Teks Laporan Percobaan: Pengertian, Struktur, Tujuan, dan Contoh

Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan maksudnya kayak gimana sih? Artikel ini akan membahas tentang pengertian, ciri, struktur, kaidah kebahasaan, tujuan, cara membuat, serta contoh dari teks laporan percobaan. Yuk disimak!

Kamu pernah gak melakukan percobaan atau eksperimen? Misalnya kayak menanam kacang hijau di gelas plastik yang di dasar gelasnya diberikan kapas basah. 

Setelah beberapa hari, kulit kacang hijaunya akan mengelupas, terus perlahan-lahan mulai muncul akar dan tunas baru yang tumbuh dari kacang tersebut.

Wah, simpel tapi keren ga sih? Jangan bilang biasa aja plis :”) HEHEHE. 

Nah, percobaan seperti tadi, sebenarnya bisa banget dibikin laporan. Kalau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teks laporan percobaan. Dalam teks ini, kamu bertugas untuk membuat laporan hasil percobaan yang sebelumnya sudah kamu buat. 

Biar kamu makin paham, langsung simak aja yuk pengertian dari teks laporan percobaan. 

 

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah teks yang digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, hasil eksperimen, atau laporan praktikum yang dilakukan oleh peneliti. Dalam teks laporan percobaan juga dipaparkan bahan dan alat yang digunakan, serta proses percobaan. 

Terus, teks laporan percobaan itu dibuat untuk apa sih?

 

Tujuan Teks Laporan Percobaan

Tujuan dari pembuatan teks laporan percobaan adalah untuk memberikan informasi tentang proses percobaan yang dilakukan, termasuk hasil dari penelitian tersebut.

Nah, agar kamu dapat membedakan teks laporan percobaan dengan teks lainnya, kamu dapat memahami ciri-ciri dari teks laporan percobaan. Ada apa aja tuh?

 

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan memiliki ciri-ciri antara lain:

  • 1. Disusun berdasarkan hasil percobaan.
  • 2. Pembahasan dikemukakan secara objektif.
  • 3. Menyampaikan fakta, bukan opini.
  • 4. Disusun secara sistematis dan lengkap.
  • 5. Menggunakan bahasa baku dan ilmiah.
  • 6. Bersifat tidak memihak (netral).

Selain punya ciri-ciri yang berbeda dengan jenis teks lainnya, teks laporan percobaan juga punya struktur yang kamu harus pahami, lho. Seperti apa sih struktur dari teks laporan percobaan?  

 

Struktur Teks Laporan Percobaan

Secara garis besar, teks laporan percobaan punya 2 struktur, yaitu pernyataan umum dan uraian

1. Pernyataan umum 

Pernyataan umum berisi paparan atau klasifikasi yang dibahas secara umum tentang objek percobaan. Isi pernyataan umum meliputi:

a. Tujuan

Bagian ini berisi informasi atau hasil pengujian yang ingin diketahui oleh peneliti atau pelaku percobaan.

b. Landasan teori

Landasan teori berisi dasar teoritis bagi penulis untuk menjawab masalah percobaan. Landasan teori juga berisi teori yang berhubungan dengan komponen percobaan.

c. Latar belakang

Latar belakang adalah penjelasan singkat mengenai topik atau objek percobaan, serta penjabaran alasan topik yang dipilih.

2. Uraian 

Uraian berisi poin-poin laporan yang disusun dengan rinci. Uraian meliputi hal-hal berikut:

a. Alat dan bahan

Alat dan bahan adalah barang-barang yang diperlukan dalam kegiatan percobaan.

b. Langkah-langkah

Bagian langkah-langkah berisi urutan proses yang harus dilakukan dalam kegiatan percobaan.

c. Hasil percobaan

Hasil percobaan adalah hasil yang ditemukan dan terjadi dalam percobaan.

d. Simpulan

Simpulan atau kesimpulan adalah  intisari dari hasil percobaan dan pembahasan.

Contohnya kayak gimana tuh? Nanti kita bahas di bawah, ya!

Selain struktur, ada lagi nih komponen teks laporan percobaan yang perlu kamu ketahui, yaitu kaidah bahasanya. Langsung aja yuk disimak!

 

Baca Juga: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Pola Pengembangan, dan Ciri-Ciri 

 

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

Kaidah kebahasaan laporan percobaan terbagi menjadi enam, di antaranya adalah: 

1. Menggunakan nomina atau kata benda

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nomina adalah kelas kata yang ditandai tidak bisa bergabung dengan kata tidak

Misalnya, kata ‘rumah’ merupakan nomina karena tidak mungkin dikatakan ‘tidak rumah’. Biasanya, nomina berfungsi sebagai subjek atau objek dari klausa.

Dalam teks laporan percobaan, penggunaan nomina dapat ditemukan di seluruh struktur. 

Misalnya dalam struktur langkah-langkah,Peraslah jus lemon ke dalam mangkuk. Tambahkanlah beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.’ Nomina atau kata benda yang terdapat pada kalimat tersebut adalah lemon, mangkuk, dan air.

2. Menggunakan verba/kata kerja

Kata kerja biasanya berfungsi sebagai predikat di dalam kalimat. Predikat verba dalam kalimat berarti menjelaskan subjek/pelaku dalam kalimat tersebut sedang melakukan apa.

Contoh penggunaan verba dalam struktur latar belakang misalnya, ‘Air jeruk merupakan senyawa asam lemah sehingga menghasilkan reaksi gelembung yang sedikit dan tidak adanya nyala lampu.’ Verba atau kerja dalam kalimat tersebut adalah menghasilkan. 

3. Menggunakan Pola Kalimat Aktif

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan sesuatu. Coba kamu perhatikan contoh ini:

Matahari  memancarkan  sinar ultraviolet.

       S                   P                           O

Kalau dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa:

Pelakunya adalah matahari. (S)

Mataharinya sedang apa? Memancarkan (P)

Memancarkan apa? sinar ultraviolet (O)

Contoh kalimat di atas dapat ditemukan dalam latar belakang teks laporan percobaan, ya. Meskipun, penggunaan pola kalimat aktif ini juga dapat digunakan di struktur lain seperti tujuan, landasan teori, langkah-langkah, hasil percobaan, dan simpulan. 

4. Menggunakan Kata Tugas

Dalam teks laporan percobaan, kata tugas yang digunakan berupa konjungsi atau kata hubung dan preposisi atau kata yang biasa ditemukan di depan nomina. 

Contoh konjungsi misalnya terdapat dalam kalimat, ‘Kamu memerlukan pinset dan pisau’.

Sementara, contoh preposisi misalnya terdapat dalam kalimat, ‘Setelah seluruh cairan tercampur di dalam gelas, kamu bisa memindahkannya ke wadah lain agar bisa didiamkan selama satu jam.’  

 5. Menggunakan Kata Serapan

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa selain Bahasa Indonesia (bahasa daerah atau bahasa luar negeri), yang kemudian ejaan, ucapan, dan penulisannya disesuaikan dengan penuturan masyarakat Indonesia untuk menambah kosakata.

Contoh penggunaan kata serapan dalam teks laporan percobaan misalnya, ‘Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan dapat ditemukan di supermarket.’

6. Menggunakan Kalimat Imperatif

Kalimat imperatif adalah kalimat yang bersifat memerintah atau memberi komando. Misalnya, ‘Panaskan dengan api kecil’, atau ‘Jangan buka tutup panci sebelum airnya mendidih!’

Wih! Lumayan panjang nih pembahasan tentang kaidah kebahasaan teks laporan percobaan. Kamu pasti makin penasaran kan, gimana sih cara membuat teks laporan percobaan ini?

Tidak usah berlama-lama lagi, mari kita simak!

 

Cara Membuat Teks Laporan Percobaan

Sebenarnya, kalau kamu udah memahami struktur dan kaidah kebahasaan dari teks laporan percobaan, kamu akan sangat mudah membuat teks laporan ini. 

Kenapa tuh? Soalnya, kuncinya cuman ada dua hal, yaitu membuat kerangka berdasarkan struktur teks laporan percobaan dan mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks yang utuh. 

Tapi karena Kak Laras baik, kakak jabarin sekalian deh nih prosesnya.

1. Membuat kerangka berdasarkan struktur teks laporan percobaan

Pertama, buatlah kerangka sesuai struktur teks laporan percobaan. Mulai dari tujuan percobaan, alat dan bahan saat melakukan percobaan, serta langkah-langkah dari awal hingga akhir percobaan. 

Kedua, tuliskan hasil percobaan dalam bentuk tabel, grafik, bagan atau gambar agar pembaca lebih mudah melihat hasilnya. 

Ketiga atau yang terakhir, tuliskan kesimpulan dari percobaan.

2. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks yang utuh

Setelah selesai membuat kerangka, kamu harus mengembangkannya menjadi sebuah teks yang utuh. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kaidah kebahasaan yang digunakan agar teks laporan percobaan mudah dipahami.

Gimana, gampang kan?

Hah, kamu masih mau tau contoh dari teks laporan percobaan kayak gimana?

Oke dehh, biar makin kebayang, Kakak kasih 1 contoh teks laporan percobaan. 

 

Baca Juga: Teks Pidato: Pengertian, Struktur, Ciri, Metode, dan Contoh 

 

Contoh Teks Laporan Percobaan

Membuat Tinta Tak Terlihat

Tujuan:

Untuk membuat tinta pulpen agar tidak terlihat.

Alat dan bahan:

  • – lemon,
  • – air,
  • – sendok,
  • – mangkuk,
  • – cotton bud,
  • kertas putih,
  • – lampu bohlam.

Langkah-langkah:

  • 1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.
  • 2. Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.
  • 3. Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.
  • 4. Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.
  • 5. Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil percobaan:

Setelah langkah di atas selesai kamu lakukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-temanmu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu contoh reaksi kimia.

Kesimpulan:

Jus lemon merupakan  senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warna menjadi coklat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama, diantaranya  jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Syedapp! Udah bukan kebayang lagi inimah, tapi abis kamu baca artikel ini auto jago bikin teks laporan percobaan deh! Xixixi.

Coba, kamu review lagi tadi kita udah bahas apaan aja nihh terkait teks laporan percobaan? Pengertian udah, tujuan udah, terus ada juga ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, sampai cara membuat dan contoh dari teks laporan percobaan. 

Eitss, tapii, kamu bisa mendapatkan materi lebih dalam lagi lho tentang Teks Laporan Percobaan dengan bergabung di Brain Academy untuk belajar dengan para Master Teacher yang kece-kece dan keren-keren!

 

Brain Academy Center

 

Referensi:

Pengertian Teks Laporan Percobaan, Ciri, Struktur & Kebahasaannya  [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/mengenal-teks-laporan-percobaan
(Diakses: 18 Agustus 2023)

15 Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat & Strukturnya | Bahasa Indonesia Kelas 9 [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/contoh-laporan-percobaan-dan-strukturnya
(Diakses: 18 Agustus 2023)

Laporan Percobaan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, dan Contoh Laporan Percobaan [daring]. Tautan: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/laporan-percobaan-pengertian-tujuan-ciri-struktur-dan-contoh-laporan-percobaan-
(Diakses 18 Agustus 2023)

Sumber Gambar:

jcomp. Portrait Beautiful Lovely Young Girl Lady in Happy Lifestyle [daring]. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/portrait-beautiful-lovely-young-girl-lady-happy-lifestyle_3937797.htm#query=woman%20reading%20a%20book&position=8&from_view=search&track=ais (Diakses: 18 Agustus 2023)

Laras Sekar Seruni