15 Contoh Buku Non Fiksi Berbagai Tema, Ada Favoritmu?

contoh buku non fiksi

Sedang mencari referensi buku non fiksi untuk dibaca saat santai atau luang? Yuk, simak contoh buku non fiksi berbagai tema berikut!

Buku cerita fiksi menarik pembaca dengan alur yang imajinatif dan cerita yang memikat. Buku nonfiksi juga punya daya tariknya sendiri yang nggak kalah dengan buku fiksi. Buku nonfiksi berisi fakta, data, dan memberikan kita pengetahuan baru yang bisa mengubah cara kita melihat dunia. 

Jika kamu sedang mencari buku nonfiksi untuk dibaca, yuk simak contoh cerita nonfiksi berikut ini, lengkap! Buku motivasi, pengembangan diri, biografi, autobiografi, ensiklopedia juga ada. Yuk, simak!

 

Pengertian Buku Nonfiksi

Buku nonfiksi adalah buku yang berisi hal-hal nyata dan berdasarkan fakta. Di dalam buku nonfiksi terdapat informasi, pengetahuan, atau wawasan yang bermanfaat. Contoh buku nonfiksi adalah skripsi, jurnal, esai, karya ilmiah, biografi, autobiografi, buku motivasi, dan lainnya. 

Buku nonfiksi bertujuan untuk memberi informasi kepada pembaca. Untuk menulisnya, penulis harus menyiapkan data dan melakukan penelitian terlebih dahulu agar tulisan nonfiksi bersifat objektif dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. 

 

Baca juga: Perbedaan Buku Fiksi & Non Fiksi dari Ciri, Struktur, serta Contoh

 

Ciri-Ciri Buku Nonfiksi

Ciri-ciri buku nonfiksi adalah sebagai berikut: 

  1. Ditulis menggunakan bahasa formal sesuai bahasa baku. 
  2. Sebagian besar menggunakan makna denotasi (makna kata sebenarnya), jadi informasi ditulis secara lugas dan lengkap. 
  3. Informasi dalam buku nonfiksi ditulis berdasarkan data dan fakta. 
  4. Tulisan berbentuk tulisan ilmiah populer, menggunakan bahasa yang sesuai pasar dan kajian, daftar pustaka, dan sumber referensi. 
  5. Temuan yang ditulis dalam buku nonfiksi merupakan temuan baru atau menyempurnakan temuan lama.

 

Baca juga: Teks Cerita Fantasi: Pengertian, Unsur, Struktur, Jenis, dan Contoh

 

Contoh Buku Nonfiksi

Berikut adalah 15 contoh buku non fiksi beserta identitasnya: 

1. The Power of Habit – Charles Duhigg

Contoh buku non fiksi pertama adalah The Power of Habit yang ditulis oleh Charles Duhigg. Ini merupakan contoh buku motivasi atau pengembangan diri yang terbit pada tahun 2019.

The Power of Habit

(Sumber: Gramedia.com)

Buku The Power of Habit menguraikan tentang penelitian terbaru yang menjelaskan kenapa kita memiliki kebiasaan, apa saja komponennya, dan bagaimana cara mengubah kebiasaan baik secara personal, dalam organisasi, atau di masyarakat. Di buku ini, kamu akan memahami pentingnya kebiasaan dan memahami bahwa potensi keberhasilan kita diperoleh dari kebiasaan yang positif. 

 

2. Koala Kumal – Raditya Dika

Koala Kumal adalah salah satu buku yang ditulis oleh Raditya Dika dan sudah diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 2016. Sudah pernah nonton? Koala Kumal termasuk jenis buku nonfiksi personal literatur. Buku ini menceritakan kisah nyata yang dialami penulisnya sendiri (berdasarkan fakta).

Gaya penulisannya lebih santai dan menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih ringan, sehingga menarik untuk dibaca. 

Koala Kumal

(Sumber: Gramedia.com)

Singkatnya, buku ini menceritakan seseorang bernama Dika yang mengalami kekecewaan dalam urusan cinta, berulang kali. Cerita dimulai ketika ada sepasang kekasih yang pernah bersama kemudian berpisah. Saat bertemu lagi di masa depan, perasaan mereka tidak sama seperti dulu lagi.

 

3. Kisah, Perjuangan, & Inspirasi B.J. Habibie

Kita semua pasti tahu B.J Habibie, salah satu tokoh hebat Indonesia. Beliau bukan hanya mantan presiden ke 3 Indonesia, tapi juga insinyur yang terkenal karena prestasinya di kancah internasional. Jika kamu tertarik mengenal dan mengetahui perjalanan hidup B.J Habibie, buku ini bisa banget masuk list bacaanmu. 

Kisah, Perjuangan & Inspirasi B.J. Habibie

(Sumber: Gramedia.com)

Buku ini, menceritakan perjalanan hidup B.J Habibie dari masih kecil sampai akhir hayatnya. Dengan membaca biografi B.J Habibie, kamu bisa mendapat banyak pelajaran seperti optimisme dalam belajar, berbisnis, meniti karir, dan menghadapi berbagai tantangan. Biografi beliau memberi banyak inspirasi bagi anak muda. 

Kisa, Perjuangan, & Inspirasi B.J Habibie ini ditulis oleh Weda S. Atma dan diterbitkan oleh Checklist Media pada tahun 2017.

 

4. Educated – Tara Westover

Educated adalah sebuah memoar atau buku autobiografi yang menceritakan kisah hidup Tara Westover. Buku ini mengisahkan kehidupan seorang wanita yang mengalami berbagai perubahan ekstrem sepanjang hidupnya. Saat dia tidak mendapatkan dukungan atau bimbingan dari orang tua ketika menghadapi perubahan penting di masa remajanya, hal itu membuatnya terus meragukan dirinya dan identitasnya.

Educated

(Sumber: Gramedia.com)

Tara Westover lahir dalam keluarga yang tinggal di pegunungan Idaho dan tidak memiliki akses pendidikan formal. Ketika dia mulai belajar di sekolah pada usia tujuh belas tahun, dia memulai perjalanan untuk mencari pengetahuan. Meskipun terisolasi dari masyarakat, Tara memutuskan untuk mencari kehidupan baru setelah kakaknya pergi ke perguruan tinggi.

 

5. Mindset – Carol S. Dweck

Buku Mindset mengajak kita sebagai pembaca untuk memahami kekuatan pola pikir dalam mencapai kesuksesan. Dweck adalah seorang psikolog dari Universitas Stanford. Ia mengidentifikasi pola pikir menjadi dua jenis utama, yaitu: fixed mindset dan growth mindset

Mindset

(Sumber: Gramedia.com)

Dweck menjelaskan bahwa pola pikir tidak hanya memengaruhi prestasi, tapi juga cara kita menghadapi tantangan dan kegagalan. Buku ini mengajarkan bagaimana mengubah pola pikir kita agar lebih tumbuh, sehingga kita bisa mencapai potensi yang maksimal dan mengatasi hambatan dengan pola pikir yang baik.

 

Baca Juga: Contoh Buku Fiksi dari Berbagai Macam Tema

 

6. Kamu Gak Sendiri – Syahid Muhammad

Kamu Gak Sendiri adalah buku yang ditulis oleh Syahid Muhammad atau yang akrab disapa bang Iid. Buku ini membahas tentang rasa cemas, serangan panik, ketakutan, dan masalah mental lainnya.  

Kamu gak sendiri

(Sumber: Gramedia.com)

Penulis ingin mengingatkan pembaca agar tidak lupa bersyukur dan berterima kasih kepada diri sendiri karena sudah berjuang dan melewati banyak kesulitan. Dari judulnya, penulis ingin kamu tahu bahwa tidak hanya kamu yang mengalami kesulitan, semua orang mengalami hal sulit. Kamu nggak perlu membandingkan kesulitanmu dengan orang lain.

 

7. Atomic Habits – James Clear

Atomic Habits adalah buku nonfiksi motivasi yang membahas cara mengubah hidup lewat perubahan kecil dalam kebiasaan. Buku ini nggak hanya memberi teori ilmiah, tapi juga kisah inspiratif dari orang-orang sukses di dunia. 

Atomic Habits

(Sumber: Gramedia.com)

Buku ini menjelaskan bahwa, jika kamu kesulitan mengubah sebuah kebiasaan, bukan karena kamu bermasalah, tapi sistemnya yang kurang tepat. Kebiasaan buruk terus terulang bukan karena kamu tidak mau berubah, tapi sistem perubahannya yang tidak tepat. Jika kamu ingin tahu sistem yang baik untuk membangun kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk, coba deh baca buku ini!

 

8. Filosofi Teras – Henry Manampiring

Buku ini membahas tentang stoisisme atau filsafat kuno Yunani-Romawi yang membantu kita menghadapi emosi negatif dan memperkuat mental dalam menghadapi tantangan hidup. Meskipun membahas filsafat kuno, tapi buku ini ditulis dengan ilustrasi dan kata-kata bijak yang cocok untuk Gen Z, jadi buku ini nggak akan terasa berat dibaca. 

Filosofi Teras

(Sumber: Gramedia.com)

Penulisnya, Henry Manampiring, menemukan inspirasi buku ini dari pengalaman pribadinya dengan gangguan depresi. Stoicism mengajarkan kesederhanaan dan penerimaan terhadap hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, namun bukan berarti kita pasrah, ya. Filsafat ini mengajarkan prinsip indifferent, di mana kita belajar untuk tetap peduli namun tidak terlalu terpengaruh oleh hal-hal di luar kendali kita.

 

9. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat – Mark Manson 

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

(Sumber: Gramedia.com)

Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat karya Mark Manson mengajarkan kita untuk bersikap lapang dada dan ikhlas dalam melepaskan hal-hal yang tidak penting, memilih prioritas yang sesuai, dan mengurangi kepedulian pada hal-hal yang tidak berdampak. Buku ini juga mengajarkan untuk tidak terlalu berusaha yang bisa merugikan diri sendiri.

 

10. Segala-galanya Ambyar – Mark Manson 

Buku Segala-galanya Ambyar, membahas pesan-pesan tentang kehidupan agar kita bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik. Buku ini memiliki fokus utama tentang harapan dan kekecewaan. 

Segala-galanya Ambyar

(Sumber: Gramedia.com)

Dalam bagian harapan, penulis membagi beberapa poin seperti kebenaran yang membuat gelisah, ilusi kendali diri, dan hukum Newton tentang emosi. Dalam bagian kekecewaan, penulis membahas formula kemanusiaan, rasa sakit yang umum dialami, dan aspek-aspek emosional dan agama. Buku ini adalah kelanjutan dari Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat.

 

11. I Want to Die but I Want to Eat Tteokbokki

Judul dan ilustrasi buku ini pasti bikin kamu berhenti dan coba membacanya saat di toko buku. Meskipun judulnya terkesan ringan, buku ini mengangkat kisah serius tentang perjuangan penulis dalam menghadapi masalah kesehatan mental, lho.

I want to die but i want to eat tteokpokki

(Sumber: Gramedia.com)

I Want to Die but I Want to Eat Tteokbokki adalah catatan pengalaman pengobatan penulis yang ceritakan dalam bentuk buku yang menenangkan. Di buku ini, kamu akan menemukan esai tentang pertanyaan, penilaian, saran, dan evaluasi diri untuk membantumu lebih menerima dan mencintai diri sendiri.

 

12. Loving the Wounded Soul – Regis Machdy 

Loving The Wounded Soul karya Regis Machdy adalah buku yang memberi pemahaman tentang depresi dan stres kepada kita. Buku ini juga mengajak kita untuk mengenali tanda-tanda depresi dan stres serta faktor-faktor yang memengaruhinya.

loving the wounded soul

(Sumber: Gramedia.com)

Depresi sering menjadi beban yang berat bagi mereka yang mengalaminya. Buku ini membahas depresi secara menyeluruh, termasuk aspek klinis, budaya, dan makna yang lebih dalam dari depresi. Buku ini juga bermanfaat bagi pendamping dan siapa saja yang ingin memahami kompleksitas jiwa serta mencari makna kehidupan.

 

13. Berani Tidak Disukai 

Berani Tidak Disukai adalah hasil dialog antara seorang filsuf dan seorang pemuda selama lima malam, yang membahas tentang mencari kebahagiaan. Kamu akan menemukan banyak kutipan yang memberi makna dan mendorong untuk berpikir tentang perubahan positif. 

berani tidak disukai

(Sumber: Gramedia.com)

Buku ini mengajak kita menemukan kekuatan dalam diri sendiri untuk mencapai kebahagiaan yang diinginkan, dengan menghindari hal-hal seperti mengingat trauma masa lalu atau membandingkan hidup dengan orang lain.

 

14. The Book of IKIGAI 

The Book of IKIGAI termasuk buku non fiksi kategori pengembangan diri atau motivasi. Buku ini menceritakan perjalanan hidup Chef bernama Jiro Ono.

the book of Ikigai

(Sumber: Gramedia.com)

Ikigai, sebuah konsep filosofi hidup dari Jepang, dapat memberikan motivasi, semangat, dan tujuan yang jelas dalam menjalani hidup. Melalui cerita-cerita inspiratif, Ken Mogi, seorang ahli neurosains, memperlihatkan betapa pentingnya ikigai dalam kehidupan manusia.

 

15. Ensiklopedia Tubuh Manusia

Ensiklopedia Interaktif: Tubuh Manusia memberikan informasi lengkap tentang tubuh manusia, termasuk sistem dalam tubuh, jenis sel, struktur otak, dan penemuan-penemuan penting di bidang kedokteran. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi berwarna dan foto-foto asli yang menarik.

Ensiklopedia Tubuh Manusia

(Sumber: Gramedia.com)

Kamu bisa download aplikasi gratisnya di Google Play dan App Store dengan nama TapADo-Human Body. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menemukan video tersembunyi dari gambar-gambar di buku dan belajar tentang anatomi tubuh manusia dengan cara yang menyenangkan!

Nah, itulah beberapa contoh cerita non fiksi pendek singkat dalam berbagai tema. Mulai dari buku motivasi, biografi, ensiklopedia, personal literatur, dan contoh cerita non fiksi tentang pendidikan. Semua buku di atas memberikan wawasan dan pelajaran berharga. Coba sebutkan contoh buku non fiksi favoritmu di kolom komentar dong

Kalau kamu mau belajar tentang cerita non fiksi menarik lainnya, yuk belajar bareng Master Teacher terbaik di Brain Academy! Bisa belajar online di rumah atau offline di cabang terdekat dari rumahmu!

Brain Academy

 

Referensi:

The Power of Habits:https://www.gramedia.com/products/the-power-of-habit-2019-1

Koala Kumal: https://www.gramedia.com/products/koala-kumal-edisi-revisi

Kisah, Perjuangan, & Inspirasi B.J. Habibie: https://www.gramedia.com/products/bj-habibie-kisah-perjuangan-inspirasi

Educated: https://www.gramedia.com/products/terdidik-educated-sebuah-memoar

Mindset: https://www.gramedia.com/products/mindset

Kamu Gak Sendiri: https://www.gramedia.com/products/kamu-gak-sendiri-1

Atomic Habits:https://www.gramedia.com/products/atomic-habits

Segala-galanya Ambyar:https://www.gramedia.com/products/segala-galanya-ambyar-1

Filosofi Teras: https://www.gramedia.com/products/filosofi-teras-new-cover 

I Want to Die but I Want to Eat Tteokbokki: https://www.gramedia.com/products/i-want-to-die-but-i-want-to-eat-tteokpokki 

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat:https://www.gramedia.com/products/sebuah-seni-untuk-bersikap-bodo-amat-3 

Loving the Wounded Soul:https://www.gramedia.com/products/loving-wounded-soul 

Berani Tidak Disukai:https://www.gramedia.com/products/berani-tidak-disukai

The Book of IKIGAI: https://www.gramedia.com/products/the-book-of-ikigai 

Ensiklopedia Tubuh Manusia: https://www.gramedia.com/products/buku-ensiklopedia-interaktif-tubuh-manusia

(Diakses: 20 Mei 2024)

Devi Lianovanda