Latihan Soal Soshum UTBK 2022: Sosiologi

MT Brain Academy Jan 13, 2022 • 7 min read


Latihan Soal - UTBK Sosiologi-01

UTBK semakin dekat. Persiapkan dirimu dengan latihan soal dan pembahasan UTBK Sosiologi 2022 berikut ini!

---

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Topik: Nilai dan Norma Sosial

Sub Topik: Tingkatan Norma Sosial di Masyarakat

1. Bujang adalah seorang warga suku X yang menganut aturan adat yang sangat ketat untuk tidak membolehkan seorang laki-laki beristri lebih dari satu. Namun pada suatu ketika Bujang melanggar aturan yang telah dibuat oleh tetua adat suku X, sehingga ia diasingkan dari desa. Dalam hal ini, peristiwa yang dialami oleh bujang termasuk kedalam pelanggaran bentuk norma pada bidang...

  1. Norma Cara (usage)
  2. Norma Kebiasaan (Folkways)
  3. Norma Tata Kelakuan (Mores)
  4. Norma Adat Istiadat (Customs)
  5. Norma Kesusilaan (Moral)

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Norma adat istiadat (custom) adalah norma yang sangat kuat ikatannya pada masyarakat yang bersangkutan diharapkan untuk berlaku sesuai aturan yang ada di tengah kehidupan masyarakatnya. Bahkan, pada tatanan tertentu aturannya akan sangat kuat jika terdapat anggota masyarakat melanggar aturan yang dibuat.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Topik: Nilai dan Norma Sosial

Sub Topik: Pembagian Nilai Sosial

2. Wanda merupakan seorang petani di desa Sumber Subur, pada suatu hari Wanda tanpa sengaja mematahkan cangkulnya, sehingga wanda terhambat untuk melakukan pekerjaannya sebagai petani. Dari ilustrasi tersebut, cangkul yang digunakan oleh wanda masuk kedalam bentuk nilai....

  1. Nilai dominan
  2. Nilai yang mendarah daging
  3. Nilai vital
  4. Nilai material
  5. Nilai kerohanian

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Nilai vital merupakan nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melakukan aktivitasnya , yang mana dilihat dari kegunaan benda tersebut untuk melakukan aktivitasnya. Sedangkan Nilai material adalah sesuatu yang berguna bagi unsur fisik manusia. Sebagai contoh, minuman, makanan dan pakaian.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Topik: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Sub Topik: Tahap Sosialisasi

3. Sabri masih berusia 5 tahun, dia mulai menirukan berbagai macam peran orang dewasa disekitarnya. Sabri mulai menyadari namanya, nama orang tuanya dan orang terdekatnya dan sudah mengenal lingkungan kecilnya. Proses sosialisasi yang dilakukan oleh Sabri jika dihubungkan dengan pemikiran George Herbert Mead termasuk kedalam proses sosialisasi…

  1. Tahap persiapan (prepatory stage)
  2. Tahap bermain (play stage)
  3. Tahap bertindak (game stage)
  4. Tahap penerimaan norma kolektif (generalized stage)
  5. Tahap penerimaan diri (generalized self)

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Menurut George Herbert Mead terdapat empat tahap sosialisasi

  1. Tahap Persiapan (preparatory stage), tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan yaitu saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya dan memperoleh pemahaman tentang diri sendiri.
  2. Play stage, pada tahap ini, seorang anak belajar beberapa peran yang dilihatnya di lingkungan sekitarnya. Pada tahap ini seorang anak mulai meniru peran yang dijalankan oleh orang tuanya. Pada tahap ini seorang anak belum mengerti akan strategi dan tidak menyadari aturan objek permainan.
  3. Game stage, pada tahap ini seorang anak mulai menyadari objek permainan.
  4. Generalized others, di tahap ini seseorang juga belajar memahami peranya di dalam kehidupan bermasyarakat.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Topik: Nilai Sosial

Sub Topik: Nilai, Norma dan Sosialisasi

4. Seorang kepala keluarga yang belum mampu memberi nafkah kepada keluarganya akan merasa sebagai kepala keluarga yang tidak bertanggung jawab. Demikian pula guru, yang melihat siswanya gagal dalam ujian akan merasa gagal dalam mendidik anak tersebut. Kasus tersebut merupakan klasifikasi nilai ….

  1. dominan
  2. internalized value
  3. antarnilai
  4. terselubung
  5. minoritas 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Internalized value atau nilai yang mendarah daging merupakan suatu nilai yang telah menjadi kepribadian atau kebiasaan. Karena sudah begitu terbiasa, maka seseorang akan menjalankan nilai tersebut secara tidak sadar atau tanpa melalui proses berpikir atau mempertimbangkannya lagi.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Topik: Nilai, Norma dan Sosialisasi

Sub Topik: Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian5. 

5. Peran agen-agen sosialisasi sangat diperlukan keberadaannya sebagai jembatan dari sistem aturan yang telah menjadi kesepakatan bersama (konsensus), hal ini akan mengakibatkan tercapainya, kecuali ….

  1. keselarasan yang mengarah pada perilaku positif
  2. kecenderungan untuk melakukan kesalahan menjadi sangat kecil
  3. hubungan antaranggota masyarakat dapat berjalan dengan stabil
  4. adanya tafsiran secara pribadi mengenai tatanan sosial
  5. terjaminnya kesepakatan bersama

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Agen sosialisasi dibentuk untuk mempertahankan sejumlah aturan yang telah disepakati, menghindari tafsiran pribadi mengenai tatanan sosial agar tercipta hubungan sosial yang stabil dan memperkecil tingkat kesalahan yang dilakukan oleh seorang individu dalam kehidupan bermasyarakat. Dari pernyataan diatas, pernyataan yang salah adalah membentuk tafsiran pribadi mengenai sejumlah tatanan sosial, sehingga jawaban D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-3

Masih kurang? Yuk, cobain bimbel Brain Academy. Bebas tanya PR, konsultasi jurusan, akses ribuan materi dan soal UTBK, dan masih banyak lagi. Bisa belajar via online atau datang langsung ke cabang terdekat. Psstt, lagi ada diskon lho. Dijamin worth it banget! 

Paket Gap Year UTBK Brain Academy

Tim Penyusun:

Muhammad Rizky Eka Agusta

 

Profile

MT Brain Academy

Beri Komentar