lepas Pantai atau Offshore Engineering merupakan ilmu teknik bidang kelautan yang mempelajari tentang teknologi rancang bangun infrastruktur lepas pantai seperti oil and gas platform, serta rancang bangun pipa dan kabel bawah laut. Lepas pantai sendiri merupakan area perairan antara batas darat dan laut lepas.

 

“Kalau begitu, Jurusan Teknik Lepas Pantai ini sama saja dong dengan Jurusan Teknik Kelautan, Kak?”

Tentu tidak.

 

Perlu diketahui bahwa Jurusan Teknik Lepas Pantai dan Teknik Kelautan merupakan dua jurusan yang serupa tapi ‘tak sama. Soalnya, jurusan Jurusan Teknik Lepas Pantai lebih berfokus pada bangunan pendukung eksploitasi minyak dan gas di tengah laut, sedangkan Jurusan Teknik Kelautan berfokus pada pengelolaan sumber daya laut dan energi terbarukan. Paham ‘kan di mana letak perbedaannya?

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Menghitung

 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Lepas Pantai

Di jurusan ini, terdapat lima bidang keahlian yang ditekuni, yaitu teknologi konstruksi bangunan lepas pantai terpancang, teknologi bangunan lepas pantai terapung dan laut dalam, rekayasa dasar laut dan teknologi pipa bawah laut, teknologi material, produksi, pengelasan dan inspeksi bawah laut, hingga teknologi digitalisasi, robotika, dan autonomous lepas pantai.

Sejak awal perkuliahan, kamu akan langsung diperkenalkan dengan standar dan peraturan dari desain struktur lepas pantai, sehingga ketika telah lulus nanti kamu diharapkan dapat merancang bangunan lepas pantai berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa dengan mempertimbangkan standard, code, rules, regulation, dan recommended practice.

mata kuliah jurusan teknik lepas pantai

 

Universitas dengan Jurusan Teknik Lepas Pantai di Indonesia

Di Indonesia sendiri Jurusan Teknik Lepas Pantai masih jarang ditemukan di kampus-kampus negeri. Untuk saat ini, pendidikan jenjang Sarjana (S1) program studi ini hanya tersedia di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan telah diluncurkan pada tahun ajaran 2021/2022. 

 

Prospek Karier

Meskipun lulusannya sangat dibutuhkan, bukan berarti berkarier di bidang offshore engineering mudah, lho. Industri offshore memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, salah satu alasannya yaitu karena jam kerja yang panjang dan melelahkan. Seorang pekerja offshore dapat menghabiskan waktu 12 jam untuk mengawasi anjungan. 

prospek karier teknik lepas pantaiBerkarier di bidang offshore engineering (offshore-technology.com)

 

Maka dari itu, untuk bisa bekerja di bidang ini, kamu juga membutuhkan fisik yang fit serta skill untuk bertahan hidup di laut lepas. Namun tidak perlu khawatir, sebab sebelum bekerja di lepas pantai nanti kamu akan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan seperti BSS (Basic Sea Survival) terlebih dahulu.

Baca Juga: Early Bird vs Night Owl: Apa Bedanya?

 

Berikut ini beberapa karier yang dapat menjadi pilihan Sarjana Jurusan Teknik Lepas Pantai:

  • Bekerja di industri minyak atau gas

  • International Classification Societies

  • Offshore and Shipbuilding Fabrication Industries

  • Insurance Industries

  • Project Management Practitioners

  • Offshore and Deepsea Frontiers Practitioners / Consultant

  • Dosen atau Peneliti untuk lembaga pemerintah maupun swasta

--

Oke, sampai sini dulu ya perkenalan tentang Jurusan Teknik Lepas Pantainya. Next, mau bahas tentang jurusan apa lagi nih, Brainies? Sambil nunggu artikel pembahasan jurusan selanjutnya, ayo bergabung dengan Brain Academy untuk konsultasi tentang jurusan kuliah yang akan kamu pilih. ‘Gak cuma itu, kamu juga bisa ikut kelas pengembangan diri, sharing soal, dan menyelesaikan tugas dengan bantuan klinik PR. Klik banner di bawah ini untuk kepoin lebih lanjut!

New call-to-action

Sumber:

Teknik Lepas Pantai. [Daring]. Tautan: https://www.its.ac.id/id/kuliah-di-its/fakultas-dan-departemen/fakultas-teknologi-kelautan/departemen-teknik-lepas-pantai/#tlp_its_ProgramStudi. Diakses 23 Mei 2022.

Anatasia Anjani. Ada Prodi Baru Teknik Lepas Pantai di ITS, Belajar Apa dan Bagaimana Prospeknya?. [Daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6067930/ada-prodi-baru-teknik-lepas-pantai-di-its-belajar-apa-dan-bagaimana-prospeknya. Diakses 23 Mei 2022.

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Freelance Content Writer at Brain Academy