Mitos atau Fakta Jurusan Kampus di Indonesia

Mitos dan fakta jurusan kampusArtikel ini membahas mitos dan fakta tentang  jurusan-jurusan di Indonesia.

--

Kita tumbuh dengan terbiasa mendengar mitos-mitos. Bisa dari orang tua, kakek, nenek, ataupun dari lingkungan sekitar. Mulai dari mitos yang masih masuk akal, sampai yang mind blowing. Mitos itu sendiri merupakan hasil pemikiran manusia yang berkaitan dengan kehidupan manusia pada saat itu, lalu mereka memercayai pemikiran tersebut sebagai pandangan hidup.

“Kalau nyapu harus bersih, kalo gak bersih nanti suaminya brewokan, lho.”

Ya kalau suamiku brewokan kayak Zayn Malik atau Chris Hemsworth, aku rela nyapu gak bersih dan dimarahi Ibu demi kamu, Mas. Eh, bercanda! Tapi, begitulah kira-kira mitos yang mind blowing. Kayak, gak ada hubungannya tapi masih ada aja yang percaya.

Nah, sekarang mitos bukan cuma berkaitan dengan kehidupan sehari-hari aja. Tapi, mitos juga berkembang di dunia perkuliahan dan nggak sedikit mitos tentang jurusan kuliah. Misalnya, anak komunikasi cuma modal cuap-cuap doang. Siapa yang pernah denger? Biar kamu gak kemakan mitos, yuk simak artikel ini sampai habis biar tau mana yang mitos dan fakta!

1. Anak hukum bertampang sangar dan galak

Pasti kamu pernah dengar anak hukum mukanya sangar dan galak.  Nyatanya, nggak semua anak hukum galak, kok. Buktinya, mereka nggak bakal marahin kamu di pinggir jalan kalau kamu nggak nyenggol. Atau, mana mungkin perkarain kamu di pengadilan setempat gara-gara nggak sengaja numpahin minuman. 

Jurusan HukumJurusan Hukum (Sumber: idntimes)

Mereka bukan galak, tapi tegas lebih tepatnya. Lulusan hukum dikenal orang berprofesi sebagai pengacara atau bekerja di law firm. Nah, nggak mungkin kan pas menghadapi kasus persidangan nanti, mereka malah bercanda dan nggak serius. Jadi, tegas juga jadi salah satu karakteristik yang harus dimiliki anak hukum. Tapi, nggak harus berwajah sangar, ya!

2. Jurusan teknik cuma buat cowok

Menurut kamu ini mitos atau fakta? Ternyata ini mitos, guys. Terus mitos ini masih banyak yang percaya, lho! Emang yang seperti kamu tahu, anak jurusan teknik harus kuat fisik dan mental, tapi masa iya cewek gak bisa?

Jurusan TeknikJurusan Teknik (Sumber: Website Universitas Bakrie)

Jurusan teknik ternyata nggak cuma buat cowok aja, kok. Soalnya, banyak juga cewek yang kuliah jurusan ini. Memang kalau dibandingkan, jumlah cewek di jurusan ini nggak sebanyak cowok. Tapi gak menutup kemungkinan kalau cewek bisa sukses di bidang teknik.

3. Anak kedokteran kuliahnya super padat dan bikin gampang stres

Nah, kalau ini fakta dan benar adanya. Tapi jangan panik, guys. Di semua jurusan pun pasti kamu akan merasa stres kalau nggak pandai dalam memanajemen stres. Selain itu, tragedi perkuliahan yang super padat pun nggak cuma terjadi di kedokteran. 

Jurusan KedokteranJurusan Kedokteran (Sumber: freepik)

Tapi, jurusan hukum, teknik, psikologi dan lainya juga bakal mengalami tragedi kuliah super padat. Gak hanya banyak tugas, pasti banyak juga kesibukan lainnya. Organisasi kampus, misalnya. Intinya, semua mahasiswa emang harus pinter-pinter mengontrol diri biar gak mudah stres dengan penatnya dunia perkuliahan. Soalnya, perkuliahan yang padat adalah hal yang sangat sering terjadi. 

4. Anak psikologi bisa baca pikiran

Pasti anak psikologi udah bosen mendengar kalimat “Bisa baca pikiran orang, ya?” 

Maaf, t-tapi kan anak psikologi bukan Mbah Mijan. Jadi udah pasti 100% mitos ya, genks! Psikologi itu sendiri membahas proses mental, seperti emosi, personaliti, memori, dan perilaku manusia. Bagaimana perilaku dapat terbentuk, bagaimana dapat menjadi sosok manusia yang seperti sekarang, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 8 Semester Kuliah Jurusan Psikologi, Ngapain Aja Sih?

Jadi, kalau anak psikologi bisa mengerti sifat orang lain, itu bukan karena bisa membaca orang. Tapi, karena mereka udah mempelajari pola perilaku yang ditampilkan. Dari situ, dapat mengambil kesimpulan. So, sebenarnya, anak psikologi gak bisa baca orang. Tapi, mereka mencoba untuk memahami pola pikir orang. 

5. Anak DKV = tukang gambar

Pasti di antara kamu ada yang mau masuk jurusan DKV karena jago gambar. Sebaliknya, pasti banyak juga yang nggak berani masuk jurusan DKV karena gak bisa gambar. Tapi faktanya, jurusan DKV bukanlah jurusan yang akan melatih kamu menjadi tukang gambar, tapi melatih bagaimana menjadi problem solver. Tentunya, melalui media visual. 

Jurusan DKVJurusan DKV (Sumber: pinterest)

Terus, menggambar gak penting dong di jurusan DKV? Hmm.. emang, sih, jurusan DKV basic-nya adalah menggambar. Jadi menggambar tetap penting, tapi bukan yang terpenting. Nah, yang gak kalah penting kamu harus mampu meramu ide atau sebuah konsep desain. Terus, ide atau konsep itu harus memenuhi unsur-unsur seni desain dengan baik. 

DKV sendiri merupakan jurusan yang cakupannya sangat luas, lho. Mungkin itu animasi, branding, film production, advertising, fashion, web design, digital imaging, dan masih banyak lagi. 

Gimana Brainies, sekarang udah bisa bedain kan mana yang mitos dan fakta? Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mengenal lebih jauh dengan jurusan yang kamu inginkan. Buat kamu yang masih bingung jurusan apa yang cocok dengan minat dan bakatmu, jangan khawatir, Brain Academy online memiliki 5 macam tes minat bakat. Selain itu, Brain Academy juga memiliki program bimbel online interaktif, konseling pendidikan, klinik PR, sampai kelas pengembangan diri, lho. Yuk, daftar sekarang dengan klik banner di bawah ini! 

BA online

Referensi

Gischa Serafica (2021), Cerita Mitos (mite) dan Contohnya [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/skola/read/2021/02/27/195315969/cerita-mitos-mite-dan-contohnya?page=all. Diakses pada 28 Mei 2021.

Physiology BINUS Tautan: https://psychology.binus.ac.id/mahasiswa-psikologi-bisa-baca-pikiran-orang/. Diakses pada 28 Mei 2021.

Letsharely (2017), Mitos dan Fakta DKV [daring]. Tautan: http://letsharely.blogspot.com/2017/07/mitos-atau-fakta.html. Diakses pada 28 Mei 2021.

Sumber Gambar: 

Jurusan Hukum. Tautan: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/rahmadila-eka-putri/10-potret-noh-ji-wook-dengan-toga-jaksa-di-kdrama-suspicious-partner-exp-c1c2/6 (daring). (Diakses: 31 Mei 2021). 

Jurusan Teknik. Tautan:  https://www.bakrie.ac.id/en/prodi-teknik-industri/360-testimoni-teknik-industri (daring). (Diakses: 31 Mei 2021). 

Jurusan Kedokteran. Tautan: https://www.freepik.com/free-photo/content-young-female-doctor-posing-camera_4010160.htm#page=1&query=doctor&position=14 (daring). (Diakses: 31 Mei 2021). 

Jurusan DKV. Tautan: https://id.pinterest.com (daring). (Diakses: 31 Mei 2021). 

Profile

Ratu Kanaya Thalita Mirza

Beri Komentar