Makan Ikan Bisa Bikin Pintar, Mitos atau Fakta?

mengkonsumsi ikan bikin pintarArtikel ini membahas tentang manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi ikan

--

Makanya! Kalau kamu mau cerdas, kamu harus banyak-banyak makan ikan.”

Hayo, siapa yang pernah diceramahi seperti ini oleh orang tuanya saat kecil dulu? Awalnya kamu pasti mengira ini hanya bualan belaka mereka saja agar kamu mau makan ikan. Tapi faktanya, apa yang mereka ucapkan ternyata seratus persen benar lho

Buktinya, seorang Ibu Susi Pudjiastuti – yang merupakan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan – juga berkata demikian. Melalui akun Twitter pribadinya, beliau bahkan mengungkapkan kalau mengkonsumsi ikan lebih sehat karena bebas kolesterol jelek dan mengandung banyak omega yang dapat membuat kita lebih pintar dan sehat.

cuitan ibu susi pudjiastutiCuitan Ibu Susi Pudjiastuti menghimbau untuk makan ikan (sumber: twitter.com)

Hmm… jadi kepo. Seberapa penting sih untuk kita mengkonsumsi ikan? Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari ikan? Supaya kamu gak penasaran lagi, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Mengkonsumsi ikan bisa bikin pintar

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling sehat karena kaya akan nutrisi, khususnya omega-3 dan omega-6 yang memiliki peran penting dalam pembentukan serta perkembangan sel otak. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi omega-3 secara rutin dapat meningkatkan kecerdasan, skor IQ, bahkan menurunkan gangguan pemusatan perhatian atau Attention Deficit/Hyperactivity Disorder (ADHD), lho!

makan ikan bisa bikin pintarMengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan (sumber: rawpixel.com)

Ada juga sebuah penemuan yang diungkapkan oleh BBC Science tentang pentingnya makan ikan. Seorang peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi omega-3 bisa meningkatkan daya fokus, konsentrasi, serta kemampuan untuk mengingat pelajaran sehingga tidak mudah lupa.

Baca Juga: 9 Karakteristik Anak Cerdas di Atas Rata-Rata

Manfaat apa lagi sih yang bisa kita peroleh dari ikan?

Gak hanya untuk meningkatkan IQ serta kecerdasan, ternyata mengkonsumsi ikan secara rutin juga banyak memberikan manfaat bagi tubuh kamu. Manfaat pertama adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebuah penelitian dari Pennsylvania University yang dipublikasikan melalui jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kandungan omega-3 pada ikan dengan perbaikan pola tidur – khususnya bagi anak. Mengkonsumsi ikan setidaknya seminggu sekali dapat membantu anak agar mendapatkan  tidur yang nyenyak di malam hari. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif terhadap tubuh serta kesiapan otak untuk menerima pelajaran baru keesokan harinya.

meningkatkan kualitas tidurMengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur (sumber: rawpixel.com)

Baca Juga: Strategi Mengoptimalkan Jam Tidur Terbaik

Omega-3 juga dapat menurunkan risiko gangguan jantung dengan membantu menjaga kesehatannya. Ini merupakan pengaruh dari kandungan lemak yang terkandung dalam omega-3 yang dapat membantu menekan tingkat lemak pada darah. Selain itu, asam lemak yang terkandung dalam omega-3 ikan juga dapat membantu menjaga kulit dan rambut agar tetap tampak sehat.

Manfaat lainnya yaitu berasal dari kandungan Vitamin D yang terdapat pada ikan. Yup, tidak hanya dari matahari, ternyata kita juga bisa mendapatkannya Vitamin D dari mengkonsumsi ikan, lho.  Asupan Vitamin D memiliki peran yang penting bagi tubuh, karena dapat mendukung kesehatan tulang serta mencegah penyakit yang menyerang tulang.

Tidak semua ikan dapat memberi manfaat baik

Nope. Tidak semua ikan aman untuk dikonsumsi dan dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kamu. dr. Tan Shot Yen, seorang ahli gizi, mengatakan bahwa ikan yang dimaksud oleh Ibu Susi Pudjiastuti dalam kicauannya adalah ikan laut, spesifiknya ikan laut dalam. Sebab tak hanya kaya akan protein, ikan laut dalam juga memiliki kandungan asam lemak esensial tak jenuh dari omega-3 yang tinggi.

tidak semua ikan dapat memberi manfaat baikTidak semua ikan dapat memberikan manfaat yang baik (sumber: rawpixel.com)

Dr. Tan menyebutkan beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi, diantaranya:

  • Ikan kembung
  • Ikan tuna
  • Ikan salmon
  • Ikang tongkol
  • Ikan teri

Ada satu hal yang penting yang perlu kamu ketahui juga. Agar kita dapat mendapatkan semua manfaat di atas, kita harus mengetahui cara yang tepat untuk mengolah ikan. Dr. Tan menganjurkan kita untuk menghindari memasak ikan dengan cara digoreng atau dibakar diatas arang secara langsung. Sebab ketika kita memasaknya dalam suhu tinggi (bakar ataupun goreng), akan terjadi oksidasi yang kemudian malah menyebabkan kanker. Namun, ikan masih aman untuk dibakar diatas arang, asalkan kita membungkusnya dengan daun. Karena hal ini dapat menghindari terbentuknya polisiklik aromatik hidrokarbon akibat dari pembakaran di atas arang secara langsung.

olah ikan dengan benarMasak ikan dengan tepat agar dapat manfaatnya (sumber: rawpixel.com)

Tapi, mengkonsumsi makanan bergizi yang mampu menunjang kemampuan otak saja tentu tidak cukup. Kamu juga tetap harus mengasah kemampuan otak kamu dengan belajar secara rutin. Nah, supaya bisa semakin pintar, yuk segera daftarkan diri kamu untuk mengikuti bimbel di Brain Academy Online! Berbeda dengan bimbel pada umumnya, Brain Academy Online merupakan bimbel interaktif yang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kualitas belajar kamu. Yuk segera daftar!

BA online

Referensi:

Jawahir Gustav Rizal. Benarkah Makan Ikan Bikin Pintar?. kompas.com. 26 September 2020. [Daring]. Tautan: https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/26/200500865/benarkah-makan-ikan-bikin-pintar?page=all#:~:text=Asupan%20ikan%20yang%20cukup%2C%20juga,berfungsi%20mengontrol%20memori%20dan%20emosi. (Diakses: 30 Desember 2020)

Ini Alasan Makan Ikan Bikin Anak Cerdas. halodoc.com. 3 Agustus 2018. [Daring]. Tautan: https://www.halodoc.com/artikel/ini-alasan-makan-ikan-bikin-anak-cerdas (Diakses: 30 Desember 2020)

Anjar Saputra. Rutin Makan Ikan Bikin Orang Pintar Ternyata Fakta, Ini Kata Ahli. gridhealth.id. 28 September 2020. [Daring]. Tautan: https://health.grid.id/read/352357020/rutin-makan-ikan-bikin-orang-pintar-ternyata-fakta-ini-kata-ahli?page=all (Diakses: 30 Desember 2020)

Avisena Ashari. Apakah Rajin Makan Ikan Bisa Membuat Kita Pintar? Cari Tahu Yuk!. bobo.grid.id. 23 September 2018. [Daring]. Tautan: https://bobo.grid.id/read/08943032/apakah-rajin-makan-ikan-bisa-membuat-kita-pintar-cari-tahu-yuk?page=all (Diakses: 30 Desember 2020)

Antara. Konsumsi Ikan Teratur Bikin Anak Cerdas dan Tidur Lebih Nyenyak. cantik.tempo.co. 3 Oktober 2019. [Daring]. Tautan: https://cantik.tempo.co/read/1255562/konsumsi-ikan-teratur-bikin-anak-cerdas-dan-tidur-lebih-nyenyak/full&view=ok (Diakses: 30 Desember 2020)

Sumber Gambar:

Cuitan Ibu Susi Pudjiastuti menghimbau untuk makan ikan. [Daring]. Tautan: https://twitter.com/susipudjiastuti/status/1021614783391391745?s=20 (Diakses: 30 Desember 2020)

Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kecerdasan. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/84225/premium-photo-image-storytelling-children-clever-clever (Diakses: 30 Desember 2020)

Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kualitas tidur. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/295045/premium-photo-image-sleep-child-sleep-child-sleeping  (Diakses: 30 Desember 2020)

Tidak semua ikan dapat memberikan manfaat yang baik. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/448917/fresh-raw-fish-stacked-market (Diakses: 30 Desember 2020)

Masak ikan dengan tepat agar dapat manfaatnya. [Daring]. Tautan: https://www.rawpixel.com/image/448317/delicious-baked-fish-dough (Diakses: 30 Desember 2020)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar