Punya Passion di Bidang Olahraga? Jurusan Kuliah ini Cocok Buat Kamu!

jurusan olahragaMemiliki passion di bidang olahraga gak selalu harus jadi atlet, ini dia jurusan yang tepat buat kamu yang punya minat di bidang olahraga!

--

Ketika kamu yang memiliki kecintaan terhadap olahraga tertentu, pastinya pernah bermimpi untuk bisa berkarier di bidang olahraga tersebut sebagai atlet, bukan? Tapi yang menjadi masalah, kamu bukan termasuk orang yang cukup aktif dalam melakukan aktifitas fisik. Jangankan ikut latihan keras seperti atlet profesional, naik tangga saja sudah ngos-ngosan.

Tapi jangan putus asa dulu guys, memiliki ketertarikan terhadap bidang olahraga ‘gak harus menjadi atlet, lho. Faktanya, ada banyak pilihan karier serta jurusan kuliah yang masih berhubungan dengan dunia olahraga dan jasmani. Penasaran? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

 

1. Ilmu Keolahragaan

Jurusan pertama yang bisa jadi pilihan yaitu jurusan Ilmu Keolahragaan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari tentang olahraga dan kesehatan, seperti bagaimana olahraga dan aktivitas fisik dapat mempengaruhi dan meningkatkan kesehatan baik secara fisik, mental, maupun sosial. Karena ruang lingkup ilmunya yang cukup luas, mahasiswa akan memiliki keahlian khusus di bidang aktivitas jasmani, manajemen olahraga, hingga terapi rehabilitasi fisik.

Meskipun jurusan ini mengutamakan olahraga, sebetulnya kamu gak cuma mempelajari olahraga aja, lho. Ada berbagai macam ilmu yang bisa kamu pelajari di jurusan ini. Mulai dari Anatomi Manusia, Biokimia Olahraga, Psikologi Olahraga, Patofisiologi (ilmu yang mempelajari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kelainan fisiologi tubuh), bahkan kamu juga akan belajar tentang Senam, Renang, Pencak Silat, Dasar-Dasar Massage, Senam Aerobik, Olahraga Terapi Cedera, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tips Mengatur Waktu Sibukmu dengan 4 Kuadran Aktivitas

 

2. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Kalau kamu tertarik dengan bidang olahraga dan pendidikan, jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat! Di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, kamu akan dilatih untuk menjadi guru dan pelatih olahraga dengan kemampuan akademis, memiliki tanggung jawab, serta dapat menunjukkan etos kerja yang tinggi berdasarkan ilmu kepelatihan olahraga.

Karena gelar akademik yang akan diperoleh setelah lulus nanti adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd), di jurusan ini kamu gak cuma belajar tentang keterampilan dasar beberapa cabang olahraga. Mata kuliah seperti Manajemen Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kepelatihan Dasar Cabang Olahraga, dan Psikologi Pendidikan juga nantinya akan kamu pelajari. 

jurusan ilmu keolahragaanBelajar berbagai hal terkait olahraga dan aktivitas fisik di Fakultas Keolahragaan (humankinetics.me)

 

3. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)

Selain jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) juga bisa jadi pilihan buat kamu yang memiliki minat terhadap bidang olahraga dan pendidikan, nih. PJKR mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa menjadi pengajar sekaligus peneliti pendidikan jasmani yang berkaitan dengan aspek fisik, kognitif, afektif, sosial psikomotor, kesehatan, gizi, fisiologi, dan masih banyak lagi. 

Mata kuliah yang akan ditemukan di jurusan ini juga sangat beragam, mulai dari Ilmu Kepelatihan Dasar, Organisasi Sistem Pertandingan, Pedagogi Olahraga, hingga mata kuliah olahraga seperti Bulutangkis, Bola Basket, Sepak Bola, dan Senam.

Sama seperti jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, mahasiswa PJKR akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.) ketika lulus nanti. Kariernya pun tidak terbatas pada guru olahraga saja, kamu juga bisa bekerja sebagai pelatih pribadi, pelatih atlet, instruktur olahraga, bahkan menjadi pengusaha yang membangun pusat fitness milik sendiri.

Baca Juga: Kamu Sering Stres saat Belajar? Coba 5 Taktik Belajar Anti Stres

 

4. Olahraga Rekreasi

Kamu memiliki bakat di bidang olahraga, namun tidak memiliki passion di bidang keguruan? Jurusan Olahraga Rekreasi mungkin bisa kamu pertimbangkan. Olahraga rekreasi sendiri merupakan aktivitas fisik yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk memperoleh kebugaran jasmani, kesehatan, kegembiraan, membangun hubungan sosial, melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan nasional.

Jurusan Olahraga Rekreasi mengajarkan mahasiswanya banyak hal terkait kegiatan jasmani, anatomi, fisiologi, gizi, keamanan, hingga keselamatan serta relaksasi. Prospek karier bagi lulusan jurusan Olahraga Rekreasi juga cukup luas, beberapa di antaranya yaitu:

  • Manager tempat wisata
  • Koordinator acara olahraga (Sport event coordinator / Sport event organizer)
  • Instruktur
  • Tenaga pemasaran rekreasi
  • Konsultan bidang rekreasi
  • Pemandu wisata (Tour guide)

 

5. Fisioterapi

Yup, selain keempat jurusan di atas, jurusan Fisioterapi juga bisa lho jadi pilihan! Jurusan Fisioterapi merupakan cabang ilmu kedokteran yang mempelajari hal-hal berhubungan dengan fungsi gerak, mulai dari cara menjaga fungsi hingga pemulihannya. Sehingga, jurusan Fisioterapi sangat dibutuhkan di bidang olahraga karena jurusan ini akan mempelajari anatomi tubuh manusia beserta fungsinya.

bidang fisioterapiMenjadi fisioterapis juga bisa jadi pilihan karier (giphy.com)

 

Dibekali dengan ilmu-ilmu seperti Manual Therapy, Evidence-Based Practice Physiotherapy, Anatomi, Ilmu Gerak, sampai Psikologi Fisioterapi, lulusan jurusan ini pastinya sangat dibutuhkan oleh klinik, rumah sakit, atau juga pusat kebugaran. Seorang fisioterapis juga dapat berkarier sebagai konsultan layanan fisioterapi seperti untuk atlet atau orang-orang dengan penyakit tertentu.

Baca Juga: Masih di Bidang Kesehatan, 4 Jurusan ini Ternyata Jarang Peminat

 

Universitas dengan Fakultas Olahraga Terbaik

Setelah mengenal sekilas tentang beberapa jurusan yang berkaitan dengan olahraga, apakah Brainies mulai tertarik untuk mengambil salah satu jurusan di atas? Jika iya, berikut empat universitas unggulan di Indonesia yang menyediakan Fakultas Olahraga dan memiliki banyak pilihan program studi:

--

Gimana? Apakah ada jurusan yang menarik perhatian Brainies? Eyes on the target! Supaya bisa diterima di jurusan incaran kamu, ayo tingkatkan persiapan ujian masuk perguruan tinggi bersama Brain Academy. Dibantu dengan Star Master Teacher, pasti materi pelajaran dapat kamu pahami dengan cepat!

BA offline

Sumber:

Kurikulum Ilmu Keolahragaan. [Daring]. Tautan: https://ikor.unimed.ac.id/index.php. Diakses 10 Mei 2022.

Kurikulum Prodi Pelatihan Pendidikan Olahraga. [Daring]. Tautan: http://pendidikan-kepelatihan.fik.uny.ac.id/kurikulum-prodi-pendidikan-kepelatihan-olahraga-0. Diakses 10 Mei 2022.

Kurikulum Fisioterapi. [Daring]. Tautan: https://fikes.upnvj.ac.id/id/akademic/kurikulum/kurikulum-fisioterapi-d-3.html. Diakses 10 Mei 2022.

Sumber gambar:

Belajar berbagai hal terkait olahraga dan aktivitas fisik di jurusan Ilmu Keolahragaan. [Daring]. Tautan: https://humankinetics.me/2018/10/08/role-of-sport-coaches/. Diakses 11 Mei 2022.

Menjadi fisioterapis juga bisa jadi pilihan karier. [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs. Diakses 11 Mei 2022.

 

Profile

Tiara Syabanira Dewantari