3 Tips Persiapan UTBK-SBMPTN ala Zahid Ibrahim, Mahasiswa Berprestasi ITB

Ruangguru Mar 30, 2021 • 3 min read


BA_(Brainies_Bertanya)_-_Tips_Persiapan_UTBK-SBMPTN_ala_Zahid_Ibrahim,_Mahasiswa_Berprestasi_ITB-01

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 telah dibuka. Sebelum menghadapi ujian nanti, simak dulu tips persiapan UTBK-SBMPTN dari Zahid Ibrahim, mahasiswa berprestasi ITB.

---

Pendaftaran SBMPTN 2021 sudah dibuka sejak Minggu lalu. Buat kamu yang belum mendaftar, jangan lupa untuk segera mendaftar di portal resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) ltmpt.ac.id hingga 1 April 2021. 

SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang melibatkan hampir 800.000 peserta setiap tahunnya. Untuk melihat kemampuan setiap peserta, nilai akan diurutkan dalam peringkat yang sangat memengaruhi potensi diterimanya kamu di PTN yang diinginkan. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Untuk kamu para pejuang UTBK-SBMPTN 2021, yuk simak tips persiapan belajar ala Zahid Azmi Ibrahim, salah satu content creator di bidang edukasi sekaligus mahasiswa ITB (Institut Teknologi Bandung) yang berprestasi!

Baca juga: Siasat Mengerjakan Soal UTBK 2021 Ala Brain Academy

1. Membagi waktu belajar dan bermain

Dalam mempersiapkan UTBK, keharusan belajar sangatlah penting. Untuk itu, kamu harus memprioritaskan belajar dengan membagi waktu antara belajar dan bermain. Pembagian waktu ini penting supaya kamu dapat memaksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya. Seperti yang Zahid lakukan saat persiapan mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2020, nih. Menurutnya, pembagian waktu ini penting supaya kamu dapat seimbang antara waktu belajar dan bermainmu. Hal ini dapat mencegah kamu dari rasa demotivasi dalam belajar. 

2. Memotivasi diri untuk tidak menyerah

Pernah nggak, sih, kamu mengalami rasa ingin menyerah ketika mendapati tekanan? Terlebih jika berbicara seputar SBMPTN yang merupakan maraton panjang yang persiapannya tidak hanya satu atau dua hari saja, namun butuh persiapan dari jauh-jauh hari dan butuh strategi untuk mengerjakan soalnya. Biasanya yang terjadi adalah tekanan datang bukan dari diri sendiri, melainkan tekanan datang dari faktor lain. Seperti rasa tidak ingin mengecewakan orang di sekitar kita, misalnya orang tua. 

Meskipun demikian, kamu jangan sampai patah semangat dan menyerah, ya. Hilangkan perasaan-perasaan negatif dan terus semangat belajar untuk meningkatkan kemampuan kamu agar dapat mengerjakan UTBK dengan maksimal. 

3. Ubah mindset

Memiliki mindset yang baik ternyata dapat membantu kamu dalam belajar, lho. Sering kali kita terjebak dalam mindset yang kadang membuat kita menjadi menyalahkan diri sendiri. Ubahlah mindset kamu agar dapat menangani segala hal dengan baik dan positif. Jika kamu merasa hari ini belajarnya kurang, jangan pernah menyalahkan diri sendiri dan berpikir kalau tidak ada gunanya untuk belajar lagi di esok hari. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Seperti kata Zahid, “All or something”. Mungkin kita tidak bisa melakukan semuanya dalam satu hari, akan tetapi kita dapat memberikan sesuatu setiap harinya.

Nah, itu dia tips persiapan belajar ala Zahid. Intinya, terus belajar dan jangan pernah menyerah. Untuk kalian para pejuang UTBK-SBMPTN 2021, yuk persiapkan belajarmu di UTBK Experts Intensif selama 30 hari bersama Ruangguru. Pastinya, kamu dapat belajar bareng di Brain Academy Online by Ruangguru dan akan ada latihan soal di bank soal Ruangguru setiap harinya! Menariknya lagi, kamu bisa asah kemampuan kamu dengan ikutan tryout akbar UTBK 2021 Ruangguru secara gratis! Yuk, cek jadwalnya di ruangguru.com/utbk-experts. Tetap semangat dan tetap belajar! 

BA online

 

Profile

Ruangguru

Beri Komentar