Mengenal Gangguan Bipolar & Perbedaannya dengan Mood Swing

Salsabila Nanda Sep 2, 2021 • 5 min read


BA_-_(Brainies_Bertanya)_Mengenal_Bipolar-01

Apakah perubahan mood yang kamu alami merupakan gangguan bipolar? Kenali perbedaan, tipe, gejala, dan cara mengobatinya.

--


Brainies, apakah kamu akrab dengan istilah bipolar? Bipolar adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang banyak dialami.  Menurut data dari Bipolar Care Indonesia (BCI), sebanyak 72.860 orang Indonesia menderita gangguan ini. Sayangnya, kita masih sulit membedakan gejala bipolar dengan mood swing

Meskipun keduanya berhubungan dengan perubahan mood, bipolar hanya boleh didiagnosa oleh psikiater. Self diagnosis sangat tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kesehatan mental dan penyalahgunaan obat-obatan.

Lalu, apa sih bipolar itu? Apakah gejalanya sama dengan mood swing? Bagaimana mengatasi atau memperlakukan seseorang dengan gangguan bipolar?

 

Pengertian Bipolar

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati dan energi secara ekstrem, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas. Orang dengan gangguan bipolar memiliki 2 fase dalam hidupnya, yakni mania dan depresi.

Saat fase mania berlangsung, pengidap bipolar merasakan kesenangan di luar batas. Mereka merasakan energi yang luar biasa sampai melakukan apapun di luar nalar. Mereka cenderung bertindak impulsif, berbicara banyak hal, dan tidur dalam waktu singkat.

Fase mania berlangsung setidaknya 1 minggu. Jika tidak diobati, fase tersebut akan bertahan selama berbulan-bulan.

Sedangkan fase depresi ditandai dengan perasaan sangat sedih, tidur terlalu lama, malas melakukan aktivitas, tidak dapat berkonsentrasi, sampai sulit berbicara dengan orang lain. Fase ini juga menyebabkan penderita bipolar memiliki keinginan untuk mengakhiri hidup.

Baca Juga: Kok Bisa Sih Orang Takut Jarum Suntik?

 

Tipe Gangguan Bipolar

Gangguan Bipolar dapat dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Bipolar Tipe 1 dan Bipolar Tipe 2.

Penderita bipolar tipe 1 mengalami perubahan mood yang sangat kontras. Diawali dengan fase depresi selama 1-2 minggu. Kemudian diikuti oleh fase mania sekitar 1 minggu. Akan tetapi, fase mania berlangsung lebih lama jika tidak ditangani oleh perawatan medis.

Bipolar Tipe 1

 

Pada tipe 2, penderita bipolar merasakan depresi selama 1 minggu, diikuti oleh fase hipomania (mania level rendah) yang berlangsung 4 hari. Biasanya, hipomania hanya disadari oleh orang terdekat, seperti keluarga.

Bipolar Tipe 2

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Bipolar

Ada 2 alasan mengapa seseorang mengidap bipolar. Pertama, ketidakseimbangan neurotransmitter atau zat kimia di otak. Neurotransmitter memiliki peran untuk mengatur sistem kerja tubuh, termasuk suasana hati (mood). Kedua, yaitu keturunan. Orang yang memiliki keluarga dengan riwayat bipolar, cenderung mengalami gangguan kesehatan mental yang sama.

Jika perubahan mood yang kamu rasakan sudah mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Beberapa puskesmas dan rumah sakit menanggung biaya konsultasi dengan BPJS. Nggak usah malu, karena kesehatan mental adalah kunci utama untuk menjalani hidup yang bahagia.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bipolar

Nah, jika kamu memiliki teman atau keluarga yang mengidap bipolar, beri mereka dukungan dan pelajari hal yang berkaitan dengan gangguan tersebut. Semakin kamu mengerti apa yang mereka hadapi, akan lebih mudah untuk memahami.

 

Perbedaan Gangguan Bipolar dengan Mood Swing

Berbeda dengan gangguan bipolar, mood swing merupakan perubahan suasana hati yang  dipengaruhi hormon, jam tidur, atau reaksi terhadap peristiwa tertentu. Contoh, rendahnya hormon serotonin (hormon bahagia) saat Premenstrual Syndrome atau PMS membuat sebagian cewek lebih sensitif. 

Beda Mood Swing dengan Bipolar

 

Pada grafik di atas, naik turunnya mood bisa disebabkan oleh beberapa hal. Namun, garisnya tidak melonjak terlalu tinggi atau terlalu rendah seperti penderita bipolar. 

Mood swing tidak berlangsung lama dan dapat diatasi tanpa perawatan medis. Mood kamu bisa kembali naik dengan pola tidur yang cukup, dengerin musik, atau sekedar dikirimin makanan sama gebetan. Langsung seneng lagi deh.

---

Gimana? Udah ngerti, kan, bedanya bipolar dengan mood swing? Jangan sampai tertukar ya. Kalau kamu punya topik menarik yang mau dibahas  tulis aja di kolom komentar. Tetap semangat menjalani PJJ dengan live teaching di Brain Academy!

Live Teaching Brain Academy Online

Referensi:

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM 5). (2013). Washington DC: American Psychiatric Publishing.

Bipolar [Daring]. Tautan: www.youtube.com/watch?v=KSvk8LLBo2g

Jumlah Penderita Bipolar [Daring]. Tautan: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3448034/apakah-anda-mengidap-bipolar-kenali-gejalanya

Cara Mengatasi Bipolar [Daring]. Tautan: https://www.healthline.com/health/bipolar-disorder/caregiver-support#helping-someone-with-bipolar

Mood Swing [Daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/gangguan-bipolar-dan-mood-swing-ini-perbedaannya

PMS dan Kurang Tidur [Daring]. Tautan:

https://www.alodokter.com/mood-buruk-saat-datang-bulan-cerita-lama

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3634364/kurang-tidur-sebabkan-emosi-berlebihan-fakta-atau-mitos

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar