Biografi dan Autobiografi: Pengertian, Contoh & Perbedaannya

perbedaan biografi dan autobiografi

Sering kali, kita sulit untuk membedakan antara biografi dan autobiografi. Nah, supaya tidak bingung lagi, simak pembahasan lengkap tentang definisi, ciri-ciri, serta cara membedakan keduanya berikut ini.

Suatu karya tulis yang berisikan cerita tentang perjalanan hidup seseorang disebut sebagai biografi. Eh tapi, karya tulis autobiografi juga memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menceritakan kisah perjalanan seseorang semasa hidupnya.

Nah loh! Bingung tidak?

Jika dilihat sekilas dari penjelasannya sih, tampaknya kedua karya tulis ini seperti anak kembar, serupa tapi tak sama. Tapi jangan sampai tertukar, Brainies. Soalnya kedua karya tulis tersebut ternyata memiliki karakteristik serta fungsi yang berbeda.

Supaya lebih paham lagi, ayo baca penjelasannya di bawah ini!

 

Pengertian Biografi

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Kata biografi itu sendiri berasal dari Yunani, yaitu ‘bios’ yang berarti hidup dan ‘graphia’ yang berarti tulisan. Jika disatukan, maka kata biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang.

Pada dasarnya, biografi menceritakan tentang kisah atau cerita seseorang yang selama hidupnya memiliki banyak nilai yang patut diteladani bagi pembaca. Sebagian besar biografi mengisahkan tentang orang-orang terkenal seperti pahlawan, penyanyi, aktor, dan orang-orang berpengaruh lainnya.

Karya tulis biografi biasanya disajikan dalam bentuk narasi, berjalan secara kronologis melalui tahapan kehidupan tokoh yang dibicarakan. Melalui biografi, pembaca dapat mengetahui deskripsi tentang kehidupan seseorang secara detail dan faktual. Mulai dari latar belakang tokoh, bagaimana kehidupannya, masalah yang dihadapi, perjuangan yang dilakukan, sampai keberhasilan yang didapatkan.

 

Ciri-Ciri Biografi

  • Berisikan detail dasar tentang tokoh
  • Mencantumkan tempat tanggal lahir dan kematian tokoh (jika sudah meninggal)
  • Informasi keluarga
  • Latar belakang pendidikan
  • Menceritakan tentang peran tokoh dalam ilmu yang ditekuninya
  • Menceritakan peristiwa-peristiwa besar dan berkesan dalam hidup tokoh
  • Sikap, gagasan, serta tindakan tokoh

Baca Juga: Apa itu Kalimat Kompleks? Ini Struktur, Ciri, dan Contohnya

 

Contoh Biografi Singkat

RM atau yang dulu lebih dikenal dengan nama Rap Monster memiliki nama asli Kim Namjoon. Kim Namjoon lahir pada 12 September 1994 di Ilsan, Korea Selatan. Ia merupakan leader dan main rapper dari boygroup BTS.

Kim Namjoon memulai kariernya sebagai seorang rapper pada usia 14 tahun. Dahulu, ia menggunakan nama panggung Runch Randa dan sempat bekerja sama dengan Zico ‘Block B’.

RM kerap disebut-sebut sebagai salah satu idola Kpop yang jenius karena memiliki IQ 149. Ia juga merupakan satu-satunya member BTS yang mampu dan fasih dalam berbahasa Inggris, meskipun ia pelajari secara otodidak.

Di luar bermusik, RM memiliki hobi membaca. Ia selalu membaca berita dan mencari tahu peristiwa teraktual. Ia juga senang pergi ke kafe untuk mencari inspirasi dan menulis lirik lagu.

Meskipun terkenal dengan kejeniusan serta bakatnya dalam bermusik, RM tetap memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah tidak terlalu pandai dalam menari. Karena itulah ia dijuluki ‘dance prodigy’ oleh pelatihnya. RM juga memiliki jurusan sebagai ‘perusak’ karena hampir semua barang yang ia sentuh pasti rusak atau patah.

 

Pengertian Autobiografi

Autobiografi, atau yang disebut juga otobiografi, adalah biografi yang ditulis oleh tokohnya sendiri tentang perjalanan kehidupan pribadinya. Kata autobiografi berasal dari bahasa Yunani, tepatnya kata ‘autos’ yang berarti sendiri, kata ‘bios’ yang berarti hidup, dan kata ‘graphein’ yang berarti menulis. Menurut KBBI, autobiografi memiliki arti yaitu riwayat hidup pribadi yang ditulis oleh diri sendiri. Kata

Dalam bahasa Inggris, istilah ‘autobiography’ pertama kali digunakan pada tahun 1809 oleh penyair bernama Robert Southey, namun bentuk autobiografi itu sendiri sudah ada sejak zaman kuno.

Banyak hal yang dapat diceritakan oleh sang tokoh melalui autobiografi, mulai dari masa kecil hingga masa-masa membahagiakan. Ketika menulis autobiografi, biasanya pengarang mengandalkan memori serta dokumen yang dimiliki.

 

Ciri-Ciri Autobiografi

  • Ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan orang lain
  • Menceritakan perjalanan hidup tokoh, dari masa sulit hingga masa keemasan
  • Dilengkapi dengan dokumen atau bukti-bukti pendukung
  • Umumnya menggunakan sudut pandang orang pertama, namun bisa juga menggunakan sudut pandang lain
  • Biasanya menampilkan cerita yang positif saja sebagai sebuah pencitraan
  • Autobiografi ditulis agar pembacanya dapat mengenal tokoh dan mengambil hikmah dari perjalanan hidupnya

Ada satu hal yang membuat autobiografi spesial. Dalam karya tulis ini, pengarang tidak hanya sekedar memberikan informasi seputar kehidupan pribadinya saja. Namun mereka juga ingin menyampaikan perasaan yang ingin diekspresikan melalui sebuah buku yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Baca Juga: Memahami Cerpen dari Struktur sampai Ciri-cirinya

perbedaan biografi dan autobiografi berdasarkan ciri

 

Contoh Autobiografi Singkat

Perkenalkan, nama aku Mindung, teman-temanku biasa memanggilku begitu. Nama asliku adalah Kim Min Jeong. Aku sangat suka membaca buku, bermain basket, dan memasak. Aku lahir di Korea, tepatnya di Busan pada 1 Januari 2001. Aku merupakan anak perempuan kedua dari dua bersaudara. Kakak laki-lakiku bernama Kim Jun Su, ia bekerja sebagai seorang guru di salah satu SMP ternama.

Aku mulai bersekolah di tahun 2008, tepatnya di SD Yangsan Samsung. Pada tahun 2013, aku lulus SD dan melanjutkan pendidikanku ke SMP Jeongja. Aku lulus dari SMP pada tahun 2016. Pada tahun yang sama, aku berhasil masuk ke SMA impianku, yaitu SMA Hansol.

SMA Hansol menjadi sekolah impianku karena mereka memiliki tim basket yang sangat berprestasi. Betapa senangnya aku ketika berhasil menjadi salah satu anggota tim basket SMA Hansol. Dengan penuh semangat, aku selalu giat mengikuti latihan basket SMA Hansol setiap pulang sekolah.

Selama menjadi anggota dari tim basket SMA Hansol, saya bersama anggota tim lainnya berhasil menjuarai beberapa kompetisi di tingkat antarsekolah dan antarkota. Beberapa prestasi yang berhasil kami raih di antaranya Juara I Piala Walikota Busan 2017, Juara II Korean Classic Tournament 2017, dan Juara III Korea Basketball League 2018.

Hingga kini, aku sangat bersemangat untuk meraih cita-citaku menjadi anggota tim basket nasional Korea dan membawa nama bangsa di dunia basket internasional.

 

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Jika diperhatikan, biografi dan autobiografi sama-sama berisi tentang informasi tokoh yang diceritakan secara mendetail. Kisah hidup yang diceritakan juga dirasa penting untuk ditulis dan disebarluaskan ke masyarakat luas.

Jadi, apa acuan yang dapat kita gunakan untuk membedakan kedua karya tulis tersebut?

Dari ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, sebetulnya kita sudah bisa melihat letak perbedaan antara keduanya. Namun, ada salah satu poin perbedaan yang paling mencolok antara biografi dan autobiografi. Apa itu? Yup, perbedaan itu terletak pada sudut pandang yang digunakan oleh pengarang.

Baca Juga: Memahami Kalimat Persuasif Beserta Ciri dan Contohnya

Karena biografi merupakan cerita perjalanan hidup seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain, maka biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga. Contohnya, “Dia adalah Hamada Asahi, lahir di Osaka, 20 Agustus 2001. Pria yang akrab disapa Asahi ini merupakan anggota dari boygroup Korea, Treasure. Ia terkenal berkat visual, suara merdu, serta sikapnya yang lucu.

Sementara itu, autobiografi ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama, karena dikarang oleh tokoh itu sendiri. Contohnya, “Namaku adalah Hamada Asahi, lahir di Osaka, 20 Agustus 2001. Aku adalah anggota dari boygroup Korea, Treasure. Aku terkenal berkat visual, suara merdu, serta sikapku yang lucu.”

Adapun perbedaan lainnya terletak pada data-data dan sumber yang digunakan untuk menulis. Seorang pengarang biografi biasanya mengandalkan berbagai peninggalan, dokumen, dan sudut pandang. Sedangkan ketika menulis autobiografi, pengarang akan lebih banyak mengandalkan ingatan sendiri atau orang-orang terkait yang pernah ada dalam hidupnya.

Sekarang sudah tau dong cara membedakan antara biografi dan autobiografi? Next time kalau ada yang menanyakan perbedaan antara keduanya, kamu bisa menjelaskan dengan pede deh!

Eh, sudah tahu belum kalau di Brain Academy, kamu gak cuma bisa belajar dan konsultasi seputar kuliah aja. Tapi kamu juga bisa ikut kelas pengembangan diri yang bisa meningkatkan soft skill bersama konselor berpengalaman. Yuk kepoin lebih lanjut dengan klik banner di bawah ini!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

Sumber:

Pengertian Autobiografi. [Daring]. Tautan: https://www.dosenpendidikan.co.id/autobiografi-adalah/. Diakses 26 Juli 2022.

Modul Bahasa Indonesia Kelas X. [Daring]. Tautan: http://repositori.kemdikbud.go.id/19396/1/Kelas%20X_Bahasa%20Indonesia_KD%203.15.pdf. Diakses 26 Juli 2022.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi Serta Contohnya. [Daring]. Tautan: https://www.muradmaulana.com/2014/04/perbedaan-biografi-dan-autobiografi.html. Diakses 26 Juli 2022.

Tiara Syabanira Dewantari