Early Bird vs Night Owl: Apa Bedanya?

Apa Bedanya Early Bird dan Night Owl?

Kamu tim bangun pagi-tidur duluan, atau tim bangun siang-tidur belakangan, nih? Yuk, simak pembahasan lengkapya mengenai early bird vs night owl!

--

Alkisah di suatu malam yang diguyur sinaran rembulan, 2 orang sahabat karib sedang belajar bersama untuk mempersiapkan UTBK. Tentunya di rumah mereka masing-masing, karena saat itu masih dilanda pandemi Covid-19. Beginilah percakapan mereka via pesan instan:

“Eh Bid, udah jam 10 nih, hampir tengah malem. Nggak mau lanjut besok lagi aja belajarnya?”

“Loh, justru karena baru jam 10, ini gue baru panas malah. Lanjut lagi lahh kerjain soal-soalnya.”

“Hah, yang bener lu? Kita kan udah mulai dari jam 8 tadi. Ditambah tadi selesai PJJ kita les juga kan sampe jam 6 sore. Lu nggak ngantuk emang?”

“Ngantuk sih, tapi ngantuknya malah dari tadi pagi sampe siang doang. Gini hari malah gua seger banget nih.”

“Walah, berarti lu night owl banget nih, ya. Yaudah kalo gitu lu lanjut aja dehh, gua mau bobo ganteng duluan. Byee”

“Apaan lagi itu night owl? Yaudah, good night ya Dhi, besok jelasin ke gua ya night owl itu apa. Xixixi.”

Begitulah kira-kira percakapan terakhir Abid dan Ardhi. Kamu lebih relate sama siapa, nih? Abid yang sewaktu siang berusaha menahan kantuk, tapi malah seger di malam hari, atau Ardhi yang jam bobo gantengnya harusnya nggak lebih dari jam 9 malam?

Bisa jadi preferensi jam tidur mereka berbeda karena salah satu dari mereka adalah night owl, dan satunya lagi adalah early bird. Apa itu night owl dan early bird? Ada keuntungan atau kerugiannya nggak ya, apabila menjadi salah satunya? Yuk, mari kita bahas tentang early bird vs night owl!

Baca juga: Kenapa Kita Suka Mimpi Jatuh Saat Tidur?

 

Apa Itu Early Bird dan Night Owl?

Early bird adalah seseorang yang tidur lebih awal di malam hari dan bangun lebih awal juga di pagi hari. Sedangkan night owl adalah seseorang yang biasanya tidur lebih larut di malam hari, namun biasanya bangun lebih siang di hari berikutnya. Kedua istilah ini digunakan untuk menggambarkan kebiasaan seseorang dalam kebiasaan tidur.

Seseorang yang masuk dalam kategori early bird atau night owl bukan berarti orang yang jam tidurnya berbeda aja nih, gais. Tetapi lebih kepada ketika seseorang itu lebih merasa produktif, atau sudah merasa lelah pada waktu tertentu.

Apa Itu Early Bird dan Night Owl

Sebagai contoh, Ardhi adalah seorang early bird. Dia merasa lebih bugar dan produktif di pagi dan siang hari. Makanya Ardhi lebih memilih untuk jogging di pagi hari dan mengerjakan tugas sekolah di siang hari. Kalo udah lewat jam 8 malam, Ardhi biasanya udah merasa ngantuk, nih.

Berbeda dengan Ardhi, Abid adalah seorang night owl. Di siang hari, biasanya semangat Abid masih belum kekumpul, nih. Makanya Abid lebih memilih untuk bermain bulu tangkis di sore hari, dan mengerjakan tugas sekolahnya di malam hari. Di malam hari, justru Abid merasa bisa lebih fokus mengerjakan tugas, bahkan hingga tengah malam.

Kurang lebih ini yang membedakan keduanya ya, gais. Nah, sekarang gimana caranya kalo mau tau kamu itu early bird atau night owl, dong? Gampang kokk, xixixi.

 

Menentukan Early Bird atau Night Owl

Kalo kamu mau tau, kamu itu seorang early bird atau night owl, kamu cuma perlu tidur aja, sih. Hehehe. Kesel, nggak? Ya emang gitu caranya wkwk. Nih aku jelasin, ya.

Caranya, kamu coba perhatikan pola tidur kamu dalam beberapa jangka waktu tertentu. Misalnya dalam 7 hari, deh. Coba perhatikan setiap harinya, kapan kamu merasa ngantuk di malam hari, kapan kamu bangun tidur, dan kapan kamu merasa produktif atau optimal dalam menjalankan aktivitas di hari itu.

Kalo kamu cenderung merasa ngantuk setelah malam tiba, dan bangun dengan sendirinya di awal pagi, bisa jadi kamu seorang early bird. Apalagi kalau di pagi hari, kamu merasa nyaman melakukan aktivitas yang memerlukan energi atau fokus lebih, seperti belajar dan olahraga. Berarti bisa dibilang kamu seorang early bird, ya!

Lain ceritanya kalau kamu merasa lebih fokus untuk beraktivitas di malam hari, nih. Ternyata kamu lebih nyaman belajar dan mengerjakan tugas di malam hari. Ngantuknya aja baru mulai dateng pas tengah malem, dan itu tanpa minum kopi. Pas paginya walaupun kamu udah tidur cukup, kamu tetap ngerasa kayaknya belum kekumpul semua niatnya buat aktivitas berat, deh. Nah, bisa jadi kamu seorang night owl, nih! 

Kamu Early Bird atau Night Owl-1

Eits, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, nih. Ketika kamu mau cari tahu kamu itu early bird atau night owl, kamu harus dalam keadaan sehat, ya! Pastikan juga kamu meminimalisir hal-hal eksternal yang dapat mempengaruhi jam tidur kamu.

Jangan gunakan alarm untuk melihat jam kamu bangun tidur, ya. Ini tentunya biar alami dong, kamu bisa bangunnya jam berapa. Kamu juga harus hindari konsumsi kafein seperti dari kopi dan teh. Pastikan juga asupan makan dan minum kamu tercukupi, ya! Karena kan ada tuh, yang kalo laper atau malah terlalu kenyang jadi ngantuk, deh. Kalau kayak gitu nanti jadi kurang akurat eksperimen kamu, hehe.

Kalau menurut kamu sekarang, kamu seorang early bird atau night owl, nih? Coba jawab di bawah yaa, hehe.

Nah, sekarang kamu udah tahu nih, kamu itu early bird atau night owl. Tapi gimana ya, kalo kamu ternyata mau mengubah pola tidur kamu, nih? Tenang aja! Bisa diubah, kok. Nih aku kasih tahu caranya.

Baca juga: Stres Hingga Obesitas, ini Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

 

Mengubah Pola Tidur

Early bird maupun night owl tentunya punya kelebihan masing-masing, kan. Tapi kalau kamu merasa nggak pas sama jadwal tidur kamu sekarang, nggak usah panik, ya! Karena masih bisa diubah, kok.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengubah pola tidur kamu, nih. Pertama, kamu harus tentukan jadwal tidur yang konsisten, ya. Baik itu hari libur atau nggak, pastikan kamu bangun dan tidur di jam yang kurang lebih sama setiap harinya. Kalau kamu tidur sekitar jam 9 malam, dan bangun jam 5 pagi, maka lakukan terus konsisten seperti itu, ya.

Lalu, pastikan setiap harinya asupan makan dan minum kamu tercukupi, ya. Karena seperti yang aku bilang sebelumnya, asupan kita bisa mempengaruhi kondisi badan kita, nih. Kamu juga perlu batasi konsumsi kafein, khususnya di sore dan malam hari, ya.

Kamu juga bisa catat setiap jam berapa kamu mulai merasa ngantuk, ketika mau tidur, dan ketika kamu bangun dari tidur. Kamu juga bisa memulai rutinitas sebelum tidur yang dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Kamu bisa coba membaca buku, menggunakan aromaterapi, hingga skincarean loh, xixixi.

Terakhir yang paling susah, nih. Batasi penggunaan handphone dan laptop kamu menjelang waktu tidur, ya! Pastinya kamu pernah denger kan, blue light dari alat elektronik dapat mengurangi kualitas tidur kamu, loh.

Tips untuk Mengubah Pola Tidur Kamu

Nah itu dia tipsnya kalo kamu mau coba ubah kebiasaan tidur kamu, ya! Kali aja yang early bird pengen jadi night owl, atau sebaliknya kan, xixixi.

Ohiya, sebenarnya kalo menurut beberapa penelitian ada juga yang bukan termasuk early bird maupun night owl, loh. Ada orang ketiga yang disebut day person. Orang dengan tipe ini  bangunnya nggak terlalu pagi ataupun siang.

Kalau early bird kan aktivitasnya optimal dari pagi sampai siang, sedangkan night owl dari sore sampai malam hari. Nah, kalo tipe day person ini dari siang sampai sore, nih. Jadi bisa jadi kamu bukan early bird maupun night owl juga, sih. Hehehe.

Itu aja bahasan kita kali ini mengenai early bird dan night owl, ya! Kamu mau bahas apa lagi, nih? Kalo kamu ada topik menarik yang pingin kamu tanyain atau bahas di artikel berikutnya, kamu boleh tulis di kolom komen aja, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya! Dadah~
CTA Blog Brain Academy Brainies Bertanya

Referensi:

Coelho, S. 'Is It Better to Be a Night Owl or Early Bird?Healthline, 15 Oktober 2021 [daring]. Diakses pada: https://www.healthline.com/health/sleep/night-owl-vs-early-bird#shifting-your-sleep-pattern (14 Februari 2022)

'In Early Birds Versus Night Owls, It’s Best to Get Some Sleep', AltaMed, 5 Januari 2021 [daring]. Diakses pada: https://www.altamed.org/articles/early-birds-versus-night-owls-its-best-get-some-sleep (14 Februari 2022)

'Early birds may be more active, but night owl can catch up', Harvard Health Publishing, 18 Desember 2020 [daring]. Diakses pada: https://www.health.harvard.edu/blog/early-birds-may-be-more-active-but-night-owls-can-catch-up-2020110621261 (14 Februari 2022)

Profile

Kak Ali MT Soshum

Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Jakarta. Hobi berkebun, menulis, dan membaca (yang fiksi aja tapi hehe). Suka ngajar dan ngelatih juga. Pelatih Paskibra favoritmu.