Kuesioner Penelitian: Cara Membuat, Jenis, dan Contohnya

kuesioner penelitian

Kuesioner adalah salah satu alat atau instrumen pengumpulan data. Kuesioner dibuat untuk mendapatkan informasi guna menguraikan hubungan antar variabel dalam penelitian kuantitatif.

Kamu yang lagi belajar Sosiologi, pasti nggak asing dengan materi Penelitian Sosial. Sebenarnya, saat kamu masuk kuliah nanti, kamu juga akan melakukan penelitian lho. Namun, penelitian yang kamu lakukan lebih mendalam dan menjadi penentu kelulusan.

Ketika melakukan penelitian, kamu membutuhkan data atau informasi untuk menjelaskan fenomena yang diteliti. Nah, informasi ini diperoleh dari berbagai cara. Seperti wawancara, studi dokumentasi, forum group discussion, atau yang paling sering digunakan yaitu kuesioner.

 

Pengertian Kuesioner 

Kuesioner adalah teknik pengumpulan informasi dengan cara memberi daftar pertanyaan kepada responden penelitian Kuesioner digunakan untuk mendapatkan informasi dari sampel populasi yang jumlahnya banyak.

Kalau kamu lupa perbedaan antara sampel dengan populasi, yuk baca lagi artikel di bawah ini!

Baca juga: Langkah-Langkah Menyusun Penelitian Kuantitatif

Kuesioner biasanya dipakai dalam metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang memiliki populasi besar. Bisa puluhan, ratusan, atau mungkin ribuan orang. Dari populasi tersebut, akan diambil sampel untuk dijadikan responden kuesioner.

 

Cara Membuat Kuesioner Penelitian

1. Tentukan Masalah Penelitian

Sebelum membuat kuesioner penelitian, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan masalah yang yang ingin diteliti. Masalah yang dimaksud di sini berupa fenomena yang dirasakan oleh banyak orang.

Contohnya, kamu mau meneliti tentang seberapa besar pengaruh aplikasi Tiktok Shop terhadap minat beli masyarakat Jakarta Pusat.

 

2. Tentukan Judul dan Variabel Penelitian

Nah, kalau masalahnya sudah ketemu. Sekarang kamu bisa lanjut membuat judul beserta variabel penelitiannya. Nggak usah bingung guys, judul dan variabel penelitian bisa kamu ambil dari masalah di atas.

  • Masalah Penelitian:  Seberapa besar pengaruh aplikasi Tiktok Shop terhadap minat beli masyarakat Jakarta Pusat.
  • Judul Penelitian: Pengaruh Aplikasi Tiktok Shop terhadap Minat Beli Masyarakat Jakarta Pusat.

Di dalam penelitian, kita mengenal variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent). Variabel bebas adalah variabel yang memberikan pengaruh, sedangkan Variabel Terikat adalah variabel yang terkena dampaknya.

Berdasarkan judul di atas, maka variabel penelitiannya yaitu:

  • Variabel Bebas (Independent Variable): Aplikasi Tiktok Shop
  • Variabel Terikat (Dependent Variable): Minat Beli

 

3. Mencari Dimensi Variabel

Pada langkah ini, kamu harus mencari dimensi dari kedua variabel yang diteliti. Dimensi yang dimaksud adalah hal-hal yang berhubungan dengan masing-masing variabel untuk dijadikan landasan pembuatan kuesioner.

Contoh:

  • Dimensi Variabel Aplikasi Tiktok Shop terdiri dari tampilan aplikasi, produk yang dijual, kualitas pelayanan, sampai metode pembayaran.
  • Dimensi Variabel Minat Beli terdiri dari informasi penjual, informasi harga, dan keputusan pembelian.

 

4. Menyusun Kuesioner

Dari dimensi-dimensi tersebut, kamu bisa menyusun rangkaian pernyataan pada kuesioner. Oh iya, 1 dimensi dapat kamu gunakan untuk membuat 2 sampai 4 pernyataan sesuai kebutuhan.

Biar lebih jelas, lihat contohnya pada tabel di bawah ya:

Variabel Dimensi Pernyataan Skala
Aplikasi Tiktok Shop Tampilan Aplikasi 1. Saya mudah memahami tampilan Tiktok Shop 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

2. Warna dan ukuran huruf pada aplikasi Tiktok Shop memudahkan saya untuk berbelanja 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

Produk yang Dijual 1. Produk yang dijual di Tiktok Shop beragam 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

2. Produk yang dijual di Tiktok Shop terjamin kualitasnya 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

Minat Beli Informasi Penjual 1. Penjual di Tiktok Shop adalah merek atau brand yang sudah saya kenal aplikasi belanja lainnya 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

2. Penjual di Tiktok Shop memberikan informasi yang detail tentang produk yang ditawarkan 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

Informasi Harga 1. Harga barang di Tiktok Shop lebih murah dibandingkan aplikasi belanja lainnya 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

2. Saya mendapatkan voucher gratis ongkir atau diskon dari produk yang ingin dibeli 5: Sangat Setuju

4: Setuju

3: Netral

2: Tidak Setuju

1: Sangat Tidak Setuju

 

5. Menentukan Kriteria

Jangan lupa, sebelum menyebarkan kuesioner, tentukan dulu kriteria responden yang sesuai dengan isi penelitianmu. Pastikan kriteria yang dibuat cukup mewakili pernyataan yang ada di kuesioner dan tidak terlalu rumit.

Contoh Kriteria Kuesioner Pengaruh Aplikasi Tiktok Shop terhadap Minat Beli Masyarakat Jakarta Pusat:

  • Masyarakat Jakarta Pusat
  • Berusia 18 – 35 tahun
  • Memiliki akun Tiktok Shop

 

6. Membuat dan Menyebarkan Kuesioner

Setelah pernyataan dimensi kedua variabel sudah lengkap, kamu dapat membuat kuesioner di Google Form. Lewat Google Form, jawaban dari semua responden akan terekam dalam dokumen online yang bisa kamu akses kapan saja. Nah, untuk menyebarkan kuesionernya, kamu bisa memanfaatkan media sosial atau mengirimkan link Google Form ke responden yang memenuhi kriteria.

 

Baca juga: Cara Membuat Skripsi dengan 7 Tahap, Nggak Perlu Pusing!

 

Jenis Kuesioner Penelitian

Kuesioner Penelitian terbagi menjadi 3 jenis. Ada kuesioner terbuka, kuesioner tertutup, dan kuesioner campuran.

1. Kuesioner Terbuka

Jenis kuesioner ini memberikan kebebasan bagi responden untuk menjawab pernyataan atau pertanyaan yang dibuat oleh peneliti. Kuesioner terbuka biasanya digunakan untuk memperoleh informasi mendalam.

 

2. Kuesioner Tertutup

Kebalikan dari kuesioner terbuka, kuesioner tertutup adalah daftar pertanyaan atau pernyataan yang sudah dilengkapi pilihan jawaban ganda yang dinyatakan dalam bentuk skala. Keuntungan dari kuesioner ini adalah pengolahan data yang tidak memakan waktu lama.

 

3. Kuesioner Campuran

Yaitu campuran dari kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Peneliti tidak hanya memberi pilihan jawaban, tetapi juga menyisakan kolom isian apabila responden ingin menambahkan informasi yang mereka ketahui.

 

Baca juga: Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka Menurut APA Style

 

Contoh Kuesioner Penelitian

Berikut adalah contoh template kuesioner penelitian yang bisa kamu gunakan:

PENGARUH APLIKASI TIKTOK SHOP TERHADAP MINAT BELI MASYARAKAT JAKARTA PUSAT

Yth, Bapak/Ibu

Pengguna Aplikasi Tiktok Shop

 

Dalam rangka memenuhi tugas akhir mata kuliah Perilaku Konsumen, saya ingin mengadakan penelitian mengenai Pengaruh Aplikasi Tiktok Shop terhadap Minat Beli Masyarakat Jakarta Pusat.

Sehubungan dengan itu, saya membutuhkan sejumlah data melalui kuesioner ini. Kami meminta kesediaan Bapak/Ibu untuk mengisi kuesioner di bawah sesuai dengan apa yang dialami.

Data yang terkumpul terjamin keamanannya dan tidak akan digunakan selain untuk kepentingan penelitian. Atas kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Safira Nanda.

 

1. Nama (opsional):

2. Usia:

3. Jenis Kelamin:

4. Berapa lama Anda menggunakan Tiktok Shop?

  • Kurang dari 3 bulan
  • 3 – 6 bulan
  • 7 – 12 bulan
  • Lebih dari 1 tahun

5. Saya memahami tampilan aplikasi di Tiktok Shop

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

6. Pilihan produk di Tiktok Shop cukup beragam

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

7.Kualitas produk di Tiktok Shop sesuai ekspektasi saya

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

8. Harga produk di Tiktok Shop lebih terjangkau

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

9. Metode pembayaran produk di Tiktok Shop mudah dipahami

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

10. Penjual di Tiktok Shop bisa dipercaya

  • Sangat Setuju
  • Biasa Saja
  • Tidak Setuju

Perlu diingat, kuesioner penelitian di atas hanyalah contoh. Semakin banyak dan detail pertanyaan, semakin lengkap pula informasi yang kamu dapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat serta bisa menjawab kebingunganmu dalam membuat kuesioner penelitian. Semangat ya!

Brain Academy Branch

 

Referensi:

info.populix.co/articles/kuesioner-adalah/

info.populix.co/articles/contoh-kuesioner-penelitian/ 

perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/19759_2_BAB_II.pdf 

eprints.kwikkiangie.ac.id/4352/4/BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf

(Diakses: 24 Maret 2024)

Salsabila Nanda