Calon Anak DKV, Kenalan Yuk Sama Nirmana!

Tiara Syabanira Dewantari Feb 3, 2021 • 5 min read


nirmanaArtikel ini membahas tentang sekilas perkenalan mata kuliah Nirmana yang ada di jurusan DKV

--

Bisa dibilang, nirmana adalah salah satu mata kuliah yang sangat fenomenal di kalangan anak DKV. Bagaimana tidak? Konon katanya, nirmana adalah salah satu mata kuliah yang ditakuti oleh banyak mahasiswa DKV. Ditambah lagi, banyak cerita miris dari senior tentang tugas dari mata kuliah ini. Ih~ kok kesannya horror banget ya?

mata kuliah nirmana di jurusan DKVMata kuliah nirmana di jurusan DKV (sumber: dkv.itera.ac.id)

Tapi mau bagaimana lagi? Sebagai mahasiswa DKV, nirmana merupakan mata kuliah dasar yang tentunya wajib ditempuh. Biasanya, mata kuliah ini akan diletakan pada semester awal perkuliahan. Tapi, apa itu nirmana? Memangnya seberapa penting sih untuk anak DKV belajar nirmana? Nah, untuk kalian para calon anak DKV, yuk kenalan sama nirmana dari sekarang!

Baca juga: Mengulik Jurusan Desain Komunikasi Visual bagi Kamu si Jago Gambar

Apa itu Nirmana?

Nirmana merupakan sebuah ilmu tata rupa. Kehadirannya memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap sebuah desain. Secara kontekstual, nirmana berarti asas atau prinsip yang menjadi pegangan untuk seniman saat merancang. Istilah ‘Nirmana’ lahir dari perpaduan antara dua kata, yaitu ‘Nir’ yang berarti ‘tidak ada’, dan ‘Mana’ yang berarti ‘makna’. Jadi, Nirmana adalah ‘sesuatu yang tidak bermakna’.

nirmana memiliki arti tanpa maknaNirmana memiliki arti ‘tanpa makna’ (sumber: dkv.binus.ac.id)

Maksud dari ‘tanpa makna’ disini adalah hasil akhir dari seni yang kita ciptakan tidak boleh membentuk sesuatu yang jelas – seperti simbol, angka, logo, binatang, atau benda. Meski demikian, hasil dari sebuah karya seni nirmana dapat dirasakan oleh mereka yang melihatnya – seperti kamu dapat mengetahui apakah karya tersebut kasar, lembut, dinamis, memiliki kedalaman, dan sebagainya.

Kenapa Nirmana Penting Untuk Dipelajari?

Nirmana adalah mata kuliah yang sangat penting. Sebab, disinilah fondasi seorang anak desain dibentuk. Mungkin ketika awal mempelajari nirmana, kamu akan berpikir, “apa sih esensinya belajar membuat warna dan garis kayak gini?”. Tapi, kamu akan sangat merasakan dampaknya saat terjun ke dunia kerja kelak, lho.

nirmana trimatraBelajar nirmana dapat membantu anak DKV untuk lebih peka terhadap sebuah desain (sumber: youtube.com)

Belajar membuat nirmana dapat membantu kamu agar lebih paham tentang tata letak elemen-elemen visual – seperti titik, garis bidang, warna, dan sebagainya – serta bagaimana fungsinya dalam menghasilkan suatu karya. Mempelajari elemen tersebut dapat meningkatkan kesensitifan serta kepekaan kamu terhadap desain. Selain itu, kamu juga akan lebih paham tentang asas seni, mulai dari pencahayaan (gradasi warna), penggunaan bentuk, hingga membuat karya dalam bentuk 3D atau trimatra.

Alhasil, mempelajari nirmana dapat melatih kreativitas, memberi inovasi dalam menyusun elemen visual dengan menerapkan asas desain, dan meningkatkan selera seni kamu. Plus, seni yang kamu hasilkan nanti ‘pun akan memiliki nilai estetika yang tinggi.

Baca juga: Kamu Tertarik dengan Industri Kreatif? 7 Jurusan ini Bisa Kamu Pilih

Nirmana DKV Tingkat SMK vs Nirmana DKV Tingkat Kuliah

Apakah nirmana yang diajarkan pada jenjang SMK setara dengan nirmana yang diajarkan pada jenjang kuliah? Jawabannya adalah ‘hampir’. Tapi, bisa dikatakan kalau nirmana yang diajarkan di tingkat SMK jauh lebih ringan ketimbang nirmana yang akan diajarkan pada jenjang kuliah.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Kamu Siswa Lulusan SMK

Baik di SMK maupun kuliah, nirmana sama-sama diajarkan di tingkatan awal. Biasanya, nirmana yang diajarkan di tingkat kuliah adalah level lanjutan dari nirmana tingkat SMK. Saat kuliah nanti, setiap karya nirmana yang kamu buat harus melalui tahap asistensi dosen sebelum dibuat ke dalam bentuk finalnya. Kamu juga perlu membuat alternatif karya untuk berjaga-jaga jika karya kamu tidak di-acc oleh dosen. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa nirmana pada tingkat kuliah lebih ketat dari tingkat SMK.

Bagaimana, setelah perkenalan singkat di atas, apakah teman-teman calon anak DKV sudah siap untuk bertemu dengan mata kuliah nirmana nanti? Selain mengasah kemampuan kamu di bidang seni, kamu juga harus mengasah kemampuan kamu di bidang akademik dong agar dapat diterima di salah satu jurusan DKV milik perguruan tinggi impian kamu. Jadi, jangan lupa untuk ikut bimbingan belajar di Brain Academy Online ya teman-teman!

BA online

Referensi:

Yusril Ibnu. Mata Kuliah Nirmana – Inilah Cobaan Semester Awal Anak DKV. portaldekave.com. 12 September 2020. [Daring]. Tautan: https://www.portaldekave.com/artikel/mata-kuliah-nirmana-inilah-cobaan-semester-awal-anak-dkv (Diakses: 15 Januari 2021)

Yurista Andina. Apa Sih Sebenarnya Manfaat Bikin Nirmana? Anak Desain Wajib Tahu Nih! kreativv.com. [Daring]. Tautan: https://kreativv.com/seni-rupa-dan-desain/nirmana/3/ (Diakses: 15 Januari 2021)

I Vanda Dian Lestari. Pentingnya Nirmana dalam Penciptaan Sebuah Desain. 27 September 2015. isi-dps-ac.id. [Daring]. Tautan: https://www.isi-dps.ac.id/artikel/pentingnya-nirmana-dalam-penciptaan-sebuah-desain/ (Diakses: 15 Januari 2021) 

Sumber Gambar:

Mata kuliah nirmana di jurusan DKV. dkv.itera.ac.id. [Daring]. Tautan: https://dkv.itera.ac.id/perkuliahan-nirmana-tiga-dimensi/ (Diakses: 15 Januari 2021) 

Nirmana memiliki arti ‘tanpa makna’. dkv.binus.ac.id. [Daring]. Tautan: https://dkv.binus.ac.id/2014/11/03/nirmana-datar-4/ (Diakses: 15 Januari 2021) 

Belajar nirmana dapat membantu anak DKV untuk lebih peka terhadap sebuah desain. youtube.com. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=He50GDTeNxs (Diakses: 15 Januari 2021)

Beri Komentar