Wajib Tahu! 20 Perguruan Tinggi Terpopuler di Indonesia versi 4ICU

Salsabila Nanda Mar 25, 2021 • 4 min read


Pojok_Kampus_-_Universitas_Terpopuler_versi_4ICU-01

Artikel ini berisi daftar 20 perguruan tinggi terpopuler di Indonesia berdasarkan kriteria penilaian 4ICU.

---

Hai, Brainies! Apakah popularitas suatu kampus mempengaruhi keputusan dalam memilih tempat kuliah yang akan dituju? Kalau iya, kamu perlu tahu daftar perguruan tinggi terpopuler di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU).

4ICU merupakan salah satu lembaga pemeringkatan universitas di seluruh dunia. Selain 4ICU, ada pula QS World dan Webometrics. Setiap lembaga mempunyai indikator penilaian masing-masing, sehingga hasilnya mungkin berbeda. 

Baca Juga: Universitas Terbaik di Tahun 2021 versi QS World 

Di tahun 2021, 4ICU telah mengeluarkan daftar peringkat dari 577 kampus di Indonesia. Psstt! Nggak cuma PTN aja lho, ada juga perguruan tinggi swasta yang lolos seleksi penilaian. Penasaran? Ini dia 20 besar kampus terpopuler di Indonesia!

20 Kampus Terpopuler di Indonesia versi 4ICU

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia 
  3. Universitas Diponegoro 
  4. Universitas Pendidikan Indonesia 
  5. Universitas Negeri Yogyakarta 
  6. Universitas Brawijaya 
  7. Universitas Airlangga 
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Institut Pertanian Bogor
  10. Universitas Lampung
  11. Universitas Negeri Semarang
  12. Institut Teknologi Bandung
  13. Universitas Bina Nusantara
  14. Universitas Muhammadiyah Malang
  15. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  16. Universitas Negeri Malang
  17. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  18. Universitas Udayana
  19. Institut Teknologi Sepuluh November
  20. Universitas Andalas

Kriteria Penilaian 4ICU

Seperti yang dijelaskan di paragraf awal, setiap lembaga memiliki ketentuan penilaian yang berbeda. Ada yang berdasarkan reputasi alumni, reputasi akademik, atau jumlah sitasi publikasi. Nah, 4ICU memiliki 3 indikator untuk menentukan universitas mana yang paling populer di Indonesia. Yuk, kita bahas masing-masing indikatornya!

Pertama, kampus yang bersangkutan harus terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). BAN-PT adalah satu-satunya lembaga yang berhak menerbitkan status akreditasi terhadap perguruan tinggi di Indonesia. Sejak tahun 2020, akreditasi BAN-PT memiliki 3 status, yaitu: Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Status ini diperbarui berdasarkan regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi.

Kedua, kampus tersebut harus menyediakan program studi Pascasarjana, baik itu jenjang Magister (S2) maupun Doktoral (S3). Jika kampus pilihanmu hanya menawarkan program studi Sarjana (S1) dan Vokasi (D3), maka tidak diikutsertakan dalam pemeringkatan 4ICU.

Ketiga, sistem pembelajaran dilakukan secara offline alias tatap muka. Setiap kampus memiliki fasilitas penunjang yang mendukung proses belajar antara dosen dengan mahasiswanya.

Metode Pemeringkatan 4ICU

Pemeringkatan universitas versi 4ICU dilakukan menggunakan Uni Rank University Ranking. Adapun penilaiannya berdasarkan sistem algoritma lima situs yang dianggap netral dan independen, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, serta Majestic Trust Flow. 

Kelimanya merupakan global ranking system yang mengukur peringkat jutaan situs web berdasarkan popularitas. Secara sederhana, dapat dikatakan pemeringkatan yang dilakukan oleh 4ICU juga dipengaruhi oleh jumlah pengunjung website perguruan tinggi.

Artinya, semakin banyak orang yang membuka website sebuah kampus, semakin besar pula peluang untuk menduduki peringkat teratas. 4ICU melakukan pemeringkatan universitas berdasarkan jumlah trafik web, kepercayaan terhadap konten, dan popularitas dari tautan web.

Contoh: Jika kamu sering mengakses website UGM untuk kebutuhan jurnal, dapat dipastikan UGM memiliki peluang besar memperoleh peringkat atas sebagai universitas terpopuler di Indonesia.

---

Tak perlu khawatir jika kampus pilihanmu turun peringkat, sebab setiap lembaga memiliki aspek penilaian yang berbeda. Kamu hanya perlu fokus untuk masuk ke perguruan tinggi negeri atau swasta dengan bantuan fitur dari Brain Academy!

Di Brain Academy Online, kamu bebas bikin jadwal sesi konsultasi lewat video call terkait strategi belajar, pemilihan jurusan, dan topik-topik penunjang lainnya bersama STAR Master Teacher. Yuk, ikutan!

Paket Gap Year UTBK Brain Academy

Referensi:

Daftar Peringkat Universitas [Daring]. Tautan: https://www.4icu.org/ (diakses 23 Maret 2020)

Akreditasi BAN-PT [Daring]. Tautan: https://sevima.com/status-akreditasi-kampus-tak-lagi-model-a-b-dan-c/ (diakses 23 Maret 2020)

Metode Penilaian 4ICU [Daring]. Tautan:

https://tekno.tempo.co/read/1350223/ugm-perguruan-tinggi-terbaik-di-indonesia-2020-versi-4icu/full&view=ok

https://edukasi.kompas.com/read/2019/02/27/14222681/seperti-ini-aspek-dan-metode-penilaian-4icu-dalam-pemeringkatan-universitas?page=all (diakses 23 Maret 2020)

Profile

Salsabila Nanda

Anak broadcasting yang cita-citanya mau jadi PR, tapi malah jadi content writer. Siang kerja, malam nonton teen drama. Terima kasih sudah baca tulisanku!

Beri Komentar