Pengertian Magang, Syarat, Manfaat, dan Gajinya!

pengertian magang, syarat, manfaat, dan gajinya

Magang menjadi salah satu kegiatan wajib di SMK dan dunia perkuliahan. Apa sih magang itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Ketika menjadi seorang mahasiswa atau siswa SMK, kamu akan menjalani kegiatan magang. Di beberapa kampus namanya mungkin beda, ada yang menyebutnya PKL (Praktik Kerja Langsung), ada juga yang menyebutnya dengan Kerja Praktik (KP). Biasanya magang dilakukan saat kamu menginjak kelas 3 SMK, semester 6 untuk mahasiswa S1, dan semester 5 untuk mahasiswa D3. 

Mengapa SMK dan perguruan tinggi mewajibkan magang untuk peserta didiknya? Apa sih magang itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, tujuan, syarat, dan manfaat magang berikut ini!

 

Pengertian Magang

Magang (internship) adalah kegiatan yang memungkinkan mahasiswa atau siswa SMK untuk memperoleh pengalaman kerja, mengembangkan pengetahuan, serta keahlian di bidang yang ia tekuni. Sederhananya, magang adalah kegiatan bekerja sementara di sebuah perusahaan untuk meningkatkan keterampilan sesuai bidang keilmuan atau keahlian.

Dengan mengikuti program magang, kamu bisa belajar lebih banyak tentang dunia kerja terutama di bidang atau industri yang kamu suka. Kamu jadi semakin tahu profesi yang bisa kamu jalani setelah lulus, kerjanya ngapain aja, skill apa yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Selama magang, kamu akan bekerja di sebuah perusahaan dan ikut mengerjakan project atau pekerjaan umum seperti meeting, membuat konten, survei lokasi, atau menyusun laporan harian. Magang menjadi kesempatan untuk belajar langsung dari praktisi di bidang yang kamu sukai, kamu bisa bertanya apa saja tentang hal yang ingin kamu ketahui terkait pekerjaan atau industri tersebut.

 

Berapa lama magang dilakukan?

Berapa lama, sih magang itu? Periode magang bisa berbeda-beda di setiap kampus atau program studi. Ada yang hanya 1 bulan atau 30 hari kerja, ada yang 3 bulan, bahkan ada yang 6 bulan. Tapi jika untuk memenuhi SKS magang, umumnya universitas mensyaratkan magang selama minimal 30 hari kerja atau 1 bulan. Jika kamu ingin lebih dari itu juga boleh asalkan kamu bisa tetap menyeimbangkan antara magang dan juga belajar di kelas. 

Apa sih tujuan magang berbulan-bulan? Dilansir dari Itjen Kemendikbud, tujuan magang adalah agar pelajar dan mahasiswa merasakan proses menerapkan keilmuan atau keahlian yang mereka dapatkan selama kuliah di dunia kerja secara langsung.

 

Baca juga: Memahami Sistem Perhitungan SKS dan KRS dalam Perkuliahan

 

Syarat Magang

Syarat magang bisa berbeda-beda tergantung perusahaan yang ingin kamu lamar, industri, dan program studi. Tapi, biar kamu punya gambaran, ini beberapa syarat magang yang diterapkan oleh Kemendikbud melalui program Magang Studi Independen Bersertifikat (MISB). Syarat magang di bebrapa perusahaan kurang lebih sama. Berikut syaratnya:

 

Syarat Dokumen Magang

  • Curriculum Vitae (CV)
  • Transkrip nilai
  • Surat rekomendasi dari universitas atau sekolah
  • Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)
  • Foto/ scan KTP
  • Sertifikat organisasi (jika ada)

 

Syarat  Magang untuk Siswa SMK

  • Minimal duduk di bangku XI
  • Memiliki keahlian yang sesuai dengan industri tempat melamar magang

 

Syarat Magang untuk Mahasiswa

  • Mahasiswa aktif dengan ketentuan semester: 
    • D3 minimal semester 4
    • D4 & S1 minimal semester 5
  • Data mahasiswa terdaftar di PPDikti
  • Memiliki NISN yang terdaftar di Dapodik

 

Perlu diingat bahwa syarat magang bisa bervariasi di setiap perusahaan atau industri yang ingin kamu lamar, ya. Jika kamu melamar ke industri kreatif, mungkin kamu bisa mencantumkan portfolio untuk meningkatkan peluang diterima. 

 

Baca juga: Apa Perbedaan D3, D4, dan S1? Jangan Tertukar Sebelum Mendaftar!

 

Apakah anak magang digaji?

Magang terbagi menjadi dua yaitu paid internship atau magang berbayar dan unpaid internship atau magang tidak berbayar. Peraturan terkait hak peserta magang diatur dalam  PerMenakertrans Nomor PER/22/MEN/IX/2009 pasal 15 ayat 1 yang isinya: 

Peserta pemagangan berhak untuk: 

  • Memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama pemagangan
  • Memperoleh uang saku dan atau uang transport
  • Memperoleh perlindungan dalam bentuk jaminan kecelakaan kerja dan kematian
  • Memperoleh sertifikat pemagangan apabila dinyatakan lulus

 

Jika merujuk pada peraturan tersebut, maka peserta magang berhak atas uang saku. Tapi, tidak semua perusahaan mengikuti peraturan tersebut sehingga ada perusahaan yang tidak memberikan uang saku kepada pegawai magang. 

Perlu diingat, ketika magang, yang dicari bukan hanya uang saku semata, tapi pengalaman kerja yang berharga dan kesempatan belajar sebanyak-banyaknya. Tapi, jika kamu ingin magang sambil mendapat uang saku, maka kamu harus memastikan bahwa program magang tersebut berbayar sejak awal. Atau kamu bisa mengikuti program Magang Studi Independen Bersertifikat untuk mendapat uang saku bulanan. 

 

Manfaat Magang

Meskipun saat kuliah mengikuti program magang merupakan kewajiban agar lulus mata kuliah ‘Magang’, tapi kamu bisa mendapat banyak manfaat lainnya. Berikut adalah 5 manfaat mengikuti program magang: 

1. Lebih mengenal dunia kerja

Magang memberi kamu kesempatan untuk terlibat langsung dalam lingkungan kerja. Misalnya, cara berinteraksi dengan rekan kerja, mengamati proses kerja, atau menyelesaikan pekerjaan yang diberikan senior atau atasan (user). Selain itu, kamu juga bisa menerapkan teori atau kompetensi yang sudah kamu pelajari di bangku kuliah. Dengan magang kamu bisa merasakan transisi dari mahasiswa menjadi seorang pekerja. 

 

2. Belajar keterampilan baru

Ketika magang, kamu akan belajar banyak keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu punya. Misalnya, kamu magang sebagai News Crew di stasiun TV. Maka kamu bisa belajar cara take voice over untuk berita, proses produksi berita, membuat naskah berita, atau bahkan mengikuti reporter untuk meliput dan melaporkan berita secara live. Selain belajar hard skill, kamu juga akan belajar soft skill seperti cara berkomunikasi yang baik di tempat kerja, creative thinking, kerja sama tim, dan masih banyak lagi. 

Magang adalah kesempatan yang bagus banget untuk belajar, kamu bisa mengamati dan bertanya kepada praktisi atau senior tentang apa saja yang ingin kamu ketahui seputar pekerjaan tersebut. 

 

Baca juga: Mau Membuat Teks Berita? Ini Unsur, Struktur, dan Kebahasaannya

 

3. Membangun relasi

Ketika magang, kamu akan bertemu dengan banyak orang-orang baru. Bisa jadi teman magang dari kampus yang berbeda dan pegawai di perusahaan dimana kamu magang. Kam bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi dengan para profesional. Dengan membangun hubungan baik, kamu bisa belajar lebih banyak hal dari lebih banyak orang, bisa mendapat mentor yang berpengalaman, bahkan mungkin direkomendasikan untuk menjadi karyawan full-time di perusahaan tersebut.

 

4. Menambah pengalaman kerja di CV

Salah satu informasi yang dimasukkan ke dalam CV untuk melamar kerja adalah pengalaman kerja. Nah, kamu bisa banget menuliskan pengalaman magangmu ke dalam CV. Jangan lupa untuk menuliskan pekerjaan atau achievement yang kamu dapatkan selama magang dengan jelas, ya. Ini bisa menjadi nilai plus di mata recruiter, apalagi jika pengalamanmu sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Selain itu, keterampilan yang pernah kamu pelajari selama magang juga bisa kamu masukkan ke dalam list keterampilan di dalam CV.

 

5. Berkesempatan jadi pegawai full-time

Berawal dari magang, kamu bisa berkesempatan untuk jadi pegawai full-time lho. Tapi perlu diingat, hal ini juga menyesuaikan kebutuhan perusahaan ya, apakah ada lowongan untuk posisi tersebut atau tidak. Jika kinerjamu bagus selama magang dan ada lowongan yang sesuai, besar kemungkinan kamu ditawari menjadi pegawai full-time di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, do your best, disiplin, dan yang paling penting jaga attitude, ya! 

 

Nah, itulah pembahasan terkait magang mulai dari pengertian, tujuan, syarat, sampai manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui program ini. Sambil menunggu waktu yang tepat untuk magang, kamu bisa fokus belajar intensif bareng Master Teacher dari Brain Academy untuk bisa masuk kampus impianmu. Bisa belajar online atau belajar offline di Brain Academy terdekat dari rumahmu! Selamat belajar~

 

Referensi: 

Syarat & Ketentuan Magang [daring]. Tautan: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang/syarat-ketentuan 

Tujuan dan Manfaat Magang [daring]. Tautan: https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mahasiswa-inilah-manfaat-magang/

Penyelenggaraan Pemagangan di  Dalam Negeri [daring]. Tautan: https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/PER-22.pdf 

blogadmin