Pengertian Teks Tanggapan, Ciri, Kebahasaan, dan Strukturnya

teks-tanggapan

Teks tanggapan dapat berisi pujian atau kritik. Pelajari cara membuat teks tanggapan lewat contoh, struktur, kebahasaan, dan cirinya di artikel ini!

Teman-teman, sadar nggak? Setiap hari kita tak bisa lepas dari yang namanya tanggapan. Tanggapan adalah ucapan yang kita berikan sebagai bentuk reaksi dari pengalaman pancaindera, seperti melihat, mendengar, meraba, mencium, serta merasakan sesuatu.

Misalnya, ketika mencoba makanan yang viral di Tiktok, kamu bisa memberikan pujian maupun kritik. Apakah makanan tersebut worth it atau justru kurang enak dan mahal.

Nah, ternyata, ada aturan sebelum memberi tanggapan, khususnya dalam bentuk teks atau tulisan. Kamu harus tahu struktur dan kaidah kebahasaannya terlebih dulu. 

Coba deh, baca artikel ini biar makin paham! Yuk, yuk, mulai.

 

Pengertian Teks Tanggapan

Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat berupa pujian atau kritik secara objektif dan santun. Objek pada teks tanggapan antara lain; karya seni, kebijakan pemerintah, fenomena sosial, makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

Dalam membuat teks tanggapan, seseorang hendaknya mengutarakan kritik dan pujian berdasarkan fakta yang berhubungan dengan hal tersebut. Jadi, nggak boleh asal ngomong, ya! Apalagi sampai menjatuhkan pihak lain.

 

Fungsi Teks Tanggapan

Bukan sekedar tulisan, teks tanggapan punya beberapa fungsi, lho, seperti:

  • Membawa perasaan positif

  • Memotivasi untuk berkarya lebih baik lagi

  • Menyampaikan kritik dan solusi yang membangun

  • Awal yang baik untuk memulai percakapan dengan orang lain

  • Belajar untuk menyampaikan dan mendengarkan tanggapan dengan objektif serta santun

 

Ciri dan Syarat Teks Tanggapan

Ciri teks tanggapan yaitu mempunyai 3 struktur, antara lain; konteks, deskripsi, serta penilaian. Ciri lainnya yakni berisi kritik dan saran yang didukung oleh fakta atau alasan.

Sedangkan syarat teks tanggapan harus bersifat objektif dan santun. Objektif artinya menanggapi sesuatu dengan apa adanya. Santun artinya menanggapi dengan cara dan bahasa yang baik.

Baca juga: Belajar Teks Negosiasi dari Unsur, Ciri, Struktur, dan Kebahasaannya

 

Jenis Kalimat dalam Teks Tanggapan

Seperti yang telah dibahas, jenis teks tanggapan dibagi menjadi 2, yaitu pujian dan kritik.

 

1. Pujian

Pujian adalah pernyataan penghargaan atas keunggulan seseorang atau hal tertentu. Pujian merujuk pada hal positif dan bertujuan memberi prestasi terhadap sesuatu yang layak dipuji.

Contoh Kalimat Pujian:

“Menurut saya, film Avatar 2 layak untuk ditonton. Meskipun berdurasi panjang, plot yang disajikan tidak membuat penonton bosan, tetapi penasaran dengan akhir cerita. Visual, karakter, dan dialog dalam film pun disajikan menarik,”

 

2. Kritik

Kritik adalah tanggapan yang disertai dengan pertimbangan baik dan buruk terhadap suatu hal. Meskipun cenderung negatif, kritik dalam teks tanggapan harus menyertakan fakta dan data yang jelas.

Saat menyampaikan kritik, penulis tidak boleh menyerang situasi personal dan merendahkan. Sebaliknya, kritik hendaknya bersifat membangun, menambahkan saran, atau memberi solusi.

Contoh Kalimat Kritik:

“Hmm, menurut saya durasi film Avatar 2 terlalu panjang. Ada beberapa scene yang bisa dibuang tanpa menghilangkan inti cerita. Saya sedikit merasa kebosanan karena durasinya mencapai 3 jam lebih,”

 

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

 

Struktur Teks Tanggapan

Sebelum membuat teks tanggapan, terdapat 3 struktur yang harus kamu ketahui, yaitu konteks, deskripsi, dan penilaian. Yuk, simak satu persatu!

 

1. Konteks

Konteks adalah bagian awal teks tanggapan yang berisi pernyataan umum atau penjelasan tentang objek yang akan disampaikan oleh penulis. Pada bagian ini, kamu harus memasukkan unsur Apa, Di mana, serta Kapan.

Contoh Struktur Konteks dalam Teks Tanggapan

Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang, keinginan pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah, pesawat modern itu mendarat di bandara Halim Perdanakusuma.

 

2. Deskripsi

Deskripsi adalah bagian yang mengandung informasi tentang alasan yang mendukung pernyataan atau menolak pernyataan. Struktur deskripsi dalam teks tanggapan juga memuat identifikasi dan klasifikasi dari objek yang ditanggapi.

Contoh Struktur Deskripsi dalam Teks Tanggapan

Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat.

 

struktur-teks-tanggapan

 

3. Penilaian

Struktur terakhir pada teks tanggapan adalah penilaian yang mengandung pujian atau kritik yang disertai oleh fakta pendukung.

Contoh Struktur Penilaian dalam Teks Tanggapan

Pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, da,n efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat. Namun, saat ini bukanlah hal yang tepat untuk itu. Ada banyak alasan yang memperkuat, seperti ekonomi, sosial, keamanan, serta politik.

Dari segi ekonomi, pesawat kepresidenan memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Lalu, alasan kedua adalah saat ini rakyat belum terentaskan dari kemiskinan, tetapi para pejabat menikmati fasilitas yang mewah. Terakhir, terkait keamanan dan politik, saat ini dengan pesawat komersial pun keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik.

 

Kebahasaan Teks Tanggapan

Ada 6 kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks tanggapan. Kenali lebih lanjut biar kamu bisa bikin teks tanggapan yang benar!

 

1. Kata Tugas

Kata tugas terdiri dari kata depan dan partikel penegas. Keduanya sudah tak asing lagi karena sering digunakan dalam kalimat.

a. Kata Depan

Kata depan atau preposisi digunakan untuk merangkaikan kata benda dan jenis kata lain. Oh iya, penulisan kata depan selalu dipisah dari kata yang mengikutinya.

Contoh Kata Depan yaitu ‘di’, ‘ke’, ‘pada’, dan ‘dari’.

b. Partikel Penegas

Sedangkan partikel penegas adalah kata yang berfungsi untuk menegaskan kata dasar tanpa mengurangi atau menghilangkan arti sesungguhnya.

Contoh Partikel Penegas yaitu ‘-lah’, atau ‘-pun’.

 

2. Kata Rujukan

Kata Rujukan adalah kata yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya. Tujuannya sebagai pengganti agar tidak terjadi pengulangan kata yang sama.

Kata Rujukan ada beberapa jenis, yaitu Kata Tunjuk, Kata Ganti Orang, dan Kata Ganti Keterangan.

Contoh Kata Rujukan yaitu ‘-tersebut’, ‘-ini’, dan ‘-itu’.

 

3. Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya merupakan pelaku dari sebuah kejadian. Kalimat aktif dibagi menjadi 2 jenis, yaitu kalimat aktif transitif yang menyertakan objek dan kalimat aktif intrasitif yang tidak memiliki objek.

  • Contoh kalimat aktif transitif:

    Clara mengerjakan UTBK 2022 dengan lancar

  • Contoh kalimat aktif intransitif

    Pesawat mendarat dengan sempurna

 

4. Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif adalah kalimat yang berisi penjelasan atau gambaran tentang sebuah objek, seolah-olah pembaca dapat melihat dan merasakan secara langsung.

Contoh Kalimat Deskriptif dalam Teks Tanggapan:

Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang pelukis mengambil perspektif posisi di balik matahari. Tampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, tetapi di atas dan menutupi bukit.”

Baca juga: 10 Contoh dan Struktur Teks Deskripsi dengan Berbagai Tema

 

5. Konjungsi Intrakalimat

Konjungsi intrakalimat adalah konjungsi yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, dan klausa dengan klausa. Jenis intrakalimat dibagi 3, yaitu:

  • Konjungsi Penyebab: karena, sebab

  • Konjungsi Penerang: bahwa, yakni, yaitu

  • Konjungsi Temporal: sejak, semenjak, kemudian

Baca juga: Memahami Kalimat Kompleks: Benarkah Tidak Sekompleks Namanya?

 

6. Konjungsi Antarkalimat

Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi yang menghubungkan antara satu dengan kalimat lain dan letaknya selalu berada di awal. Konjungsi ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Konjungsi Pertentangan, menyatakan pertentangan dengan hal yang dikatakan pada kalimat sebelumnya. Contoh: walaupun demikian, meskipun demikian.

  • Konjungsi Kebalikan, yang menyatakan kebalikan dari perkataan sebelumnya. Contoh: sebaliknya.

  • Konjungsi Konsekuensi, yang menyatakan kesimpulan dari kalimat sebelumnya. Contoh: dengan demikian.

  • Konjungsi Akibat, yang menyatakan resiko atau akibat dari suatu hal. Contoh: oleh karena itu, oleh sebab itu.

Itu tadi pembahasan mengenai struktur teks tanggapan, contoh, dan beberapa hal yang perlu kamu pahami agar bisa membuatnya. Kalau belum mengerti, kamu bisa belajar bareng STAR Master Teacher di Brain Academy. Bisa coba kelas gratis di cabang terdekat dari rumah kamu!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Referensi:

Trianto, Agus. dkk. 2015. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Salsabila Nanda

https://www.brainacademy.id/blog/teks-tanggapan