Kenapa Kita Merasa Lapar dan Kenyang?

Kak Efira MT Saintek Jun 24, 2021 • 5 min read


hormon pemicu nafsu makan

Artikel ini membahas mengenai penyebab kita bisa merasa lapar dan kenyang.

--

Guys, makanan kesukaan kamu apa, sih?


Kalo ditanya makanan kesukaan, aku pasti langsung jawab lasagna! Duh, cuma ngebayanginnya aja aku jadi lapar. Aku pernah order lasagna sampai lima piring, loh! Tapi, yang bisa aku makan cuma tiga. Bukan karena diet kok, itu karena perutku sudah kenyang banget. Hhh, suka sebel deh, makanan belum habis, tapi sudah kenyang duluan.

giphy kenyang

Aku, yang mencoba bertahan. (sumber: giphy.com)

 

Sebenarnya, apa sih yang mendasari kita merasa lapar atau kenyang? 

Sederhananya, rasa lapar dan kenyang itu berhubungan erat sama ketersediaan energi dalam tubuh. Artinya, kalo kita merasa lapar, ketersediaan energi di tubuh rendah, begitu juga sebaliknya. Nah, yang harus kamu tau, ketersediaan energi dalam tubuh ini ada yang mengatur. Namanya hormon nafsu makan. Hormon ini diproduksi oleh endokrin.

Endokrin adalah kelenjar yang memproduksi dan mengeluarkan hormon untuk mengatur berbagai fungsi dalam tubuh kita. Kelenjar endokrin tersebar di beberapa tempat, ada di otak, di bagian leher, dada, serta perut. Selain hormon nafsu makan, endokrin juga memproduksi hormon lain. Masing-masing hormon yang diproduksi endokrin punya fungsi berbeda, tergantung dari kelenjar mana hormon tersebut dihasilkan.

macam-macam kelenjar endokrin

Baca juga: Kelainan pada Sistem Saraf dan Sistem Endokrin

 

Apa itu Hormon?

Hormon emang sudah nggak asing lagi di telinga kita. Kata hormon berasal dari bahasa Yunani, yang artinya membuat gerakan atau membangkitkan. Hormon adalah senyawa kimia pembawa informasi yang berpengaruh dalam aktivitas sel tubuh. Hormon berfungsi untuk mengatur atau mengendalikan hampir semua fungsi tubuh, seperti metabolisme, tumbuh kembang, reproduksi, tekanan darah, nafsu makan, dan masih banyak lagi. 

Nah, hormon yang dihasilkan kelenjar endokrin akan bergerak dalam aliran darah untuk mencari sel target. Ketika hormon telah menemukan sel target, hormon akan mengikat reseptor pada sel target tersebut dan mengirimkan sinyal. Sinyal ini bertujuan untuk kasih tau tugas apa yang seharusnya mereka lakukan.

giphy hormon

Ilustrasi cara kerja hormon. (sumber: TED-Ed via YouTube)   

 

Supaya lebih jelas, kita ambil contoh hormon ADH. Hormon ini disekresi oleh kelenjar hipofisis yang ada di otak ke peredaran darah, lalu diteruskan ke organ targetnya, yaitu ginjal. Nah, ADH ini akan mempengaruhi ginjal untuk melakukan fungsi spesifik, seperti meningkatkan reabsorbsi.  

Makanya, nggak heran sampai rasa lapar dan kenyang kita, diatur sama hormon. Walaupun ada banyak hormon dalam tubuh kita, tapi hanya empat hormon yang spesifik mengatur rasa lapar dan kenyang, atau yang mempengaruhi pusat kendali (control center) nafsu makan. Ini nih keempat hormonnya!

 

Hormon Pengatur Nafsu Makan

Ada empat macam hormon yang spesifik mengatur rasa lapar dan kenyang kita, di antaranya ada hormon ghrelin, insulin, leptin, dan peptide YY.

macam-macam kelenjar endokrin

Hormon ghrelin disebut juga hormon lapar. Hormon ini diproduksi oleh lambung, dan dalam jumlah kecil diproduksi juga oleh pankreas, usus halus, serta otak (hipotalamus). Saat lambung kita kosong, hormon ghrelin dikeluarkan dari lambung dan bergerak menuju hipotalamus melalui aliran darah. Lalu, hormon ghrelin akan mendorong hipotalamus untuk meningkatkan rasa lapar di tubuh kita. 

Jadi, produksi hormon ghrelin akan bergantung pada asupan makanan. Jumlah hormon ghrelin dalam darah akan meningkat jika lambung kosong (belum makan). Tingkatannya akan menurun seiring dengan jumlah makanan yang kita konsumsi.  

Oh iya, peran hormon ghrelin ini cukup banyak, lho! Selain meningkatkan nafsu makan, hormon ghrelin juga menurunkan aktivitas metabolisme, meningkatkan sekresi GH, serta mendorong kontraksi otot lambung dengan tujuan mempersiapkan lambung untuk mencerna makanan yang sudah kita makan. 

Nah, kamu pasti pernah kan ngalamin perut keroncongan saat lapar? Bunyinya, kruyuk kruyuk~~~ Itu tandanya, lambung kita sedang mengalami kontraksi. Ayo ngaku, siapa yang pernah mikir perut kita bersuara karena cacing perut lagi ngegerogoti dinding lambung? hahaha... setelah sudah tau faktanya, jangan salah lagi ya!

perut keroncongan

Lambung yang berkontraksi akan menimbulkan suara (sumber: giphy)

 

Penyebaran hormon ghrelin akan berhenti setelah kita makan. Karena energi tubuh meningkat, otomatis gula darah juga meningkat. Kadar gula darah yang meningkat akan mendorong penyebaran hormon insulin. Hormon insulin ini yang mempengaruhi hipotalamus agar menurunkan nafsu makan dan memunculkan rasa kenyang. 

Nah, jika tubuh mendapat kelebihan energi, maka energi tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak untuk bekal kita beraktivitas. Sel-sel lemak ini bakal memproduksi hormon leptin.  Hormon leptin juga bertugas untuk mengendalikan nafsu makan. Hormon ini akan memberi sinyal ke hipotalamus saat tubuh kita sudah memiliki cukup simpanan lemak. Jadi, kita nggak perlu makan lagi, dan tubuh cukup membakar kalori yang tersimpan. 

Terakhir, ada hormon Peptide YY (PYY). Hormon ini akan disebarkan oleh usus halus saat terisi makanan. Fungsinya, nggak jauh berbeda dengan dua hormon yang lain, hormon PYY juga bekerja di hipotalamus untuk menurunkan nafsu makan dan membuat kita merasa kenyang setelah makan. Hormon PYY juga bertugas untuk menurunkan kontraksi otot lambung, serta memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan.

 

Guys, sekarang kamu sudah nggak penasaran lagi kan kenapa kamu bisa lapar dan kenyang? Ternyata, itu semua karena hormon yang diedarkan di dalam tubuh kita. Wah, seru banget ya pembahasan kali ini! Kira-kira, kamu pengen tau hal menarik apa lagi nih untuk aku bahas? Coba tulis pertanyaanmu di kolom komentar!  

BA online

Referensi:

Nixson Manurung, dkk. 2017. Asuhan Keperawatan Sistem Endokrin dilengkapi Mind Mapping dan Asuhan Keperawatan NANDA NIC NOC. Yogyakarta: Deepublish Publisher

The endocrine System. Tautan: https://www.hormone.org/what-is-endocrinology/the-endocrine-system (Diakses pada: 15 Juni 2021)

The Science Behind Feeling Full and Hungry. Tautan : https://jimmyjoy.com/pages/the-science-behind-feeling-full-and-hungry (Diakses pada: 16 Juni 2021)

Video “Cara Kerja Hormon” [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=-SPRPkLoKp8 (Diakses pada: 22 Juni 2021)

Sumber gambar:

GIF ‘Stomach Growling’ [Daring]. Tautan: https://media.giphy.com/media/f7ZMMfsFsmVZZ6dkS0/giphy.gif (Diakses pada 16 Juni 2021)

GIF ‘Orang Kenyang’ [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/fallontonight-thanksgiving-full-stuffed-2UzgBibcqFZnTnSGf9 (Diakses pada: 22 Juni 2021)

Profile

Kak Efira MT Saintek

Beri Komentar