18 Contoh Teks Ceramah Singkat beserta Strukturnya

contoh teks ceramah

Yuk, lihat beberapa contoh teks ceramah singkat dari berbagai macam tema berikut ini. Simak juga penjelasannya strukturnya, lengkap!

Pernah nggak sih kamu mendengar ceramah? Pasti pernah! Nggak perlu jauh-jauh, contoh teks ceramah bisa kamu simak di televisi nasional di pagi atau siang hari.

“Curhat dong, Mah”, atau “Jamaah, ooh, Jamaah.” Nah kedua jargon tadi pasti mengingatkan kamu dengan penceramah terkenal di Indonesia, kan? Yup, ceramah biasanya erat kaitannya dengan agama dan disampaikan oleh pemuka agama. Namun, kamu juga bisa loh bergiliran menjadi penceramah.

Nah, kalau kamu ingin mencoba berceramah atau mendapat tugas membuat teks ceramah, berikut adalah beberapa contoh teks ceramah yang bisa jadi referensi.

 

Pengertian Teks Ceramah

Refresh sebentar, yuk, tentang apa itu ceramah dan teks ceramah. Menurut KBBI, ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya. Orang yang melakukan ceramah disebut penceramah. Sebelum mulai berceramah, penceramah biasanya akan menyiapkan materi berupa teks ceramah.

Terus, apa itu teks ceramah? Teks ceramah adalah transkripsi atau bentuk tulisan dari ceramah yang disampaikan di depan umum.

Baca Juga: Teks Ceramah: Pengertian, Struktur, Ciri, Unsur, & Contoh 

 

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Teks ceramah memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan teks lainnya, berikut diantaranya.

  • Memiliki struktur yang terdiri dari tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.
  • Disampaikan oleh seseorang yang menguasai topik ceramah.
  • Disampaikan dengan bahasa yang sopan, santun, dan efektif.
  • Memiliki pesan moral yang bersifat persuasif dalam konteks nilai-nilai positif.
  • Berisi nasehat dan pesan-pesan tertentu.

 

Psst, udah tau belum kalau di Aplikasi belajar Ruangguru, ada fitur Drill Soal? Aplikasi ini berisi kumpulan contoh soal latihan beserta pembahasannya, loh. Pas banget buat kamu mempersiapkan ujian. Langsung aja cobain dengan klik banner di bawah ini!

Drill Soal

 

Struktur Teks Ceramah

Nah, sudah disinggung sedikit di atas tentang struktur teks ceramah. Simak penjelasannya, yuk.

1. Tesis atau Pendahuluan

Bagian pertama ini berisi pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan pembicara tentang topik yang sedang dibicarakan.

2. Rangkaian Argumen atau Isi

Pada bagian ini berisi rangkaian argumen pembicara berkaitan dengan tesis. Biasanya, akan diungkapkan sejumlah fakta yang memperkuat argumen pembicara.

3. Penegasan Ulang atau Penutup

Di bagian akhir ini berisi hasil penalaran, penegasan kembali, kesimpulan, maupun saran dari pembicara kepada pendengar.

 

Contoh Teks Ceramah

Yuk, sekarang langsung aja simak beberapa contoh teks ceramah singkat dari berbagai macam tema.

1. Contoh Teks Ceramah tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Marilah kita bersyukur atas rahmat serta kasih sayang yang telah Allah Swt. berikan kepada kita. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita, selaku umatnya dari zaman jahiliyah menuju zaman ilmiah seperti sekarang ini.

Pada kesempatan kali ini bahasan kita adalah mengenai pentingnya menuntut ilmu. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa kita tidak dapat hidup tanpa adanya ilmu.

Maka itu, Islam mengajarkan kita untuk senantiasa menuntut ilmu, baik itu ilmu duniawi ataupun ukhrawi. Sejalan dengan sabda Rasulullah saw. yang artinya mencari ilmu itu wajib bagi orang islam laki-laki dan perempuan.

Dengan ilmu, kita sebagai manusia tentunya akan menjadi makhluk terbaik di antara makhluk Allah Swt. yang lainnya. Namun, jika tidak memiliki ilmu kita tidak akan mengetahui apa-apa yang ada di dunia ini. Allah telah menyampaikan dalam surah Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat”.

Untuk itu, marilah kita terus menuntut ilmu, sebab dengan ilmu kita akan mendapatkan kebahagiaan dunia serta akhirat sehingga dapat disimpulkan bahwa selama hayat masih dikandung badan, kita harus selalu menuntut ilmu tanpa kenal kata lelah sebab pentingnya ilmu dalam kehidupan. Tanpa ilmu pula kita tidak akan bisa menjadi insan kamil.

Wabillahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

2. Contoh Teks Ceramah tentang Pergaulan Bebas

Salam sejahtera untuk kita semua. Senang bisa melihat bapak ibu semua berkumpul di tempat ini. Izinkan saya menyampaikan satu dan lain hal terkait pergaulan bebas dan kepercayaan pada anak.

Sebagai orang tua kita pasti khawatir dengan siapa saja anak kita bergaul. Bahkan saking khawatirnya, orang tua menjadi terlalu protektif dan membatasi ruang gerak anak. Khawatir berlebihan tidak baik bapak sekalian.

Dari pada melarang anak untuk mengeksplorasi dunia dan mencari teman sebanyak-banyaknya, lebih baik kita bekali mereka. Kita bekali dengan pengertian, risiko, dampak, serta konsekuensi apa saja yang akan mereka hadapi di luar sana. Bila sudah bicara baik-baik mengenai risiko pergaulan bebas, coba beri rasa kepercayaan pada anak.

Kekhawatiran berlebih dan pengekangan hanya akan berdampak buruk bagi perkembangan anak. Ayo lindungi anak dari pergaulan bebas dengan cara yang bijak.

Demikian sedikit ceramah dari saya. Semoga kita lebih bijak menyikapi pergaulan anak. Akhir kata, selamat siang dan salam sejahtera.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Strukturnya 

 

3. Contoh Teks Ceramah tentang Kesehatan

Salam hangat untuk hadirin sekalian. Terima kasih untuk waktu dan tempat yang diberikan kepada saya. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan, karena rahmatNya kita semua bisa berjumpa kembali.

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan beberapa hal mengenai air putih. Tampaknya sepele memang, tetapi air putih sangat penting dan dibutuhkan tubuh. Selain menghilangkan rasa dahaga, air putih dapat memperlancar metabolisme dalam tubuh. Ia juga dapat menetralkan zat-zat yang kurang menguntungkan bagi tubuh.

Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board menganjurkan konsumsi air putih idealnya sebanyak 2,7 liter per hari bagi perempuan. Sementara, 3,7 liter air putih per hari bagi laki-laki.

Berbagai penyakit akan mudah menghampiri tubuh bila kita kekurangan air putih. Maka, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih harian kita. Jangan sampai dehidrasi dan kekurangan cairan. Ayo jaga kesehatan dengan mengonsumsi air putih secara teratur.

Hidup sehat membuat kita lebih bahagia. Ayo jaga kesehatan. Sekian dari saya. Akhir kata, salam sejahtera.

 

4. Contoh Teks Ceramah tentang Sopan Santun dalam Berbicara

Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang berbahagia,

Pemilihan kata-kata oleh masyarakat akhir-akhir ini cenderung semakin menurun kesantunannya dibandingkan dengan zaman saya dulu ketika kanak-kanak. Hal tersebut tampak pada ungkapan-ungkapan pada banyak kalangan dalam menyatakan pendapat dan perasaannya, seperti ketika berdemonstrasi ataupun rapat-rapat umum. Kata-kata mereka kasar atau bertendensi menyerang. Tentu saja, hal itu sangat menggores hati yang menerimanya.

Gejala yang sama terlihat pula pada penggunaan bahasa oleh para politisi kita, misalnya ketika melontarkan kritik terhadap kebijakan pemerintah. Tanggapan-tanggapan mereka terdengar pedas, vulgar, dan beberapa di antaranya cenderung provokatif. Padahal sebelumnya, pada zaman pemerintahan Orde Baru, pemakaian bahasa dibingkai secara santun lewat pemilihan kata yang dihaluskan maknanya (epimistis).

Kita pun tentu gelisah sebagai orang tua. Kita sering menyaksikan kebiasaan berbahasa anak-anak dan para remaja yang kasar dengan dibumbui sebutan-sebutan antarsesama yang sangat miris untuk didengar.

Fenomena tersebut menunjukkan adanya penurunan standar moral, agama, dan tata nilai yang berlaku dalam masyarakat itu. Ketidaksantunan berkaitan pula dengan rendahnya penghayatan masyarakat terhadap budayanya sebab kesantunan berbahasa itu tidak hanya berkaitan dengan ketepatan dalam pemilikan kata ataupun kalimat. Kesantunan itu berkaitan pula dengan adat pergaulan yang berlaku dalam masyarakat itu.

Penyebab utamanya adalah perkembangan masyarakat yang sudah tidak menghiraukan perubahan nilai-nilai kesantunan dan tata krama dalam suatu masyarakat. Misalnya, kesantunan (tata krama) yang berlaku pada zaman kerajaan yang berbeda dengan yang berlangsung pada masa kemerdekaan dan pada masa kini. Kesantunan juga berkaitan dengan tempat: nilai-nilai kesantunan di kantor berbeda dengan di pasar, di terminal, dan di rumah.

Pergaulan global dan pertukaran informasi juga membawa pengaruh pada pergeseran budaya, khususnya berkaitan dengan nilai-nilai kesantunan itu. Fenomena demikian menyebabkan para remaja dan anggota masyarakat lainnya gamang dalam berbahasa. Pada akhirnya mereka memiliki kaidah berbahasa yang mereka anggap bergengsi, tanpa mengindahkan kaidah bahasa yang sesungguhnya.

Sejalan dengan perubahan waktu dan tantangan global, banyak hambatan dalam upaya pembelajaran tata krama berbahasa. Misalnya, tayangan televisi yang bertolak belakang dengan prinsip tata kehidupan dan tata krama orang Timur. Sementara itu, sekolah juga kurang memperhatikan kesantunan berbahasa dan lebih mengutamakan kualitas otak siswa dalam penguasaan iptek.

Selain itu, kesantunan berbahasa sering pula diabaikan dalam lingkungan keluarga. Padahal, belajar bahasa sebaiknya dilaksanakan setiap hari agar anak dapat menghayati betul bahasa yang digunakannya. Anak belajar tata santun berbahasa mulai di lingkungan keluarga.

Nilai-nilai kesantunan berbahasa dalam beragama juga merupakan salah satu kewajiban manusia yang bentuknya berupa perkataan yang lembutdan tidak menyakiti orang lain. Kesantunan dipadankan dengan konsep qaulan karima yang berarti ucapan yang lemah lembut, penuh dengan pemuliaan, penghargaan, pengagungan, dan penghormatan kepada orang lain. Berbahasa santun juga sama maknanya dengan qaulan ma’rufa yang berarti berkata-kata yang sesuai dengan nilai-nilai yang diterima dalam masyarakat penutur.

Oleh karena itu, pendidikan etika berbahasa memiliki peranan yang sangat penting. Pemerolehan pendidikan kesantunan berbahasa sangat diperlukan sebagai salah satu syariat dalam beragama. Dengan kesantunan, dapat tercipta harmonisasi pergaulan dengan lingkungan sekitar. Penanaman kesantunan berbahasa juga sangat berpengaruh positif terhadap kematangan emosi seseorang. Semakin intens kesantunan berbahasa itu dapat ditanamkan, kematangan emosi itu akan semakin baik. Aktivitas berbahasa dengan emosi berkaitan erat. Kemarahan, kesenangan, kesedihan, dan sebagainya tercermin dalam kesantunan dan ketidaksantunan itu.

Berbahasa santun seharusnya sudah menjadi suatu tradisi yang dimiliki oleh setiap orang sejak kecil. Anak perlu dibina dan dididik berbahasa santun. Apabila dibiarkan, tidak mustahil rasa kesantunan itu akan hilang sehingga anak itu kemudian menjadi orang yang arogan, kasar, dan kering dari nilai-nilai etika dan agama. Tentu saja, kondisi itu tidak diharapkan oleh orangtua dan masyarakat manapun.

 

5. Contoh Teks Ceramah tentang Toleransi

Salam sejahtera kepada para hadirin yang terhormat. Hari ini, kita akan berbicara tentang dua hal yang sangat penting dalam kehidupan kita dan masyarakat kita, yaitu perdamaian dan toleransi.

Perdamaian adalah salah satu aspek terpenting dalam menjaga kesejahteraan masyarakat. Ia adalah pondasi dari semua pembangunan dan kemajuan yang kita nikmati. Tanpa perdamaian, kehidupan kita akan terhenti dalam ketidakpastian dan konflik.

Tetapi, untuk mencapai perdamaian, kita perlu memahami bahwa kita hidup dalam masyarakat yang beragam. Masyarakat kita memiliki perbedaan dalam keyakinan, budaya, dan latar belakang. Inilah mengapa toleransi sangat penting. Toleransi adalah kemampuan untuk menghargai dan menghormati perbedaan orang lain.

Dalam dunia yang semakin terhubung, kita semua adalah bagian dari satu keluarga global. Tidak peduli warna kulit, bahasa, atau agama kita, kita semua berbagi planet yang sama. Oleh karena itu, toleransi adalah kunci untuk memastikan bahwa kita dapat hidup bersama secara damai.

Toleransi bukanlah tentang setuju dengan semua yang orang lain katakan atau lakukan. Toleransi adalah tentang penghargaan terhadap hak setiap individu untuk memiliki pandangan, keyakinan, dan cara hidup mereka sendiri. Ini adalah tentang berbicara dan mendengarkan dengan hormat, meskipun kita tidak selalu setuju.

Toleransi membantu kita menjembatani kesenjangan dan membangun hubungan yang lebih kuat. Ketika kita memahami dan menerima perbedaan, kita menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan harmonis. Kami membangun dasar untuk perdamaian.

Mari kita semua berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan mendorong toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari kita belajar dari satu sama lain, menjembatani kesenjangan, dan membangun dunia yang lebih damai dan harmonis bagi generasi mendatang.

Dengan melakukan ini bersama-sama, kita dapat memastikan bahwa perdamaian dan toleransi bukan hanya kata-kata kosong, tetapi prinsip yang mendalam yang membimbing tindakan kita setiap hari. Terima kasih atas perhatian Anda, dan mari kita bersama-sama menjadikan dunia kita tempat yang lebih baik untuk semua orang. Terima kasih.

 

Buat kamu si pecinta belajar, lagi ada DISKON BESAR dari Brain Academy, loh!! Dengan harga mulai 1jutaan plus cashback sampai Rp150 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas yang super lengkap. Buruan daftar dengan klik banner di bawah!

Cashback Brain Academy Online

 

6. Contoh Teks Ceramah tentang Jepang

Pernahkah kamu pergi ke Jepang? Jepang termasuk negara kecil di Asia yang sudah maju. Banyak hal yang perlu diketahui tentang Jepang. Masyarakat negara ini mampu mempertahankan tradisi yang berkembang di masyarakatnya.

Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari, selama seperempat jam dengan para guru. Itulah yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan suka pada kebersihan. Para siswa belajar menjaga kebersihan karena dalam mengatasi kebersihan merupakan bagian dari etika Jepang. Siswa Jepang, dari tahun pertama hingga tahun keenam sekolah dasar harus belajar etika dalam berurusan dengan orang-orang.

Pekerja kebersihan di Jepang dimaksudkan untuk menciptakan kesehatan. Oleh karena itu, mereka sering disebut “insinyur kesehatan” dan mendapatkan gaji setara dengan Rp50 Juta per bulan. Untuk merekrut mereka dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara.

Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti Indonesia. Mereka sering terkena gempa bumi, tetapi itu tidak mencegah Jepang menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Rakyat Jepang mengatasi kekurangan sumber daya alam dengan mengoptimalkan sumber daya lainnya.

Jika kamu pergi ke sebuah restoran prasmanan di Jepang maka kamu akan melihat orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan. Dengan begitu, tidak ada sisa-sisa makanan. Selain itu, dari restoran tidak ada limbah apa pun.

Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu. Mereka selalu menepati waktu. Bahkan, tingkat keterlambatan kereta di Jepang hanya sekitar 7 detik per tahun. Budaya mereka dalam menghargai nilai waktu sangat dijaga sehingga mereka sangat tepat waktu, dengan perhitungan menit dan detik.

Jepang sangat menghargai pendidikan. Masyarakatnya mendukung visi pendidikan di Jepang. Jika kamu bertanya kepada mereka, “Apakah arti pelajar itu?” Maka mereka akan menjawab bahwa, “Pelajar adalah masa depan Jepang”.

 

7. Contoh Teks Ceramah tentang Berbakti pada Ibu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kita ucapkan kepada Allah SWT karena kita semua disini masih diberikan kesempatan untuk bertemu berkumpul bersama dalam acara ini. Alhamdulillah kita ucapkan karena kita semua masih diberikan nikmat badan yang sehat, sehingga kita semua bisa bersilaturahmi.

Teman-teman dan hadirin yang dirahmati Allah SWT, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah pidato singkat mengenai seseorang yang selalu kita sayangi kehadirannya di dalam hidup kita, yakni ibu.

Ibu sudah sangat berperan dan berjasa besar dalam kehidupan kita, bahkan sejak kita masih di dalam kandungan. Ibu sudah mengandung selama sembilan bulan lamanya dan harus bersusah payah melahirkan kita dengan rasa sakit yang sangat luar biasa.

Saat kita lahir, ibu yang masih kesakitan tanpa mengenal pamrih memberikan seluruh kasih sayang dan juga perhatiannya kepada kita, yakni anaknya tersayang. Oleh sebab itu, munculah sebuah pepatah, kasih ibu sepanjang masa dan pastinya pepatah itu benar adanya. Ya bukan?

Dari perjuangan ibu sejak kita masih di dalam kandungan dan setelah kita lahir, ibu selalu ikhlas memberikan kasih sayang tanpa berharap kita bisa mengembalikan apapun.

Selain tidak mengharapkan apapun, surga yang kita harap di dunia ini juga ada di bawah telapak kaki ibu. Pastinya hal tersebut tidak bisa kita maknai secara harfiah. Namun, itu artinya ibu mempunyai jasa yang sangat besar, sampai surga berada di bawah telapak kakinya dan bahkan ridho Allah juga ada pada ridho ibu dan kedua orang tua.

Untuk itu, kita semua wajib berperilaku baik dan berbakti pada ibu sampai akhir hayat. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka karena tidak mau menuruti perkataan ibu, atau sekadar menolak membantu ibu untuk mengurus persoalan rumah.

Karena dengan berbakti kepada ibu dan juga orang tua, maka Allah akan memberikan limpahan nikmat dan juga rahmat-Nya kepada kita semua. Demikian pidato singkat saya tentang ibu kali ini. Semoga kita semua mendapatkan manfaat dari pidato yang saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

8. Contoh Teks Ceramah tentang Kesabaran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hadirin yang saya hormati, mari kita ucapkan puji syukur kepada Allah SWT  yang hingga detik ini masih mengaruniai hidup dan kesehatan.

Perlu kita ingat saudara-saudara bahwa sudah hampir setahun pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. Pada situasi ini, mari kita belajar untuk sabar menghadapi musibah ini. Sabar menghadapi musibah ini.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 153, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sholat dan sabar sebagai pelindungmu, sesungguhnya Allah SWT senantiasa bersama orang-orang yang sabar.”

Allah SWT senantiasa mengingatkan kita untuk sabar, salah satunya melalui ayat tersebut. Dengan sabar, kita akan terlindung dari segala emosi buruk yang justru memperkeruh suasana. . Dengan demikian, kita harus sabar menunggu situasi menjadi lebih baik salah satunya dengan terus menerapkan protokol kesehatan.

Demikian sedikit yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila ada salah kata atau ucapan yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr.wb.

 

9. Contoh Teks Ceramah tentang Keikhlasan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan banyak sekali kenikmatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insya Allah mulia ini. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW, di mana atas berkat perjuangan beliau dan para sahabatnya sehingga kita dapat merasakan indahnya islam seperti sekarang ini.

Jamaah yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan ceramah singkat mengenai ikhlas. Dalam arti yang sering kita ketahui bahwa ikhlas merupakan segala sesuatu yang dilakukan tanpa mengharapkan imbalan apapun. Arti ikhlas ini sudah benar namun kurang tepat.

Dalam agama islam ikhlas berarti melakukan sesuatu karena Allah SWT. Dalam hal ibadah ikhlas berarti melakukan ibadah karena Allah SWT, bukan Karena yang lain, bukan juga karena ingin dipuji, ingin terlihat sholeh, tetapi memang benar-benar karena Allah. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Bayyinah ayat 5 yang berarti bahwa, “Tidaklah mereka diperintahkan kecuali untuk mengikhlaskan agama untukNya.”

Ikhlas akan menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan, sebab pada setiap amalan yang kita lakukan tanpa didasari dengan keikhlasan maka amalan tersebut dipandang tidak sah di hadapan Allah.

Ikhlas juga menjadi alat ukur pada setiap amalan yang kita lakukan, semakin kita ikhlas maka pahala yang akan kita dapatkan juga akan semakin besar. Semakin ikhlas seseorang dalam beramal, maka akan semakin besar pula balasan yang akan diterima.

Setelah anda memahami pentingnya ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, maka latihlah hati untuk selalu ikhlas pada setiap hal. Saya rasa cukupkan sekian, semoga apa yang sayasampaikan dapat bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

10. Contoh Teks Ceramah tentang Kematian

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Para hadirin, tak lupa selalu kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Atas limpahan karunia-Nya lah kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sebaik-baiknya.

Kesempatan ini biarkan lah saya memanfaatkannya untuk memberikan sepatah dua patah kata tentang kematian.

Para hadirin, apa yang paling dekat dengan kita? Bukan orang-orang yang kita cintai, bukan pula kekayaan. Perlu kita sadari, apa yang paling dekat dengan kita adalah kematian.

Surat Ali Imran ayat 185 telah menjelaskan bahwa kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Soal waktu kapan datangnya, tidak ada satupun manusia yang mengetahui. Tidak ada manusia di bumi ini yang mengetahui kapan ajalnya menjemput.

Oleh karena itu, marilah kita mulai memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Tidak ada yang bisa menolong diri kita sendiri, selain amal perbuatan baik.

Sekian ceramah tentang kematian dari saya. Semoga kita semua selalu terlindung dari siksa api neraka.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Percobaan dan Strukturnya 

 

11. Contoh Teks Ceramah tentang Menghargai Perbedaan

Assalamualaikum dan selamat pagi untuk semua hadirin yang saya hormati,

Hari ini, saya ingin berbicara tentang salah satu nilai yang sangat penting dalam masyarakat kita, yaitu menghargai perbedaan. Kita hidup di dunia yang penuh dengan keragaman, baik dalam hal budaya, agama, latar belakang etnis, orientasi seksual, dan banyak lagi. Tantangannya adalah bagaimana kita dapat hidup bersama dengan damai dan menghargai perbedaan ini.

Dunia ini adalah tempat yang indah karena keragamannya. Tidak ada dua individu yang sama persis, dan setiap orang membawa pengalaman, pandangan, dan cerita unik ke meja yang sama. Namun, terlalu sering, kita melihat perbedaan ini sebagai sumber konflik dan ketegangan. Ini adalah kesalahan besar.

Menghargai perbedaan bukan hanya tentang bersikap sopan dan hormat terhadap orang lain. Ini adalah tentang memahami bahwa keberagaman adalah kekayaan bagi kita semua. Saat kita memahami dan merayakan perbedaan, kita membuka pintu untuk pembelajaran, pertumbuhan, dan kerja sama yang lebih baik.

Mari kita refleksikan mengapa menghargai perbedaan begitu penting:

  1. Pembelajaran dan Pertumbuhan: Ketika kita terbuka terhadap pandangan yang berbeda, kita memiliki kesempatan untuk belajar dari pengalaman orang lain. Ini bisa membantu kita berkembang sebagai individu dan sebagai masyarakat.
  2. Mengurangi Konflik: Ketika kita menghargai perbedaan, kita cenderung lebih baik dalam menyelesaikan konflik. Ini karena kita belajar untuk mendengarkan, memahami, dan mencari solusi yang adil, bukan hanya menyalahkan atau merendahkan.
  3. Memperkaya Budaya: Keberagaman membawa berbagai bentuk seni, musik, tarian, makanan, dan warisan budaya lainnya. Ini adalah harta yang bisa memperkaya kehidupan kita dan menghadirkan keindahan yang luar biasa.
  4. Memperkuat Kemanusiaan: Ketika kita menghargai perbedaan, kita berinvestasi dalam memperkuat hubungan antarmanusia. Ini membantu menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan damai.

Pentingnya menghargai perbedaan tidak hanya berlaku di tingkat individual, tetapi juga di tingkat sosial dan politik. Kita harus berjuang untuk masyarakat yang adil, di mana hak asasi manusia dan kebebasan diberikan tanpa pandang bulu kepada semua orang, tanpa memandang ras, agama, atau latar belakang mereka.

Saat kita menghargai perbedaan, kita juga harus melawan prasangka dan diskriminasi. Ini adalah tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa tidak ada orang yang diperlakukan tidak adil atau dikecualikan karena perbedaan apa pun.

Akhirnya, mari kita selalu mengingat kata-kata bijak Mahatma Gandhi, yang mengatakan, “Kita harus menjadi perubahan yang kita inginkan lihat di dunia.” Mari kita menjadi agen perubahan yang memperjuangkan penghargaan terhadap perbedaan dan menciptakan masyarakat yang lebih inklusif, damai, dan harmonis.

Terima kasih. Semoga kita semua bisa merayakan dan menghargai perbedaan di dunia ini.

 

12. Contoh Teks Ceramah tentang Alam

Salam sejahtera untuk semua hadirin yang saya hormati,

Hari ini, saya ingin berbicara tentang salah satu isu paling mendesak yang kita hadapi sebagai manusia, yaitu perlindungan Bumi kita. Bumi adalah satu-satunya rumah yang kita miliki, satu-satunya tempat di mana kehidupan kita dan semua makhluk hidup lainnya dapat berkembang dan eksis. Sayangnya, saat ini, Bumi kita menghadapi berbagai tantangan serius yang mengancam keberlanjutan ekosistem dan masa depan kita.

Perubahan iklim adalah salah satu tantangan paling mendesak yang kita hadapi. Aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan polusi telah menyebabkan peningkatan suhu global, yang berdampak besar pada cuaca, air, dan ekosistem laut. Banjir, kekeringan, badai yang semakin kuat, dan pencairan es yang cepat adalah beberapa contoh dampak langsung dari perubahan iklim ini.

Selain perubahan iklim, polusi juga merupakan masalah serius. Plastik sekali pakai telah mencemari lautan dan daratan kita, mengancam kehidupan satwa liar dan ekosistem air tawar. Polusi udara dan air juga membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kehilangan keanekaragaman hayati adalah masalah lain yang harus kita pertimbangkan. Setiap hari, spesies-spesies unik di seluruh dunia terancam punah akibat habitat mereka yang dihancurkan oleh aktivitas manusia. Keanekaragaman hayati adalah dasar bagi kehidupan kita, dan kita harus menjaganya.

Namun, ada harapan. Kita memiliki kesempatan untuk berubah dan melindungi Bumi kita. Inilah beberapa langkah yang dapat kita ambil sebagai individu dan sebagai masyarakat, seperti mengurangi jejak karbon, mengurangi plastik sekali pakai, melestarikan habitat alami, mendidik diri sendiri dan orang lain, dan berpartisipasi dalam gerakan lingkungan.

Perlindungan Bumi bukan hanya tanggung jawab individu atau satu negara. Ini adalah tanggung jawab kita semua sebagai warga dunia. Kita harus bekerja sama sebagai satu umat manusia untuk menjaga Bumi ini bagi generasi mendatang.

Saya ingin mengakhiri ceramah ini dengan mengutip kata-kata bijak Mahatma Gandhi, yang mengatakan, “Kita meminjam Bumi ini dari anak-anak cucu kita.” Kita harus bertindak sekarang agar anak-anak dan cucu kita dapat menikmati keindahan Bumi yang sama yang kita nikmati hari ini.

Terima kasih. Semoga kita semua menjadi bagian dari perubahan positif yang diperlukan untuk melindungi Bumi kita.

 

13. Contoh Teks Ceramah tentang Berbuat Baik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt., atas segala nikmat yang selama ini telah diberikan sehingga kita dapat berkumpul di masjid ini tanpa halangan suatu apa pun.

Selawat dan salam tidak lupa kita haturkan kepada nabi Muhammad saw., semoga kita termasuk golongan umatnya yang besok di hari kiamat mendapat syafaatnya, aamiin.

Di zaman modern ini teknologi semakin canggih namun manusia justru menjadi kehilangan arah. Seharusnya kemajuan teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Namun, yang terjadi sebaliknya, manusia makin jauh dari Allah Swt.

Bahkan manusia mulai melupakan tugasnya di dunia. Alangkah baiknya jika sebagai hamba-Nya yang beriman teknologi bisa digunakan untuk menyebarkan kebaikan. Contohnya berbagi informasi seputar keutamaan beramal, tips meningkatkan ibadah, dan lain sebagainya.

Sangat disayangkan apabila internet hanya dijadikan sarana menyebarkan informasi yang kurang bermanfaat dan tidak patut untuk dicontoh masyarakat.

Menyebar kebaikan dapat menjadi sebuah amal jariyah, begitu pula saat memberi contoh buruk maka akan menjadi dosa jariyah yang terus-menerus mengalir, walau sudah meninggal.

Semua perbuatan baik maupun buruk akan mendapat balasan. Perbuatan baik tidak hanya mendatangkan pahala saja melainkan juga memperoleh ampunan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita selalu berbuat baik dimanapun karena ada Allah Swt. yang selalu mengawasi.

Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Rasulullah bersabda yang artinya, “Beribadahlah engkau kepada Allah seolah-olah melihat-Nya. Apabila engkau tidak melihatNya maka yakinlah Allah Swt. sedang menyaksikanmu.”

Jika ingin berbuat baik maka sebaiknya dilakukan secara sembunyi-sembunyi karena lebih bagus hanya Allah saja yang mengetahuinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya rasa sombong.

Demikian kultum yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih atas perhatiannya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

14. Contoh Teks Ceramah tentang Kewirausahaan

Selamat pagi semua,

Hari ini, saya ingin berbicara tentang kewirausahaan yang berkelanjutan, sebuah konsep yang semakin penting dalam dunia bisnis modern. Bisnis yang berkelanjutan adalah bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga dan memperbaiki lingkungan serta memberikan manfaat sosial yang positif bagi masyarakat.

Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah menyaksikan dampak negatif dari pertumbuhan ekonomi yang tidak terkendali. Perubahan iklim, polusi, penggundulan hutan, dan masalah sosial lainnya semakin memburuk. Di sinilah peran penting bisnis yang berkelanjutan.

Apa itu bisnis yang berkelanjutan? Ini adalah pendekatan bisnis yang mempertimbangkan dampaknya pada lingkungan dan masyarakat sekaligus mencari keuntungan. Bisnis semacam itu berusaha mengurangi jejak ekologisnya dengan mengadopsi praktik yang lebih ramah lingkungan, seperti menghemat energi, mengurangi limbah, dan mengadopsi teknologi bersih. Selain itu, bisnis yang berkelanjutan juga berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan sosial, dengan memperhatikan hak pekerja, menciptakan lapangan kerja yang layak, dan memberikan manfaat yang adil bagi komunitas sekitar.

Bagaimana kita bisa membangun bisnis yang berkelanjutan? Ada beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Mengukur dan Mengelola Dampak: Pertama-tama, bisnis perlu mengukur dampaknya pada lingkungan dan masyarakat, kemudian mengambil tindakan untuk mengelolanya.
  2. Pemilihan Pasokan dan Vendor yang Berkelanjutan: Memilih pasokan dan vendor yang berbagi nilai-nilai berkelanjutan dapat membantu mendukung praktik bisnis yang ramah lingkungan.
  3. Inovasi dan Teknologi: Mencari inovasi dan teknologi baru yang ramah lingkungan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan mengurangi dampak lingkungan.
  4. Komitmen pada Tanggung Jawab Sosial: Bisnis harus berkomitmen untuk memenuhi tanggung jawab sosial mereka terhadap pekerja, masyarakat, dan lingkungan.
  5. Transparansi: Bisnis yang berkelanjutan harus transparan tentang praktik dan dampaknya, memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengawasi dan menilai kinerja mereka.

Membangun bisnis yang berkelanjutan bukanlah tugas yang mudah, tetapi merupakan langkah penting untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi kita semua. Bisnis yang berkelanjutan bukan hanya tentang mencari keuntungan, tetapi juga tentang menjaga planet ini dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Dengan bergerak menuju bisnis yang lebih berkelanjutan, kita dapat menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang.

Terima kasih. Semoga kita semua dapat berperan dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan berdampak positif pada dunia ini.

 

15. Contoh Teks Ceramah tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam kesempatan kali ini marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat sehat, nikmat iman, serta hidayahnya kepada kita selaku hamba-Nya sehingga dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang dirahmati Allah, dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang senantiasa menjaga kebersihannya. Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan untuk mencapai keselamatan dan kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain.

Apabila kita menjaga kebersihan dan ditiru oleh anak-anak serta orang-orang terdekat kita maka kita akan merasakan manfaatnya. Untuk itu mari kita ajarkan sedini mungkin tentang pentingnya menjaga kebersihan supaya nantinya mereka tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, serta dapat menebar kebaikan.

Dengan diajarkannya untuk menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka dapat mandiri serta dapat mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan. Seperti apa yang kita ketahui sekarang masih banyak sekali orang-orang yang tidak peduli akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Demikian apa yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Contoh Teks Berita dan Strukturnya dalam Berbagai Topik 

 

16. Contoh Teks Ceramah tentang Pentingnya Sholat

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan kepada kita nikmat sehat, nikmat iman,nikmat lapang sampai pada nikmat yang tiada nilainya. Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita hidayah sehingga dapat mensyukuri segala nikmat yang Allah berikan.Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nanti-nantikan syafaatnya hingga hari kiamat kelak.Jamaah yang dimuliakan Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai shalat. Pentingnya mendirikan shalat telah Allah dan Rasulullah beri tahu kepada kita selaku umatnya. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda yang artinya “shalat merupakan tiang agama”. Perumpamaan ini menggambarkan bahwa shalat merupakan kokohnya agama islam.Shalat tidak hanya menjadi sekedar kewajiban yang harus ditunaikan, tetapi memiliki makna yang lebih dari itu.

Shalat merupakan bukti keimanan seseorang. Dalam hadist shahih diriwayatkan bahwa yang membedakan seorang mukmin dengan kafir adalah dilihat dari sholatnya.Dalam surah Al-ma’un ayat 4 dan 5 yang berarti “Maka celakalah bagi orang yang shalat (4) (yaitu) orang- orang yang lalai terhadap shalatnya (5)”.

Kalimat celaka yang dipakai di sini untuk mensifati orang kafir dan munafik, dengan katalain, orang yang lalai dalam shalatnya dapat disejajarkan dengan golongan orang kafir danmunafik.Sebelum saya cukupkan pembicaraan kali ini, marilah bersama-sama kita berdoa kepadaAllah agar dijauhkan dari perilaku orang yang melalaikan shalat dengan sengaja dandiberikan kemampuan untuk dapat saling menasehati dalam kebenaran.

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum wr. wb.

 

17. Contoh Teks Ceramah tentang Partisipasi dalam Demokrasi

Selamat pagi semua,

Hari ini, mari kita berbicara tentang sesuatu yang sangat mendasar dalam kehidupan kita sebagai warga negara, yaitu partisipasi dalam proses demokrasi. Proses demokrasi adalah salah satu prinsip dasar masyarakat modern yang memungkinkan kita untuk memiliki suara dalam pengambilan keputusan pemerintah dan membentuk arah masa depan negara kita.

Demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kekuasaan berada di tangan rakyat. Ini adalah konsep yang indah, tetapi hanya bekerja dengan baik jika kita, sebagai warga negara, berpartisipasi aktif dalam prosesnya. Terlalu sering, kita melihat tingkat partisipasi dalam pemilihan dan kegiatan politik lainnya yang rendah, dan ini adalah masalah serius.

Partisipasi dalam proses demokrasi memiliki dampak besar pada kehidupan kita. Ini adalah cara kita memilih pemimpin kita, membuat kebijakan publik, dan mempengaruhi arah negara kita. Inilah alasan mengapa penting bagi kita semua untuk memberikan suara kita dan berpartisipasi dalam politik.

Tapi apa yang menyebabkan rendahnya tingkat partisipasi dalam demokrasi? Beberapa alasan termasuk apatis, ketidakpercayaan pada politisi, serta rasa putus asa karena merasa suara kita tidak berarti. Namun, kita harus mengubah pandangan ini. Suara setiap individu adalah penting, dan ketika kita bersatu sebagai warga negara yang peduli, kita dapat menciptakan perubahan nyata.

Partisipasi dalam proses demokrasi tidak hanya tentang pemilihan. Ini juga tentang mengikuti perkembangan politik, mengajukan pertanyaan, berpartisipasi dalam debat, dan terlibat dalam aktivisme politik. Ketika kita peduli tentang isu-isu yang penting bagi kita, kita memiliki kekuatan untuk mengubah debat dan mempengaruhi perubahan positif.

Saya ingin mengingatkan kita semua bahwa demokrasi adalah nilai yang harus kita jaga. Kita harus aktif, terinformasi, dan peduli tentang proses politik. Kita harus melihat partisipasi dalam proses demokrasi sebagai hak dan tanggung jawab kita sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

Akhirnya, saya ingin mengutip kata-kata bijak John F. Kennedy, “Jangan tanya apa yang negara ini bisa lakukan untuk Anda, tanyakan apa yang Anda bisa lakukan untuk negara ini.” Mari bersama-sama berperan aktif dalam proses demokrasi, memberikan suara kita, dan membentuk masa depan yang lebih baik bagi negara kita.

Terima kasih. Semoga kita semua merayakan nilai-nilai demokrasi dengan memberikan suara dan berpartisipasi dalam proses politik.

 

18. Contoh Teks Ceramah tentang Mencontek

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat-Nya yang telah diberikan kepada kita semua. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan kepada nabi besar Muhammad SAW.

Bapak-bapak, ibu-ibu, dan teman-teman sekalian, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbicara tentang sebuah sikap yang tidak baik dalam kehidupan kita, yaitu “Mencontek dan Pentingnya Sikap Jujur.”

Dalam kehidupan kita, seringkali kita dihadapkan pada situasi di mana kita merasa tertekan atau ingin mencari jalan pintas, termasuk dengan cara mencontek, yaitu mengambil jawaban atau informasi dari orang lain tanpa izin atau upaya sendiri.

Mencontek adalah tindakan yang tidak jujur dan tidak adil. Ini tidak hanya menciptakan ketidaksetaraan dalam pendidikan atau pekerjaan, tetapi juga merusak integritas diri kita sendiri. Allah SWT dan Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk berlaku adil dan jujur dalam semua tindakan kita.

Sikap jujur adalah nilai yang sangat dihargai dalam Islam dan dalam masyarakat. Rasulullah SAW adalah teladan utama dalam hal kejujuran. Beliau selalu berbicara jujur, bahkan dalam situasi yang sulit. Kejujuran adalah salah satu ciri utama karakter yang kuat dan mulia.

Dalam kehidupan sehari-hari, sikap jujur adalah dasar dari semua hubungan yang sehat. Ketika kita berbicara jujur, kita membangun kepercayaan yang mendalam dengan orang lain. Kejujuran adalah pondasi yang kuat untuk menjaga hubungan yang baik dengan keluarga, teman-teman, dan rekan kerja.

Kejujuran juga menciptakan rasa tanggung jawab dalam diri kita. Ketika kita berlaku jujur, kita bertanggung jawab atas tindakan dan kata-kata kita. Ini adalah tanda dari karakter yang kuat dan penuh integritas.

Dalam mengakhiri ceramah ini, mari kita semua berkomitmen untuk menjaga sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari kita. Mari kita hindari mencontek dan selalu berusaha untuk berlaku jujur dalam semua aspek kehidupan kita. Dengan demikian, kita dapat membangun hubungan yang sehat dan membawa manfaat bagi diri kita sendiri serta masyarakat sekitar.

Wabilahi taufik wal hidayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Gimana, menarik kan semua contoh teks ceramah di atas? Menurut kamu, topik mana yang paling menyentuh? Kalau kamu butuh contoh teks lainnya, atau ingin belajar lebih dalam lagi, langsung saja gabung di Brain Academy ya!

Brain Academy Center

Referensi:

Suherli. 2017. Bahasa Indonesia Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Edisi Revisi).

bola.com/ragam/read/5199353/4-contoh-teks-ceramah-singkat-tentang-pendidikan-bisa-jadi-referensi

kompas.com/skola/read/2020/11/21/160000569/contoh-teks-ceramah-singkat-tentang-pergaulan-bebas?page=all 

kompas.com/skola/read/2020/11/21/173000069/contoh-teks-ceramah-singkat-tentang-kesehatan?page=all 

detik.com/edu/detikpedia/d-6770402/15-contoh-teks-ceramah-singkat-lengkap-dengan-ciri-ciri-hingga-struktur 

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D