Contoh Laporan Magang (PKL), Isi, dan Cara Membuatnya

laporan magang atau PKL

Magang adalah kegiatan praktik kerja yang dilakukan oleh mahasiswa atau siswa SMK. Berikut cara menyusun laporan magang yang benar dan lengkap.

Selain mendapat ilmu dan pengalaman baru, peserta magang juga diwajibkan untuk membuat laporan PKL. Laporan ini biasanya diminta oleh sekolah atau dosen pembimbing sebagai bentuk pertanggungjawaban kamu selama kegiatan magang berlangsung.

Nah, kalau kamu masih bingung hal-hal apa saja yang harus dicantumkan dalam laporan magang, coba simak artikel ini ya!

 

Pengertian Laporan Magang

Laporan magang adalah karya tulis yang berisi penjelasan posisi, tugas, dan tanggung jawab selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan yang diperoleh melalui pengalaman, pengamatan, wawancara, maupun dokumentasi. Laporan magang disusun oleh siswa SMK atau mahasiswa yang di kampusnya mewajibkan untuk PKL. Di beberapa sekolah atau perguruan tinggi, isi laporan magang akan dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing (sidang PKL).

 

Sistematika Laporan Magang (PKL)

Berikut urutan atau tata cara dalam menyusun laporan magang:

1. Cover

Setiap karya tulis pasti membutuhkan cover, tak terkecuali laporan magang. Cover terdiri dari  logo sekolah atau kampus, judul laporan magang, nama kamu, nomor induk, nama sekolah atau kampus, serta tahun dilaksanakannya kegiatan magang.

Judul laporan magang bisa disesuaikan dengan tugas yang kamu kerjakan selama PKL. Misalnya, jika kamu magang sebagai Admin Media Sosial Instagram PT Ruang Raya, maka judulnya bisa seperti ini:

(logo kampus atau sekolah)

PROSES PEMBUATAN MATERI KREATIF MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PT RUANGRAYA

Laila Mustika

1009876

SMK Multimedia Jakarta

2023

 

Baca juga: Contoh Cover Makalah dan Cara Mudah Untuk Membuatnya!

 

2. Kata Pengantar

Kata pengantar adalah ucapan syukur dan terima kasih dari penulis terhadap pihak-pihak yang membantu penyusunan laporan magang. Kamu dapat berterimakasih pada pihak perusahaan, pembimbing PKL di kantor, guru, dosen, orangtua, atau sahabatmu. 

Baca juga: Bingung Cara Membuat Kata Pengantar? Pahami Struktur & Contohnya, Yuk

 

3. Daftar Isi

Untuk memudahkan dosen, guru, atau pembaca, kamu juga wajib mencantumkan daftar isi ya! Daftar isi adalah kumpulan dari bagian karya tulis yang memuat nomor halaman secara berurutan. 

 

4. Bab I

Bab I atau pendahuluan tersusun dari beberapa bagian yaitu:

a. Latar Belakang

Latar belakang adalah keterkaitan antara teori, fenomena sosial, dan tugas magang yang kamu kerjakan. Contoh: Apabila role kamu di tempat magang adalah Admin Media Sosial, maka kamu bisa menjelaskan hubungan antara teori komunikasi, dunia digital, internet, dan pentingnya peran admin dalam media sosial Instagram.

b. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Di sini, kamu mencantumkan durasi program magang, nama perusahaan, serta jam kerja.

c. Teknik Pengumpulan Data

Dalam menyusun laporan PKL, tentunya kamu memerlukan informasi yang diperoleh dari observasi atau wawancara. Observasi yang dimaksud adalah kegiatan mengamati dan melaksanakan proses PKL di kantor, sedangkan wawancara adalah tanya jawab dengan pembimbing magang atau karyawan lain guna mendapatkan informasi lebih detail.

 

5. Bab II

Bab II atau penyajian data praktik kerja lapangan terdiri dari:

a. Sejarah Singkat Perusahaan

Bagian pertama dalam penyajian data PKL adalah informasi mengenai sejarah perusahaan. Kamu bisa mendapatkannya melalui situs resmi kantor atau bertanya pada karyawan di tempat tersebut. Dengan mencantumkan sejarah perusahaan, guru atau dosen pembimbing kamu akan lebih mudah untuk mengenali jobdesk serta industri tempat kamu bekerja.

b. Profil Perusahaan

Perlu diingat, profil dan sejarah merupakan hal yang berbeda ya! Bagian profil diketik lebih singkat dengan format bulletpoints. Saat menyusun laporan PKL, kamu perlu mencantumkan profil kantor berupa tanggal berdiri, pemilik, alamat kantor, dan kontak.

c. Logo Perusahaan

Logo adalah tanda, simbol atau lambang yang memiliki makna tertentu dan digunakan untuk identitas perusahaan.

d. Visi dan Misi Perusahaan

Visi adalah tujuan utama dibentuknya organisasi atau perusahaan, sedangkan misi adalah upaya atau hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

e. Struktur Organisasi Perusahaan

Fungsi struktur organisasi yaitu untuk memperjelas alur kerja dari setiap posisi di perusahaan. Namun, dalam menyusun laporan PKL, kamu tak harus menjelaskan keseluruhan struktur organisasi, terlebih jika karyawan di kantor itu sangat banyak. Cukup jelaskan struktur organisasi di divisi atau departemen tempat kamu magang saja ya!

f. Penyajian dan Analisis Data

Penyajian dan Analisis Data merupakan bagian terpenting dan terpanjang dalam laporan PKL. Di bagian ini, kamu diminta menjelaskan posisi, jobdesk, dan alur kerja yang kamu lakukan selama magang. Kamu juga bisa mencantumkan serta menjabarkan aplikasi (tools) yang kamu gunakan untuk membantu pekerjaan.

 

6. Bab III

Bab III laporan praktik kerja lapangan terdiri dari 2 bagian, yakni:

a. Kesimpulan

Apa saja sih yang harus ditulis dalam kesimpulan laporan PKL? Nggak perlu bingung ya! Kesimpulan dapat ditulis minimal 2 paragraf dengan penjelasan singkat mengenai posisi, tugas dan tanggung jawab, durasi, tempat PKL, dan manfaat yang kamu dapat setelah magang.

b. Saran

Pada bagian saran, kamu dapat memberikan usul apabila menemukan kekurangan terkait alur kerja selama melaksanakan PKL. Misalnya, beban kerja yang terlalu banyak dengan jumlah pegawai yang sedikit, aplikasi atau tools yang kurang memadai, kualitas konten yang harus ditingkatkan, dan sebagainya.

 

7. Daftar Pustaka

Kalau ini pasti kamu sudah paham deh! Daftar pustaka adalah urutan nama buku, jurnal, atau situs yang kamu pakai untuk memperoleh informasi saat menyusun laporan magang. 

Baca juga: Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka APA Style dari Berbagai Sumber

 

8. Lampiran

Lampiran adalah bagian terakhir dalam laporan PKL. Lampiran dapat kamu isi dengan dokumentasi berupa foto bersama pembimbing magang, surat pernyataan magang, surat penilaian magang, scan kartu bimbingan magang, sampai daftar riwayat hidup. Hal ini akan menambah kredibilitas kamu di depan guru atau dosen lho!

Itu tadi penjelasan mengenai sistematika dan cara menyusun laporan PKL. Semoga bermanfaat untuk kamu yang duduk di bangku SMK maupun kuliah ya! Tetap semangat dan belajar dengan Master Teacher terbaik di Brain Academy!

Brain Academy Branch

Salsabila Nanda