5 Hal yang Harus Kamu Siapkan Kalau Mau Daftar SNMPTN

Salsabila Nanda Agu 9, 2021 • 4 min read


BA_Pojok_Kampus_-_Persiapan_SNMPTN-01

Keketatan jurusan, portofolio, alumni dan akreditasi sekolah, juga mempengaruhi lolos atau tidaknya kamu di SNMPTN. Nggak ada salahnya buat mempersiapkan hal tersebut dari sekarang.

---

Kalau minggu lalu kita ngebahas tentang istilah-istilah di kampus, sekarang kita mau ngomongin persiapan SNMPTN buat kamu yang baru masuk SMA atau naik ke kelas 12.

Aku remind lagi deh, Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur masuk ke universitas dan politeknik negeri berdasarkan nilai rapor semester 1 sampai 5. Atau bahasa kerennya “jalur undangan”.

Kecepetan nggak sih udah ngomongin persiapan SNMPTN?

Well, SNMPTN sendiri dinilai dari prestasi yang kamu dapatkan selama duduk di bangku SMA. Mulai kelas 10 sampai kelas 12 semester 1. Jadi, nggak masalah buat mikirin strategi dari sekarang.

Nah, selain nilai, ada hal lain yang harus kamu ketahui supaya bisa lolos di SNMPTN. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

1. Pilih jurusan sesuai kelas

Pertama, tidak disarankan lintas jurusan. Artinya, anak IPA hanya boleh masuk jurusan Saintek dan anak IPS wajib pilih jurusan Soshum. Kenapa demikian? Balik lagi, SNMPTN dinilai dari prestasi rapor. Kalau kamu belajar Fisika tapi mau masuk Hukum apa yang mau dinilai? Buat yang mau linjur ada waktunya sendiri pas UTBK.

2. Ngobrol bareng guru BK dan alumni

Kedua, konsultasi ke guru BK. Biasanya mereka punya daftar alumni yang lolos SNMPTN di tahun-tahun sebelumnya. Selain nilai, pihak kampus juga mempertimbangkan jumlah alumni yang diterima dari sekolah kamu.

Kalau kamu punya koneksi dengan kakak kelas, jangan malu buat nanya seputar strategi mereka agar lolos di SNMPTN. Gimana ngatur waktu belajar, pertahanin nilai, pilih jurusan dan kampus, serta cara bikin portofolio.

3. Perbanyak portofolio

Portofolio adalah dokumen yang berisi kumpulan karya yang pernah kamu buat. Ada beberapa jurusan yang mewajibkan hal ini, contohnya jurusan Seni dan Olahraga. Portofolio membantu kampus untuk menilai sejauh mana potensi dan bakat yang kamu miliki. 

Baca Juga: Anak SMK Mau Kuliah? Ini Jurusan yang Tepat

Gimana dengan jurusan selain Seni dan Olahraga? Portofolio bukanlah hal wajib. Tapi kalau kamu mau nambahin ya gapapa. Itung-itung jadi poin plus setelah nilai. Misalnya nih, kamu bisa cantumin sertifikat lomba debat buat daftar SNMPTN jurusan Hubungan Internasional.

4. Cek akreditasi sekolah

Perlu diketahui, jumlah siswa yang dapat mendaftar SNMPTN (eligible) bergantung dari akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota sebesar 40%. Sekolah dengan akreditasi B sebanyak 25%, dan akreditasi C hanya 5%. Kamu bisa tanya ke guru mengenai jumlah siswa yang eligible di kelas IPA, IPS, dan Bahasa tahun sebelumnya.

Baca Juga: Jurusan Sepi Peminat yang Prospek Kerjanya Menjanjikan

5. Perhatikan keketatan jurusan

Di SNMPTN 2021, ada sejumlah jurusan dengan keketatan tertinggi atau paling diminati. Sebelum mendaftar, pastikan kamu paham persaingan di sana. Untuk jurusan Saintek, ditempati oleh Teknik Informatika UNPAD dengan tingkat keketatan 1:100. Disusul oleh Farmasi UNS sebesar 1:92 dan Keperawatan UNTIRTA sebanyak 1:80.

BA_Pojok_Kampus_-_Persiapan_SNMPTN-02

Jurusan soshum juga lumayan tinggi lho. Tingkat keketatan Ilmu Komunikasi UNJ mencapai angka 1:109. Disusul dengan Ilmu Komunikasi UNPAD sebesar 1:101. Kemudian, jurusan Pendidikan Guru SD UNSRI dengan keketatan 1:85.

---

Lima hal tadi bisa kamu terapkan sejak semester 1. Pastikan nilai kamu tetap stabil dan meningkat dengan bantuan STAR Master Teacher di Brain Academy Online. Ada fiturrrr live teaching dan star champ yang bikin PJJ jadi makin seru. Daftar yuk!

BA online

Referensi:

Portofolio. [Daring]. Tautan: ring]. Tautan: https://money.kompas.com/read/2021/07/31/230100026/apa-itu-portofolio-dan-bedanya-dengan-cv-

10 Prodi Saintek dan Soshum Paling Diminati di SNMPTN 2021. [Daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/03/22/191801571/10-prodi-saintek-dan-soshum-paling-diminati-di-snmptn-2021?page=all

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar