Siasat dan Tips Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022 Ala Brain Academy

siasat mengerjakan utbk-sbmptn

UTBK-SBMPTN sudah dekat. Supaya bisa mendapatkan skor tinggi, ayo simak tips dari Brain Academy di bawah ini.

---

UTBK-SBMPTN 2022 sudah di depan mata! Ujian seleksi masuk perguruan tinggi ini akan diselenggarakan pada 17 Mei – 23 Mei 2022 (Gelombang 1) dan 28 Mei – 3 Juni 2022 (Gelombang 2). Bagi para pejuang Perguruan Tinggi Negeri (PTN), UTBK-SBMPTN ini menjadi salah satu jalan bagi para calon mahasiswa untuk mewujudkan mimpinya mengenyam bangku kampus negeri impiannya.

Tapi, bersaing dalam UTBK-SBMPTN bukanlah hal yang mudah, lho. Sebab, kamu tidak hanya bersaing dengan ratusan calon mahasiswa lainnya, melainkan ribuan!

Waduh… kalau begitu, menguasai materi pelajaran saja tidak cukup, dong? Kamu juga perlu merancang strategi yang tepat agar dapat meraih skor UTBK-SBMPTN yang tinggi. 

Tenang Brainies, kamu ada di halaman yang tepat! Dalam pembahasan kali ini, Brain Academy mau share 4 tips yang bisa membantu kamu agar dapat skor UTBK-SBMPTN yang tinggi. Yuk simak!

Baca Juga: Jadwal UTBK SBMPTN 2022 Beserta Syarat, Biaya dan Materi Tesnya

 

 

Isi Semua Soal

Hal pertama yang perlu kamu tekankan kepada diri ketika sedang menghadapi UTBK-SBMPTN adalah jangan ragu untuk menjawab semua soal. Sistem penilaian pada UTBK-SBMPTN menggunakan Item Response Theory (IRT), di mana sistem penilaian ini berfokus pada bobot soal itu sendiri.

Semakin sulit sebuah soal, maka semakin tinggi juga bobot skornya. Sehingga ketika kamu salah memilih jawaban, kamu tidak akan kehilangan skor. Melainkan, kamu tidak mendapatkan skor dari butir soal tersebut.

Jadi, aman saja dong Kak kalau terpaksa untuk jawab asal-asalan waktu kepepet?

Yup, tidak apa-apa. Tapi daripada kamu cap cip cup, strategi yang bisa kamu terapkan dalam keadaan seperti ini adalah dengan menebak jawaban menggunakan metode eliminasi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin banyak jawaban yang tereliminasi, maka peluang kamu untuk bisa mendapatkan jawaban yang benar ‘pun semakin besar.

 

Manfaatkan Waktu dengan Baik

Pokoknya saat ujian nanti, jangan sampai kamu bengong dan melototin soal yang sulit lama-lama, deh! It’s a big no no!

Terlalu fokus dengan beberapa soal dapat membuat kamu kehilangan banyak waktu yang seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk mengerjakan soal yang lain. Aturlah secara mandiri batas waktu pengerjaan maksimal untuk masing-masing soal. Ketika waktu yang telah ditentukan habis, kamu harus segera pindah ke soal selanjutnya.

Hindari penumpukan soal yang harus ditebak di akhir. Sebaiknya, kamu segera memutuskan jawaban sebelum pindah ke soal selanjutnya. Tapi kalau kamu masih ragu dengan jawaban yang kamu pilih, kamu dapat memanfaatkan fitur penanda soal pada butir soal yang masih kamu ragukan jawabannya.

 

jangan terlalu fokus dengan satu soal

Timing is everything. Jangan terlalu fokus pada beberapa soal yang sulit. (tenor.com)

 

 

Boleh Fokus di Subtes Tertentu, Tapi…

Setiap jurusan pastinya akan mempertimbangkan bobot yang berbeda untuk hasil skor setiap subtes untuk menyesuaikan dengan mata kuliah primer dari jurusan. Tidak apa-apa jika kamu ingin menerapkan strategi fokus pada subtes yang sesuai dengan jurusan. Tapi dalam seleksi UTBK-SBMPTN ini, penting juga bagi kamu untuk bisa mendapatkan skor yang tinggi.

Fokus untuk mengerjakan subtes tertentu pada akhirnya malah akan membuat skor kamu menjadi lebih rendah dari skor rata-rata.

Baca Juga: 3 Tips Persiapan UTBK-SBMPTN ala Zahid Ibrahim, Mahasiswa Berprestasi ITB

 

 

Rajin Try Out untuk Menguji Kemampuan

Setelah membaca beberapa tips di atas, maka dapat diketahui bahwa dalam mengerjakan soal UTBK-SBMPTN, timing is everything. Maka dari itu, rajin mengikuti try out dengan menetapkan durasi yang sama dengan ujian sangat dianjurkan supaya kamu dapat membiasakan diri untuk mengelola tekanan dan konsistensi konsentrasi selama berjam-jam tanpa jeda.

Ingat, practice makes perfect. Semakin sering kamu mengasah kemampuan kamu dengan rajin mengikuti try out, maka semakin gesit juga kamu ketika mengerjakan soal di hari ujian.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan!

  • LTMPT punya caranya sendiri untuk mendeteksi jawaban tebakan dengan melihat berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan suatu soal. Misalnya, kamu hanya memiliki sisa waktu 2 menit untuk menyelesaikan ujian. Sedangkan, masih ada 10 soal lagi yang masih harus kamu kerjakan. Nah, pasti kamu akan terburu-buru ‘kan dalam mengerjakan 10 soal tersebut? Ketika rerata waktu pengerjaan soal ini berbeda dengan rerata soal-soal sebelumnya, jawaban kamu bisa saja diidentifikasi sebagai “jawaban tebakan”.

  • Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pemberian skor dilakukan dengan menggunakan Teori Respons Butir atau Item Response Theory (IRT). Artinya, bobot skor per butir soal baru akan ditentukan setelah LTMPT melakukan pengecekan terhadap semua hasil ujian siswa. Penerapan IRT dilakukan dengan menghitung berapa banyak peserta yang menjawab benar/salah di setiap butir soal. Jadi, pemberian skor tidak ditentukan berdasarkan tipe soal.

Gimana, Brainies? Sudah siap menghadapi UTBK-SBMPTN 2022? Kalau kamu mau berbagi tips dan strategi ke teman-teman sesama pejuang PTN, bisa banget taro di komentar!

Ingat! Disaat kamu asik tiduran, ribuan pesaingmu sedang sibuk membaca materi ujian. Jadi ayo semangat untuk mencicil materi dari sekarang! Bersama Brain Academy, kamu bisa memahami TPS dan TPA dengan bimbingan STAR Master Teacher yang ahli dibidangnya. Untuk daftar, ayo klik banner di bawah ini.

Paket UTBK Brain Academy

Sumber gambar:

Timing is everything. Jangan terlalu fokus pada beberapa soal yang sulit. [Daring]. Tautan: https://tenor.com/view/mr-bean-test-gif-20299465

Artikel ini diperbarui tanggal 7 April 2022

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Freelance Content Writer at Brain Academy