15 Contoh Teks Tanggapan Singkat dalam Berbagai Tema!

contoh teks tanggapan

Mau lebih paham tentang teks tanggapan dan cara membuatnya? Simak beberapa contoh teks tanggapan singkat yang bisa jadi referensi berikut ini!

Sebelumnya, kamu sudah pernah mempelajari tentang teks tanggapan mulai dari pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, dan strukturnya. Teks tanggapan bisa berupa pujian atau kritikan, dan harus disampaikan secara santun dan objektif dengan struktur: konteks, deskripsi, dan penilaian. 

Saat memberikan tanggapan akan suatu hal, sebaiknya berdasarkan fakta yang sesuai sama topiknya, ya dan usahakan tidak menjatuhkan. Topik yang bisa diberi tanggapan sangat beragam, seperti makanan, fashion, buku, film, dan lain sebagainya. Agar kamu bisa memahami teks tanggapan dengan lebih jelas, simak contoh teks tanggapan dengan berbagai tema berikut ini!

 

Pengertian Teks Tanggapan

Coba kita ingat kembali tentang apa itu teks tanggapan ya, guys. Teks tanggapan adalah teks yang berisi pendapat berupa pujian atau kritik secara objektif dan santun. Objek pada teks tanggapan dapat berupa karya seni, kebijakan pemerintah, fenomena sosial, makanan, pakaian, dan lain sebagainya.

Nah, sekarang untuk bisa lebih memahami materi kali ini, kamu perlu melihat juga beberapa contoh teks tanggapan dari berbagai macam tema.

 

Contoh Teks Tanggapan

Berikut adalah beberapa contoh teks tanggapan singkat dengan berbagai tema atau topik.

 

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Kebakaran Hutan

Kebun kelapa sawit memang menjanjikan untuk sumber keuangan negara (pemasukan devisa) di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Tetapi, apakah efek yang diberikan sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Diperlukan peraturan khusus agar terciptanya keuntungan dua pihak.

Kebakaran hutan menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari ketika musim kemarau datang, terutama di pulau Sumatra dan Kalimantan. Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit membuat lapangan pekerjaan makin luas. Tetapi, keduanya tidak bisa berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan dua pihak. Penyelidikan mengenai satu di antara faktor kebakaran hutan adalah membakar lahan secara langsung oleh pemilik perusahaan sawit dengan tujuan pembukaan lahan baru. Peran pemerintah pun dipertanyakan oleh berbagai pihak sampai dunia internasional, mengenai kebijakan pemerintah kepada usaha perkebunan sawit dan eksplorasi hutan di Indonesia.

Diperlukannya peran dari pemerintah untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak serta tidak menyebabkan kerugian bagi penduduk dan alam. Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai terhadap pelaku kejahatan dan kerusakan hutan serta pembuatan aturan dan ranah kerja yang jelas terhadap pengusaha perkebunan sawit sehingga semua bisa berjalan secara seimbang dan berkesinambungan.

Contoh teks tanggapan ‘Kebakaran Hutan’ dikutip dari merdeka.com dengan beberapa penyesuaian. 

Baca juga: Contoh Teks Editorial Singkat dan Strukturnya, Yuk Baca!

 

2. Contoh Teks Tanggapan Pujian 

Senyum, Salam, dan Sapa

SMP Duta memiliki kegiatan yang cukup menarik dan menyenangkan setiap pagi di pintu gerbang sekolah. Semua guru menyambut kehadiran para siswa dengan penuh keceriaan. Senyum para guru mengembang ketika menyambut mereka, kemudian para siswa pun mengucapkan salam dan mencium tangan para guru sebagai penghormatan. Situasi keceriaan itu sudah berlangsung sejak setahun yang lalu.

Kebiasaan dalam bentuk aktivitas senyum, salam, dan sapa seperti yang berlangsung di SMP Duta merupakan kegiatan yang sangat baik dan memberikan dampak positif bagi para siswa. Selain membuat siswa semangat datang ke sekolah tepat waktu, mereka juga merasakan keceriaan sebelum mengikuti aktivitas pembelajaran di kelas. Situasi ini juga menciptakan suasana yang akrab antara guru dan siswa. Jadi, kegiatan pagi di SMP Duta yang cukup kreatif dan menarik ini layak dicontoh sekolah-sekolah lain.

Kebiasaan positif dalam bentuk senyum, salam, dan sapa di SMP Duta merupakan kegiatan yang baik dan memberikan dampak positif bagi siswa. Kegiatan senyum, salam, dan sapa membuat siswa datang kesekolah tepat waktu dan merasakan keceriaan sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Kegiatan senyum, salam, dan sapa menciptakan suasana akrab bagi guru dan siswa. Kegiatan senyum, salam, dan sapa layak dicontoh oleh sekolah lain.

Contoh teks tanggapan pujian ‘Senyum, Salam dan Sapa’ dikutip dari katadata.co.id dengan beberapa penyesuaian.

 

3. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Keselamatan Berkendara

Kecelakaan lalu lintas saat ini sudah menjadi hal yang cukup sering kita temui, baik di berita, maupun di media sosial. Bahkan melihat pemandangan anak yang masih di bawah umur mengendarai motor juga menjadi hal yang lumrah saat ini. Hal yang dianggap sepele namun sangat mengkhawatirkan.

Berdasarkan data dari kominfo, dalam setiap jam rata-rata ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Sebesar 61% kecelakaan lalu lintas terjadi akibat faktor manusia yaitu kemampuan dan juga karakter dalam mengemudi. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran akan keselamatan dalam berkendara di masyarakat masih sangat rendah saat ini, mengingat lebih dari setengahnya kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat kemampuan dan juga karakter mengemudi manusia.

Oleh karena itu, peningkatan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sangat perlu ditingkatkan, dan perlu dimulai dari diri kita sendiri. Patuhi peraturan lalu lintas yang berlaku karena peraturan tersebut dibuat demi keselamatan bersama, termasuk diri kita sendiri. Orang tua sebaiknya juga dengan bijaksana bisa mendidik anak-anaknya untuk belajar berkendara ketika memang sudah cukup umur dan dianggap sudah memiliki tanggung jawab atas setiap perbuatannya. Jangan baru menyesal kemudian ketika hal-hal ini terjadi pada diri kita sendiri atau orang-orang terdekat kita, ingat bahwa setiap nyawa sama berharganya.

Contoh teks tanggapan pujian ‘Keselamatan Berkendara’ dikutip dari merdeka.com dengan beberapa penyesuaian.

 

4. Contoh Teks Tanggapan Karya Sastra Cerpen

Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan

Cerpen berjudul “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” mempunyai alur cerita yang cukup mendalam. Cerpen ini mengisahkan seorang tokoh Adit yang menebarkan perasaan indah. Hal tersebut menjadikan para pembaca merasakan suasana pengkhianatan, kebahagiaan, penyesalan, dan kesedihan. Berbagai perasaan tersebut bercampur aduk menjadi satu.

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh cerpen ini, yakni alur ceritanya kurang cocok dibaca oleh anak-anak. Hal ini disebabkan cerita cerpen didominasi dengan cerita cinta remaja. Selain itu, terdapat berbagai adegan kekerasan yang dilakukan oleh beberapa tokoh. Dari segi pendidikan moral cerpen ini juga kurang cocok untuk anak di bawah umur.

Cerpen ini adalah karya dari sastrawan yang bernama Arief Setiawan. Secara garis besar cerpen ini mengisahkan tentang kisah cinta remaja. Cerita dalam karya sastra ini berawal dari tokoh utama Adit dan Dewi yang merupakan murid SMP. Keduanya saling kenal dan pertemuannya diawali ketika mereka duduk di bangku SMP.

Setelah mereka saling kenal, hubungan mereka meningkat menjadi teman dekat dan saling berbagi cerita tentang permasalahan masing-masing. Munculnya perasaan suka Adit diawali karena sikap baik yang dilakukan oleh Dewi kepada Adit. Setelah melanjutkan sekolah ke bangku SMA, mereka harus berpisah.

Di SMA Adit mendapatkan seorang pacar, namun pada akhirnya putus hubungan. Setelah putus hubungan dengan pacar, Adit justru memulai pacaran dengan Dewi. Masalah yang dihadapi Adit dan Dewi adalah ketika mantan Adit meminta untuk kembali bersama. Adit salah mengambil keputusan, yakni meninggalkan Dewi dan kembali dengan mantannya.

Dalam cerpen ini, tokoh utama tidak memiliki pendirian yang teguh dan selalu menyesali perbuatannya sendiri. Cerpen ini mempunyai cerita yang menarik dan tidak membosankan.

Akan tetapi, kurang memberikan manfaatkan bagi pembaca terutama anak di bawah umur. Hal tersebut dikarenakan cerita yang dibawakan mengisahkan kisah cintan remaja. Meskipun demikian, tetap ada pelajaran moral yang terkandung di dalamnya, yakni persahabatan yang didasari dengan kasih sayang.

Contoh teks tanggapan cerpen Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan dikutip dari sonora.co.id dengan beberapa penyesuaian.

Baca juga: Memahami Cerpen, Pengertian, Struktur, Jenis, dan Ciri-ciri

 

5. Contoh Teks Tanggapan tentang Penyebaran Virus Covid-19

Penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah cukup tinggi risikonya sebab sulit menghindari kerumunan. Anjuran mematuhi prokes di dunia anak sekolah perlu dievaluasi lagi, mulai dari harus mencuci tangan sebelum masuk kelas, menggunakan masker, menjaga jarak. Terutama SD dan TK yang belum paham risiko penyebaran virus.

Penegasan dari contoh teks tanggapan deskriptif dilengkapi strukturnya di atas bisa ditulis singkat berupa kesimpulan ulasan. “Pembelajaran tatap muka ditunda sebab masih tingginya potensi penularan karena kerumunan di sekolah”.

Contoh teks tanggapan tentang penyebaran virus Covid-19 dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

Baca juga: Perbedaan Virus dan Bakteri serta Cara Mengobatinya

 

6. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Hukum 

Hukuman Mati untuk Kasus Terorisme

Beberapa negara yang menerapkan adanya hukuman mati pada kasus tertentu, membuat Indonesia juga memiliki gagasan yang sama dan telah menerapkan nya pada beberapa kasus, salah satunya terorisme. Tentu perbuatan mereka yang melakukan terorisme juga merupakan tindakan yang keji, namun eksekusi mati bagi saya bukan lah solusi terbaik.

Dilansir dari Amnesty Indonesia, saat ini tercatat ada 52 negara yang menerapkan eksekusi mati atau hukuman mati termasuk Indonesia, sebagai pencetak angka tertinggi dalam vonis hukuman mati selama 6 tahun terakhir yaitu sebanyak 96 vonis per oktober 2020. Dimana vonis hukuman mati di Indonesia justru mengalami lonjakan setiap tahunnya, khususnya terjadinya lonjakan hampir 2 kali lipat pada tahun 2019 dari pada 2018. Saya rasa, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan, untuk menemukan cara efektif lainnya, karena adanya hukuman eksekusi mati justru tidak membuat orang-orang jadi takut.

Bagaimanapun sebagai negara yang menerapkan pancasila, dimana sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”, dimana semua warga negara Indonesia diwajibkan memiliki kepercayaan agama, dan setiap agama tentunya tidak membenarkan adanya eksekusi mati, karena kita semua tidak berhak atas hidup seseorang dan setiap orang memiliki hak dasarnya yaitu hak untuk hidup.

Contoh teks tanggapan pujian ‘Hukuman mati untuk kasus terorisme’ dikutip dari merdeka.com dengan beberapa penyesuaian.

Baca juga: Mau Kuliah Jurusan Hukum? Ini Mata Kuliah dan Prospek Karirnya

 

7. Contoh Teks Tanggapan Novel Bumi Manusia 

Bumi Manusia

Bumi Manusia merupakan novel yang cukup terkenal dan ditulis oleh Pramoedya Ananta Toer. Dalam novel ini memuat banyak cerita sejarah pada masa penjajahan Belanda. Dengan demikian, novel ini cukup menjunjung tinggi pesan nasionalisme. Pram sendiri memperoleh berbagai penghargaan dari novel Bumi Manusia yang ia tulis. Pada tahun 2005 novel Bumi Manusia telah berhasil diterbitkan hingga 33 bahasa yang berbeda. Sehingga novel ini telah terjual di berbagai negara pula.

Novel Bumi Manusia mempunyai latar belakang cerita pada akhir abad 18, yakni sebelum Indonesia merdeka atau masih dalam jajahan Belanda. Dalam novel ini penulis menunjukkan suasana kolonial Hindia Belanja dengan sangat detail. Wonokromo menjadi salah satu lokasi yang digambarkan pada novel ini. Dimana lokasi Wonokromo merupakan daerah perkebunan yang ada di Kabupaten Blora, Surabaya. Pembaca berhasil terbawa pada suasana kolonial pada masa penjajahan.

Minke merupakan tokoh utama pada novel ini, dimana dia diceritakan sebagai keturunan pribumi. Minke sering menerima caci maki oleh kaum Belanda atas bentuk fisik pribumi yang Ia miliki. Akan tetapi, dari sudut pandang orang pribumi Minke tergolong dalam orang yang terpelajar. Oleh sebab itu, Minke harus bergaul dengan rakyat Belanda yang rata-rata terpelajar pula. Minke memperoleh kesempatan untuk menempuh bangku pelajaran di sekolah Hindia Belanda. Dia dikenal sebagai orang yang hampir melupakan negerinya sendiri. 

Pada akhirnya dia tetap sadar bahwa budaya pribumi lah yang harus dijunjung tinggi. Kekagumannya terhadap bangsa Eropa dipatahkan karena pribumi dijadikan sebagai budak. Dimana pada saat itu para penjajah sama sekali tidak menghargai manusia pribumi. Novel ini pada intinya menceritakan perjuangan Minke dalam melawan pengadilan Belanda. Bagi Minke sistem pengadilan Belanda pada masa itu sangat tidak adil untuk kaum pribumi. Diceritakan Minke bertemu dengan Annelies yang merupakan gadis keturunan Belanda.

Annelies mampu meluluhkan hati Minke dan membuatnya jatuh cinta. Hal tersebut membuat konflik dalam novel menjadi semakin kental. 

Bumi Manusia merupakan novel yang menceritakan kehidupan pada masa penjajahan Belanda. Mahakarya ini ditulis dengan penuh perhatian pada setiap alur dan detailnya. Tidak heran jika Pramoedya Ananta Toer memperoleh berbagai penghargaan Nobel dari Bumi manusia. Novel ini cukup memberikan pengaruh yang banyak dan besar terhadap masyarakat. Kombinasi antara pesan moral, alur cerita diluar akal sehat, dan sejarah menjadi kekuatan tersendiri dari novel ini.

Contoh teks tanggapan novel Bumi Manusia dikutip dari sonora.co.id dengan beberapa penyesuaian.

Baca juga: Ciri, Struktur, Unsir, Jenis, Contoh, dan Kebahasaan Novel

 

8. Contoh Teks Tanggapan tentang Penyalahgunaan Penggunaan Internet 

Penggunaan internet sangat bermanfaat untuk menunjang siswa dalam melakukan pembelajaran daring di era pandemi. Namun, tidak sedikit siswa yang menyalahgunakan penggunaan internet, yang seharusnya digunakan untuk belajar malah digunakan untuk bermain game online.

Selama pandemi, pembelajaran secara daring dilakukan di rumah sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19. Namun, nyatanya hal tersebut justru kurang efektif karena siswa seringkali tidak bisa konsentrasi.

Bukannya belajar, para siswa malah menggunakan internet untuk bermain game online. Pengawasan orang tua sebaiknya ditingkatkan agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif.

Siswa memang jadi terbantu dengan adanya internet untuk melakukan pembelajaran di rumah. Namun, banyak yang menyalahgunakan penggunaan internet untuk pembelajaran. Sebaiknya, orang tua meningkatkan pengawasan kepada anak ketika sedang menggunakan internet untuk belajar di rumah.

Contoh teks tanggapan novel penggunaan internet dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

9. Contoh Teks Tanggapan tentang Rokok

Masyarakat dan Rokok

Di era globalisasi dan dunia serba mudah banyak macam rokok tersedia dan banyak juga masyarakat yang gemar mengkonsumsinya, padahal pada bagian bungkus rokok jelas tertera bahwa rokok sangat berbahaya, menyebabkan banyak penyakit dan menyebabkan polusi udara. Namun masih ada saja yang mengkonsumsinya bahkan mereka tidak bisa satu hari saya tanpa merokok ditambah lagi dengan banyaknya rokok yang harganya murah sehingga masyarakat golongan rendah pun dapat membelinya.

Banyak macam rokok dengan berbagai macam merk dan harga membuat masyarakat semakin gemar mengkonsumsi rokok, tetapi apa daya sebenarnya rokok secara perlahan mengurangi hidup penggunanya. Rokok membuat penggunanya ketergantungan sehingga pengguna rokok harus terus menerus membeli rokok yang mengakibatkan borosnya pengeluaran uang terutama para remaja sehingga mereka tidak bisa menyisihkan uang saku mereka dan para orang tua.

Uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga malah digunakan untuk membeli rokok dan jika mereka tidak mempunyai uang maka mereka akan melakukan segala cara untuk mendapatkan rokok bahkan mencuri,oleh karena itu pada zaman sekarang banyak terjadi KDRT, selain itu rokok dapat menyebabkan banyak penyakit bahkan masyarakat yang tidak merokok itu terjadi karena asap rokok dan rokok yang sangat berbahaya.

Pendapat itu memang benar tetapi masyarakat perokok berpendapat bahwa yang pertama merokok membuat mereka terlihat lebih laki-laki yang kedua menurut mereka tidak membuat boros karena mereka akan lebih bisa mengatur uang mereka seperti dengan tidak membeli hal yang tidak penting,yang ketiga merokok dapat mengurangi stres dan mereka pun yakin satu hari tanpa makan asalkan mereka mereka merokok akan kuat bekerja seharian.

Sebenarnya saya sebagai penanggap setuju dengan pernyataan bahwa rokok sangat berbahaya bagi tubuh, bukan hanya rokoknya saja tetapi asapnya juga berbahaya karena didalam rokok terdapat bahan yang sangat berbahaya yang mengakibatkan penyakit dan membuat ketagihan,selain itu rokok juga menyebabkan kita hidup boros.

Contoh teks tanggapan tentang “Masyarakat dan Rokok” dikutip dari sonora.co.id dengan beberapa penyesuaian.

 

10. Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.

Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik. Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.

Contoh teks tanggapan deskripsi ini dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

11. Contoh Teks Tanggapan Dampak Negatif dan Positif Menyukai Anime

Di zaman sekarang, banyak orang yang sangat menyukai anime. Terutama, pada remaja, anak dan bahkan orang dewasa. Anime adalah animasi produksi Jepang yang sering ditandai dengan gambar bergerak khas Jepang yang menunjukkan banyak cerita dan tempat.

Anime memiliki kekhususan dari gaya manga (komik Jepang). Dengan grafis yang bagus untuk sebuah plot yang menawan berhasil membuat orang di Indonesia menyukainya. Namun tentu, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton Anime, itu akan mengganggu teknik berkomunikasi dengan orang lain dan menyebabkan orang untuk menjadi antisosial. Selain itu, orang yang mencintai anime sering akan melupakan istirahat malam karena waktu malam digunakan untuk terus menonton anime.

Tapi keesokan harinya mereka harus pergi ke sekolah, bekerja dan melakukan rutinitas lain. Hal ini dapat menyebabkan penurunan manfaat pada anak. Namun, ada sisi positif yang dapat diambil dari anime. Ada banyak cerita dalam anime yang berisi pesan moral yang baik dan dapat diterapkan dalam hidup.

Anime, tentu juga banyak memberikan hal positif yang dapat diambil, apakah dari budaya Jepang itu sendiri atau pesan moral yang sengaja disisipkan dalam tayangan. Baik atau buruknya anime, tergantung pada orang yang menikmatinya.

Jika dapat memilih antara baik dan buruknya, maka tentu akan lebih mudah menyortir atau melakukan filter pada tayangan anime. Jadi, membuat anime hanya sebagai hiburan.

Contoh teks tanggapan tentang anime dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

12. Contoh Teks Tanggapan tentang Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat menunjang kesehatan manusia. Berbagai jenis olahraga dapat kita lakukan sehari-hari seperti jogging, bermain bulu tangkis, berenang, dan sebagainya.

Banyak orang yang menjadikan olahraga sebagai aktivitas rutin yang digemari. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, tetapi juga bisa membantu tubuh untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit. Dengan rajin berolahraga, kita dapat terhindar dari kanker, stroke, hipertensi, dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa jika dilakukan secara berlebihan, olahraga justru dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh. Gagal jantung, cedera, gangguan menstruasi, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh dapat disebabkan oleh aktivitas olahraga yang berlebihan.

Olahraga jika dilakukan secara rutin bisa menjadi aktivitas yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika berlebihan tubuh justru akan terkena berbagai penyakit. Sesuaikan aktivitas olahraga dengan kondisi tubuh masing-masing agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Jangan lakukan olahraga secara berlebihan untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada tubuh.

Contoh teks tanggapan tentang olahraga dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

13. Contoh Teks Tanggapan tentang Fenomena Kabut Asap

Kabut Asap di Kepulauan Riau

Akhir akhir ini kerap kali pemirsa TV disuguhi oleh berita tentang tebalnya kabut asap yang menerpa Kepulauan Riau. Kabut asap yang muncul tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas. Banyak sekali warga riau yang merasa terganggu dan akhirnya mengeluh tentang bencana dan permasalahan ini. Tidak sedikit pula warga di luar Kepulauan Riau yang merasa prihatin atas terbakarnya kawasan hutan di kepulauan tersebut.

Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tahu pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. Ada yang berpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.

Jika kita telaah, kita tidak terlalu tahu alasan bagaimana hutan di Riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga masih menyelidiki bencana tersebut. Namun, dampak dan efek negatif dari bencana ini dengan sangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.

Seperti pernyataan yang sebelumnya telah dijelaskan, kebakaran hutan yang terjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan.

Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran sehingga mereka kesulitan untuk memadamkannya. Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman dan pencegahan ini karena sampai saat ini masyarakat dirasa hanya mampu mengeluh tanpa bisa bertindak.

Contoh teks tanggapan tentang “Kabut Asap di Kepulauan Riau” dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

 

14. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Penggunaan Telepon Pintar

Larangan Menggunakan Telepon Pintar bagi Siswa

Aturan yang melarang siswa menggunakan telepon pintar selama pelajaran perlu digalakkan. Penggunaan telepon pintar hanya diperlukan pada kondisi tertentu saja di sekolah. 

Selama pelajaran berlangsung, siswa sering ketahuan bermain telepon pintar. Baik itu menerima pesan, bermain video game, maupun lainnya. Pada tingkat yang paling parah, telepon pintar jadi ajang pamer di kalangan siswa. Laku-laku macam itu dapat mengganggu proses belajar-mengajar. Pada pelajaran tertentu, guru akan memperbolehkan siswa mencari referensi atau membaca sumber tertentu. Dalam kondisi seperti itu, maka telepon pintar sangat membantu.

Maka, saya mendukung larangan penggunaan telepon pintar selama pelajaran, kecuali atas izin dari guru. Siswa tidak perlu dilarang membawanya ke sekolah, karena pasti ada kebutuhan tertentu. Namun penggunaannya harus bijaksana dan tepat guna.

Contoh teks tanggapan tentang “Larangan Penggunaan Telepon Pintar saat Pelajaran” dikutip dari kompas.com dengan beberapa penyesuaian.

 

15. Contoh Teks Tanggapan tentang Fashion

Di era globalisasi seperti saat ini, sudah tidak asing lagi bagi kita dengan model pakaian terbuka. Hampir setiap hari kita melihat orang yang tampak memamerkan lekukan tubuhnya.

Pakaian terbuka adalah budaya dari negara asing yang masuk ke Indonesia. Islam mengajarkan untuk berpakaian tertutup dan menggunakan hijab, sehingga menutup aurat. Menggunakan pakaian terbuka dan ketat tidak sesuai dengan syariat Islam.

Bagi mereka yang memakai pakaian terbuka beralasan karena mengikuti tren zaman sekarang. Pakaian yang sering digunakan oleh masyarakat sekarang adalah pakaian yang hanya menutup bagian buah dada sampai betis.

Banyak alasan-alasan yang melatarbelakangi para wanita tersebut memakai pakaian terbuka, yaitu dengan pakaian terbuka maka semua aktivitas yang hendak dilakukan akan menjadi mudah.

Dengan demikian, Islam sangat menganjurkan bagi seluruh umat Islam baik itu pria maupun wanita untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat. Karena banyak memberikan dampak negatif bagi kita.

Contoh teks tanggapan tentang fashion di era globalisasi dikutip dari detik.com dengan beberapa penyesuaian.

Nah, itu dia beberapa contoh teks tanggapan dengan berbagai topik. Semoga membantu kamu dalam belajar dan membuat teks tanggapan sendiri, ya. Mau belajar tentang berbagai jenis teks? Yuk, ikutan kelas gratis Brain Academy! Bisa belajar bareng guru terbaik dimana aja, kapan aja!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Devi Lianovanda