10 Contoh Artikel Singkat & Menarik dari Berbagai Tema

contoh artikel

Mau menulis artikel tapi masih bingung? Brain Academy punya macam-macam contoh artikel dengan topik beragam. Yuk, baca bareng bareng!

Kalau kamu mengetik sebuah kata kunci atau keyword di Google, kamu akan menemukkan list artikel. Contohnya kayak gini nih.

contoh hasil pencarian artikel

Yup, artikel adalah salah satu wadah untuk memperoleh informasi. Artikel disusun berdasarkan opini dan data-data yang dikumpulkan penulis. Artikel umumnya punya 4 struktur. Hayo, masih ingat nggak? Ada judul, pendahuluan, isi, penutup, dan referensi. 

Topik artikel sendiri bisa bermacam-macam, tergantung tren yang sedang populer. kebutuhan para pembaca, atau keperluan akademik. Seperti contoh artikel ilmiah, contoh artikel opini, contoh artikel populer, contoh artikel kesehatan, dan masih banyak lagi.

Biar makin kebayang, yuk simak contoh artikel singkat di bawah ini!

Baca Juga: Artikel: Pengertian, Jenis, Ciri, Struktur & Kebahasaannya

 

1. Contoh Artikel Pendidikan

Mengenal Jenis-jenis Teks Bahasa Inggris Beserta Struktur & Contohnya

Oleh: Intan Aulia Husnunnisa

Reading merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam tes kemahiran bahasa Inggris seperti pada TOEFL atau pun IELTS. Nah, kalau berbicara tentang reading pasti tak lepas dari yang namanya kalimat dan teks bahasa Inggris.

Pada umumnya, macam-macam teks yang akan kamu pelajari di artikel ini nggak jauh berbeda dengan jenis teks dalam bahasa Indonesia. Masing-masing teks tersebut memiliki tujuan/fungsi sosial masing-masing. Jadi, yuk kita cari tahu definisi, fungsi, struktur, dan contoh paragraf dari setiap teks-nya!

Pengertian Teks

Teks adalah sebuah tulisan yang disusun dengan kalimat yang memiliki konteks. Kalau dalam teori sastra, teks adalah segala benda yang dapat “dibaca”, baik benda tersebut berupa karya sastra, tanda jalan, atau gaya pakaian.

Tapi, dalam hal ini, cakupannya hanya akan seputar “tulisan” saja ya, guys. Maka dari itu, setiap teks bahasa Inggris memiliki struktur dan kaidah kebahasaan (language feature) dalam penulisannya.

Jenis-jenis Teks Bahasa Inggris

1. Descriptive Text 

Descriptive text bertujuan untuk menggambarkan/menjelaskan kepada pembaca mengenai seseorang, tempat, benda, hewan, dan hal lainnya secara detail. Pada teks ini, suatu objek akan dipaparkan secara rinci. Fungsinya supaya pembaca bisa membayangkan bagaimana bentuk, suasana, atau wujud dari suatu objek. Struktur dari descriptive text adalah identification dan description.

2. Explanation Text

Sederhananya, descriptive text itu berisi mengenai penjelasan yang menjawab pertanyaan “what” atau “apa”. Nah, sementara, explanation text adalah jenis teks untuk menjawab pertanyaan “how”, alias bagaimana. Jadi, teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan bagaimana suatu hal bisa terjadi, sifatnya logis dan mendetail. 

Umumnya explanation text digunakan banyak orang untuk memaparkan fenomena alam, sosial, dan juga budaya. Supaya pembaca bisa semakin mudah untuk memahami isi teks, biasanya sang penulis akan melengkapi teks dengan gambar yang relevan. Struktur dari explanation text adalah general statement, explanation, dan ada juga yang menambahkannya dengan conclusion.

3. Recount Text 

Kamu hobi mengabadikan pengalaman melalui tulisan? Nah, berarti recount text bisa jadi salah satu teks yang cocok untuk kamu tulis. Jadi, recount adalah teks yang menjelaskan cerita/pengalaman dari kejadian lampau, misal cerita traveling, mengikuti lomba, dan lain-lain.  Struktur teks recount adalah orientation, series of event, kemudian diakhiri dengan reorientation.

4. Narrative Text (Teks Naratif)

Apakah kamu sering mendengarkan kisah Cinderella dan sepatu kacanya? Yap! Itu merupakan salah satu contoh dari narrative text atau narasi yang bersifat fiktif dan menghibur. Narrative text merupakan sebuah teks yang biasa dijadikan sebagai bahan story telling atau dongeng bahasa Indonesia mau pun bahasa Inggris. Generic structure dari narrative text adalah orientation, complication, resolution, dan yang terakhir reorientation.

5. Report Text

Kalau membaca kata “report”, biasanya kita akan langsung teringat dengan “laporan”. Yap, teks ini digunakan untuk menuliskan laporan/informasi dari suatu objek, atau bisa juga dari hasil penelitian. Hmm, apa bedanya dengan descriptive text?

Kalau tujuan dari teks deskripsi itu menceritakan sesuatu secara detail dan lebih spesifik. Nah, dalam report text, sebuah objek akan digambarkan secara umum. Contohnya adalah mengenai “My Cat”, lalu kamu menuliskan bagaimana warna kucing itu, siapa namanya, apa jenisnya, bagaimana ciri-cirinya, etc.

Teks report akan memberikan deskripsi terhadap “Cat” pada umumnya. Misal kakinya ada berapa, bagian tubuhnya ada apa saja, and many more. Dalam teks ini, generic structure yang akan kamu temukan adalah  general classification dan description. 

Meskipun jenis teks bahasa Inggris-nya cukup banyak, kamu nggak perlu galau. Soalnya, English Academy kan sudah memberikan penjelasan masing-masing jenis teks yang populer pada artikel terpisah. Jadi, kamu bisa belajar dengan lebih detail melalui artikel tersebut. Semangat!

(Sumber: https://www.english-academy.id/blog/teks-bahasa-inggris)

Baca juga: Pengertian Teks Tanggapan, Ciri, Kebahasaan, dan Strukturnya

 

2. Contoh Artikel Wisata

Cara Membuat Visa Korea Selatan 2024, Kini Ada Layanan Express!

Oleh: Odelia Agatha

Korea, salah satu negara yang kerap dikunjungi wisatawan mancanegara. Nah, untuk kamu yang pengin pergi berlibur ke luar negeri, tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ya!

Di samping mengurus paspor, ada juga visa nih yang perlu kamu persiapkan. Nah, buat kamu yang akan liburan ke negerinya para oppa alias Korea Selatan, kamu udah tahu belum cara membuat visa Korea Selatan 2024 yang mudah dan cepat? Tenang, cek info lengkapnya di sini!

Cara Membuat Visa Korea Selatan yang Simpel dan Cepat

Visa adalah tanda bukti izin berkunjung ke suatu negara. Persyaratan ini perlu kamu miliki sebelum pergi ke beberapa negara yang mewajibkannya seperti Korea Selatan. Nah, biar kunjunganmu makin tenang, cek dulu langkah dan syarat visa Korea Selatan ini ya!

1. KVAC, Bikin Proses Membuat Visa Korea-mu Makin Mudah

Mengurus visa Korea Selatan tidak lagi bisa dilakukan di Kedutaan Besar Republik Korea Selatan ya, sobat tiket. Melainkan, kamu bisa mengurusnya di Korea Visa Application Center (KVAC) yang berada di lantai 5, Mall Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta.

Selain berpindah tempat, fasilitas loket juga ditambah nih, dari 5 menjadi 12. Tentunya pelayanan dan penanganan pengajuan visa akan lebih cepat. Waktu buka layanan penerimaan pengajuan visa di KVAC pun diperpanjang menjadi mulai dari 09.00 WIB – 15.00 WIB lho.

2. Memilih Jenis Visa Korea yang Tepat. Butuh Cepat? Ada Express Visa!

Cara membuat visa Korea Selatan 2024 yang pertama adalah menentukan jenis visa yang kamu butuhkan. Untuk pilihan jenis visa Korea ada beberapa, di antaranya adalah:

  • Single Visa (Kunjungan di bawah 90 hari) Rp856.000
  • Single Visa Express (Kunjungan di bawah 90 hari) Rp1.318.000
  • Single Visa Khusus (Kunjungan di atas 91 hari) Rp1.164.000
  • Double Visa (Kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan) Rp1.318.000
  • Double Visa Express (Kunjungan sebanyak 2x dan berlaku hingga 6 bulan) Rp1.934.000
  • Multiple Visa (Kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun) Rp1.626.000
  • Multiple Visa Express (Kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku selama 5 tahun) Rp2.242.000
  • Grup Visa (Grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama, khusus pengajuan travel agen yang terdaftar di Kedubes Korea di Indonesia)

3. Melengkapi Syarat Visa Korea

Penting banget, sebelum mengajukan pendaftaran dan mengisi formulir visa Korea, kamu harus banget melakukan pengecekan ulang mengenai kelengkapan data yang dibutuhkan. Dengan begitu, proses pengajuan visamu dijamin akan berjalan lancar deh.

Berikut ini adalah syarat visa Korea 2024 yang diperlukan.

  • Mengunduh formulir pendaftaran dengan foto yang sudah ditempel. (Foto ukuran 35mm x 45mm dengan background putih). Bawalah cadangan foto untuk antisipasi.
  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (berupa halaman identitas/cap negara yang telah dikunjungi)
  • Dokumen Bukti Kekeluargaan atau KK
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar (bagi yang masih sekolah)
  • Fotokopi Bukti Keuangan (SPT PPh 21 / Rekening Koran 3 bulan terakhir dan Surat Referensi Bank)

Lainnya :

  • Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar dan Bukti Keuangan Orang Tua.
  • Ibu Rumah Tangga dan tidak memiliki penghasilan, maka wajib melampirkan Bukti Keuangan Suami/Keluarga.
  • Sedangkan untuk kamu yang ingin membawa Asisten Rumah Tangga, wajib melampirkan Surat Sponsor dari Employer berupa Surat Keterangan Kerja dan Kartu Keluarga.

4. Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah cara membuat visa ke Korea Selatan di poin 1 dan 2 sudah kamu penuhi, maka selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran yang sudah kamu unduh sebelumnya. Isi sesuai dengan instruksi yang tertulis di lembar formulir pendaftaran dengan data sebenar-benarnya.

5. Melakukan Proses Pendaftaran dan Pembayaran

Setelah melengkapi persyaratan dan mengisi formulir, langkah selanjutnya adalah menyerahkan berkas pengajuan visa Korea. Jangan lupa mengenai jam bukanya ya, sobat tiket. Pengajuan visa bisa kamu lakukan di hari kerja yakni Senin-Jumat mulai pukul 10.00-15.00 WIB.

Jangan sampai kamu datang terlalu sore. Lalu proses yang akan kamu lakukan selama di KVAC adalah sebagai berikut:

  • Membayar biaya visa yang sudah kamu pilih. Setelah kamu membayar biaya visa yang dipilih, kamu akan mendapatkan materai untuk ditempel di formulir aplikasi.
  • Setelah membayar dan mendapatkan materai, kamu akan diarahkan untuk menuju tempat pendaftaran visa. Jangan lupa untuk siapkan identitas seperti KTP untuk pengecekan awal.
  • Mengambil nomor antrian sesuai dengan jenis visa yang kamu pilih dan menunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil.
  • Setelah itu, kamu tinggal menyerahkan dokumen dan tanda terima yang wajib kamu bawa saat pengambilan paspor dan visa nantinya.

Visa yang diajukan akan diproses dalam waktu 6 hari kerja. Jadi, kamu baru bisa mengambil visa yang sudah di-approved setelah 6 hari kerja, terhitung sejak 1 hari setelah tanggal pengajuan.

6. Cek Status Visa Secara Online

Kamu bisa melakukan pengecekan secara berkala melalui website https://www.visa.go.kr/ dan isi menu yang dibutuhkan. Ada 3 keterangan status, yaitu under review, approved, dan rejected. Kalau status pengajuan visa kamu tertulis approved, berarti kamu bisa mengambil paspor beserta visa setelah masa 6 hari tadi selesai.

Selain itu kamu juga bisa mengetahui status pengajuan visa melalui pesan singkat. KVAC menyediakan layanan SMS sebanyak tiga kali kepada semua pemohon visa. Ketiga SMS tersebut adalah penerimaan dokumen di KVAC, pemeriksaan dokumen oleh Kedubes, serta persiapan pengambilan visa. Atau kamu juga bisa mengakses ke situs KVAC.

7. Proses Akhir dari Cara Membuat Visa Korea, Mengambil Paspor dan Visa!

Yep, setelah pengajuan visa kamu diterima, maka kamu bisa mengambil paspor dan juga visa yang kamu ajukan. Berbeda dengan saat penyerahan formulir, pengambilan paspor dan visa hanya berlangsung pada pukul 11.00 WIB – 16.00 WIB.

Jangan lupa untuk membawa tanda terima yang diberikan saat proses pengajuan aplikasi pendaftaran. Kamu hanya perlu menaruh tanda terima tersebut di sebuah keranjang dan menunggu giliran kamu dipanggil. Sekarang, tinggal waktunya mempersiapkan diri untuk terbang ke Korea!

Yeay! Bagaimana nih? Cara membuat visa Korea di atas lengkap dan mudah banget kan? Kamu hanya perlu teliti dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar proses penyetujuan visa kamu menjadi lebih mudah, cepat, dan lancar.  Nah, kalau visa udah di tangan, kini persiapkan diri untuk mencari beberapa destinasi menarik yang bisa kamu eksplor selama di Korea.

(Sumber: https://blog.tiket.com/cara-membuat-visa-korea/)

 

3. Contoh Artikel Kesehatan

Bahaya Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Oleh: dr. Rizal Fadli

Antibiotik merupakan jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri. Biasanya, jika infeksi yang terjadi masih dalam kategori ringan, dokter tidak perlu meresepkan obat antibiotik. 

Sementara untuk kasus infeksi bakteri yang sudah parah, dokter baru akan meresepkan penggunaan obat antibiotik. Kondisi lain yang membutuhkan obat antibiotik, yaitu orang-orang dengan kondisi imun tubuh yang lemah, contohnya seperti pengidap HIV atau kanker. 

Hal yang perlu ditegaskan, antibiotik harus dikonsumsi berdasarkan resep dan anjuran dokter. Sebab, obat ini bisa menimbulkan berbagai efek samping bila digunakan secara sembarangan.

Dampak Konsumsi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

Supaya obat ini bisa bekerja lebih aman dan efektif, tentu ada pertimbangan dari dokter sebelum meresepkannya. Contohnya, kondisi medis pengidap, jenis antibiotik yang hendak diresepkan, jenis bakteri yang menjadi penyebab infeksi, hingga dosis dan durasi konsumsinya. 

Setiap jenis antibiotik akan memicu terjadinya efek samping yang berbeda. Efeknya bisa ringan atau justru lebih parah. Menggunakan resep dokter pun tak akan menghindarkan kamu dari efek samping saat mengkonsumsi obat ini, apalagi jika kamu mengonsumsinya tanpa pertimbangan dari pakarnya.

Mau tahu apa saja dampak bila obat ini digunakan secara asal? Berikut ulasannya!

1. Mempengaruhi kerja otak

Antibiotik menjadi jenis obat yang memiliki efek keras, tetapi tetap efektif untuk menekan sekaligus mematikan bakteri yang menjadi penyebab munculnya penyakit.

Meski begitu, kamu tetap perlu tahu bahwa obat satu ini juga mempengaruhi kerja otak sebagai organ penting dalam tubuh. Sangat rentan terjadi depresi dan kecemasan berlebihan hanya dengan satu antibiotik.

2. Risiko obesitas

Penggunaan obat antibiotik pada anak tak hanya berdampak pada kenaikan berat badan saja, tetapi ada juga ada efek yang bisa terjadi dalam jangka panjang. Kondisi ini lantas turut dihubungkan dengan masalah diabetes tipe 2. Pasalnya, seseorang dengan kondisi kegemukan atau obesitas memang memiliki risiko lebih tinggi mengalami diabetes tipe 2.

3. Masalah kesehatan pada usus

Antibiotik memang efektif untuk membasmi bakteri. Namun, apabila obat ini dikonsumsi dengan dosis berlebihan, bakteri baik yang terdapat dalam tubuh pun akan ikut hilang. 

Beberapa orang mendapati kondisi perut menjadi lebih baik setelah minum antibiotik. Meski begitu, ada pula yang mengalami gangguan perut setelah mengkonsumsinya. 

Dalam beberapa kasus, konsumsi antibiotik berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya masalah pada usus, misalnya penyakit Crohn, iritasi pada pencernaan, dan kolitis ulseratif.

4. Terjadi resistensi antibiotik

Terjadinya resistensi antibiotik atau kebal juga bisa terjadi saat kamu mengonsumsi antibiotik dalam dosis yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Jadi, pastikan kamu tidak mengkonsumsi obat ini tanpa resep ya. Dokter tentu lebih mengetahui jenis dan takaran obat sesuai dengan kondisimu.

Yuk, konsumsi antibiotik secara bijak agar infeksi bakteri teratasi tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh. Bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan, tanyakan saja langsung pada dokter ya!

(Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/bahaya-konsumsi-antibiotik-tanpa-resep-dokter)

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri, Struktur, dan Contohnya

 

4. Contoh Artikel Lingkungan

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah dan Panduannya

Oleh: Ganjar Nugraha

Penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi pencemaran tanah di era modern. Ini mengingat kondisi lingkungan kita yang semakin tercemar, terancam oleh pencemaran tanah, yang mencapai tingkat memprihatinkan. Data terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah di seluruh dunia menghadapi masalah serius akibat pencemaran tanah.

Pencemaran tanah sendiri dapat menimbulkan gangguan terhadap kesehatan manusia, bahkan di tingkat yang sangat berbahaya. Beberapa dampak pencemaran tanah bisa menimbulkan beberapa penyakit jangka pendek sampai panjang. Selain pada kesehatan manusia, pencemaran tanah juga berdampak pada ekosistem, baik flora maupun fauna di sekitar kita. Jadi jelas sekali kalau kita harus mengetahui cara mengatasi pencemaran tanah yang tepat untuk mengurangi kerusakan alam ini.

Beberapa dampak pencemaran tanah terhadap ekosistem mulai dari perubahan dalam struktur dan kandungan tanah hingga memutus rantai makanan. Selanjutnya, mari kita simak beberapa cara mengatasi pencemaran tanah akibat pestisida dan kontaminan lainnya.

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

1. Meningkatkan Kesadaran akan Konsep “Reduce, Reuse, Recycle”

Memberikan pemahaman yang kuat terkait konsep reduce, reuse, dan recycle dapat menjadi kunci untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Kampanye, workshop, dan program pendidikan lingkungan di sekolah atau komunitas dapat memotivasi orang untuk mengurangi limbah sekaligus meningkatkan praktek daur ulang.

2. Mengurangi Penggunaan Barang Kemasan

Mengurangi penggunaan barang kemasan juga dapat membantu mengurangi sampah dan polutan di tanah. Penggunaan wadah pribadi saat membeli produk yang dikemas dapat membantu mengurangi limbah.

Selain itu, kita juga dapat mendorong pembelian produk yang mudah terurai (biodegradable). Produk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat diurai oleh proses alam dapat membantu mengurangi akumulasi sampah yang sulit terurai. Selain menjadi cara mengatasi pencemaran tanah yang ampuh, hal ini juga dapat mengurangi beban pada tempat pembuangan sampah.

3. Pengelolaan Aktivitas Pertanian

Meskipun penting, pertanian harus dikelola dengan hati-hati untuk mencegah perubahan komposisi tanah dan erosi. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida harus dikontrol secara ketat, karena penggunaannya secara berlebihan dapat menyebabkan menyebabkan pencemaran tanah. Langkah di atas bisa menjadi cara mengatasi pencemaran tanah akibat pestisida.

4. Memelihara Lapisan Humus

Mencegah lebih baik mengobati, itulah esensi dari cara mengatasi pencemaran tanah ini. Pemeliharaan lapisan humus penting untuk keberlanjutan tanah, dengan melibatkan praktik-praktik seperti rotasi tanaman, pengomposan, dan pertanian tanpa olah tanah.

Melibatkan sisa tanaman dan penggunaan pupuk hijau membantu memasukkan nutrisi dan bahan organik ke dalam tanah. Sementara itu, pengurangan pestisida kimia mendukung keragaman mikroorganisme tanah.

5. Membuang Sampah di Tempat Khusus

Terakhir, membuang sampah di tempat pembuangan yang jauh dari permukiman menjadi langkah penting lainnya untuk menghindari pencemaran tanah dekat permukiman. Kampanye komunitas dan penegakan aturan yang ketat terkait pembuangan sampah harus digaungkan. Hal ini demi membentuk perilaku masyarakat yang lebih bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan sekitar

Itulah tadi langkah dan cara mengatasi pencemaran tanah yang bisa dicoba demi lingkungan yang lebih sehat di masa mendatang. Semoga dengan membaca penjelasan di atas, kita dapat membentuk pola pikir dan perilaku yang lebih berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.

 (Sumber: https://waste4change.com/blog/cara-mengatasi-pencemaran-tanah/)

 

5. Contoh Artikel Ilmiah Populer

Pentingnya Kesehatan Mental di Dunia Kerja dan Cara Mengelolanya

Oleh: Kusariani Adinda

Belakangan ini, isu kesehatan mental sering diperbincangkan oleh banyak kalangan, salah satunya di dunia kerja. Di lingkungan kerja sendiri, kesehatan mental yang stabil dan terjaga akan membuat para karyawan lebih bahagia dan produktif dalam bekerja. Hal ini didorong oleh perusahaan serta para atasan yang suportif dan apresiatif, sehingga para karyawan menjadi lebih semangat dalam mencapai target perusahaan serta menimbun ilmu dari pekerjaan yang dilakukan. 

Menurut Celestinus Eigya Munthe selaku Direktur Kesehatan Jiwa dan NAPZA Kementerian Kesehatan, terjadi peningkatan gangguan kesehatan mental saat pandemi terjadi di tahun 2020, seperti 6,8% meningkatnya penderita gangguan kecemasan dan 8,5% mengalami depresi. Kemudian, Kementerian Kesehatan RI juga mencatat bahwa lebih dari 1.000 orang melakukan percobaan bunuh diri. Munculnya gangguan kesehatan jiwa ini berawal dari burnout yang berkepanjangan.

Dalam dunia kerja, hal ini dipicu oleh banyaknya tekanan dari perusahaan yang berimbas secara psikologis dan emosional pekerja. Kemudian, terjadilah gejala psikosomatis yang mempengaruhi kesehatan fisik tubuh. Misalnya, rasa sakit perut hingga mual dan muntah saat perjalanan kantor, sakit kepala menjelang tidur malam.

Tanda-tanda pekerja mengalami gangguan kesehatan mental

Menurut Jasmine Patel dalam peoplescout.com, berikut adalah tanda-tanda karyawan yang sedang mengalami stres dan gangguan kesehatan pada mental mereka:

  • Rendahnya produktivitas dan motivasi untuk bekerja.
  • Mood karyawan mudah sekali berubah, seperti mudah nervous, mudah tersinggung, banyak diam.
  • Absen dalam beberapa hari. Bisa dengan alasan sakit, akan tetapi karyawan sedang butuh istirahat dan menghindari berbagai hal yang dapat menyerang mentalnya di kantor. 
  • Emosional pekerja tidak stabil, bisa sedih hingga berhari-hari.
  • Menghindar dari interaksi sosial di kantor, baik dengan para atasan maupun rekan tim. Hal ini dikarenakan rasa takut berlebih jika obrolan akan menyinggung kepada kinerja dan suasana hati yang sedang tidak baik. 
  • Sulit tidur karena memikirkan hal seperti apa yang akan terjadi di esok hari.

Cara mengelola kesehatan mental yang terganggu dari diri sendiri

Menurut seorang psikolog di bidang karir, rasa stres dan cemas yang mengganggu dapat dipulihkan secara perlahan dengan kesadaran diri sendiri. Meskipun perasaan itu akan terus datang dan pergi, berkali-kali, akan tetapi kamu sendiri dapat menghalangi kesehatan mental yang sedang terganggu dengan aktivitas yang menyenangkan. Berikut beberapa contoh healing yang bisa kamu coba untuk relaksasi jiwa dan raga.

  • Membiasakan diri untuk hidup work life balance, yaitu menjalani kehidupan personal dan pekerjaan dengan seimbang.
  • Olahraga untuk membangun kesehatan fisik dan memperbaiki mood, minimal 3 kali dalam seminggu. Cobalah untuk tersenyum saat dan setelah olahraga, ya!
  • Makan makanan yang sehat dan penuh gizi, tapi tetap lezat!
  • Luangkan waktu untuk melakukan hobi yang kamu suka. Bisa kamu coba di hari libur kerja, atau setelah jam kerja.
  • Menjalin komunikasi dengan keluarga, sahabat, dan orang terkasih dengan obrolan yang positif. 

Cara perusahaan mengelola kesehatan mental karyawan 

Selain kesadaran diri, kesehatan mental juga perlu disadari oleh manajemen perusahaan. Untuk itu, jika kamu sebagai karyawan sedang bekerja di perusahaan dengan kesadaran kesehatan mental yang tinggi, kamu amat beruntung! 

Lalu, bagaimana cara perusahaan dalam membantu para karyawan agar selalu terjaga kesehatan mental mereka?

  • Membuat program asistensi karyawan sebagai review apa saja kendala, kritik, serta saran para karyawan selama bekerja di perusahaan. Program ini gratis, tim manajemen bisa mengumpulkan berbagai testimoni kerja karyawan melalui email, telepon, atau pertemuan tatap muka. 
  • Memberlakukan sistem kerja work from home atau hybrid dengan jam kerja yang fleksibel. Dikutip dari supportroom.com, studi dari The Bupa di Inggris menyatakan bahwa sistem kerja ini sangat membantu mengontrol mental karyawan dalam bekerja. 
  • Menyediakan jasa konsultasi bersama psikolog yang biayanya ditanggung oleh perusahaan. 
  • Memberi fasilitas asuransi kepada karyawan. Di Indonesia umumnya perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan para pekerja menyediakan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 
  • Tim keuangan perusahaan bersedia menerima pengembalian dana ke karyawan jika berobat ke psikolog atau psikiater. 

Suasana dan lingkungan di dunia kerja sangatlah kompleks dan kita tidak bisa duga sebelumnya. Jika perusahaan tempat kamu bekerja tidak memberikan ruang kesejahteraan dengan jelas, para atasan yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap kerjamu, ditambah lagi dengan segala kerumitan pekerjaan yang membuatmu lelah secara mental hingga mengalami gangguan, kamu sangatlah butuh bantuan. 

(Sumber: https://blog.skillacademy.com/pentingnya-kesehatan-mental)

Baca juga: Mengenal 6 Emosi Dasar Manusia Beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

 

6. Contoh Artikel Praktis tentang Diet

Tips Diet Sehat dan Bugar Menurut Dokter Gizi

Oleh: Tim RS Mitra Keluarga

Punya resolusi dan target untuk capai body goals di tahun ini? Tentunya, Anda juga sudah merencanakan untuk diet menurunkan berat badan, bukan? 

Banyak dari Anda yang masih memiliki mindset jika ingin berat badan ideal harus mengonsumsi makanan dengan porsi sangat sedikit, melewati waktu makan dan menahan lapar, serta mengonsumsi pil atau suplemen diet. Akibatnya, tubuh Anda cepat lemah hingga jatuh sakit, dan fungsi organ tubuh Anda menjadi tidak normal. 

Padahal, diet yang sehat tentunya membuat Anda tetap bugar dan bebas lemas selama beraktivitas. Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Defisit kalori sesuai BMI

Umumnya, jumlah total kalori yang dibakar setiap hari bagi pria minimal 2.500 kalori, sedangkan wanita minimal 2.000 kalori. Untuk menurunkan berat badan, defisit kalori menjadi kunci dalam menurunkan berat badan dengan mengurangi batas anjuran kalori harian. 

Misalnya, wanita yang biasanya memenuhi nutrisi lebih dari 2.500 kalori, maka harus memenuhi asupan antara 1.300-1.500 kalori saja. 

Untuk mengetahui angka kalori defisit ini, lebih akurat jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik agar ditimbang dengan alat khusus yang menyesuaikan dengan body mass index (BMI) berdasarkan tinggi badan dan berat badan saat ini. 

2. Batasi porsi dan jadwal makan

Apabila Anda belum begitu memahami perhitungan defisit kalori, secara sederhana Anda dapat membatasi porsi makan. 

Bagi Anda yang biasanya mengonsumsi makan besar dengan 1 piring ukuran standar, selama diet bisa menggantinya dengan 1 porsi piring kecil. Atau dapat mengambil setengah gram dari porsi sajian normal.  Untuk jadwal makan juga harus Anda sesuaikan, terutama untuk makanan dengan kalori tinggi. 

3. Cukupi kebutuhan air

Karena Anda ingin menurunkan berat badan dengan diet sehat, alihkan minuman manis mengandung gula tinggi yang Anda sukai dengan air mineral. 

Minimal 2 liter sehari, air mineral dapat menekan rasa nafsu makan berlebihan ketika diminum sebelum makan. Paling penting, air mineral memiliki 0 kalori sehingga bisa diminum kapan saja, tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

4. Tidak ada salahnya untuk menikmati cemilan

Pasti banyak dari Anda yang masih takut untuk menyantap camilan saat diet, karena membuat Anda semakin gagal untuk menurunkan berat badan. Padahal, menyantap camilan atau snack juga tetap diperlukan saat diet, lho! Namun, perlu diperhatikan juga komposisi di dalamnya. 

Lebih baik Anda membuat cemilan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang tinggi nutrisi, misalnya kacang-kacangan, yogurt, buah-buahan, madu. 

Dokter gizi klinik sendiri merekomendasikan Anda untuk tetap menikmati diet Anda dengan menyantap camilan sesekali. Kalori yang disarankan adalah 150 kalori saja. 

5. Aktif Berolahraga

Ada prinsip yang cukup populer dalam diet, yaitu 80/20. Artinya, penurunan berat badan terjadi karena 80% pola makan dan 20% dari olahraga serta aktivitas fisik.  Dari prinsip tersebut, tandanya olahraga ikut berperan penting dalam proses penurunan berat badan Anda. Selain mempercepat proses penurunan berat badan dan pembentukan tubuh, olahraga memiliki fungsi lain bagi kesehatan fisik dan psikologi.

Menurunkan berat badan yang sehat berdampak pada tubuh yang bugar dan tidak terjadi peningkatan berat badan dalam waktu singkat. Hal tersebut karena pola makan dan aktivitas fisik yang teratur. 

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengatur pola makan yang sesuai kondisi tubuh Anda, namun ingin sekali menurunkan berat badan sesuai body goals impian, konsultasikan segera ke dokter spesialis gizi terdekat.

(Sumber: https://www.mitrakeluarga.com/artikel/tips-diet-sehat)

 

7. Contoh Artikel Ringan 

Benarkah Perempuan Lebih Sulit Membaca Peta dibanding Laki-laki?

Oleh: Leo Bisma

Apakah kamu pernah ada dalam situasi ini, guys? Kalau pernah, kamu ada diposisi yang menyetir atau yang menunjukkan arah, hayo? Peristiwa ini mungkin pernah terjadi pada semua orang saat di jalan. Tapi uniknya, ada sebuah stigma bahwa perempuan lebih kesulitan dalam membaca maps dibanding laki-laki. Menurutmu, benar nggak seperti itu? Yuk, kita bahas di artikel ini, ya!

Kemampuan Otak Membaca Peta

Sebelum kita mengungkap benar atau tidaknya, mari kita bahas dulu tentang kemampuan yang kita gunakan ketika ingin menemukan rute lewat peta. Ah, masa iya ada kemampuan khusus cuma buat baca peta? Nyatanya memang ada ya guys! Kemampuan ini disebut kemampuan spasial.  

Kemampuan spasial adalah kemampuan manusia untuk membayangkan di dalam pikiran berbagai bentuk benda, dimensinya, koordinat, proporsi, sampai gerakannya. Misalnya nih, ketika kamu diberi arahan, “belok ke kiri di gang yang ada di samping gedung berwarna biru”, kemampuan spasial kamu akan menafsirkan instruksi tersebut. Ada petunjuk, yakni “gang”, “belok kiri”, “gedung biru”. Objek tersebut menjadi penanda agar kamu mengetahui di mana jalan yang dimaksud dengan  benar. Nah, begitulah kemampuan spasial bekerja.

Contoh lainnya adalah, misal kita sedang mencari lokasi dari maps di smartphone. Kita akan fokus pada petunjuk-petunjuk seperti arah panah, tempat unik yang bisa menjadi penanda atau patokan, dan objek tertentu. Kemudian, otak kita akan memprosesnya untuk tau arah mana yang harus ditempuh. Maka dari itu, kadang kita butuh waktu untuk membaca maps di smartphone kita, bukan?

Menurut Allan dan Barbara Pease, pasangan yang menulis buku best seller “Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps” telah ada “ribuan” studi ilmiah terdokumentasi dan riset pemindaian otak yang mengkonfirmasi bahwa laki-laki memiliki area otak tertentu, yakni lobus parietal atau parietal lobe yang didedikasikan untuk kemampuan spasial. 

Selain itu, disebutkan pula bahwa area lobus parietal yang dimiliki laki-laki, secara signifikan lebih besar dibanding yang dimiliki oleh perempuan.

Faktor Perbedaan Jumlah Hormon

Pada dasarnya, perbedaan jenis kelamin sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Namun, seperti yang kita bahas di atas, ada perbedaan dalam kemampuan spasial, dengan alasan fisik tadi. Nah, selain itu, apakah ada faktor lain yang menyebabkan perempuan lebih kesulitan dalam membaca maps? 

Para ilmuwan di Norwegian University of Science and Technology (NTNU) meneliti faktor jumlah hormon testosteron pada laki-laki dan perempuan. Kenapa hormon tersebut? Karena jumlah testosteron antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk itu, penelitian ini menguji apakah perbedaan jumlah hormon tersebut berpengaruh pada keahlian dalam membaca peta.

Hasilnya, peneliti menyimpulkan bahwa laki-laki lebih cenderung mengambil beberapa jalan pintas pada sebuah rute, dan lebih mengandalkan arah mata angin. Hasil uji dari aktivitas otak juga menunjukkan adanya perbedaan pada bagian yang memproses, di antara otak laki-laki dan perempuan.

Hormon testosteron memiliki peran. Laki-laki yang memproduksi lebih banyak testosteron dinilai lebih efektif dengan kemampuan spasial. Lalu, sebagai data pendukung, dilakukan pula percobaan dengan menambahkan hormon testosteron untuk perempuan. Dari percobaan tersebut, hasilnya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan navigasi pada  perempuan yang diberi tambahan hormon testosteron.

Selain hal tersebut, pada faktor yang berbeda, hormon estrogen yang diproduksi perempuan juga mampu menekan kemampuan spasial. Maka bisa disimpulkan, semakin feminin seorang perempuan, maka akan berpengaruh dengan kemampuannya dalam menavigasi atau membaca peta. Wah, bisa gitu ya!

Itulah tadi penjelasan mengenai kenapa perempuan lebih sulit dalam membaca peta atau maps. Kalau kamu mungkin sering nyasar karena salah ambil jalan, atau istilahnya “buta arah”,  jangan minder yak! 

Sekarang jadi lebih tau ‘kan kalau kemampuan spasial memang tidak bisa dikuasai semua orang. Jangan khawatir, kamu tetap bisa melatih kemampuan ini kok, dengan kegiatan yang berhubungan dengan objek dan spasial, misalnya menggambar bentuk, bermain puzzle, atau fotografi. 

(Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/kemampuan-perempuan-dan-laki-membaca-peta)

 

8. Contoh Artikel Opini / Analisis Ahli

Revisi UU Peternakan dan Kesehatan Hewan

Oleh: Rochadi Tawaf

Dewan Pakar PB ISPI dan Penasihat PERSEPSI

Kegagalan membangun peternakan sapi potong selama ini, antara lain, ditunjukkan oleh kegagalan program swasembada daging sapi yang dicanangkan sejak tahun 2000 hingga saat ini.

Menurunnya populasi sapi potong yang sangat signifikan dari 18,6 juta ekor (2022) menjadi 11,3 juta ekor (sensus BPS, 2023) telah menyebabkan terjadinya peningkatan kontribusi impor daging dan sapi dari 32 persen tahun 2016 menjadi 55 persen tahun 2023.

Di samping itu, selama lima tahun terakhir, telah terjadi karut-marut usaha perunggasan yang tak kunjung selesai. Kerugian usaha peternakan unggas menyebabkan bangkrutnya usaha peternakan unggas rakyat.

Selain itu, juga merebak penyakit eksotis ternak, seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak berkuku genap, LSD pada sapi, dan ASF pada babi.

Semua ini diduga sebagai akibat dari longgarnya kebijakan pemerintah dalam pemasukan ternak dan produk ternak dari luar. Bisnis yang tidak kondusif ini juga menyebabkan usaha peternakan di dalam negeri semakin tidak bergairah.

Hal ini akan berdampak pada ketergantungan impor yang semakin membesar. Mengapa semua ini terjadi? Ada yang salah dalam manajemen pembangunan peternakan nasional.

Ada yang salah dalam manajemen pembangunan peternakan nasional.

Kegagalan pembangunan

Di berbagai forum diskusi, para tokoh nasional dan akademisi menunjukkan bahwa permasalahan dan penyebab utama kegagalan pembangunan peternakan berawal dari kebijakan dasarnya.

Kebijakan yang dimaksud adalah Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan (UU PKH) Nomor 41/2014 jo UU PKH Nomor 18/2009, dan diperbaiki lagi dalam UU Cipta Kerja Nomor 11/2020. Pasalnya, hanya dalam waktu yang tidak lama, sejak UU Nomor 18/2009 diundangkan, masyarakat peternakan sapi dan perunggasan telah melakukan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

UU PKH tercatat telah diajukan untuk diuji materi di MK sebanyak tiga kali oleh masyarakat peternak sapi, yaitu pada tahun 2010, 2015, dan 2022, serta oleh masyarakat perunggasan pada tahun 2015.

Demikian juga halnya dengan kebijakan turunannya, yang digugat pula ke Mahkamah Agung pada tahun 2022. Artinya, UU PKH sejak awal tidak mampu mengantisipasi perubahan yang tengah terjadi di masyarakat peternakan.

Faktor penyebab

Beberapa faktor yang merupakan kelemahan sekaligus menjadi penyebab digugatnya UU ini, antara lain, UU PKH Nomor 41/2014 jo UU Nomor 18/2009 yang diperbaiki dalam UU Cipta Kerja Nomor 11/2020 tidak mengatur sepenuhnya perilaku aktor pelaku usaha peternakan.

UU ini lebih banyak mengatur teknis mengenai ternaknya, padahal yang menjadi sasaran pembangunan adalah kesejahteraan masyarakat pelaku usaha peternakan.

Selain itu, UU ini juga hanya fokus pada subsistem budi daya yang seharusnya mengatur pembangunan peternakan secara menyeluruh dari hulu ke hilir, mengikuti pola agribisnis peternakan. Lebih parah lagi, dalam UU ini, tidak ada satu kata pun yang menyebut unggas sebagai komoditas ternak.

Seolah-olah UU ini hanya ditujukan pada ternak ruminansia. Padahal, ruang lingkup peternakan meliputi ternak ruminansia besar dan kecil, babi, unggas dan ternak harapan lain.

Di sisi lain, preambul dalam UU ini mengamanatkan mengenai kesejahteraan masyarakat dengan melakukan pengamanan maksimal (maximum security). Faktanya, batang tubuh UU ini melonggarkan kebijakan maximum security.

Sebagai dampaknya, telah terjadi wabah penyakit hewan strategis, seperti PMK, LSD, serta ASF yang sangat menyengsarakan masyarakat produsen dan konsumen peternakan.

Belajar dari kegagalan

Berdasarkan kondisi yang telah terjadi dan belajar dari kegagalan pembangunan peternakan selama ini, UU PKH seharusnya diarahkan untuk mensejahterakan peternak dengan usahanya. Sebab, jika peternak dan usahanya kondusif dan menguntungkan, tentu peningkatan produksi dan produktivitasnya akan terjadi.

Untuk itu, pola pikir yang harus dimiliki oleh pemerintah adalah peternak merupakan subjek dari pembangunan dan ternak tidak dipandang sebagai obyek komoditas, tapi merupakan sumber daya. Secara operasional, program pemerintah seyogyanya memanfaatkan sumber daya genetik lokal sebagai unsur utama dalam upaya peningkatan produksi, bukannya melalui impor.

Profesi peternakan

Demikian pula perlu adanya perhatian khusus bahwa sarjana peternakan secara resmi telah menjadi ”profesi insinyur peternakan”. Pemberlakuan UU Nomor 11/2014 tentang Keinsinyuran merupakan salah satu landasan hukum pengembangan keprofesian insinyur di Indonesia.

Artinya, lebih dari 100 perguruan tinggi peternakan di Indonesia akan mampu menyiapkan sarjana profesi peternakan layaknya bidang profesi lainnya, seperti dokter hewan, notaris, dokter umum, dan sebagainya.

Ini merupakan kekuatan dukungan sumber daya manusia profesional yang lebih berdaya dan berhasil guna untuk mampu menghasilkan produk peternakan yang berdaya saing.

Melihat perjalanan terbitnya UU PKH selama ini, pemerintah dan DPR melakukan perubahan di akhir masa jabatan lima tahunannya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi pemerintahan (yang baru) hasil pemilu.

Untuk itu, saat ini merupakan momentum yang sangat tepat apabila pemerintah dan DPR segera melakukan upaya menata ulang UU PKH sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan menuju Indonesia Emas 2045, mendukung cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan Asia.

(Sumber: https://www.kompas.id/baca/opini/2024/01/16/revisi-uu-peternakan-dan-kesehatan-hewan?open_from=Artikel_Opini_Page)

 

9. Contoh Artikel Ilmiah

Analisis Fonetik pada Realisasi Konsonan dalam Bahasa Indonesia

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis fonetik terhadap realisasi konsonan dalam bahasa Indonesia. Dalam lingkup ini, penelitian difokuskan pada konsonan-konsonan tertentu dan variasi-variasi fonetik yang mungkin terjadi dalam produksi suara. Metode penelitian yang digunakan melibatkan rekaman percakapan sehari-hari dari berbagai penutur bahasa Indonesia dari berbagai daerah.

PENDAHULUAN

Fonetik merupakan cabang linguistik yang mempelajari produksi, transmisi, dan penerimaan bunyi. Dalam konteks bahasa, fonetik membantu kita memahami bagaimana suara-suaranya dihasilkan oleh manusia. Penelitian fonetik pada bahasa Indonesia memiliki relevansi penting untuk pemahaman lebih dalam tentang variasi fonetik dalam konteks linguistik yang lebih luas.

METODE PENELITIAN

Pengumpulan data dilakukan melalui rekaman percakapan informal antara penutur bahasa Indonesia dari berbagai latar belakang geografis. Penggunaan perangkat perekam suara berkualitas tinggi memastikan bahwa data yang diperoleh dapat dianalisis dengan akurat. Seleksi penutur dilakukan secara acak untuk mencakup variasi dialek dan gaya bicara.

PEMBAHASAN

Analisis Fonetik

Pada tahap ini, fokus utama adalah pada realisasi konsonan dalam bahasa Indonesia. Konsonan-konsonan tertentu seperti /p/, /t/, dan /k/ dianalisis untuk melihat variasi fonetik dalam konteks berbeda. Faktor-faktor seperti posisi konsonan dalam kata, pengaruh konsonan sekitarnya, dan variasi dialek diidentifikasi sebagai elemen-elemen yang dapat memengaruhi realisasi fonetik.

Temuan

Analisis data menunjukkan variasi fonetik yang signifikan dalam realisasi konsonan tertentu. Misalnya, konsonan /t/ mungkin mengalami aspirasi yang berbeda tergantung pada posisi dalam kata. Variasi ini dapat dihubungkan dengan pengaruh fonetik dari konsonan sekitarnya atau fitur-fitur fonologis khusus dalam dialek tertentu.

PENUTUP

Simpulan

Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang variasi fonetik dalam bahasa Indonesia. Implikasi dari temuan ini dapat melibatkan perbaikan dalam transkripsi fonetik bahasa Indonesia, pengembangan teknologi pengenalan suara, dan pemahaman lebih baik tentang proses produksi suara dalam konteks linguistik yang lebih luas.

Saran

Penelitian selanjutnya dapat memperdalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi variasi fonetik, termasuk pengaruh lingkungan sosial dan budaya terhadap produksi suara. Selain itu, pengumpulan data dari kelompok penutur bahasa Indonesia yang lebih luas dan representatif dapat memperkaya analisis fonetik dalam konteks yang lebih holistik.

(Sumber: https://www.scribd.com/document/694352128/Analisis-Fonetik-pada-Realisasi-Konsonan-dalam-Bahasa-Indonesia)

 

10. Contoh Artikel Populer

Mengenal Cara Kerja Manifesting, Istilah yang Tren di TikTok

Oleh: Devi Lianovanda

Istilah manifestasi atau manifesting lagi ramai berseliweran di media sosial terutama TikTok. Banyak orang yang bilang, dengan manifesting kita bisa mewujudkan hal yang kita inginkan. Hm, emang apa sih manifestasi atau manifesting itu? Bagaimana cara kerja dan cara melakukan manifesting agar hal yang kita inginkan bisa terwujud? Yuk, simak penjelasan berikut!

Apa itu Manifesting? 

Manifestasi berasal dari bahasa Inggris ‘manifesting’ yang secara harfiah artinya mewujudkan. Manifesting adalah membuat sesuatu menjadi kenyataan dengan memanfaatkan pikiran alam bawah sadar kita. Dengan melakukan manifesting, pikiran kita bisa lebih fokus pada hal yang ingin kita wujudkan. Tapi, manifesting bukan sulap dan bukan sihir, harus dibarengi dengan tindakan yang sesuai untuk mencapai mimpi atau goals kamu. Dengan manifesting atau memikirkan apa yang kita mau bisa membantu kita memprioritaskan sesuatu yang benar-benar penting dan memotivasi kita untuk mencapainya. 

Misalnya, kamu manifesting untuk kuliah di UI jurusan Ilmu Komunikasi. Sambil manifesting hal tersebut kamu mengikuti bimbingan online, belajar dengan sungguh-sungguh, mengikuti jalur seleksi masuk UI (SNBP, SNBT, SIMAK UI) yang kemudian membuatmu berhasil kuliah di UI.

Manifesting juga termasuk dalam konsep LOA atau law of attraction, ini adalah hukum tarik menarik yang menyatakan bahwa pikiran positif akan menarik hasil positif, dan sebaliknya pikiran negatif dapat menarik hasil negatif.

Jika kamu memikirkan hal-hal buruk yang belum tentu terjadi, tapi karena terlalu sering dipikirkan, hal tersebut justru benar-benar terjadi di masa depan. Pernah ngalamin? Oleh karena itu penting banget untuk berpikir positif agar kita menarik hal-hal baik.

Apakah Manifesting Benar-benar Bekerja?

Belum ada penelitian yang membuktikan kalau manifesting selalu berhasil. Tapi, banyak orang yang mengaku bahwa mereka merasakan manfaat manifesting seperti mewujudkan hal yang mereka impikan, memperbaiki hubungan, menarik keberuntungan, dan lain sebagainya. Dengan fokus pada pikiran, perasaan, dan tindakan pada hal yang kita inginkan bisa memberi perubahan positif dalam diri kita.

Efektivitas manifesting bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Hal ini bisa dipengaruhi keyakinan, konsistensi, ketekunan, tindakan, dan faktor-faktor diluar kendali kita. Tapi, manifesting bisa mengarahkan pikiran dan energi kita untuk hal-hal yang positif dan memotivasi kita untuk fokus pada tujuan dengan tindakan yang sesuai. 

Bagaimana Cara Melakukan Manifesting? 

Mau coba manifesting mimpi-mimpi kamu? Yuk coba beberapa cara berikut ini!

1. Afirmasi positif

Istilah ucapan adalah doa bisa jadi merupakan hal yang benar. Oleh karena itu, sebaiknya mengucapkan kalimat yang baik agar hal-hal baik juga terwujud. Konsep afirmasi juga seperti itu, kamu mengucapkan kalimat-kalimat positif untuk dirimu sendiri.

Kamu bisa mengucapkan afirmasi positif setiap pagi sebelum melakukan aktivitas. Menghadap ke cermin, lihat pantulan diri sendiri dan ucapkan kalimat positif seperti berikut: 

  • Aku percaya diri
  • Aku kuat
  • Aku akan semakin baik setiap harinya
  • Hari ini adalah hari yang baik/menyenangkan
  • Aku bisa menjadi apapun yang aku inginkan
  • Hari ini akan menjadi hari yang produktif
  • Aku semakin sehat setiap hari 

Kalimat positif di atas, selain merupakan afirmasi yang harapannya bisa terwujud, juga bisa memberi suntikan semangat untuk diri sendiri. Apalagi kalau love languages kamu words of affirmation, nggak ada salahnya kan memberi afirmasi untuk diri sendiri.

2. Manifest melalui tulisan (scripting)

Scripting merupakan manifesting dalam bentuk tulisan. Sederhananya, kamu menuliskan hal yang kamu inginkan dalam sebuah tulisan secara detail dan jelas. Tuliskan seolah-olah hal tersebut sudah terwujud. Misalnya, kamu ingin HP baru, maka kamu bisa menulisnya seperti berikut ini: 

Hari ini, pada September 2024, aku membeli iPhone 17 Pro Max berwarna baby pink dengan memori 512 GB di iBox Paskal 23 Hypermart bersama Ibu. 

Semuanya tertulis dengan lengkap seri HP yang ingin kamu beli, warnanya, memorinya, lokasi, dan bersama siapa kamu membelinya.

3. Visualisasi

Visualisasi merupakan metode manifesting yang mana kamu menggambarkan secara jelas hal yang kamu inginkan. Kamu membayangkan dengan detail bagaimana hal tersebut terlihat, terdengar, terasa, dan merasakan emosi yang terkait. Visualisasi mengarahkan pikiran dan energi kepada hal-hal yang kita inginkan. 

Misalnya, kamu menginginkan rumah impian. Maka kamu bisa membayangkan bagaimana rumah itu dari luar, warna cat nya, interiornya, taman, pagar, lingkungan sekitar, dan perasaan bahagia ketika kamu berada di rumah tersebut. 

Nah, segitu dulu pembahasan mengenai manifesting semoga menjawab rasa ingin tahumu, bermanfaat dan bisa dicoba, ya! Ingat, selain manifesting, kamu juga perlu melakukan tindakan nyata untuk mewujudkan hal yang kamu inginkan.

(Sumber: https://www.brainacademy.id/blog/pengertian-manifesting)

Oke, segitu dulu pembahasan contoh teks artikel singkat. Sekarang kamu udah bisa deh menulis artikel ilmiah, artikel populer, dan artikel dengan tema lain. Kalau masih belum yakin, tanyain aja ke Master Teacher Brain Academy! Bisa offline ke cabang terdekat atau online sambil rebahan, hihi.

IDN CTA Blog Brain Academy Center

Salsabila Nanda