15 Contoh Buku Fiksi dari Berbagai Macam Tema

contoh buku fiksi

Buku fiksi berisi tentang cerita imajinasi yang muncul dari khayalan pengarangnya. Yuk, simak 15 contoh buku fiksi dari berbagai macam tema

Merujuk dari laman Amazon.com, seri novel Harry Potter termasuk dalam 10 contoh buku fiksi yang banyak dibaca. Novel ini menceritakan tentang seorang penyihir muda dalam menghadapi penyihir jahat bernama Lord Voldemort yang terjadi di sekolah sihir Hogwarts. 

Novel Harry Potter tersebut memuat contoh cerita fiksi yang membawa pembaca ke dalam dunia sihir yang penuh keajaiban dan petualangan yang menegangkan. Dalam setiap halaman, pembaca disuguhkan dengan imajinasi yang menarik dari pengarangnya yaitu J.K. Rowling.

Bagi kamu yang suka cerita fiksi, simak dan baca yuk beberapa contoh buku fiksi atau cerita fiksi yang paling seru dan menarik berikut ini.

 

Pengertian Buku Fiksi

Secara garis besar, buku fiksi adalah buku yang berisi tentang cerita imajinasi atau khayalan. Cerita dalam buku fiksi tidak didasarkan pada kejadian nyata, melainkan ide  cerita muncul dari khayalan pengarangnya. 

Dalam cerita fiksi, pembaca diajak untuk masuk ke dunia yang diciptakan pengarang, menjelajahi tempat yang belum pernah dikunjungi, bertemu dengan karakter-karakter yang unik, dan mengalami petualangan yang tak terduga. Contoh buku fiksi adalah novel, dongeng, cerpen, dan komik.

 

Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi & Non Fiksi dari Ciri, Struktur, serta Contoh

 

Ciri-Ciri Buku Fiksi

1. Berisi Cerita Imajinatif 

Buku fiksi dibuat dari imajinasi pengarangnya. Cerita dalam buku fiksi seringkali tidak terikat pada kenyataan sehingga pengarang menggunakan imajinasi mereka dengan bebas.

 

2. Karakter dan Latar Belakang Cerita yang Unik

Buku fiksi seringkali memiliki karakter yang tidak biasa dan latar belakang tempat maupun waktu yang unik. Berikut 5 contoh buku fiksi yang memiliki karakter unik antara lain Supernova, Aroma Karsa, The Chronicles of Narnia #1: The Magician’s Nephew, Pangeran Cilik: Le Petit Prince, dan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.

 

3. Ditulis Tanpa Menggunakan Kaidah yang Baku

Pengarang buku fiksi biasanya menulis cerita tanpa memakai kaidah yang baku. Pemilihan diksi dan gaya penulisan juga tidak terikat aturan tertentu atau bebas.

 

4. Mengandung Pesan atau Moral

Meskipun cerita fiksi mungkin mengambil tempat dalam dunia imajinasi, banyak dari mereka mengandung pesan atau moral yang relevan dengan kehidupan nyata. 

 

5. Bervariasi dalam Berbagai Tema

Buku fiksi mencakup berbagai tema, termasuk fantasi, fiksi ilmiah, fiksi historis, fiksi biografis, hikayat, hingga cerita perumpamaan. 

 

Baca Juga: 15 Contoh Cerita Legenda dari Berbagai Daerah

 

Contoh Buku Fiksi 

Dibawah ini adalah beberapa contoh buku fiksi beserta identitasnya dari berbagai macam tema yang bisa menjadi referensi bacaanmu!

1. Aroma Karsa

Buku fiksi ini ditulis oleh Dewi Lestari atau akrab disebut Dee Lestari. Novel ini diterbitkan pada tahun 2018 oleh Bentang Pustaka. Novel Aroma Karsa berisi mengenai berbagai cerita, mulai dari petualangan, misteri, mitologi, epigrafi, keluarga, persahabatan, hingga percintaan. 

***

Dalam novel ini, dikisahkan sosok Raras Prayagung yang terobsesi untuk mencari dan menemukan sebuah bunga yang dipercaya dapat mengabulkan segala keinginan. Bunga tersebut bernama Puspa Karsa. Bunga tersebut berada di sebuah tempat rahasia dan hanya dapat ditemukan melalui aromanya.

Dari sebuah lontar kuno, Raras Prayagung mengetahui bahwa Puspa Karsa yang dikenalnya sebagai dongeng, ternyata tanaman sungguhan yang tersembunyi di tempat rahasia.

Obsesi Raras memburu Puspa Karsa, bunga sakti yang konon mampu mengendalikan kehendak dan cuma bisa diidentifikasi melalui aroma, mempertemukannya dengan Jati Wesi. Jati memiliki penciuman luar biasa. Di TPA Bantar Gebang, tempatnya tumbuh besar, ia dijuluki si Hidung Tikus. Dari berbagai pekerjaan yang dilakoninya untuk bertahan hidup, satu yang paling Jati banggakan, yakni meracik parfum.

Kemampuan Jati memikat Raras. Bukan hanya mempekerjakan Jati di perusahaannya, Raras ikut mengundang Jati masuk ke dalam kehidupan pribadinya. Bertemulah Jati dengan Tanaya Suma, anak tunggal Raras, yang memiliki kemampuan serupa dengannya. Semakin jauh Jati terlibat dengan keluarga Prayagung dan Puspa Karsa, semakin banyak misteri yang ia temukan, tentang dirinya dan masa lalu yang tak pernah ia tahu.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/37830526-aroma-karsa)

 

2. Bumi Manusia

Buku fiksi histori ini merupakan karya Pramoedya Ananta Toer yang diterbitkan pada tahun 2005 oleh Lentera Dipantara. 

***

Roman Tetralogi Buru mengambil latar belakang dan cikal bakal nation Indonesia di awal abad ke-20. Dengan membacanya waktu kita dibalikkan sedemikian rupa dan hidup di era pergerakan nasional mula-mula, juga pertautan rasa, kegamangan jiwa, percintaan, dan pertarungan kekuatan anonim para srikandi yang mengawal penyemaian bangunan nasional yang kemudian kelak melahirkan Indonesia modern.

Roman bagian pertama; Bumi Manusia, sebagai periode penyemaian dan kegelisahan dimana Minke sebagai aktor sekaligus kreator adalah manusia berdarah priyayi yang semampu mungkin keluar dari kepompong kejawaannya menuju manusia yang bebas dan merdeka, di sudut lain membelah jiwa ke-Eropa-an yang menjadi simbol dan kiblat dari ketinggian pengetahuan dan peradaban.

Pram menggambarkan sebuah adegan antara Minke dengan ayahnya yang sangat sentimentil: Aku mengangkat sembah sebagaimana biasa aku lihat dilakukan punggawa terhadap kakekku dan nenekku dan orangtuaku, waktu lebaran. Dan yang sekarang tak juga kuturunkan sebelum Bupati itu duduk enak di tempatnya. Dalam mengangkat sembah serasa hilang seluruh ilmu dan pengetahuan yang kupelajari tahun demi tahun belakangan ini. Hilang indahnya dunia sebagaimana dijanjikan oleh kemajuan ilmu …. Sembah pengagungan pada leluhur dan pembesar melalui perendahan dan penghinaan diri! Sampai sedatar tanah kalau mungkin! Uh, anak-cucuku tak kurelakan menjalani kehinaan ini.

“Kita kalah, Ma,” bisikku.

“Kita telah melawan, Nak, Nyo, sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya.”

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/1398034.Bumi_Manusia)

 

3. Laut Bercerita

Leila S. Chudori adalah seorang penulis Indonesia yang menghasilkan berbagai karya cerita pendek, novel, maupun skenario drama. Salah satu contoh cerita fiksi yang menarik karya dia dimuat dalam novel Laut Bercerita. Novel ini diterbitkan tahun 2017 oleh Kepustakaan Populer Gramedia.

Laut Bercerita, novel terbaru Leila S. Chudori, bertutur tentang kisah keluarga yang kehilangan, sekumpulan sahabat yang merasakan kekosongan di dada, sekelompok orang yang gemar menyiksa dan lancar berkhianat, sejumlah keluarga yang mencari kejelasan akan anaknya, dan tentang cinta yang tak akan luntur.

***

Jakarta, Maret 1998

Di sebuah senja, di sebuah rumah susun di Jakarta, mahasiswa bernama Biru Laut disergap empat lelaki tak dikenal. Bersama kawan-kawannya, Daniel Tumbuan, Sunu Dyantoro, Alex Perazon, dia dibawa ke sebuah tempat yang tak dikenal. Berbulan-bulan mereka disekap, diinterogasi, dipukul, ditendang, digantung, dan disetrum agar bersedia menjawab satu pertanyaan penting: siapakah yang berdiri di balik gerakan aktivis dan mahasiswa saat itu.

Jakarta, Juni 1998

Keluarga Arya Wibisono, seperti biasa, pada hari Minggu sore memasak bersama, menyediakan makanan kesukaan Biru Laut. Sang ayah akan meletakkan satu piring untuk dirinya, satu piring untuk sang ibu, satu piring untuk Biru Laut, dan satu piring untuk si bungsu Asmara Jati. Mereka duduk menanti dan menanti. Tapi Biru Laut tak kunjung muncul.

Jakarta, 2000

Asmara Jati, adik Biru Laut, beserta Tim Komisi Orang Hilang yang dipimpin Aswin Pradana mencoba mencari jejak mereka yang hilang serta merekam dan mempelajari testimoni mereka yang kembali. Anjani, kekasih Laut, para orangtua dan istri aktivis yang hilang menuntut kejelasan tentang anggota keluarga mereka. Sementara Biru Laut, dari dasar laut yang sunyi bercerita kepada kita, kepada dunia tentang apa yang terjadi pada dirinya dan kawan-kawannya.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/36393774-laut-bercerita)

 

4. Negeri 5 Menara

Buku fiksi sejarah bertema persahabatan, pendidikan, dan kemanusian ini merupakan karya Ahmad Fuadi yang diterbitkan tahun 2009 oleh Gramedia Pustaka Utama. 

***

Alif lahir di pinggir Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Masa kecilnya adalah berburu durian runtuh di rimba Bukit Barisan, bermain bola di sawah berlumpur dan tentu mandi berkecipak di air biru Danau Maninjau.

Tiba-tiba saja dia harus naik bus tiga hari tiga malam melintasi punggung Sumatera dan Jawa menuju sebuah desa di pelosok Jawa Timur. Ibunya ingin dia menjadi Buya Hamka walau Alif ingin menjadi Habibie. Dengan setengah hati dia mengikuti perintah Ibunya: belajar di pondok.

Di kelas hari pertamanya di Pondok Madani (PM), Alif terkesima dengan “mantera” sakti man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses.

Dia terheran-heran mendengar komentator sepakbola berbahasa Arab, anak menggigau dalam bahasa Inggris, merinding mendengar ribuan orang melagukan Syair Abu Nawas dan terkesan melihat pondoknya setiap pagi seperti melayang di udara.

Dipersatukan oleh hukuman jewer berantai, Alif berteman dekat dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa. Di bawah menara masjid yang menjulang, mereka berenam kerap menunggu maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak pulang ke ufuk. Di mata belia mereka, awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing. Kemana impian jiwa muda ini membawa mereka? Mereka tidak tahu. Yang mereka tahu adalah: Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/6688121-negeri-5-menara)

 

5. Gadis Kretek

Gadis Kretek karya Ratih Kumala ini diterbitkan tahun 2012 oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku fiksi ini tidak sekedar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Dengan latar Kota M, Kudus, Jakarta, dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan industri kretek di Indonesia.

***

Pak Raja sekarat. Dalam menanti ajal, ia memanggil satu nama perempuan yang bukan istrinya; Jeng Yah. Tiga anaknya, pewaris Kretek Djagad Raja, dimakan gundah. Sang Ibu pun terbakar cemburu terlebih karena permintaan terakhir suaminya ingin bertemu Jeng Yah. Maka berpacu dengan malaikat maut, Lebas, Karim, dan Tegar, pergi ke pelosok Jawa untuk mencari Jeng Yah, sebelum ajal menjemput sang Ayah.

Perjalanan itu bagai napak tilas bisnis dan rahasia keluarga. Lebas, Karim dan Tegar bertemu dengan buruh bathil (pelinting) tua dan menguak asal-usul Kretek Djagad Raja hingga menjadi kretek nomor 1 di Indonesia. Lebih dari itu, ketiganya juga mengetahui kisah cinta ayah mereka dengan Jeng Yah, yang ternyata adalah pemilik Kretek Gadis, kretek lokal Kota M yang terkenal pada zamannya.

Apakah Lebas, Karim dan Tegar akhirnya berhasil menemukan Jeng Yah?

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/13487229-gadis-kretek)

 

6. Pulang

Novel “Pulang” karya Leila S. Chudori mengisahkan perjalanan hidup empat orang eksil politik Indonesia yang terusir dari tanah air akibat peristiwa 1965. Berlatar di berbagai tempat dan waktu, novel ini membawa pembaca menyelami pergolakan batin para eksil dan kerinduan mereka untuk kembali ke Indonesia. Novel ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia tahun 2012.

***

Paris, Mei 1968.

Ketika revolusi mahasiswa berkecamuk di Paris, Dimas Suryo seorang eksil politik Indonesia bertemu Vivienne Deveraux, seorang mahasiswa Prancis yang ikut demonstrasi melawan pemerintah Prancis. Pada saat yang sama, Dimas menerima kabar dari Jakarta: Hananto Prawiro, sahabatnya, ditangkap tentara dan dinyatakan tewas. Dimas merasa cemas dan gamang. Bersama puluhan wartawan dan seniman lain, dia tak bisa kembali ke Jakarta karena paspornya dicabut oleh pemerintah Indonesia. Sejak itu mereka mengelana tanpa status yang jelas dari Santiago ke Havana, ke Peking dan akhirnya mendarat di tanah Eropa untuk mendapatkan suaka dan menetap di sana.

Di tengah kesibukan mengelola Restoran Tanah Air di Paris bersama tiga kawannya: Nug, Tjai, dan Risjaf—mereka berempat disebut Empat Pilar Tanah Air—Dimas, terus-menerus dikejar rasa bersalah karena kawan-kawannya di Indonesia satu persatu tumbang, dikejar, ditembak, atau menghilang begitu saja dalam perburuan Peristiwa 30 September. Apalagi dia tak bisa melupakan Surti Anandari—isteri Hananto—yang bersama ketiga anaknya berbulan-bulan diinterogasi tentara.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/16174176-pulang)

 

7. The Alchemist – Sang Alkemis

Buku fiksi karya Paulo Coelho ini diterbitkan pertama tahun 1988 dan cetakan kedua tahun 2005 oleh Gramedia Pustaka Utama. Bercerita tentang seorang gembala muda bernama Santiago yang berkelana untuk mewujudkan mimpi berulang tentang harta terpendam di dekat piramida Mesir. 

***

“Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita?” tanya si anak, ketika mendirikan tenda pada hari itu.

“Sebab, di mana hatimu berada, di situlah hartamu berada.”

Demikian selintas percakapan antara Sang Alkemis dan Santiago, anak gembala yang mengikuti suara hatinya dan berkelana mengejar mimpinya. Perjalanan tersebut membawanya ke Tangier serta padang gurun Mesir, dan di sanalah dia bertemu sang Alkemis yang menuntunnya menuju harta karunnya, serta mengajarinya tentang Jiwa Dunia, cinta, kesabaran, dan kegigihan.

Perjalanan itu pulalah yang membawanya menemukan cinta sejatinya : Fatima, gadis gurun yang setia menanti kepulangannya.

Sang Alkemis telah menjadi salah satu buku yang paling banyak dibaca di dunia. Kisah sederhana yang indah dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/1498842.The_Alchemist_ Sang_Alkemis)

 

8. Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng

Buku fiksi filosofis ini merupakan karya Jostein Gaarder, penulis asal Norwegia dan diterjemahkan oleh A. Rhartati Bambang , serta diterbitkan pada tahun 2015 oleh Mizan. Buku fiksi ini bercerita tentang dua tokoh utama, Petter  “si Laba-Laba” dan Columbine, yang terhubung oleh cerita dan imajinasi mereka.

***

Novel ini akan mempertemukan Anda dengan Petter “si Laba-Laba.” Tokoh ciptaan Gaarder yang paling membuat penasaran setelah Sophie dari Dunia Sophie. Sejak kecil, Petter tak berkawan dan lebih suka menyendiri di dalam dunia yang dia ciptakan. Dia terobsesi dengan cerita-cerita, terutama dengan cerita Panina Manina sang Putri Sirkus yang dikarangnya sendiri.

Hingga dewasa pun, imajinasinya terus merajalela. Tetapi, dia tidak mau memublikasikan cerita-cerita yang dia tulis atas namanya. Dia membenci ketenaran. Dia memilih menciptakan Writers Aid, sebuah program yang didesain untuk menyediakan cerita-cerita bagi pengarang-pengarang internasional yang mengalami kebuntuan ide.

Meskipun programnya ini pada awalnya sangat sukses, segera terbukti bahwa Petter si Laba-Laba akhirnya terjebak dalam jejaring yang ditenunnya sendiri. Skandal memalukan dalam dunia sastra internasional itu perlahan-lahan terkuak dan nyawa Petter terancam oleh pengarang-pengarang besar yang ingin menyelamatkan nama baik mereka. Tak disangka-sangka, kehancuran rencana Petter itu bersumber dari perbuatannya sendiri pada masa lalu.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/3131683-putri-sirkus-dan-lelaki-penjual-dongeng)

 

9. Juragan Haji

Juragan Haji adalah kumpulan cerpen karya Helvy Tiana Rosa yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2008 oleh Gramedia Pustaka Utama. Kumpulan cerpen ini mengangkat tema tentang kehidupan umat Islam di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan ibadah haji.

Cerita dalam Juragan Haji berfokus pada berbagai aspek kehidupan para calon haji dan haji, mulai dari persiapan mereka untuk berangkat ke Tanah Suci, pengalaman mereka selama di Mekah dan Madinah, hingga setelah mereka kembali ke tanah air.

Helvy Tiana Rosa menggambarkan berbagai realitas yang dihadapi oleh para calon haji dan haji, baik yang positif maupun negatif. Dia menunjukkan bagaimana ibadah haji dapat menjadi pengalaman yang transformatif bagi mereka, dan bagaimana hal itu dapat mengubah cara mereka memandang kehidupan.

***

Naik haji lagi?” Mata tua Mak Siti berbinar, sesaat menerawang. “Jadi sudah tiga kali ya, Bu Juragan?”

Mak Siti kaget mendengar majikannya mau naik haji lagi! Sang juragan sudah berkali-kali naik haji sementara Mak Siti sekalipun belum punya kesempatan pergi ke Mekkah karena keterbatasan uang yang dia miliki. Tapi itu tidak menyurutkan semangat Mak Siti untuk bercita-cita mengunjungi rumah Allah walau ia hanya memiliki uang satu juta rupiah. Mimpinya melambung tinggi bersama mimpi ibunya di kampung dan mimpi umat Muslim lain yang begitu rindu untuk mengunjungi tanah suci.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/23149123-juragan-haji)

 

10. Kereta Tidur

Kereta Tidur merupakan cerita pendek fiksi karya Avianti Armand yang diterbitkan tahun 2011 oleh Gramedia Pustaka Utama. Setiap cerita di dalam buku ini memancing pemaknaan baru atas hal-hal yang biasa kita temui, seperti konflik cinta, masalah keluarga, dan pertanyaan atas eksistensi manusia. Unik, indah, dan mengusik dengan jalan cerita yang tak terduga-duga.

***

Pohon-pohon jati muda menjulang melampauimu, melampauiku – melampaui kita. “Nantinya mereka akan hidup melampaui umurku, umurmu – umur kita,” katamu. Siapa yang pernah menanam pohon akan tahu bahwa yang tumbuh bukan hanya sebuah batang dalam ruang, tapi juga sebentuk tanda dalam waktu. (Matahari)

***

Di pohon-pohon raksasa itu tinggal babi-babi dengan tubuh tambun dan lemak bertumpuk. Babi-babi akan menyukai apel-apel kecil di dadaku. Dengan napas mendengus dan suara menguik-nguik, mereka akan menjilati dan menggerogotinya. Babi memang rakus. Air liur mereka akan menetes-netes, meninggalkan bau bacin yang susah hilang. Tapi jangan kuatir, babi-babi itu pemurah dan tak pernah marah. Kau akan sanggup membeli sabun wangi sesudahnya, dan sepasang sepatu kaca. Kilapnya akan membuatmu lupa. (Kupu-kupu)

***

Suatu ketika, aku begitu kesal, sampai mengusulkan pada ibu untuk menukarku dengan Lara. Ibu bilang, keluarga tak bisa ditukar. Aku bilang, sayang sekali. Soalnya, kalau bisa, aku ingin menukar ibu. Ibuku terkejut. Dengan siapa, tanyanya marah. Dengan Nyai Roro Kidul, jawabku mantap. (Sempurna)

***

Lelaki yang dicintai ibu mencintaiku juga. Ia suka membelai kepalaku dan membelikan aku berbagai jajanan: permen dan aneka keripik yang mengandung MSG. Aku tahu, permen tak baik untuk gigi, dan MSG tak baik untuk otak, tapi aku tak peduli. Ibu tak pernah membelikan jajanan dan tak memberikan ayah. Jadi, lelaki ini ideal. (Perempuan Tua dalam Kepala)

***

Mendekati pagi, sebuah bintang berkelip di timur. Suaranya berdenting bening. Sania menjulurkan tangan. Tapi seseorang mendahuluinya. Lelaki itu tiba-tiba telah menggenggam bintang tadi di tangannya. Ia mendekat. Membuka genggamannya. Bintang timur itu berkilau di mata mereka. (Dongeng dari Gibraltar)

(Sumber: https://goodreads.com/book/show/11980825-kereta-tidur)

 

11. Robohnya Surau Kami

Robohnya Surau Kami merupakan cerita pendek karya A.A. Navis yang pertama kali terbit pada tahun 1956. Robohnya Surau Kami menceritakan kisah seorang penjaga surau tua bernama Ajo Sidi yang hidupnya didedikasikan untuk beribadah dan mengabdikan diri kepada Tuhan.Cerita pendek karya A.A. Navis selalu menghadirkan tentang kehidupan masyarakat dan nilai-nilai kemanusiaan.

Selain Robohnya Surau Kami, terdapat 5 contoh cerita fiksi lainnya yang bertema serupa karya A.A. Navis yaitu Anak Kebanggaan, Angin dari Gunung, Bayang-bayang, Datang dan Perginya, serta Dua Orang Sahabat. 

***

Dalam cerpen Robohnya Surau Kami, berdialoglah Tuhan dengan Haji Saleh, seorang warga negara Indonesia yang selama hidupnya hanya beribadah dan beribadah…

“kenapa engkau biarkan dirimu melarat, hingga anak cucumu teraniaya semua. Sedang harta bendamu kau biarkan orang lain yang mengambilnya untuk anak cucu mereka. Dan engkau lebih suka berkelahi antara kamu sendiri, saling menipu, saling memeras. Aku beri kau negeri yang kaya raya, tapi kau malas. Kau lebih suka beribadat saja, karena beribadat tidak mengeluarkan peluh, tidak membanting tulang. Sedang aku menyuruh engkau semuanya beramal di samping beribadat. Bagaimana engkau bisa beramal kalau engkau miskin. Engkau kira aku ini suka pujian, mabuk disembah saja, hingga kerjamu lain tidak memuji-muji dan menyembahku saja.

Tidak…” Semua jadi pucat pasi tak berani berkata apa – apa lagi. Tahulah mereka sekarang apa jalan yang diridai Allah di dunia.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/1455480.Robohnya_Surau_Kami)

 

12. Dongeng Calon Arang

Buku fiksi karya Pramoedya Ananta Noer ini diterbitkan pada tahun 1999 oleh Yayasan Bentang Budaya. Ceritanya mengajarkan tentang kebaikan, keadilan, dan perjuangan melawan kejahatan.

***

Cerita Calon Arang bertutur tentang kehidupan seorang perempuan tua yang jahat. Pemilik teluh hitam dan penghisap darah manusia. Ia pongah. Semua-mua lawan politiknya dibabatnya. Yang mengkritik dihabisinya. Ia senang menganiaya sesama manusia, membunuh, merampas dan menyakiti. Ia punya banyak ilmu ajaib untuk membunuh orang… murid-muridnya dipaksa berkeramas dengan darah manusia. Kalau sedang berpesta, mereka tak ubahnya sekawanan binatang buas, takut orang melihatnya.

Tapi kejahatan ini pada akhirnya bisa ditumpas di tangan jejari kebaikan dalam operai terpadu yang dipimpin Empu BAradah. Empu ini bisa mengembalikan kehidupan masyarakat yang gonjang-ganjing ke jalan yang benar sehingga hidup bisa lebih baik dan lebih tenang, tidak buat permainan segala macam kejahatan.

(Sumber: https://www.goodreads.com/book/show/963139.Dongeng_Calon_Arang)

 

13. Komik Detective Conan

Detective Conan merupakan seri manga detektif Jepang karya Gosho Aoyama yang diterbitkan pada tahun 1994 Shogakukan. Komik fiksi bertema misteri dan kriminal ini bercerita tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA yang tubuhnya menyusut menjadi kecil ketika menyelidiki kasus misterius. Dia memecahkan kasus dengan meniru suara dari ayah teman masa kecilnya.

***

Shinichi Kudo adalah seorang detektif SMA yang terkadang bekerja dengan polisi untuk memecahkan kasus tertentu. Selama penyelidikan, ia disergap dan dilumpuhkan oleh anggota sindikat kejahatan yang dikenal sebagai Organisasi Hitam. Dalam upaya untuk membunuh detektif muda itu, mereka menelan paksa obat percobaan yang berbahaya. Namun, obat tersebut mengubahnya menjadi anak-anak daripada membunuhnya. 

Mengadopsi nama samaran Conan Edogawa dan merahasiakan identitas aslinya, Kudo tinggal bersama teman masa kecilnya Ran Mouri dan ayahnya Kogoro Mouri, yang merupakan seorang detektif swasta. Sepanjang seri tersebut, ia ikut serta dalam kasus yang ditangani oleh Kogoro. 

Meskipun demikian, setelah Kudo berhasil memecahkan kasus tersebut, ia akan menggunakan jarum bius yang tersembunyi dalam peralatan Prof. Agasa untuk membius Kogoro dan kemudian menggunakan pengubah suara yang dapat menirukan suaranya untuk mengungkapkan pemecahan kasus. Ia juga bersekolah di sekolah dasar setempat di mana ia berteman dengan beberapa teman sekelas yang membentuk Grup Detektif Cilik. 

Sementara ia terus menggali lebih dalam informasi mengenai Organisasi Hitam, ia sering berinteraksi dengan karakter lain, termasuk tetangganya, Prof. Agasa, teman Ran Sonoko Suzuki, sesama detektif SMA Heiji Hattori, berbagai detektif polisi dari berbagai daerah, dan pencuri bayangan bernama Kaito Kid.

Kudo kemudian bertemu dengan seorang pelajar pindahan sekolah dasar, Ai Haibara, yang mengungkapkan dirinya sebagai mantan anggota Organisasi Hitam dan pencipta obat percobaan yang membuatnya menyusut. 

Dia juga menelannya untuk menghindari pengejaran organisasi. Ia kemudian bergabung dengan Grup Detektif Cilik. Selama berhadapan dengan Organisasi Hitam, Conan membantu FBI untuk menyusupkan agen CIA, Kir, dalam Organisasi Hitam sebagai mata-mata.

(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Detektif_Conan)

 

14. Komik One Piece

Komik One Piece merupakan karya Eiichiro Oda yang diterbitkan tahun 1997 oleh Shueisha. Komik fiksi ini bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy, seorang anak laki-laki yang memiliki tubuh elastis bersama kru bajak lautnya yang menjelajahi Grand Line untuk mencari harta karun terbesar didunia yang dikenal sebagai “One Piece”.

Di Indonesia, komik ini diterjemahkan dan dipublikasikan oleh Elex Media Komputindo. Hingga Maret 2024, komik One Piece sudah memiliki 1.111 chapter dan 108 volume. Komik ini juga merupakan manga paling laris sepanjang sejarah Jepang karena terjual lebih dari 480 juta copy.

(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/One_Piece)

 

15. Komik Crayon Shinchan

Seri manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshito Usui. Diterbitkan pada tahun 1990-2010 oleh Futabasha Publishers. Komik ini bercerita tentang petualangan dan keseharian anak berusia lima tahun bernama Shinnosuke “Shin” Nohara beserta orang tua, adik bayinya, dan anjingnya (Shiro) dengan berlatar di Kasukabe, Jepang. 

Setiap komik Crayon Shincan umumnya berisi satu cerita lepas pendek yang tidak berkaitan satu sama lain. Cerita di komik ini banyak membahas kultur dan kehidupan masyarakat Jepang.

(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Crayon_Shinchan)

Dari contoh-contoh buku fiksi tersebut, kamu bisa menjadikan beberapa diantaranya sebagai salah satu referensi bacaanmu, lho. Meskipun novel. cerpen, komik, dan dongeng termasuk cerita fiksi, penulis seringkali mengambil inspirasi dari peristiwa atau fakta tertentu. Hal itulah yang membuat pembaca selalu terbawa pada alur ceritanya.

Selain itu, jika kamu tertarik untuk menemukan contoh cerita fiksi yang menarik lainnya, kamu bisa menanyakan dan mempelajarinya bersama Master Teacher Bahasa Indonesia di Brain Academy. Yuk, ikuti kelas gratisnya sekarang juga!

IDN CTA Blog Brain Academy Center

 

Referensi:

detik.com/sumut/berita/d-6619207/12-contoh-cerita-fiksi-berbagai-tema-pengertian-struktur-dan-penjelasannya (diakses 20 April 2024)

edukasi.okezone.com/read/2023/08/25/624/2871043/10-contoh-buku-fiksi-dan-non-fiksi (diakses 22 April 2024)

amazon.com/dp/B0192CTMYG/ref=chrt_bk_rd_fc_3_sn_lp#customerReviews (diakses 22 April 2024)

Olivia Yunita