Soal & Pembahasan PAS Kelas 10 IPA Semester Ganjil

PAS 10-12

Sedang belajar untuk Penilaian Akhir Semester? Intip soal dan pembahasan PAS kelas 10 SMA IPA semester ganjil berikut ini

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BAHASA INDONESIA

1. Pengertian teks anekdot adalah 

  1. Cerita menarik dan menghibur mengenai cara menyelesaikan, membuat, atau melakukan suatu aktivitas tertentu.
  2. Teks yang menceritakan suatu kejadian yang lucu dengan harapan dapat membuat pembacanya tertawa.
  3. Teks yang mengandung informasi atau pengetahuan menarik dalam bentuk singkat dan jelas sehingga dapat menambah pengetahuan dan menghibur pembacanya.
  4. Teks yang berisi penjelasan unik dan menarik mengenai peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, yang dikemas secara singkat, padat, dan jelas.
  5. Cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan mempunyai maksud untuk melakukan kritik atau menyampaikan pesan lewat kritikan tersebut.

 

Pembahasan:

Teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Cerita dalam teks anekdot biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya . Teks anekdot mempunyai maksud untuk melakukan kritik atau menyampaikan pesan lewat kritikan tersebut.

 Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Salah satu ciri teks anekdot adalah ….

  1. bersifat fantasi dari awal cerita hingga akhir
  2. hanya sebatas hiburan
  3. teks anekdot berupa dialog
  4. terselip saran yang disampaikan penulis di dalam cerita
  5. menampilkan tokoh penting dalam cerita

 

Pembahasan:

Teks anekdot memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut

  • berupa teks cerita
  • menampilkan tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau orang penting
  • memiliki sifat humoris
  • terselip kritik atau pesan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri utama teks anekdot, yaitu menampilkan tokoh penting dalam cerita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. Perhatikan kutipan hikayat berikut!

Ada pun Raja Kabir itu takluk kepada Buraksa dan akan menyerahkan putrinya. Putri Kemala Sari sebagai upeti. Kalau tiada demikian, negeri itu akan dibinasakan oleh Buraksa. Ditambahkannya bahwa Raja Kabir sudah mencanangkan bahwa barang siapa yang dapat membunuh Buraksa itu akan dinikahkan dengan anak perempuannya yang terlalu elok parasnya itu. “Barang siapa yang dapat susu harimau beranak muda, ialah yang akan menjadi suami tuan putri.”

Nilai budaya yang terdapat pada kutipan tersebut adalah .…

  1. pertarungan mengambil hati sang putri
  2. permintaan seorang raja
  3. mencari menantu melalui sayembara
  4. pencarian suami untuk putri sang raja
  5. seorang anak yang cantik mencari suami

 

Pembahasan:

Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah mencari menantu melalui sayembara.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Kalimat berikut yang mengandung kata arkais adalah ….

  1. Lalu, Serangga Bayu pun dinikahkan oleh Baginda dengan Puteri Bungsu.
  2. Tatkala Sultan Sukarna datang, Serangga Bayu pun turun dari kerajaan.
  3. Syahdan, Sultan Sukarna pun kekallah di atas takhta kerajaan.
  4. Ratna Kasihan pun diambil sebagai anak oleh Maha Jaya dan diberi istri.
  5. Dicarinya ahli nujum itu untuk memberitahu hal ini.

 

Pembahasan:

Kalimat yang mengandung kata arkais terdapat pada opsi C karena ada kata syahdan yang berarti selanjutnya atau lalu.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Pengertian yang tepat tentang ikhtisar adalah ….

  1. Teks singkat yang berupa hasil dari kegiatan menyatukan pokok-pokok gagasan.
  2. Teks yang dibuat secara ringkas berdasarkan teks aslinya.
  3. Teks yang berfungsi untuk merangkum gagasan pokok suatu teks.
  4. Tulisan singkat yang berisi mengenai kesimpulan dari sebuah teks.
  5. Tulisan yang berisi tanggapan penulis tentang teks yang dibaca.

 

Pembahasan:

Ikhtisar adalah teks yang dibuat secara ringkas berdasarkan teks aslinya.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

BAHASA INGGRIS

1. I prefer … to the bookstore to swimming.

  1. go
  2. going
  3. to go
  4. went
  5. goes

 

Pembahasan:

Untuk melengkapi kalimat rumpang di atas, dapat kita lihat kata yang menunjukkan kecenderungan (preference). Pola yang digunakan untuk mengungkapkan kecenderungan adalah Subject + prefer + Verb-ing + to.

Sehingga jawaban yang paling tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Mona : Oh my God! I’ve just lost my teacher’s book. She must be angry with me.

Selena : It’s ok, Mona! Just tell her the truth. She .…

  1. will not know
  2. will understand
  3. will understanding
  4. will be known
  5. will understands

 

Pembahasan :

Dalam konteks percakapan di atas, dapat kita ketahui bahwa Mona telah menghilangkan buku gurunya, dan ia mengira bahwa akan dimarahi gurunya. Namun, Selene mencoba untuk menenangkan dengan memberikan saran agar Mona menceritakan yang sebenarnya. Sehingga kalimat yang digunakan untuk menunjukkan kejadian yang belum terjadi adalah Future Simple yang memiliki pola Subject + will + verb 1.

Maka, jawaban yang paling tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. “ … passengers on English Air Flight 232 to Boise. The departure gate has been changed. The flight will now be leaving from Gate 26.”

Which of the following words can be used to complete the announcement?

  1. Compliment
  2. Affection
  3. Attention
  4. Celebration
  5. Information

 

Pembahasan:

Kata yang biasanya digunakan untuk membuat pengumuman di tempat-tempat umum seperti di bandara adalah attention, yang artinya mohon perhatian.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Good evening, ladies and gentlemen, a wallet has been missing from the second floor of the building. If you have found it, please … our security officer. Your cooperation will be greatly rewarded.

Which of the following words can’t be used to complete the announcement?

  1. Tell
  2. Notify
  3. Return
  4. Inform
  5. Call

 

Pembahasan :

Kata return memiliki arti mengembalikan. Jadi jika digunakan dalam kalimat rumpang tersebut akan memiliki arti “Jika kamu menemukan dompet tersebut, silakan mengembalikan satpam kami, sehingga tidak sesuai untuk mengisi kata rumpang yang ada pada pengumuman tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Daughter : Mum… can I go to the cinema with Alison later?

Mum : Sorry. You have to do your homework.

What does Mum say?

  1. She does not give her daughter permission.
  2. She allows her daughter to go out with her friend.
  3. She compromises with her daughter.
  4. She feels sympathetic towards her daughter.
  5. She feels sorry for not giving her daughter permission.

 

Pembahasan:

Pada dialog tersebut, jawaban yang diberikan oleh Ibu atas pertanyaan anaknya menunjukkan bahwa Ibu tidak mengizinkan anaknya untuk pergi ke bioskop dengan alasan anaknya harus mengerjakan PR.

Sehingga jawaban yang paling tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

BIOLOGI

1. Perhatikan tabel di bawah ini

ipa bio 1a

Daniel melakukan sebuah penelitian terhadap tanaman jagung. Hasil penelitian yang diperoleh Daniel dapat dilihat pada tabel. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan variabel bebas dari penelitian tersebut adalah ….

  1. jenis pupuk
  2. tinggi tanaman jagung
  3. media tumbuh yang digunakan
  4. intensitas cahaya dan suhu tanaman
  5. pupuk NPK dan tinggi tanaman jagung pada hari ke 5

 

Pembahasan:

Variabel bebas adalah parameter yang divariasikan untuk dilihat pengaruhnya. Pada tabel hasil percobaan, dapat terlihat pengaruh perbedaan jenis pupuk terhadap pertumbuhan tanaman jagung. Jenis pupuk yang digunakan pada percobaan di atas adalah NPK, kompos, urea, dan ZA. Oleh karena itu, variabel bebas pada percobaan di atas adalah jenis pupuk.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Proses kimia metabolisme yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup merupakan kajian ilmu ….

  1. fisika
  2. anatomi
  3. morfologi
  4. biokimia
  5. toksikologi

 

Pembahasan:

Biokimia dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang dasar-dasar kimia dari kehidupan. Biokimia juga dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas tentang zat-zat kimia penyusun tubuh makhluk hidup serta reaksi-reaksi dan proses kimia yang berlangsung di dalam tubuh makhluk hidup. Reaksi dan proses kimia yang berlangsung didalam tubuh makhluk hidup atau didalam sel ini disebut dengan metabolisme. Dengan definisi ini dapat dipahami bahwa biokimia mencakup atau bersinggungan dengan sebagian bahasan dalam biologi sel dan biologi molekuler.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. Dalam usaha manusia mencari sumber makanan baru, ternyata Chlorella mendapat perhatian yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Chlorella mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga berpotensi sebagai sumber protein sel tunggal (PST) dan bahan makanan. Chlorella diketahui mengandung beberapa jenis pigmen dan memiliki kemampuan untuk berfotosintesis. Chlorella termasuk dalam kelompok alga ….

  1. Chlorophyta
  2. Phaeophyta
  3. Rhodophyta
  4. Cyanophyta
  5. Chrysophyta

 

Pembahasan:

Chlorella merupakan genus protista mirip tumbuhan yang termasuk dalam Chlorophyta karena memiliki pigmen dominan berupa klorofil (pigmen hijau) sehingga dapat melakukan fotosintesis. Dalam bioteknologi, Chlorella dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan yang mengandung protein tinggi dari organisme uniseluler atau yang dikenal dengan PST (protein sel tunggal).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Sebagian anggota Protista dikelompokkan ke dalam Protista mirip jamur dikarenakan …

  1. Berkembangbiak dengan spora
  2. Bersifat sebagai saprofit di alam
  3. Mampu menghasilkan lendir untuk mempertahankan hidupnya
  4. Memiliki tubuh buah berbentuk seperti payung
  5. Memiliki hifa yang bersekat membentuk miselium

 

Pembahasan:

Anggota protista mirip jamur memiliki beberapa karakteristik diantaranya dapat berkembangbiak dengan spora, bersifat heterotrof, sebagian bersifat saprofit, sebagian lain bersifat parasit, memiliki hifa yang tidak bersekat, dan dapat berupa makhluk uniseluler maupun multiseluler.

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Ketika dalam kondisi yang tidak menguntungkan (kekurangan nutrisi dan lingkungan kering), Myxomycota akan membentuk ….

  1. spora
  2. sporangium
  3. plasmodium
  4. sporangia
  5. sklerotia

 

Pembahasan:

Plasmodium dari Myxomycota merupakan sel tunggal yang besar dan berinti banyak yang disebut juga syncytium.  Syncytium dihasilkan dari pembelahan inti terus menerus tanpa sitokinesis. Plasmodium adalah fase amoeboid yang dapat bergerak dan terus makan pada daur hidupnya. Jika plasmodium berada dalam kondisi kekeringan, kekurangan makanan, atau temperatur yang tidak sesuai, plasmodium akan berubah menjadi sklerotium/sklerotia. Sklerotium adalah struktur dorman berupa massa yang mengeras dan bentuknya ireguler. Saat kondisi membaik, sklerotium dapat kembali ke fase plasmodium. Dalam kondisi kelaparan, plasmodium dapat berubah untuk membentuk badan buah (sporangia). Badan buah dengan tangkai tegak dan memiliki sporangium kemudian akan terus tumbuh dan berkembang menjadi sporangium matang.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

Topik : Virus

Subtopik : Replikasi Virus

Level Kognitif : Easy

6. Perhatikan gambar berikut!

Jika virus tersebut sedang menjalani siklus litik, tahap reproduksi virus pada gambar tersebut berada pada fase ….

A. lisis
B. penetrasi
C. sintesis
D. perakitan
E. pematangan

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Reproduksi virus pada siklus litik terdiri atas lima tahap, yaitu adsorpsi, penetrasi/injeksi, sintesis (eklifase), pematangan/perakitan, dan lisis. Gambar pada soal menunjukkan tahapan penetrasi yang ditandai dengan virus mulai melubangi membran terluar dari sel inang dan menginjeksikan materi genetik ke dalam sel inang. Virus merusak membran sel dan dinding sel inang dengan menggunakan enzim lisozim.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

FISIKA

1. Peran fisika dalam bidang transportasi adalah

  1. Penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mobil dan motor yang lalu lalang di jalan raya.
  3. Mesin bajak sawah yang memudahkan petani.
  4. Penggunaan panci untuk memasak.
  5. Penggunaan telepon genggam.

 

Pembahasan:

Perkembangan fisika membawa perubahan yang cukup besar dalam bidang transportasi seperti sepeda motor, mobil, kereta, dan pesawat terbang. Kendaraan-kendaraan ini memungkinkan manusia untuk menempuh jarak yang jauh dengan waktu yang lebih singkat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 36 km/jam kemudian dipercepat sehingga kecepatannya menjadi 72 km/jam selama 5 detik. Percepatan yang dialami oleh benda tersebut adalah ….

fis 2a-2

 

Pembahasan:

fis 2b-4

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. Berikut ini yang termasuk besaran vektor adalah ….

  1. daya
  2. usaha
  3. energi
  4. kelajuan
  5. perpindahan

 

Pembahasan:

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai (besar) dan juga arah. Beberapa contoh besaran vektor adalah perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, dan momentum.

Sementara itu, daya, usaha, energi, dan kelajuan merupakan besaran skalar. Besaran skalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai saja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Pak Halim hendak memasang paving block pada bagian depan rumahnya agar tidak becek saat hujan. Luas halaman depan Pak Halim ipa fisika 4a dan ukuran paving block yang digunakan ipa fisika 4b . Jumlah paving block yang diperlukan Pak Halim adalah ….

  1. 666
  2. 666,7
  3. 666,75
  4. 666,751
  5. 667

 

Pembahasan:

Luas paving block yang hendak dipasang, yaitu

ipa fisika 4d

maka, jumlah paving block yang dibutuhkan dapat diketahui dengan

ipa fisika 4e

Untuk pembagian yang melibatkan angka penting, maka hasilnya harus dituliskan dalam jumlah angka penting yang paling sedikit, yaitu 667 (dilakukan pembulatan) buah paving block.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Perhatikan gambar berikut!

ipa fisika 5a

Jika 1 kotak melambangkan 6 satuan, besar vektor di atas adalah ….

  1. 3 satuan
  2. 6 satuan
  3. 9 satuan
  4. 12 satuan
  5. 18 satuan

 

Pembahasan:

Berdasarkan gambar pada soal, terlihat bahwa vektor yang dimaksud melewati 3 kotak. Jika 1 kotak bernilai 6 satuan, besar vektor tersebut adalah 3 × 6 satuan = 18 satuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

Topik : Gerak Parabola

Subtopik : Tinggi Maksimum

Level Kognitif : HOTS

6. Sebuah peluru ditembakkan pada sudut elevasi 45° di atas gedung dengan ketinggian 4 m dari atas tanah. Jika peluru tersebut mencapai jarak maksimum sejauh 40 m dan percepatan gravitasi bumi sebesar , tinggi maksimum yang dicapai peluru dari atas tanah sebesar ….

A. 10 m
B. 12 m
C. 14 m
D. 16 m
E. 20 m

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Diketahui:

Jawab:

Peluru mengalami gerak parabola. Tinggi maksimum pada gerak parabola terjadi saat posisi benda berada pada titik tertinggi.

Untuk mencari ketinggian maksimum pada gerak parabola dapat menggunakan persamaan seperti berikut.

Sebelum mencari ketinggian maksimum peluru, kita perlu mencari terlebih dahulu kecepatan awal saat peluru ditembakkan dengan persamaan berikut.

Selanjutnya, mencari ketinggian maksimum peluru dari atas gedung dengan persamaan berikut.

Untuk mencari ketinggian maksimum peluru dari atas tanah, digunakan persamaan berikut.

Dengan demikian, tinggi maksimum yang dicapai peluru dari atas tanah sebesar 14 m.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

KIMIA

1.  Kegagalan model atom Rutherford adalah tidak dapat menjelaskan ….

  1. bagaimana elektron-elektron selama mengelilingi inti atom tidak saling bertabrakan
  2. seberapa jauh jarak inti atom dengan elektron sehingga elektron tidak tertarik
  3. mengapa inti atom sangat kecil dibandingkan ukuran atom secara keseluruhan
  4. mengapa atom hidrogen mempunyai spektrum berupa gas
  5. mengapa elektron yang ukurannya kecil tidak jatuh ke dalam inti atom

 

Pembahasan:

Kelemahan teori atom Rutherford adalah sebagai berikut.

  1. Model atom Rutherford belum mampu menjelaskan di mana letak elektron dan cara rotasinya terhadap inti atom.
  2. Model atom Rutherford tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.
  3. Bila elektron mengelilingi inti seperti planet, dalam pengaruh gravitasi matahari, elektron akan mengalami percepatan dan akan kehilangan energi karena radiasi elektromagnetik. Akibatnya, arah orbital elektron akan semakin dekat ke inti dan akhirnya elektron akan jatuh ke inti.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Dalam periode yang sama, bila dibandingkan dengan unsur akali tanah, unsur golongan alkali mempunyai sifat

  1. energi ionisasinya lebih besar
  2. kurang reaktif
  3. keelektronegatifan lebih besar
  4. afinitas elektron lebih besar
  5. jari-jari atomnya lebih panjang

 

Pembahasan:

Golongan alkali -> IA

Golongan alkali tanah -> IIA

Dalam satu periode, dari kiri ke kanan memiliki pola keperiodikan seperti berikut.

  1. Energi ionisasi makin besar
  2. Keelektronegatifan makin besar
  3. Jari-jari atom makin kecil
  4. Afinitas elektron makin besar

Bila dibandingkan dengan unsur golongan alkali tanah, unsur golongan alkali mempunyai sifat energi ionisasi lebih kecil, keelektronegatifan lebih kecil, jari-jari atom lebih besar, dan afinitas elektron lebih kecil.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. Hal yang dimaksud dengan ikatan kovalen polar adalah ….

  1. terjadi jika adanya penggunaan pasangan elektron secara bersama-sama oleh atom-atom yang berikatan
  2. ikatan kovalen yang terbentuk ketika elektron sekutu atom tidak benar-benar dipakai
  3. ikatan kovalen yang terbentuk ketika atom membagikan elektronnya setara (sama)
  4. ikatan kimia yang menggunakan pasangan elektron bersama yang berasal dari salah satu atom
  5. ikatan kovalen yang dibentuk oleh lebih dari 2 elektron valensi antar atom-atom yang berikatan

 

Pembahasan:

Ikatan kovalen polar terbentuk ketika elektron sekutu atom tidak benar-benar dipakai bersama. Hal ini terjadi ketika salah satu atom mempunyai elektronegativitas yang lebih tinggi sehingga mempunyai tarikan elektron yang lebih kuat. Akibatnya, elektron sekutu lebih dekat ke atom yang mempunyai elektronegativitas tinggi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Senyawa berikut yang menyimpang dari kaidah oktet adalah …. 

ipa kimia 4a

 

Pembahasan:

Struktur Lewis ipa kimia 4b adalah sebagai berikut.

ipa kimia 4c

Pada struktur ipa kimia 4b terdapat 10 elektron di atom pusat, sedangkan pada struktur Lewis ipa kimia 4d dan HCl memiliki 8 elektron pada atom pusat. Oleh karena itu, struktur Lewis ipa kimia 4b tidak mengikuti kaidah oktet.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Logam yang akan mengapung jika dimasukkan ke dalam air adalah ….

  1. kalium
  2. silikon
  3. emas
  4. platina
  5. seng

 

Pembahasan:

Ikatan logam mempengaruhi beberapa sifat dari bahan logam, seperti kerapatan, konduktivitas listrik, ketahanan zat, wujud zat, titik didih, dan titik leleh zat. Contohnya, silikon (Si) memiliki kerapatan sebesar ipa mtk 5a Angka ini 2-3 kali lebih besar dari ipa mtk 5b

massa jenis air pada suhu kamar. Contoh lainnya adalah emas (Au) yang memiliki massa jenis sekitar 20 kali lebih besar dari massa jenis air.

Akan tetapi, ada juga pengecualian terhadap beberapa logam alkali (golongan IA), seperti lithium (Li), natrium (Na), dan kalium (K) yang terapung jika dimasukkan ke dalam air. Artinya, ketiga logam ini memiliki massa jenis yang lebih rendah dari air.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

Topik : Ikatan Kimia dan Bentuk Molekul

Subtopik : Geometri dan Bentuk Molekul

Level Kognitif : Medium

6. Unsur Q memiliki konfigurasi elektron . Jika unsur Q berikatan dengan unsur Cl (Z = 17), senyawa yang mungkin terbentuk dan bentuk molekul yang sesuai adalah ….

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Langkah pengerjaan soal ini adalah sebagai berikut.

Langkah 1: menentukan elektron valensi unsur Cl

Elektron valensi adalah elektron pada kulit terluar yang dapat ditentukan dari konfigurasi elektron. Berdasarkan soal, unsur Cl memiliki nomor atom (Z) sebesar 17. Konfigurasi elektron unsur Cl adalah sebagai berikut.

Berdasarkan konfigurasi elektronnya, unsur Cl memiliki 7 elektron valensi.

Langkah 2: menentukan senyawa yang mungkin terbentuk

Berdasarkan soal, unsur Q memiliki konfigurasi elektron sehingga elektron valensinya adalah 5. Sementara itu, Cl memiliki 7 elektron valensi. Kemungkinan senyawa yang terbentuk antara unsur Q dan Cl adalah senyawa dan yang berikatan secara kovalen. Struktur Lewis kedua senyawa tersebut adalah sebagai berikut.

Berdasarkan strukturnya, senyawa memiliki 3 PEI dan 1 PEB sehingga tipe molekulnya adalah dan bentuk molekulnya adalah trigonal piramida. Sementara itu, memiliki 5 PEI dan 0 PEB sehingga tipe molekulnya adalah dan bentuk molekulnya adalah trigonal bipiramida.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

MATEMATIKA IPA

1. Nilai x yang memenuhi persamaan ipa mtk 1a adalah

  1. 1 atau 6
  2. 2 atau 3
  3. 1 atau -6
  4. -2 atau 3
  5. -1 atau -3

 

Pembahasan:

Ingat kembali bahwa ipa mtk 2asehingga didapat hasil sebagai berikut

ipa mtk 1c

Dengan demikian, nilai x yang memenuhi adalah 2 atau 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

2. Rata-rata pertumbuhan kecambah yang ditanam seorang siswa dirumuskan oleh ipa mtk 2a-1 dengan x bilangan cacah. Garis batas maksimum pertumbuhan kecambah tersebut adalah ….

ipa mtk 2b

 

Pembahasan:

Karena ipa mtk 2c adalah fungsi turun, maka nilai f (x) maksimal ketika x minimal. Karena x adalah bilangan cacah, dengan x minimal adalah nol. Dengan demikian, pertumbuhan kecambah terpanjang akan diperoleh saat x = 0

Dengan demikian, didapat perhitungan berikut.

ipa mtk 2d

Dengan demikian, garis batas maksimum pertumbuhan kecambah tersebut adalah f (x) = 7

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

3. Perhatikan gambar kurva dan garis berikut ini!

ipa mtk 3a

Dari gambar di atas, dapat disimpulkan bahwa ….

  1. terdapat tiga solusi real
  2. terdapat dua solusi real
  3. terdapat satu solusi real
  4. terdapat satu solusi real dan satu solusi tidak real
  5. tidak terdapat solusi real

 

Pembahasan:

Dari gambar, diketahui terdapat sebuah garis dan sebuah kurva sembarang yang tidak berpotongan maupun bersinggungan. Akibatnya, tidak terdapat solusi real untuk persamaan kurva dan garis tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

4. Bentuk rasional dan sederhana dari ipa mtk 4a adalah

ipa mtk 4b

 

Pembahasan:

Dapat diperhatikan bahwa bentuk akar dapat dirasionalkan dengan cara dikalikan dengan akar sekawannya. Ingat bahwa akar sekawan dari ipa mtk 4cadalah ipa mtk 4d Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

ipa mtk 4e

Dengan demikian, bentuk rasional dan sederhana dari ipa mtk 4a adalah ipa mtk 4f

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

5. Jika sebuah persegi memiliki panjang diagonal 6 cm, maka luas persegi tersebut adalah

ipa mtk 5a-2

 

Pembahasan:

Perhatikan jika panjang sisi persegi adalah r, maka didapat hubungan sebagai berikut

ipa mtk 5b-2Diketahui panjang diagonal suatu persegi adalah 6 cm, maka didapat perhitungan sebagai berikut

ipa mtk 5c

Dengan demikian, luas persegi dapat dihitung sebagai berikut

ipa mtk 5d

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

Topik : MINAT – Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Logaritma

Subtopik : Persamaan Bentuk Logaritma

Level Kognitif : Medium

6. Nilai x yang memenuhi persamaan adalah ….

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Sebelumnya, ingat kembali sifat logaritma berikut!

Berdasarkan sifat tersebut, persamaan pada soal dapat diubah menjadi seperti berikut.

Misal sehingga persamaan tersebut dapat ditulis menjadi sebagai berikut.

Karena , maka nilai x dapat ditentukan dengan perhitungan berikut.

Berdasarkan perhitungan tersebut, didapat

Kemudian, cek syarat numerus pada sebagai berikut.

Pada perhitungan sebelumnya, didapat . Perhatikan bahwa kedua nilai tersebut memenuhi syarat numerus.

Dengan demikian, penyelesaian dari persamaan adalah .

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-1

Itu dia soal dan pembahasan PAS kelas 10 IPA semester ganjil.  Kalau belum paham sama pembahasan di atas, kamu bisa langganan Brain Academy. Ada STAR Master Teacher yang bantu kamu memahami pelajaran sampai ke akarnya. Yuk, coba gratis dulu!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Salsabila Nanda