Kamu Sering Stres saat Belajar? Coba 5 Taktik Belajar Anti Stres

Elisabeth Garnistia Jan 9, 2021 • 9 min read


08012021_HEADER_BLOG_5_TAKTIK_BELAJAR_ANTI_STRES-9_Januari_IG_Feed_1080x1080_Draft1

Artikel ini akan mengulas cara-cara efektif untuk mengusir stress saat belajar

----

Hayo ngaku siapa yang sering stres saat masa ujian sekolah?

Baru 1 jam belajar rasanya kayak udah 3 jam hafalin materi yang gak masuk-masuk ke otak. Atau sering banget yang merasa udah gak kuat belajar dan berakhir menangis di pojokan kamar.

Kalau kamu mengalami hal di atas saat belajar artinya kamu sedang berada di fase stres, lho! Tapi jangan terlalu khawatir karena stres dapat memberikan pesan pada tubuh kamu. Hah gimana tuh?

Jadi gini, otak kamu mempunyai kemampuan untuk mengenali suatu situasi eksternal maupun internal yang tampaknya berbahaya atau membuat tertekan. Nah situasi tersebut yang dinamakan stressor.

Selanjutnya, stres sendiri merupakan respon biologi tubuh saat menghadapi kita menghadapi stressor. Saat stres, tubuh kita akan mengeluarkan hormon Kortisol yang bermanfaat untuk membantu kita menghadapi stressor secara lebih baik dan efektif.

Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi stres dalam belajar?

1. Kenali Emosi

Mengenal Emosi dapat Meredakan StressMengenal Emosi dapat Meredakan Stress (Sumber: freepik.com)

Dalam menghadapi stres, cara pertama yang bisa kita lakukan adalah mengenali emosi yang kita rasakan. Dilansir dari jurnal FKIP Unswagati, kesadaran diri adalah keadaan waspada terhadap suasana hati, pikiran tentang suasana hati agar kita tidak mudah berlarut dalam aliran emosi dan dikuasai emosi. 

Pengenalan diri ini juga merupakan salah satu kecerdasan emosional dasar, lho. Saat kita berusaha sadar atas emosi yang kita rasakan, kita akan dapat mengatasi emosi jauh lebih efektif.

Dilansir dari laman jurnal Pendidikan Fisika dari UIN Makassar, pada dasarnya emosi adalah dorongan untuk mendorong individu memberikan respon atau tingkah laku terhadap stimulus (emosi) yang ada.

Jadi saat kamu merasa stres lagi, coba deh untuk memberi dirimu waktu mengenali emosi yang sedang kamu rasakan. Jangan-jangan dia mau ngasih pesan tuh ke kamu.

2. Istirahat

Tidur dapat Mengurangi StressTidur Dapat mengurangi Stress (Sumber: freepik.com)

Bila kamu sudah dapat mengenali emosi yang kamu rasakan, coba deh ambil waktu sejenak untuk mengatasi perasaan negatif tersebut.

Kalau emosimu memberi pesan tubuhmu kelelahan, lebih baik kamu segera mengambil waktu 15-30 menit untuk beristirahat. Bisa dengan power nap, atau latihan pernapasan.

Dijamin, stres kamu pasti akan berkurang!

3. Olahraga

Olahraga Dapat Membantu Mengurangi StreOlahraga Dapat Membantu Mengurangi Stres (sumber: freepik.com)

Olahraga adalah cara yang efektif untuk menghilangkan stres, lho! Olahraga akan membantu kamu menetralisir saraf simpatik yang menyebabkan fungsi tubuh menurun drastis karena stress. Maka dari itu, dengan melakukan olahraga secara tidak langsung dapat menstabilkan fungsi kinerja tubuh kembali. 

Kamu bisa lakukan peregangan otot selama 5-10 menit agar saraf-saraf stres yang kaku kembali rileks. Kamu juga bisa lho mengambil waktu untuk berjalan-jalan di sekitar rumahmu agar pikiran kamu kembali fresh saat belajar kembali.

4. Metode Belajar yang Baru

Metode Belajar Baru dapat Menambah Efektivitas BelajarMetode Belajar Baru dapat Menambah Efektivitas Belajar (Sumber: freepik.com)

Siapa sih yang gak bosan belajar hanya dengan menghafal dari buku aja atau melakukan metode belajar yang kurang efektif untuk dicerna oleh otak. 

Coba deh untuk lakukan terobosan metode belajar yang efektif sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk belajar namun kamu tetap bisa mempelajari materi yang memang penting untuk ujian nanti.

Kamu bisa mencoba prinsip dari Hukum Pareto yang terkenal yaitu Hukum 80/20. Metode 80/20 adalah metode yang menyatakan bahwa 80% kejadian yang terjadi adalah hasil dari 20% penyebab yang dilakukan. 

Maksudnya, hanya 20% dari seluruh waktu kita yang dipergunakan secara semaksimal mungkin untuk mendapatkan 80% keberhasilan. Begitupun dalam belajar, kamu hanya perlu mempelajari sekitar 20% materi pelajaran yang sering dibahas oleh gurumu saat pelajaran berlangsung untuk mendapatkan 80% keberhasilan dalam ujian. 

Perlu diingat, teknik ini tidak berlaku untuk seluruh ujian ya!

Baca Juga: Podomoro Cara Belajar Efektif Tanpa Terdistraksi

5. Makan Sehat

Makan Makanan Bergizi dapat membantu OtakMakan Makanan Bergizi dapat membantu Otak Fokus (Sumber: freepik.com)

Siapa yang suka makan? Yups, makan makanan yang kaya gizi akan membantu kamu lebih fokus pada saat belajar. 

Buah pisang mengandung kandungan potasium yang bermanfaat untuk memaksimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung. Lalu, kandungan omega-3 pada telur yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak khususnya dalam mempertajam daya ingat dan memaksimalkan fokus. 

Terakhir, ada coklat hitam yang mengandung 60% kakao bermanfaat untuk membuat otak lebih berkonsentrasi. Wah, banyak juga makanan sehari-hari yang dapat membantu kamu tetap fokus belajar. 

Tapi ingat makan makanan bergizi ya, bukan jajanan ciki haha.

Nah, itu semua 5 taktik penghilang stres saat belajar. Sekiranya taktik di atas dapat membantu kamu untuk memperoleh proses belajar yang efektif dan mengurangi stress.

Kalau kamu kamu mempunyai pengalaman belajar lebih asik lagi, Brain Academy Online jawabannya! Yuk, segera daftarkan dirimu agar kamu dapat memiliki cara belajar yang lebih efektif dan anti stress!

BA online

 Referensi: 

Hajeriati. (2014). Hubungan antara Kemampuan Mengenali Emosi Diri dan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Perilaku Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 2(1). (Diakses: 21 Desember 2020)

Laelasari. (2014). Pentingnya Kecerdasan Emosional Saat Belajar. Edunomic. Vol 2(1). (Diakses: 21 Desember 2020)

Redaksi Halodoc. 5 Olahraga yang Efektif Redakan Stres. (2018). 23 Juli 2018. https://www.halodoc.com/artikel/5-olahraga-yang-efektif-redakan-stres. (Diakses: 21 Desember 2020)

Stress dan Penyebabnya. (2013). 7 Agustus 2014. https://dinkes.bantulkab.go.id/berita/355-stress-dan-penyebabnya. (Diakses: 21 Desember 2020)

Tosepu, Y. (2018). Hukum Pareto: Formula 80/20 yang Dapat Diterapkan di Seluruh Sendi Kehidupan. https://issuu.com/yusrintosepugo/docs/hukum_pareto_yang_dapat_diterapkan_. (Diakses: 21 Desember 2020).

Satu Persen Youtube Channel. Cara Belajar Efektif (Produktif dengan Metode 80/20). 28 September 2020. https://www.youtube.com/watch?v=-s_5v5Vtk8Y (daring). (Diakses: 21 Desember 2020)

Wati, S. 2020. 8 Makanan yang Bisa Membantu Otak untuk Fokus dan Konsentrasi. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/makanan-untuk-fokus-konsentrasi-otak/#gref. Diakses: 21 Desember 2020)

Sumber Gambar: 

Mengenal Emosi dapat Meredakan Stress (daring). Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by pressfoto - www.freepik.com</a>. (Diakses 21 Desember 2020) 

Tidur Dapat Mengurangi Stress (daring). Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/background'>Background photo created by nensuria - www.freepik.com</a>. (Diakses: 21 Desember 2020) 

Olahraga Dapat Membantu Mengurangi Stress (daring). Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/city'>City photo created by tirachardz - www.freepik.com</a>. (Diakses: 21 Desember 2020).

Metode Belajar yang Baru dapat Menambah Efektivitas Belajar (daring). Tautan: https://img.freepik.com/free-photo/teens-stydying-park_23-2147669101.jpg. (Diakses: 21 Desember 2020).

Makan Makanan Bergizi dapat membantu Otak Fokus (daring). Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/food'>Food photo created by senivpetro - www.freepik.com</a>. (Diakses: 21 Desember 2020)

 

Beri Komentar