Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Belajar Apa?

BA - Pojok Kampus - Jurusan K3

Mau tahu seluk beluk kuliah di jurusan K3? Artikel ini membahas mata kuliah, prospek kerja, dan kampus dengan jurusan K3 terbaik di Indonesia

Apakah kamu pernah mendengar jurusan K3? Sebagian di antara kamu mungkin merasa asing dengan prodi yang satu ini. Jurusan K3 merupakan program studi rumpun Saintek yang memiliki peluang karir luas di berbagai industri. Yuk, kita kenalan sama jurusan K3!

 

Apa itu Jurusan K3?

K3 adalah singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dapat disimpulkan, jurusan K3 adalah jurusan mempelajari cara meminimalisir resiko kecelakaan dan penyakit di tempat kerja. Jurusan ini sangatlah penting karena berhubungan langsung dengan nyawa manusia. Itulah sebabnya, K3 selalu ada di kantor-kantor besar atau proyek yang sedang berjalan.

Coba, deh, kamu pergi ke sebuah gedung yang sedang dibangun. Pasti kamu melihat ada logo K3 yang tertera di sana.

logo k3

 

Mata Kuliah di Jurusan K3

Mata kuliah K3 terdiri dari multidisiplin ilmu. Ada Biologi, Fisika, Kimia, Psikologi, sampai  Kesehatan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang nggak mau lintas jurusan dari IPA, tapi juga nggak pengen pusing sama hitung-hitungan. Meskipun ada pelajaran Fisika dan Kimia, hal-hal yang dipelajari tergolong mudah kok, mirip kayak SMA dulu.

Karena tergolong rumpun Saintek, kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah kesehatan di semester awal. Sebut saja Ilmu Biomedik Dasar, Dasar Kesehatan Masyarakat, dan Komunikasi Kesehatan. Kamu juga belajar Fisika Dasar, Kimia Dasar, Dasar K3, Dasar Keselamatan, dan masih banyak lagi.

Di semester pertengahan, mata kuliah K3 mulai spesifik nih. Contohnya, ada Ergonomi, yang membahas keterkaitan antara lingkungan kerja dengan kondisi fisik manusia. Mahasiswa belajar cara menciptakan lingkungan kerja yang nyaman melalui penyesuaian suhu, cahaya, dan kelembaban agar tidak mencelakai kondisi fisik pekerja.

Selain melindungi pekerja dari bahaya eksternal, jurusan K3 juga membahas perlindungan pekerja dari faktor internal. Hal ini bisa kamu pelajari di mata kuliah Bahaya dan Resiko Psikososial di Tempat Kerja. Resiko Psikososial dapat disebabkan oleh beban kerja yang terlalu berat, kurangnya pelatihan, serta konflik antar karyawan atau dengan atasan. Jika tidak diatasi, pekerja akan mengalami gangguan kesehatan mental.

BA - Pojok Kampus - Mata Kuliah Jurusan K3

Di jurusan K3, kamu belajar pentingnya menganalisis kecelakaan kerja, mulai dari penyebab, akibat, hingga pencegahan yang bisa dilakukan. Tujuan K3 adalah melindungi keselamatan para pekerja dari bahaya dan  penyakit yang berpotensi dialami oleh mereka. Misalnya nih, sebagai seorang K3, kamu bisa memberikan solusi berupa APD (Alat Pelindung Diri) untuk melindungi pekerja dari virus, bakteri, atau zat kimia.

 

Prospek Kerja Jurusan K3

Menurut Permenaker No 2 Tahun 1992, setiap perusahaan yang memiliki 100 karyawan, atau dengan resiko pekerjaan yang tinggi, wajib memiliki ahli K3 Umum. Untuk menjadi ahli K3 Umum, kamu bisa mengikuti sertifikasi dari Kementerian Ketenagakerjaan RI atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Berikut gambaran profesi lulusan K3!

  • Safety Inspector

  • Safety Officer

  • Corporate Safety

  • Safety Auditor

  • Higiene Industri

  • Ahli Ergonomi

  • Safety Coordinator

  • Safety Advisor

  • Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Ketenagakerjaan

Lulusan K3 dapat bekerja di berbagai sektor. Mulai dari pertambangan, manufaktur, transportasi, kesehatan, oil and gas, otomotif, retail, rumah sakit, dan sebagainya.

 

Kampus dengan Jurusan K3 di Indonesia

Di Indonesia, jurusan K3 ada yang berdiri sebagai jurusan sendiri atau sebagai peminatan di jurusan Kesehatan Masyarakat. Gelar jurusan K3 yaitu S.KKK atau S.KM untuk jenjang S1, Sarjana Sains Terapan (S.ST) untuk jenjang D4, dan Ahli Madya untuk jenjang D3. Berikut perguruan tinggi yang menyediakan jurusan K3 di Indonesia:

  • Sarjana Keselamatan dan Kesehatan Kerj,a Universitas Indonesia
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Jakarta
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UPN Veteran Jakarta
  • Sarjana Teknik Keselamatan dan Proteksi Kebakaran, UNJ
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNDIP
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNSOED
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UNNES
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Udayana
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin Makassar
  • D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNS
  • D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, UNAIR

Gimana, gimana? Mulai kepikiran masuk jurusan K3? Kalau masih ragu, cobain tes minat bakat di Brain Academy deh. Bimbel terlengkap dengan ribuan konsep pelajaran, STAR Master Teacher berpengalaman, klinik PR, kelas pengembangan diri, dan deretan fitur lain yang bantu kamu lolos ke jurusan impian.

[IDN] CTA Blog UTBK Brain Academy

Referensi:

Kampus K3 [Daring]. Tautan: https://mutuinstitute.com/post/universitas-dengan-jurusan-k3-di-indonesia/

Ergonomi [Daring]. Tautan: https://prodiaohi.co.id/ergonomi

K3 [Daring]. Tautan: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/ir-sugiyono-mkes/materi-k3-bag01.pdf

Dasar Hukum K3 [Daring]. Tautan: https://solusipro.com/dasar-hukum-perusahaan-memiliki-ahli-k3-umum/

Prospek Kerja K3 [Daring]. Tautan: https://www.ruanghse.com/2021/02/prospek-jurusan-k3-keselamatan-dan.html

(diakses 22 April 2022)

Salsabila Nanda