Siasat Mengerjakan Soal UTBK 2021 Ala Brain Academy

Tiara Syabanira Dewantari Feb 15, 2021 • 4 min read


strategi mengerjakan soal UTBKArtikel ini membahas tentang strategi mengerjakan soal UTBK dari Brain Academy

--

Psstt, antara kita saja, nih. Kunci keberhasilan dalam mengerjakan soal UTBK sebenarnya tidak hanya rajin belajar, lho. Ternyata, kamu juga harus merencanakan siasat yang tepat agar bisa meraih skor UTBK yang tinggi. Khusus untuk kamu, Brain Academy mau berbagi tips serta strategi yang bisa membantu kamu agar bisa sukses dalam UTBK 2021! Tanpa basa-basi panjang, yuk simak tips dan strategi berikut!

Isi Saja Semua Soal!

Hal pertama yang perlu kamu tekankan kepada diri ketika sedang menghadapi UTBK adalah jangan ragu untuk menjawab semua soal. Tenang saja, tidak ada pengurangan skor kok jika terdapat jawaban yang salah! Jadi, aman saja kok jika kamu terpaksa untuk ‘asal’ dalam mengisi jawaban.

Tapi, tidak berarti kamu bisa menggunakan metode cap-cip-cup hitung kancing untuk menebak jawaban, lho ya!

Strategi yang bisa kamu terapkan dalam keadaan seperti ini adalah dengan menebak jawaban menggunakan metode eliminasi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin banyak jawaban yang tereliminasi, maka peluang kamu untuk bisa mendapatkan jawaban yang benar ‘pun semakin besar.

Manfaatkan Waktu Dengan Baik

Duh, pokoknya saat ujian nanti, jangan sampai kamu melototin beberapa soal lama-lama, deh!

Terlalu fokus dengan beberapa soal dapat membuat kamu kehilangan banyak waktu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan soal yang lain. Aturlah secara mandiri batas waktu pengerjaan maksimal untuk masing-masing soal. Ketika waktu yang telah ditentukan habis, kamu harus segera pindah ke soal selanjutnya.

Hindari penumpukan soal yang harus ditebak di akhir. Sebaiknya, kamu segera memutuskan menebak/tidaknya sebelum pindah ke soal selanjutnya. Tapi jika kamu masih ragu dengan jawaban yang kamu pilih, kamu dapat memanfaatkan fitur untuk menandai soal dengan jawaban yang masih kamu ragukan.

Boleh Fokus di Subtes Tertentu, Tapi…

Setiap jurusan pastinya akan mempertimbangkan bobot yang berbeda untuk hasil skor setiap subtes–menyesuaikan dengan mata kuliah primer dari jurusan tersebut. Tidak apa-apa jika kamu ingin menerapkan strategi fokus pada subtes yang sesuai dengan jurusan. Tapi dalam seleksi UTBK, penting juga bagi kamu untuk bisa mendapatkan skor yang tinggi. Fokus untuk mengerjakan subtes tertentu pada akhirnya malah akan membuat skor kamu menjadi lebih rendah dari skor rerata.

Uji Kemampuan Dengan Try Out

Dapat disimpulkan bahwa dalam mengerjakan soal UTBK, timing is everything. Maka dari itu, rajin mengikuti try out dengan menetapkan durasi yang sama dengan ujian sangat dianjurkan agar kamu dapat membiasakan diri untuk mengelola tekanan dan konsistensi konsentrasi selama berjam-jam tanpa jeda.

Baca juga: Simak Jadwal Try Out UTBK dari Brain Academy

Kamu Harus Tahu!

  • LTMPT punya caranya sendiri untuk mendeteksi “jawaban tebakan” dengan melihat berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan suatu soal. Misalnya, kamu hanya memiliki sisa waktu 2 menit untuk menyelesaikan ujian. Sedangkan, masih ada 10 soal lagi yang masih harus kamu kerjakan. Nah, pasti kamu akan terburu-buru ‘kan dalam mengerjakan 10 soal tersebut? Ketika rerata waktu pengerjaan soal ini berbeda dengan rerata soal-soal sebelumnya, jawaban kamu bisa saja diidentifikasi sebagai “jawaban tebakan”.
  • Pemberian skor dilakukan dengan menggunakan Teori Respons Butir atau Item Response Theory (IRT). Artinya, bobot skor per butir soal baru akan ditentukan setelah LTMPT melakukan pengecekan terhadap semua hasil ujian siswa. Penerapan IRT dilakukan dengan menghitung berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di setiap butir soal. Jadi, pemberian skor tidak ditentukan berdasarkan tipe soal. Adapun skema penilaian IRT sebagai berikut:

skema penilaianSkema penialian skor (brainacademy.id)

Semoga strategi dan tips di atas bisa membantumu menuju sukses UTBK 2021, ya! Nah, kalau kamu punya strategi lain yang lebih mantap, boleh banget lho bagikan untuk teman-teman lainnya di kolom komentar!

Eh, supaya persiapan UTBK 2021 kamu lebih matang, gimana kalau kamu daftarkan juga diri kamu untuk ikut bimbel di Brain Academy Online? Kami punya paket Super Intensif UTBK yang bisa membantu kamu dalam persiapan UTBK, lho! Lebih baik, kamu segera daftarkan diri kamu dari sekarang. Soalnya, paket Super Intensif UTBK sedang diskon 80%, dari harga Rp.12.960.000 sekarang jadi Rp.2.592.000, nih!

BA online

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar