40 Contoh Soal & Pembahasan PTS Kelas 10 IPS Semester Genap

BA Latihan Soal - PTS Kelas 10 IPS-01

Yuk, pahami kisi-kisi, latihan soal, beserta pembahasan PTS kelas 10 IPS semester genap. Semangat!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

BAHASA INDONESIA

Topik: Teks Negoisasi

Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi

1. Teks negosiasi adalah ….

  1. teks yang berisi interaksi sosial untuk mencari kesepakatan di antara pihak-pihak yang memiliki kesamaan kepentingan
  2. teks yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial di antara pihak-pihak yang bersengketa
  3. teks yang berisi pernyataan serta argumentasi dari pihak-pihak yang berdebat mengenai permasalahan tertentu dengan tujuan untuk mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan
  4. teks yang berisi bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa
  5. teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan hal yang disampaikan oleh penulis

Kunci: D

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.

Pilihan jawaban A tidak tepat karena teks negosiasi bertujuan untuk mencari kesepakatan di antara pihak yang memiliki perbedaan kepentingan, bukan kesamaan kepentingan.

Pilihan jawaban B tidak tepat karena teks negosiasi tidak digunakan untuk meringkas, menganalisis, dan menanggapi interaksi sosial, tetapi teksnya memuat bentuk interaksi sosial.

Pilihan jawaban C tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan hanya mendiskusikan, memutuskan, dan mengkaji perbedaan.

Pilihan jawaban E tidak tepat karena tujuan teks negosiasi adalah untuk mencari kesepakatan, bukan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Teks Negoisasi

Subtopik: Mengenal Teks Negoisasi

2. Perhatikan tujuan teks negosiasi berikut!

  1. Menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan
  2. Mencari pembahasan pro atau kontra dari suatu permasalahan
  3. Memprioritaskan penyelesaian
  4. Menemukan jalan baik dari dua pendapat
  5. Memecahkan sebuah masalah melalui sebuah forum untuk menentukan kesepakatan bersama

Tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor ….

  1. 1 dan 4
  2. 1 dan 3
  3. 2, 3, dan 5
  4. 1, 2, dan 4
  5. 1, 3 dan 5

Kunci: B

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang di dalamnya memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan.

Tujuan teks negosiasi adalah

  1. menghasilkan kesepakatan,
  2. menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan, mencari penyelesaian,
  3. memprioritaskan kepentingan bersama, dan
  4. mengarah pada hal yang praktis atau mudah digunakan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan teks negosiasi yang tepat terdapat pada nomor 1 dan 3.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Mengenal Teks Negoisasi

3. Urutan struktur teks negosiasi yang tepat adalah ….

  1. orientasi – pengajuan – penawaran – persetujuan
  2. pengajuan – orientasi – pembahasan – simpulan
  3. orientasi – penawaran – pengajuan – persetujuan
  4. orientasi – pendahuluan – pembahasan – persetujuan
  5. orientasi – pengajuan – persetujuan – simpulan

Kunci: A

Pembahasan:

Teks negosiasi adalah teks yang memuat bentuk interaksi sosial dan berfungsi untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama di antara pihak-pihak yang bersengketa atau mempunyai perbedaan kepentingan. Struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan.

Pilihan B tidak tepat karena terdapat bagian pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi.

Pilihan C tidak tepat karena terdapat susunan struktur yang tidak tepat.

Pilihan D tidak tepat karena terdapat bagian pendahuluan dan pembahasan yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi. Pilihan E tidak tepat karena terdapat bagian pengantar negosiasi yang tidak termasuk dalam struktur teks negosiasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Baca juga: 10 Contoh Teks Negosiasi Singkat dan Strukturnya di Berbagai Situasi

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Negoisasi

4. Salah satu ciri kebahasaan teks negosiasi adalah adanya kalimat bersyarat. Kalimat tersebut biasanya ditandai dengan konjungsi ….

  1. karena
  2. bahwa
  3. jika
  4. sehingga
  5. dengan demikian

Kunci: C

Pembahasan:

Kalimat bersyarat merupakan kalimat yang menandakan keberadaan sebuah kondisi atau peristiwa sebagai syarat mencapai tujuan. Ciri kalimat bersyarat adalah menggunakan ungkapan penanda syarat. Contoh ungkapan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kalau
  • Maka
  • Jika
  • Jikalau
  • Apabila
  • Asal
  • Andai

Jadi, kalimat bersyarat biasanya ditandai dengan konjungsi jika.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Teks Negoisasi

Subtopik : Jenis-Jenis Teks Negoisasi

5. Perhatikan ilustrasi berikut!

Sudah satu jam Rinjani tidak keluar kamar. Ia sedang mengulang pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya di sekolah melalui catatan yang telah ia tulis di buku. Rinjani mencoba untuk memahami bentuk-bentuk teks negosiasi. Tiba-tiba mata Rinjani tertuju pada buku catatannya. Ternyata, terdapat kalimat yang belum selesai, yakni contoh dari bentuk negosiasi lisan. Rinjani mencoba memahami makna negosiasi lisan agar ia menemukan jawaban dari contoh negosiasi lisan.

Contoh negosiasi lisan yang seharusnya ditulis oleh Rinjani adalah ….

  1. pengajuan, permintaan, dan penawaran
  2. cerpen dan dialog
  3. dialog dan narasi
  4. dialog dan drama
  5. penawaran dan permintaan

Kunci: D

Pembahasan:

Terdapat tiga jenis penyajian teks negosiasi, antara lain

  • bentuk lisan –> dialog dan drama,
  • bentuk gabungan antara narasi dan dialog –> cerpen, dan
  • bentuk tulisan –> surat penawaran dan surat permintaan barang.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

BAHASA INGGRIS

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

Read the text and answer the question below!

Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia’s independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means “defender of truth”, was changed into Agus Salim early in his childhood.

Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.

CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.

Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.

1. What was the occupation of Agus Salimʼs father?

  1. A teacher and a judge
  2. A teacher and a doctor
  3. A judge and a colonial prosecutor
  4. A colonial prosecutor and a doctor
  5. A general and a colonial prosecutor

 

Kunci: C

Pembahasan:

Soal di atas menanyakan mengenai apa pekerjaan ayahnya Salim ( the occupation of Agus Salimʼs father ). Informasi tentang pekerjaan (occupation)  dari  ayahnya  Haji  Agus  Salim  dapat  ditemukan  pada  paragraf  pertama,  yaitu   His  father,  Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge ….

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

Read the text and answer the question below!

Haji Agus Salim (8 October 1884–4 November 1954) was born Mashudul Haq Salim in the village of Koto Gadang, a suburb of Fort de Kock, was an Indonesian national hero. He conducted diplomacy to various countries, so that Indonesia’s independence would be fully recognized. His father, Sutan Mohammad Salim, was a colonial prosecutor and a judge whose highest rank was chief judge for the indigenous court in Tanjung Pinang. His birth name, which means “defender of truth”, was changed into Agus Salim early in his childhood.

Salim received his elementary education at Europeesche Lagere School (ELS). At that time, it was considered a privilege for a non-European kid to attend an all-European school. He continued his studies at the Hogere Burgerschool (HBS) in Batavia and graduated with highest score in the whole Dutch East Indies.

CS Hurgronje, a prominent colonial administrator, took Salim to leave the Indies on 1905 and work as an interpreter and secretary at the Dutch consulate in Jeddah. That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi.

Salim returned to the Indies in 1911 and pursued a career in journalism, contributing pieces for magazines and publications like Hindia Baroe, Fadjar Asia, and Moestika. He later served as an editor in Neratja, a newspaper aligned with the Sarekat Islam. While in that, he founded a private Hollandsche Indische School (HIS) in his hometown of Koto Gadang.

2. CS Hurgronje took Agus Salim to Jeddah to ….

  1. study Islam
  2. handle hajj affairs
  3. pursue his career as an interpreter
  4. learn about Middle Eastern culture
  5. avoid Ahmad Khatib al-Minangkabawi

Kunci: E

Pembahasan:

Soal di atas menanyakan alasan kenapa CS Hurgronje membawa Agus Salim ke Jeddah. Pada paragraf ketiga dijelaskan That journey was also intended to keep him from the radical teachings of a close relative, Shafi’i imam of Masjid al-Haram, Ahmad Khatib al-Minangkabawi yang artinya ‘Perjalanan tersebut juga bertujuan untuk menjauhkannya  dari ajaran radikal keluarga dekatnya, Shafi’i imam dari Masjid al-Haram Ahmad Khatib al-Minangkabawi’.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

3. According to the biography, when did Galileo Galilei resign from his teaching job at the University of Pisa?

  1. After he had attracted many followers
  2. After he had been persecuted for three years
  3. When he had a worse offer from the University of Padua
  4. When he decided to pursue his interests in astronomy and mechanics
  5. Before he was appointed as a mathematics professor at the University of Pisa

 

Kunci: B

Pembahasan:

Arti kalimat soal adalah ‘Menurut biografi, kapan Galileo Galilei mengundurkan diri dari pekerjaan mengajarnya di Universitas Pisa?’.

Pada paragraf terakhir dituliskan Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua where he taught maths yang artinya ‘Setelah tiga tahun persekusi, dia mengundurkan diri dan pergi ke Universitas Padua, tempatnya mengajar  Matematika.  Berdasarkan  informasi  tersebut,  dapat  diketahui  bahwa  Galileo  mengundurkan  diri  setelah  dia dipersekusi selama 3 tahun.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Baca juga: Definisi Recount Text, Struktur, Jenis, dan Contohnya

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

4. From the fact that Galileo Galilei was imprisoned for supporting the Copernican theory which later was proven to be true, we know that Galileo Galilei was ….

  1. foolish
  2. reckless
  3. arrogant
  4. stubborn
  5. tenacious

 

Kunci: E

Pembahasan:

Makna kalimat pada soal adalah ‘Berdasarkan fakta bahwa Galileo Galilei dipenjara karena mendukung teori Copernican yang kemudian terbukti benar, kita mengetahui bahwa Galielo Galilei adalah orang yang ‘.

Informasi  dari  kalimat  soal  memperlihatkan  bahwa  Galileo  Galilei  tetap teguh/gigih  dengan  hal  yang  menurutnya  benar meskipun   dia   sampai harus   dimasukkan   ke   dalam   penjara.   Hal   ini   menunjukkan   bahwa dia adalah orang   yang teguh (tenacious).

Kata foolish artinya ‘bodoh’, reckless artinya ‘sembrono/gegabah, arrogant artinya ‘arogan/sombong’, dan stubborn artinya ‘keras kepala’.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Recount Text

Subtopik: Types of Recount Text

Read the following dialogue and answer the question!

Galileo Galilei (1564-1642) was an astronomer and a scientist.  Galileo developed a superior  telescope  and  made  many significant  discoveries  in  astronomy.  He was sentenced to  life  imprisonment  by  the  inquisition  for  his  support  for  the Copernican theory that the sun was at the center of the solar system.

Galileo was born in Florence, Italy in 1564 to a poor but noble family. His parents recognized their child’s innate intelligence and talents, so they made sacrifices to have him educated. At his father’s insistence, Galileo studied the profitable career of medicine. However, at the University of Pisa, Galileo became fascinated in a wide range of subjects. He was also critical of many Aristotle’s teaching which had dominated education for the past 2,000 years.

Galileo was appointed to be a mathematics professor at the University of Pisa, but his strident criticisms of Aristotle left him isolated among his contemporaries. Aher three years of persecution, he resigned and went to the University of Padua, where he taught maths. His entertaining lectures attracted a large following, and he was able to spend the next 18 years pursuing his interests in astronomy and mechanics.

5. From Galileo Galilei’s biography, we can learn that ….

  1. We must never go against the beliefs of the society to avoid getting imprisoned.
  2. When we believe in something, we must stay faithful to it no matter how hard.
  3. We must always believe to society to escape from getting persecuted.
  4. We must sacrifice everything in our life to get ourselves educated.
  5. We should spend a long time to pursue our interests.

 

Kunci: B

Pembahasan:

Soal menanyakan pelajaran yang terkandung dalam teks.

Dalam  biografi  tersebut,  terutama  pada  bagian  akhir,  dapat  diketahui  bahwa  Galileo  dipersekusi  (dengan  cara  dikucilkan) selama tiga tahun karena dia sangat kritis terhadap ajaran Aristoteles .  Namun, dia tidak menyerah. Setelah dipersekusi, dia mengundurkan diri dari Universitas Pisa dan masuk ke Universitas Padua, tempat dia mengajar Matematika. Cara mengajarnya menarik perhatian banyak orang hingga pada akhirnya dia menghabiskan 18 tahun selanjutnya untuk mengerjakan bidang yang dia sukai, yaitu astronomi dan mekanika.

Dari cerita tersebut, pelajaran yang dapat diambil adalah ketika yakin pada suatu hal, kita harus tetap percaya dengan hal tersebut seberat apapun tantangannya. Hal ini dibuktikan oleh Galileo yang akhirnya dapat mencapai apa yang disukainya setelah dia mengalami tantangan yang berat.

Pilihan A tidak tepat  karena tidak dikatakan bahwa Galileo menentang kepercayaan masyarakat tertentu yang membuatnya dipenjara.  Pada  paragraf  pertama  dikatakan  bahwa  dia  dijatuhi  hukuman  penjara  seumur  hidup  karena  mendukung  teori Copernicus bahwa matahari berada di pusat tata surya.

Pilihan C tidak tepat karena Galileo dipersekusi bukan karena dia menentang keyakinan masyarakat, tetapi karena dia kritis terhadap ajaran Aristoteles. Hal ini dijelaskan pada awal paragraf terakhir.

Pilihan  D  tidak  tepat karena  teks  tidak  membahas  tentang  pengorbanan  yang  harus  diberikan  Galileo  supaya  dia  bisa mendapatkan pendidikan.

Pilihan E tidak tepat karena waktu yang dihabiskan oleh Galileo selama 18 tahun untuk mengerjakan bidang yang dia sukai merupakan hasil dari keteguhannya selama ini mempertahankan prinsip dan keyakinannya.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

 

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

SOSIOLOGI

Topik : Lembaga, Penyimpangan, dan Pengendalian Sosial

Subtopik : Pengendalian sosial

1. Mengajarkan seorang anak yang beranjak remaja untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial merupakan wujud dari pengendalian sosial yang bersifat ….

  1. Preventif
  2. Kuratif
  3. Represif
  4. Koersif
  5. Informal

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :

Berdasarkan sifatnya, pengendalian sosial terdiri dari pengendalian preventif, kuratif dan represif. Pada pengendalian preventif, upaya pengendaliannya bersifat mencegah dan dilakukan sebelum terjadi penyimpangan sosial. Mengajarkan anak yang beranjak remaja untuk bijak menggunakan media sosial bertujuan agar dirinya bisa terhindar dari perilaku-perilaku seperti, menyebarkan fitnah/hoaks, melakukan perundungan secara online maupun memberikan ujaran kebencian.

Jadi jawaban yang tepat adalah opsi A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Diferensiasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

2. Diferensiasi sosial menghasilkan pengelompokkan masyarakat secara horizontal atau sederajat sehingga ….

  1. Dapat mewakili keragaman sosial yang ada dimasyarakat.
  2. Tidak aka nada lagi kesenjangan antara kelas-kelas sosial dimasyarakat.
  3. Interaksi dan komunikasi dalam masyarakat dapat semakin mudah terjalin.
  4. Menggambarkan keberagaman dalam masyarakat disatukan oleh falsafah yang sama.
  5. Perbedaan sosial dalam masyarakat tidaklah dilihat lebih tinggi maupun lebih rendah.

 

Kunci: E

Pembahasan:

Diferensiasi sosial adalah pengelompokan masyarakat secara horizontal berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perbedaan-perbedaan itu tidak dapat diklasifikasikan secara bertingkat/vertikal seperti halnya pada tingkatan dalam lapisan ekonomi, yaitu lapisan tinggi, lapisan menengah dan lapisan rendah.

Jadi, jawabannya adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Diferensiasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

3. Migrasi penduduk Cina Jawa telah melahirkan sebuah perpaduan antara budaya Cina dan budaya Jawa yang tercermin dalam berbagai produknya, salah satu adalah wayang China-Jawa. Perpaduan budaya dalam pagelaran wayang Cina-Jawa ini dapat menghasilkan dampak yang positif, seperti menjadi media pendidikan tentang nilai-nilai moral dan media kultural untuk menyatukan golongan-golongan Cina dan Jawa. Namun, perpaduan budaya juga tidak jarang menghasilkan masalah. Salah satu masalah yang dapat muncul adalah …

  1. Keinginan masyarakat Jawa untuk menjaga budaya yang telah dimilikinya.
  2. Sikap terbuka masyarakat Jawa dalam menerima budaya yang datang dari Cina.
  3. Rasa cinta dari masyarakat Jawa terhadap budaya baru yang datang di kelompoknya.
  4. Kebanggaan masyarakat Jawa akan budayanya yang mampu berpadu dengan budaya lain.
  5. Klaim suatu kelompok terhadap produk budaya wayang, meskipun bukan berasal dari negaranya.

 

Kunci: E

Pembahasan:

Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Jadi, jawabannya adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik : Diferensiasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

4. Pasar tradisional yang kita ketahui memiliki beberapa unsur dan komponen. Diantaranya ada pedagang, pembeli, maupun distributor barang yang menjalankan fungsi dan perannya masing-masing. Para pedagang dan pembeli di pasar tradisional biasanya melakukan tawar menawar guna mendapatkan kesepakatan harga, hal ini dapat berlangsung karena didukung adanya nilai dan norma yang berlaku. Selain itu di pasar tradisional terdapat persaingan antar pedagang yang menentukan harga dan juga kualitas barang. Jika dilihat berdasarkan unsur dan komponen yang terjalin di dalam pasar tradisional dapat dilihat dari perspektif struktural fungsional yang sesuai dengan pernyataan ….

  1. Adanya penyesuaian harga berdasarkan kualitas barang oleh para pedagang.
  2. Para pedagang dan pembeli memahami perannya masing-masing sehingga membentuk integrasi yang selaras.
  3. Adanya hubungan antara struktur dan sistem sosial di pasar tradisional.
  4. Perubahan peran yang terjadi di pasar tradisional menjadikan aksi premanisme yang dominan di masyarakat.
  5. Keadaan pemicu konflik akibat sistem yang baku karena adanya pihak yang memiliki kekuasaan lebih seperti aksi premanisme yang menganggap pasar adalah putaran keuangan.

 

Kunci: C

Pembahasan:

Sistem sosial adalah suatu sistem yang terdiri atas elemen-elemen sosial. Elemen-elemen sosial itu terdiri atas tindakan- tindakan sosial yang dilakukan individu-individu yang berinteraksi satu dengan yang lainnya. Dalam sistem sosial terdapat individu-individu yang berinteraksi dan bersosialisasi sehingga tercipta hubungan-hubungan sosial. Keseluruhan hubungan sosial tersebut membentuk struktur sosial dalam kelompok maupun masyarakat yang akhirnya akan menentukan corak masyarakat tersebut.

Jadi, jawabannya adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Stratifikasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

5. Dalam sistem stratifikasi sosial terdapat cara untuk memperoleh status di dalam masyarakat, seperti achieved status, assigned status, ascribed status. Namun terdapat contoh ascribed status yang dapat ditemukan …

  1. Catherine Middleton yang merupakan warga negara inggris yang menikahi pangeran William dan mendapat gelar Duchess of Cambridge dan sang anak mendapat gelar selanjutnya.
  2. Megan Markle seorang warga negara amerika yang menikahi pangeran inggris dan keduanya mendapatkan gelar Duke & Duchess of Sussex.
  3. Diana Spencer yang mendapat gelar Princess of Wales setelah menikah dengan pangeran Charles, namun harus ditinggalkan setelah dirinya bercerai dengan pangeran Charles.
  4. Camilla Rosemary yang merebut tahta Putri Diana yang memiliki gelar Princess of Wales dengan menikahi pangeran Charles pada tahun 2005.
  5. Pangeran William yang sejak lahir mendapatkan gelar sebagai His Royal Higness Prince William of Wales yang diberikan melalui orang tuanya yang memiliki gelar Prince of Wales dalam silsilah kerajaan Inggris.

 

Kunci: E

Pembahasan:

Ascribed Status : Diperoleh melalui keturunan.

Achieved Status : Diperoleh melalui usaha.

Assigned Status : Diperoleh melalui jasa.

Jadi, jawabannya adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Stratifikasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

6. Konsep meritokrasi mengemukakan bahwa pencapaian status sosial seseorang berdasarkan kemampuan dan pencapaiannya di masyarakat. Konsep ini dikemukakan oleh …

  1. Karl Marx.
  2. Adam Smith.
  3. Talcott Parson.
  4. Emile Durkheim.
  5. Antonio Gramsci.

 

Kunci: B

Pembahasan:

Ada dua kelas yang menjadi perhatian adalah proletariat dan borjuis. Proletariat adalah para pekerja yang menjual jasa mereka dan tidak memiliki alat-alat produksi sendiri. Kelas borjuis merupakan nama khusus untuk para kapitalis dalam ekonomi modern.

Jadi, jawabannya adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

SEJARAH

Topik : Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba

Subtopik : Manusia Purba di Indonesia

1. Selain memiliki perbedaan dalam struktur tubuh, Meganthropus paleojavanicus dengan Pithecanthropus erectus memiliki perbedaan dalam pola kehidupan. Adapun perbedaan tersebut adalah ….

  1. Meganthropus paleojavanicus sudah bercocok tanam sedangkan Pithecanthropus masih berburu
  2. Meganthropus paleojavanicus sudah bercocok tanam sedangkan Pithecanthropus masih berburu
  3. Pithecanthropus erectus sudah mulai bercocok tanam sedangkan Meganthropus paleojavanicus masih berburu
  4. Meganthropus paleojavanicus pemakan tumbuhan sedangkan Pithecanthropus sudah memakan hewan buruan
  5. Meganthropus paleojavanicus sering melakukan perburuan sedangkan Pithecanthropus sudah bercocok tanam

 

Penjelasan:

Meski Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus hidup dalam satu masa yang sama keduanya memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan antara jenis manusia purba Meganthropus paleojavanicus dan Pithecanthropus erectus salah satunya dalam pola kehidupan. Karena memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan Pithecanthropus erectus, jenis manusia Meganthropus paleojavanicus diperkirakan hanya memakan tumbuhan sedangkan jenis manusia Pithecanthropus erectus sudah melakukan perburuan dan memakan daging

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Persamaan dan Perbedaan Manusia Purba

Subtopik: Manusia Purba di Indonesia

2. Berdasarkan penemuan para ahli, manusia purba jenis Homo nearderthalensis banyak yang meninggal sebelum usia 20 tahun. Fenomena tersebut disebabkan oleh ….

  1. ketidakmampuan Homo neanderthalensis menghadapi hewan buas
  2. ketidakmampuan Homo neanderthalensis dalam menghadapi cuaca ekstrim
  3. adanya konflik Homo neanderthalensis dengan Homo heidelbergensis
  4. sering adanya konflik antar kelompok Homo neanderthalensis
  5. Homo neanderthalensis hanya memakan tumbuh-tumbuhan

 

Kunci: B

Pembahasan:

Homo neanderthalensis adalah manusia purba yang diperkirakan banyak yang meninggal sebelum usia 20 tahun. Hal itu dikarenakan manusia purba ini tidak mampu untuk menghadapi perubahan cuaca ekstrim yang terjadi di Eropa khususnya saat Eropa mengalami musim dingin yang ekstrim. Selain itu para ahli paleoantropologi memperkirakan bahwa penyakit endemik menjadi penyebab punahnya Homo neanderthalensis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Persamaan san Perbedaan Manusia Purba

Subtopik: Manusia Modern

3. Ras Bushman, Ainu, Australoid adalah ras yang dapat ditemukan pada wilayah ….

  1. Pulau Hokkaido, Australia, Kepulauan Melanesia dan Mikronesia
  2. Gunung Kalahari, Pulau Hokkaido dan Australia
  3. Pulau Hokkaido, Gurun Kalahari dan Sri Lanka
  4. Australia, Gurun Kalahari dan Mikronesia
  5. Australia, Pulau Hokkaido, Sri Lanka dan Sulawesi Selatan

 

Kunci: B

Pembahasan:

Ras khusus adalah kelompok manusia yang mempunyai ciri sendiri dan terdapat di wilayah tertentu. Berikut daftar ras khusus.

  1. Ras Bushman yang mendiami daerah gurun kalahari di Afrika Selatan.
  2. Ras Veddoid mendiami Sri Lanka dan Sulawesi Selatan.
  3. Ras Australoid yang mendiami Australia sebagai penduduk asli.
  4. Ras Polynesia yang mendiami kepulauan Melanesia dan Mikronesia.
  5. Ras Ainu yang mendiami Pulau Hokkaido.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia

Subtopik: Pengaruh Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia Terhadap Kehidupan Masa Kini

4. Animisme, Dinamisme, dan Totemisme merupakan sistem religi yang pertama kali dikenal oleh manusia. Perbedaan mendasar antara Dinamisme dan Totemisme adalah …

  1. Dinamisme meyakini roh nenek moyang, Totemisme pada hewan.
  2. Dinamisme meyakini roh nenek moyang, sedangkan Totemisme tidak.
  3. Dinamisme meyakini kekuatan pada benda, Totemisme pada tumbuhan.
  4. Dinamisme meyakini bahwa beberapa hewan suci, Totemisme meyakini benda memiliki kekuatan.
  5. Dinamisme meyakini benda memiliki kekuatan, dan Totemisme meyakini hewan dapat memiliki kekuatan ilahi.

Kunci: E

Pembahasan:

Dinamisme dan Totemisme merupakan sistem kepercayaan yang berkembang sejak masa praaksara. Dinamisme meyakini bahwa benda-benda menjadi tempat bersemayam roh nenek moyang dan memiliki kekuatan gaib. Contoh dari kepercayaan Dinamisme adalah kepercayaan terhadap pohon besar, benda pusaka, dan lainnya. Sedangkan Totemisme meyakini bahwa beberapa hewan atau makhluk hidup selain manusia dapat memiliki kekuatan illahi, bahkan beberapa hewan dianggap suci dan dapat dipuja.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Indonesia Zaman Hindu-Buddha

Subtopik: Teori Masuknya Agama Hindu Buddha

5. Prasasti yang dapat memperkuat pernyataan bahwa masuknya agama Hindu dan Buddha ke Nusantara adalah peranan dari bangsa Indonesia yang belajar ke India adalah ….

  1. prasasti Yupa
  2. prasasti Ligor
  3. prasasti Tanjore
  4. prasasti Nalanda
  5. prasasti Kalasan

Kunci: D

Pembahasan:

Prasasti Nalanda merupakan sebuah prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di Nalanda, India dan berangka tahun 860 Masehi. Prasasti ini menceritakan kisah Raja Balaputradewa yang membangun sebuah wihara yang indah di daerah Nalanda, India. Pembangunan wihara ini dimaksudkan sebagai asrama bagi para pelajar Nusantara yang sedang belajar di negeri Nalanda, India.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Indonesia Zaman Hindu-Buddha

Subtopik: Pengaruh Kehidupan Kerajaan Hindu Buddha

6. Berikut ini yang termasuk ke dalam ciri-ciri candi yang bercorak Hindu adalah ….

  1. Struktur bangunan candi terdiri dari bhurloka, bhuvarloka dan svarloka.
  2. Struktur bangunan candi terdiri dari kamadhatu, rupadhatu, aruphadatu.
  3. Candi berfungsi sebagai makam raja-raja.
  4. Candi berfungsi sebagai tempat ibadah.

 

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 4
  4. 4
  5. 1, 2, 3, dan 4

 

Kunci: B

Pembahasan:

Dari pernyataan di atas, yang merupakan pernyataan dari ciri-ciri candi Hindu adalah poin 1 dan 3. Candi yang bercorak Hindu biasanya digunakan untuk pemakaman raja-raja Hindu, berbeda dengan candi bercorak Buddha yang lebih berfungsi sebagai tempat ibadah. Selain itu, candi yang bercorak Hindu memiliki struktur bangunan yang terdiri dari bhurloka, bhuvarloka, dan svarloka. Sedangkan struktur bangunan yang terdiri dari kamadhatu, rupadhatu, dan aruphadatu merupakan struktur candi bercorak Buddha.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

EKONOMI

Topik : OJK dan Lembaga Keuangan Perbankan

Subtopik : Produk Bank

1. Kartu kredit termasuk alat pembayaran yang sah dalam transaksi. Kelebihan penggunaan kartu kredit dalam transaksi adalah …. 

  1. transaksi lebih praktis karena tanpa uang tunai 
  2. fasilitas pelayanan lebih baik daripada membayar dengan uang tunai 
  3. pembayaran transaksi menjadi lebih murah karena mendapat diskon 
  4. dapat digunakan di semua toko, baik toko modern maupun tradisional 
  5. pengeluaran uang belanja menjadi lebih hemat

 

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :

Kartu kredit adalah alat pembayaran secara online atau non tunai dengan menggunakan kartu dan diterbitkan oleh bank negeri maupun swasta. Di dalamnya terdapat fasilitas seperti promo penggunaan dan discount yang didapat oleh penggunanya. Kartu kredit dapat membantu kamu untuk melakukan transaksi di awal dan pada akhirnya kamu harus membayar nominal yang sudah terpakai pada awal bulan ke bank.

Adapun kelebihan dari Kartu Kredit, yaitu:

  1. Lebih mudah dan praktis saat melakukan transaksi pembayaran
  2. Menyediakan garansi
  3. Memudahkan belanja online
  4. Bisa digunakan di seluruh dunia

Jadi, jawaban yang benar adalah Poin A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: OJK dan Lembaga Keuangan Perbankan

Subtopik: Produk Bank

2. Pada abad ke 12 hingga 14 setelah Masehi, perbankan mengalami kemajuan. Bahkan bank-bank di Florence (Italia) memiliki kemampuan untuk memfasilitasi perdagangan dengan menyediakan alat pembayaran yang disebut ….

  1. letter of credit
  2. wesel
  3. cryptocurrency
  4. bill of exchange
  5. giro

 

Kunci: D

Pembahasan:

Pada abad ke 12 hingga 14 setelah Masehi, perbankan mengalami kemajuan. Bank mulai memperkenalkan alat pembayaran selain koin, salah satunya adalah bill of exchange. Bill of exchange atau alat tukar kertas merupakan alat pembayaran yang disediakan oleh bank-bank yang ada di Florence (Italia) untuk memfasilitasi perdagangan. Fungsinya sama seperti cek yang berlaku saat ini.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Lembaga Keuangan Non Perbankan

Subtopik: Lembaga Pembiayaan

3. Ruangguru merupakan perusahaan yang baru mulai merintis bisnis (start up) di bidang teknologi pendidikan dan sedang membutuhkan investor untuk menyertakan modal. Salah satu investor yang menyertakan modalnya di Ruangguru adalah PT ABC. Berdasarkan ilustrasi tersebut, PT ABC termasuk lembaga pembiayaan ….

  1. leasing
  2. modal ventura
  3. anjak piutang
  4. pembiayaan konsumen
  5. pembiayaan infrastruktur

Kunci: B

Pembahasan:

Modal ventura adalah modal permulaan yang disediakan oleh investor swasta (pemodal ventura) atau lembaga keuangan khusus (perusahaan modal ventura). Modal ventura juga dikenal sebagai salah satu jenis pendanaan yang didapat untuk memulai pengembangan bisnis muda, misalnya start up. Pada umumnya, start up yang dianggap potensial menjadi salah satu ladang utama bagi modal ventura untuk berinvestasi.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Bank Sentral serta Alat dan Sistem Pembayaran

Subtopik: Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

4. Bank A mengalami kerugian karena kesalahan dalam pembuatan SOP pemberian kredit yang menyebabkan banyak debitur tidak membayar kreditnya. Hal ini merupakan salah satu risiko dalam sistem pembayaran yang berupa …

  1. Risiko kredit
  2. Risiko hukum
  3. Risiko sistemik
  4. Risiko likuiditas
  5. Risiko operasional

 

Kunci: B

Pembahasan:

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan penjabaran panduan yang berisi aturan aturan suatu lembaga dalam melaksanakan suatu kegiatan. Kesalahan penyusunan SOP merupakan contoh risiko hukum yang ditanggung lembaga keuangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Lembaga Keuangan Non Perbankan

Subtopik: Dana Pensiun

5. Pak Suhud merupakan pegawai PT Maju Bersama dan sudah menjadi peserta Dana Pensiun Rogu Bersatu selama 30 tahun. Dua tahun yang lalu Pak Suhud memasuki masa pensiun dengan masa kerja 30 tahun serta gaji pokok terakhir yang diterima Pak Suhud adalah Rp8.500.000,00. Apabila setiap bulannya Pak Suhud mendapatkan dana pensiun sebesar Rp1.700.000,00, maka produk dana pensiun yang diikuti oleh Pak Suhud adalah ….

  1. Dana Pensiun Iuran Pasti
  2. Dana Pensiun Pemerintah
  3. Dana Pensiun Iuran Pekerja
  4. Dana Pensiun Pemberi Kerja
  5. Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Kunci: D

Pembahasan:

Dana pensiun adalah sekumpulan dana yang diperoleh dari iuran tetap tiap peserta ditambah penyisihan penghasilan perusahaan, serta para peserta memiliki hak mendapatkan bagian keuntungan itu setelah pensiun/tidak bekerja lagi. Jenis dana pensiun secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPLK), yaitu dana yang dibuat oleh individu atau sebuah badan yang mempekerjakan karyawan. Iurannya bersifat pasti dan pemberian hasil pengumpulan dana kepada karyawan adalah kewajiban pemberi kerja.
  2. Lembaga asuransi kesehatan, yaitu dana yang diselenggarakan oleh perusahaan asuransi jiwa untuk perorangan, baik untuk karyawan kantor maupun pekerja independen, dan terpisah dengan dana hari tua dari pemberi kerja.
  3. Lembaga keuangan, yaitu dana yang dibuat oleh lembaga keuangan seperti bank. Sehingga, iurannya bersifat pasti dan hanya dibebankan pada pemberi kerja, serta besarannya berdasarkan kepada keuntungan pemberi kerja.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: OJK dan Lembaga Keuangan Perbankan

Subtopik: Produk Bank

6. Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Penerimaan bonus setiap barang ekspor atau impor yang terjual.
  2. Nasabah ekspor atau impor menjadi lebih loyal kepada bank.
  3. Meningkatkan rasio non performing loan.
  4. Penerimaan biaya administrasi dari pengurusan letter of credit.
  5. Pengendapan dana setoran nasabah ekspor/impor sebagai dana murah bagi bank.

Keuntungan bank yang mengeluarkan letter of credit untuk kegiatan ekspor atau impor ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 3, dan 4
  3. 2, 3, dan 4
  4. 2, 4, dan 5
  5. 3, 4, dan 5

Kunci: A

Pembahasan:

Letter of credit adalah surat pernyataan yang dikeluarkan issuing bank atas permintaan pembeli/importir yang ditunjukkan kepada penjual/eksportir melalui conforming bank dengan menyatakan bahwa issuing bank akan membayar sejumlah uang tertentu apabila syarat-syarat yang ditetapkan terpenuhi. Bank yang menerbitkan letter of credit akan memperoleh keuntungan sebagai berikut.

  • Nasabah ekspor atau impor menjadi lebih loyal kepada bank.(2)
  • Penerimaan biaya administrasi dari pengurusan letter of credit. (4)
  • Pengendapan dana setoran nasabah ekspor/impor sebagai dana murah bagi bank. (5)

Berdasarkan penjelasan tersebut, keuntungan bank yang mengeluarkan letter of credit untuk kegiatan ekspor atau impor ditunjukkan oleh nomor 2, 4, dan 5.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

GEOGRAFI

Topik : Dinamika Litosfer

Subtopik : Tanah

1. Bentang alam karst terbentuk lewat proses pelarutan dan pengendapan yang terjadi selama jutaan tahun. Berdasarkan persebarannya, kota manakah yang tidak tergolong sebagai Kawasan Karst di Indonesia …. 

  1. Rembang, Jawa Tengah 
  2. Maros, Sulawesi Selatan 
  3. Baturaja, Sumatera Selatan 
  4. Gunung Kidul, DIY 
  5. Serang, Banten

 

Kunci Jawaban : E

Pembahasan :

Karst adalah daerah yang terdiri atas batuan kapur yang berpori sehingga air di permukaan 

tanah selalu merembes dan mengalir ke dalam tanah. Karst juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup, drainase permukaan, dan gua.

Di Indonesia, karst tersebar di wilayah Jawa Tengah (Rembang, Blora, Kebumen, Gunung Sewu), Jawa Barat (Citatah, Pangandaran, Bogor), Jawa Timur (Blitar), Banten (Bayah), Sultra (Muna), Sulsel (Maros, Toraja, Belae), Sumsel (Baturaja), Sumbar (Lintau-Buo), Aceh (Lhoknga), Papua (Pania, Jayawijaya), NTT (Liang Bue), NTB (Jereweh), Kalsel (Meratus), Ambok (Tj. Kodok), dll.

Berdasarkan informasi tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Dinamika Litosfer

Subtopik: Pengantar Litosfer

2. Berdasarkan sifat kimianya, lapisan bumi terdiri atas lapisan kerak bumi, mantel, dan inti bumi. Lapisan kerak bumi terdiri dari dua lapisan, yaitu ….

  1. Laurasia dan Gondwana
  2. mid oceanic ridge dan continental fault
  3. oceanic plate dan continental plate
  4. kerak benua dan tectonic plate
  5. kerak samudra dan penampang tengah samudra

Kunci: C

Pembahasan:

Lapisan kerak bumi terdiri atas dua lapisan, yaitu kerak benua (continental plate) dan kerak samudra (oceanic plate). Kerak benua tersusun dari unsur silika dan aluminium. Sementara itu, kerak samudra tersusun atas unsur silika dan magnesium.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM
Topik: Dinamika Litosfer

Subtopik: Tektonisme

3. Jenis patahan yang tidak dapat membentuk horst dan graben disebut ….

  1. patahan miring
  2. patahan transform
  3. patahan tegak lurus
  4. patahan vertikal
  5. patahan vertikal ke samping

Kunci: B

Pembahasan:

Patahan yang tidak dapat menghasilkan bentukan horst dan graben disebut sebagai patahan geser atau patahan transform. Patahan geser terbagi menjadi dua macam, yaitu patahan dekstral yang pergerakannya ke arah kanan dan patahan sinistral yang pergerakannya ke arah kiri. Contoh patahan transform di Indonesia adalah Patahan Palu-Koro yang menyebabkan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala pada tahun 2018 lalu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Dinamika Litosfer

Subtopik: Tektonisme

4. Sepanjang pesisir barat Sumatra hingga selatan Jawa merupakan bagian laut lepas. Wilayah tersebut merupakan zona subduksi Lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Kondisi subduksi kedua lempeng ini memberikan banyak pengaruh terhadap berbagai ketampakan yang ada di Pulau Sumatra dengan Jawa. Bentukan yang terbentuk di sekitar kawasan akibat pergerakan tektonisme tersebut adalah ….

  1. intensitas gelombang laut di selatan Jawa tidak teratur
  2. laju abrasi pesisir barat Sumatra menurun
  3. terjadinya pendangkalan laut di selatan Pulau Jawa
  4. morfologi pesisir utara Jawa yang landai dan datar
  5. terdapatnya gugusan gunung api yang ada di sisi selatan Jawa

Kunci: E

Pembahasan:

Wilayah sebelah barat Sumatra dan selatan Jawa dekat dengan zona subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. Akibat dari gerakan subduksi lempeng ini, terbentuklah berbagai ketampakan alam di Pulau Jawa dan Sumatra. Contohnya adalah Pegunungan Bukit Barisan di Pulau Sumatra, gugusan gunung api di Pulau Jawa bagian selatan, dan lain- lain. Ketampakan alam tersebut bisa terjadi karena adanya interaksi antara dua lempeng.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Dinamika Litosfer

Subtopik: Pelapukan

5. Air yang banyak mengandung zat asam arang dapat dengan mudah melarutkan batu kapur. Ilustrasi tersebut menggambarkan jenis pelapukan ….

  1. mekanis
  2. kimiawi
  3. organik
  4. biologis
  5. fisika

Kunci: A

Pembahasan:

Pelapukan kimiawi adalah pelapukan massa batuan yang yang disertai perubahan susunan kimianya. Jenis pelapukan kimiawi yang paling banyak ditemukan adalah pelapukan kimiawi pada batu kapur yang disebabkan oleh air. Batu kapur yang dilarutkan oleh air yang mengandung zat asam arang akan menimbulkan gejala karstifikasi. Pelapukan kimiawi sendiri merupakan jenis pelapukan yang paling banyak terjadi di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Dinamika Litosfer

Subtopik: Sedimentasi

6. Perhatikan bentang alam di bawah ini!

  1. Meander
  2. Oxbow lake
  3. Kubah kapur
  4. Ponor
  5. Delta

Bentang alam yang berkaitan dengan proses sedimentasi ditunjukkan nomor ….

  1. 1, 2, dan 5
  2. 2, 4, dan 5
  3. 1, 3, dan 5
  4. 1, 2, dan 4
  5. 2, 3, dan 5

Kunci: A

Pembahasan:

Meander, oxbow lake, dan delta merupakan bentang alam yang berkaitan dengan proses sedimentasi. Meander merupakan ketampakan sungai yang berkelok-kelok yang terbentuk karena proses erosi dan pengendapan yang terjadi secara bersamaan. Oxbow lake atau sungai mati merupakan kelokan sungai yang terpotong dan terpisah karena adanya proses sedimentasi. Sementara itu, delta adalah tumpukan sedimen yang terbentuk di muara sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

MATEMATIKA IPS

Topik : Fungsi dan Komposisi dan Invers

Subtopik : Fungsi Invers

1. Diketahui   Nilai a yang memenuhi adalah ….

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan : 

Diketahui bahwa

Perhatikan perhitungan berikut!

Dengan demikian, nilai a yang memenuhi adalah 2.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik : Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Fungsi Komposisi

2. Jika mtk 1a-2 dan mtk 1b-1 maka rumus fungsi mtk 1c-1adalah ….

mtk 1d-1

Kunci: E

Pembahasan:

Perhatikan perhitungan berikut ini!

mtk 2a-1

Misalkan mtk 1e-1. Akibatnya, didapat persamaan sebagai berikut.

mtk 1f-1Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

mtk 1g-1

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi

Subtopik: Aljabar Fungsi I

3. Diketahui mtk 2a-2 dan mtk 2b-1 Rumus fungsi mtk 2c-1 adalah

mtk 2d-1

 

Kunci: B

Pembahasan:

Diketahui mtk 2a-2 dan mtk 2b-1

Oleh karena itu rumus fungsi mtk 2c-1 adalah sebagai berikut

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi Komposisi dan Invers

Subtopik: Fungsi Invers

4. Diketahui mtk 4a-1. Jika mtk 4b-1, maka nilai dari mtk 4c-1 adalah ….

  1. 7
  2. 9
  3. 12
  4. 17
  5. 19

 

Kunci: E

Pembahasan:

Diketahui bahwa mtk 4a-1 dan mtk 4b-1 

Ingat bahwa jika mtk 4b-1 maka berlaku bahwa mtk 4d-1

Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

mtk 4e-1

Didapatkan nilai dari a adalah 7

Dengan demikian, dapat ditentukan nilai dari mtk 4c-1 sebagai berikut.

mtk 4f-1

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Topik: Fungsi

Subtopik: Aljabar Fungsi II

5. Diketahui mtk 5a-1 dan mtk 5b-2. Nilai dari mtk 5c-1 adalah ….

  1. 8
  2. 4
  3. 0
  4. 4
  5. -8

Kunci: A

Pembahasan:

Perhatikan perhitungan berikut ini!

mtk 5d-1

Dengan demikian, nilai dari mtk 5c-1 adalah 8.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Feb-17-2022-03-14-07-55-AM

Ada kesulitan saat mengerjakan soal-soal di atas? Yuk, cobain live teaching bareng STAR Master Teacher Brain Academy! Bisa tanya jawab secara interaktif via aplikasi atau PC. Gurunya lulusan PTN ternama lho, dijamin bikin kamu lebih siap hadapi PTS.

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

MT Brain Academy