Seleksi Mandiri UNUD 2024: Jadwal, Syarat, & Biayanya

seleksi mandiri universitas udayana

Pendaftaran Ujian Mandiri Universitas Udayana telah dibuka sejak awal April. Tertarik untuk daftar? Simak info lengkapnya!

Universitas Udayana (UNUD) memberi kesempatan bagi kamu yang ingin kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di Bali satu ini! Yup, sejak awal April, UNUD membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma melalui Jalur Mandiri. Pendaftaran Jalur Mandiri terbuka bagi lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024.

Ingin tahu info lebih lengkap seputar pendaftaran Jalur Mandiri UNUD 2024? Jangan skip artikel  satu ini, ya!

 

Jadwal Seleksi Jalur Mandiri UNUD 2024

  • Pendaftaran: Selasa, 7 Mei 2024 – Jumat, 21 Juni 2024
  • Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilakukan selama 5 hari dengan 10 sesi:
    • Sesi 1 dan 2: Senin, 1 Juli 2024
    • Sesi 3 dan 4: Selasa, 2 Juli 2024
    • Sesi 5 dan 6: Rabu, 3 Juli 2024
    • Sesi 7 dan 8: Kamis, 4 Juli 2024
    • Sesi 9 dan 10: Jumat, 5 Juli 2024 (Cadangan)
  • Pengumuman kelulusan: Kamis, 11 Juli 2024
  • Pengisian Formulir UKT: Jumat, 12 Juli 2024 – Kamis, 18 Juli 2024
  • Penetapan Kelompok UKT: Jumat, 19 Juli 2024
  • Registrasi dan Pembayaran: Jumat, 19 Juli 2024 – Jumat, 26 Juli 2024
  • Mengunduh NIM: Senin, 29 Juli 2024 – Rabu, 31 Juli 2024

 

Baca Juga: Penmaba UNJ: Jadwal, Syarat, Cara Daftar, Biaya, dan Materi Ujian

 

Syarat Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNUD

Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi oleh calon peserta ujian mandiri. Berdasarkan informasi dari situs resmi UNUD, berikut Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri UNUD 2024:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2022, 2023, dan 2024.
  3. Dokumen kelulusan untuk tahun 2022 dan 2023 berupa Fotocopy Ijazah yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah dengan tanda tangan dan cap basah, sedangkan untuk kelulusan tahun 2024 dapat berupa Surat Keterangan Lulus (SKL) berisikan Pas Photo berwarna, disahkan oleh Kepala Sekolah dengan tanda tangan dan cap basah.

 

Tata Cara Pendaftaran Seleksi Jalur Mandiri UNUD

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://utbk.unud.ac.id dengan memilih pilihan jalur masuk Seleksi UTBK Jalur Mandiri 2024.
  2. Calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 450.000,00 (empat ratus lima puluh ribu rupiah) mulai tanggal 7 Mei – 21 Juni 2024 menggunakan Nomor Virtual Account (pembayaran bisa dilakukan dari Bank manapun) yang tertera pada Lembar Pembayaran yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran akun dengan cara memilih Bank tempat melakukan pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan di Bank atau melalui ATM/m-Banking. Biaya Pendaftaran yang sudah dibayar, tidak dapat ditarik kembali.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta melanjutkan pendaftaran melalui laman https://utbk.unud.ac.id dan Login menggunakan username dan password yang dibuat saat pendaftaran awal atau yang tertera dalam email.
  4. Calon peserta seleksi Jalur Mandiri tersebut mengisi biodata, mengunggah foto, memilih program studi, mengisi Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), melakukan pengisian data untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan mengunggah dokumen prasyarat pendaftaran lainnya.
  5. Calon peserta mencetak Tanda Peserta Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri tahun 2024 secara online.
  6. Calon peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sesuai jadwal yang ditentukan.
  7. Setiap pendaftar hanya boleh memilih maksimal 2 (dua) program studi yang ada di lingkungan Universitas Udayana.

 

Baca Juga: Memahami Kalimat Persuasif Beserta Ciri dan Contohnya

 

Ketentuan Kelulusan Seleksi Mandiri UNUD

Peserta yang dapat dinyatakan Lulus Seleksi pada Jalur Mandiri adalah peserta yang memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri tahun 2024 (kecuali peserta yang mendapatkan rekomendasi melalui PJMP).
  2. Tidak lulus seleksi dan/atau tidak lolos verifikasi nilai rapor pada penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2024.
  3. Tidak lulus seleksi dan/atau tidak melakukan registrasi ulang pada penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024.

 

Program Studi yang Dibuka untuk Jalur Mandiri UNUD

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap peserta Jalur Mandiri UNUD hanya diperbolehkan untuk memilih maksimal 2 (dua) program studi yang berbeda. UNUD membuka 53 program studi dari 13 Fakultas yang ada. Sebagai pertimbangan, berikut daftar Program Studi Jalur Mandiri UNUD 2024.

 

Biaya Pendidikan di Universitas Udayana

Ketika telah dinyatakan lulus, calon mahasiswa diwajibkan untuk membayar biaya pendidikan yang meliputi:

  1. Uang Kuliah Tunggal (UKT): dibayarkan setiap semester yang besarannya sesuai dengan kelompok UKT yang telah ditetapkan oleh sistem. Pengelompokan UKT berdasarkan isian Form UKT. Mahasiswa wajib mengisi semua isian Form UKT yang telah disiapkan pada laman pendaftaran dengan melakukan Login terlebih dahulu ke laman pendaftaran pada menu Isian UKT.
  2. Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibayarkan satu kali selama kuliah di Universitas Udayana dengan besaran sesuai dengan yang diinputkan pendaftar dalam sistem online.
  3. UKT dan IPI dibayarkan setelah melakukan Registrasi dan mencetak tagihan UKT dari sistem registrasi.

Jika ada informasi yang kurang dimengerti, kamu bisa cek website https://www.unud.ac.id/ untuk penjelasan lebih lengkap seputar Jalur Mandiri UNUD 2024, ya!

By the way, kamu masih bingung mau ambil jurusan apa saat kuliah nanti? Tenang aja! Brain Academy punya, lho, kelas pengembangan diri yang bisa ngebantu kamu dalam menentukan pilihan jurusan kuliah nanti. Klik banner di bawah untuk kepoin lebih lanjut!

Paket Ujian Mandiri Brain Academy

Sumber:

Pengumuman Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD Program Sarjana dan Diploma Melalui Jalur Mandiri Tahun Akademik 2024/2025. [Daring]. Tautan: https://www.unud.ac.id/in/pengumuman6467-Penerimaan-Mahasiswa-Baru-Universitas-Udayana-Program-Diploma-dan-Sarjana-Jalur-Mandiri-Tahun-Akademik-2024-2025.html (Diakses 12 Juni 2024)

Tiara Syabanira Dewantari