Soal & Pembahasan PAS Kelas 11 IPA Semester Ganjil

Latihan Soal PAS - Kelas 11 IPA

Sedang belajar untuk Penilaian Akhir Semester? Intip soal dan pembahasan PAS kelas 11 SMA IPA berikut ini!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

KIMIA

1. Persamaan reaksi yang merupakan reaksi eliminasi adalah ….

  1. C3H7Cl(g) → C3H6q) + HCl(αq)
  2. C6H14(g)+Br2(g) → C6H13Br(g) + HBr (αq)
  3. C4H9COOH(g) + CH3OH(g) → C4H9COOCH3(g) + H2O ()
  4. C2H5OH(g) + K2Cr2O7(g) → CH3COOH(αq)
  5. C2H5COCH3(g) + H2(g) → C2H5CH(OH)CH3q)

Pembahasan:

Reaksi eliminasi adalah reaksi pelepasan gugus atom pada suatu senyawa. Pada reaksi eliminasi terjadi perubahan ikatan, yaitu dari senyawa berikatan tunggal berubah menjadi senyawa berikatan rangkap. Reaksi ini merupakan kebalikan dari reaksi adisi.

Reaksi eliminasi:

Opsi A: C3H7Cl(g) → C3H6q) + HCl(αq)

IPA_Kimia1

Reaksi substitusi:

C6H14(g)+Br2(g) → C6H13Br(g) + HBr (αq)

C4H9COOH(g) + CH3OH(g) → C4H9COOCH3(g) + H2O ()

Reaksi oksidasi:

C2H5OH(g) + K2Cr2O7(g) → CH3COOH(αq)

Reaksi adisi:

C2H5COCH3(g) + H2(g) → C2H5CH(OH)CH3q)

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Pada senyawa 2,2-dimetilbutana terdapat atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner masing-masing sebanyak ….

  1. 3, 2, 1, dan 1
  2. 3, 3, 0, dan 1
  3. 4, 2, 0, dan 1
  4. 4, 1, 0, dan 1
  5. 4, 2, 1, dan

Pembahasan:

Struktur senyawa 2,2-dimetilbutana adalah sebagai berikut.

        

IPA_Kimia2

Atom karbon primer: atom karbon yang mengikat 1 atom karbon lainnya seperti yang ditunjukkan nomor 1, 4, 5, dan 6.

Atom karbon sekunder: atom karbon yang mengikat 2 atom karbon lainnya seperti yang ditunjukkan nomor 3.

Atom karbon tersier: atom karbon yang mengikat 3 atom karbon lainnya, pada senyawa ini tidak ada.

Atom karbon kuartener: atom karbon yang mengikat 4 atom karbon lainnya seperti yang ditunjukkan nomor 2. 

Berdasarkan struktur di atas, jumlah atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner masing-masing sebanyak 4, 1, 0, dan 1. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Diketahui data entalpi reaksi sebagai berikut.

2Ca(s)+O2(g) 2CaO(s)                      H = +620 kJ

C(s) + O2(g) → CO2(g)                          H = +115 kJ

Ca(s)+C(s)+ O2(g)CaCO3(s)               H = +245 kJ

 

Perubahan entalpi reaksi

CaO(s)+CO2(g) → CaCO3(s)

adalah ….

  1. -490 kJ
  2. +490 kJ
  3. -180 kJ
  4. +180 kJ
  5. +980 kJ

Pembahasan:

Reaksi yang diinginkan di soal adalah sebagai berikut.

CaO(s)+CO2(g) → CaCO3(s)

 

CaO diperoleh dari reaksi:

2Ca(s)+O2(g) 2CaO(s)               H = +620 kJ

 

Reaksi di atas harus dibalik dan dibagi 2 untuk memperoleh CaO di ruas kiri serta mengeliminasi 2Ca dan O2. Oleh karena reaksi dibalik dan dibagi 2, nilai △H menjadi negatif dan setengah dari △H semula (-310 kJ).

CO2 diperoleh dari reaksi:

C(s) + O2(g) → CO2(g)               H = +115 kJ

Reaksi di atas juga harus dibalik untuk memperoleh CO2 di ruas kiri serta mengeliminasi C dan O2. Oleh karena reaksi dibalik, nilai H menjadi negatif (-115 kJ).

 

CaCO3 diperoleh dari reaksi:

Ca(s)+C(s)+ O2(g)CaCO3(s)           H= +245 kJ

Dengan demikian, nilai perubahan entalpinya dapat dihitung sebagai berikut.

IPA_Kimia3

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Pernyataan yang benar mengenai faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi adalah..

  1. Partikel yang memiliki susunan lebih rapat akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang susunannya renggang sehingga kemungkinan terjadinya reaksi makin besar.
  2. Luas permukaan bidang sentuh yang lebih kecil menyebabkan reaksi akan berlangsung lebih cepat.
  3. Kenaikan suhu akan memperkecil energi kinetik sehingga partikel akan lebih mudah bertumbukan dan menghasilkan reaksi.
  4. Katalis akan menaikkan energi aktivasi.
  5. Katalis menyebabkan reaksi berlangsung lebih lambat.

Pembahasan:

Faktor yang memengaruhi laju reaksi dibagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut.

  1. Konsentrasi
    Konsentrasi yang besar menandakan jumlah partikel yang lebih banyak. Partikel yang lebih banyak akan memiliki susunan yang lebih rapat sehingga akan sering mengalami tumbukan dan pada akhirnya kemungkinan terjadinya reaksi semakin besar.
  1. Luas Permukaan
    Dengan memperbesar luas permukaan bidang sentuh (memotong bagian lebih banyak), reaksi akan berlangsung lebih cepat.
  1. Suhu
    Jika suhu diperbesar, energi kinetik partikel akan makin besar sehingga peluang terjadinya tumbukan makin banyak dan reaksi akan berlangsung lebih cepat.
  1. Katalis
    Katalis adalah suatu zat yang berfungsi untuk mempercepat laju reaksi. Katalis bekerja dengan cara menurunkan energi aktivasi sehingga reaksi akan lebih mudah terjadi.

Berdasarkan penjelasan faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi, pernyataan yang tepat adalah “partikel yang memiliki susunan lebih rapat akan lebih sering bertumbukan dibanding dengan partikel yang susunannya renggang sehingga kemungkinan terjadinya reaksi makin besar”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Seorang kimiawan melakukan percobaan laju reaksi kimia. Percobaan dilakukan dua tahap dan hasilnya dituliskan dalam persamaan berikut.

A + E → AE

         AE → P + E

 

Jika reaksi dilakukan dengan katalis, spesi yang bertindak sebagai katalis adalah ….

  1. A
  2. E
  3. AE
  4. P
  5. tidak ada katalis yang digunakan pada reaksi tersebut

Pembahasan:

Katalis adalah suatu zat yang dapat mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan dalam reaksi, tetapi bukan sebagai reaktan ataupun produk. Katalis bereaksi dengan reaktan, tetapi pada akhirnya terbentuk kembali sehingga seolah tidak bereaksi. Pada reasi yang dimaksud, zat yang bertindak sebagai katalis adalah E, sedangkan AE adalah zat antara, A adalah reaktan, dan P adalah produk.

A + E → AE

         AE → P + E

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Termokimia

Subtopik : Penentuan Perubahan Entalpi

Level Kognitif : Medium

6. Sebanyak larutan NaOH 1 M direaksikan dengan larutan HCl 1 M dalam suatu kalorimeter. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut.

Reaksi tersebut mengakibatkan kenaikan suhu dari Jika kalor jenis larutan sebesar , massa jenis larutan sebesar , dan kalorimeter dianggap tidak menyerap kalor, perubahan entalpi standar dari reaksi yang terjadi adalah ….

A. 25,08 kJ/mol
B. 50,16 kJ/mol
C. 1,25 kJ/mol
D. 0,13 kJ/mol
E. 2,51 kJ/mol

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Reaksi yang terjadi pada soal adalah sebagai berikut.

Mol dari NaOH dan HCl adalah sebagai berikut.

Berdasarkan soal, kalorimeter dianggap tidak menyerap kalor sehingga persamaan yang akan digunakan untuk mengerjakan soal ini adalah sebagai berikut.

Nilai dapat ditentukan dengan rumus berikut.

Massa larutan dapat diperoleh dari penjumlahan massa NaOH dan HCl. Berdasarkan soal, jumlah dari NaOH dan HCl masing-masing adalah sehingga jumlah tersebut perlu diubah dalam satuan gram. Oleh karena massa jenis larutan adalah , massa dari NaOH dan HCl masing-masing adalah 50 g.

Selanjutnya, nilai diperoleh dari selisih antara suhu awal dan akhir. Nilai selisih suhu dalam Kelvin akan sama dengan selisih suhu dalam Celcius. Persamaan dapat dituliskan sebagai berikut.

Reaksi antara 0,05 mol NaOH dengan 0,05 mol HCl memiliki perubahan kalor sebesar 2.508 J. Setiap 1 mol NaOH yang bereaksi dengan 1 mol HCl akan memiliki perubahan kalor sebagai berikut.

Oleh karena suhu naik saat terjadi reaksi, reaksi berlangsung eksoterm dengan perubahan entalpinya bernilai negatif. Dengan demikian, nilai perubahan entalpi standar dari reaksi yang terjadi adalah 50,16 kJ/mol.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

FISIKA

1. IPA_Fisika1

Jika massa oksigen 2,66 x 10-26 kg, massa karbon 1,99 x 10-26, dan jarak ikatan oksigen-karbon 1,25 x 10-10 m, momen inersia molekul karbondioksida jika diputar pada sumbu P adalah ….

  1. 1,97 x 10-45 kgm2
  2. 3,95 x 10-45 kgm2
  3. 5,92 x 10-45 kgm2
  4. 7,89 x 10-45 kgm2
  5. 9,86 x 10-45 kgm2

Pembahasan:

Diketahui:

m0 = 2,66 x 10-26 kg

mc = 1,99 x 10-26 kg

r01 = 0 m

r02 = 2(1,25 x 10-10) = 2,5 x 10-10 m

rc = 1,25 x 10-10 m

 

Ditanya:

Mimen inersia total?

Momen inersia karbondioksida ketika diputar di poros P adalah

I= m01r01 + mcrc2 + m02r022

I= 0 + (1,99 x 10-26)(1,25 x 10-10)2 + (2,66 x 10-26)(2,5 x 10-10)2

I= (1,99 x 10-26)(1,5625 x 10-20) + (2,66 x 10-26)(6,25 x 10-20)

I= (3,109 x 10-46) + (16,625 x 10-46)

I= 19,73 x 10-46 kg m2

I= 1,97 x 10-45 kg m2

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Seorang penari berputar dengan kecepatan 2 putaran per detik ketika kedua tangan direntangkan. Momen inersia penari saat itu adalah 4x. Jika kemudian lengannya dirapatkan hingga momen inersianya menjadi setengah kali semula, maka penari tersebut berputar sebanyak … dalam satu sekon.

  1. 1 kali
  2. 2 kali
  3. 4 kali
  4. 8 kali
  5. 12 kali

Pembahasan:

Diketahui:

ω1 = 2 putaran/s

I1 = 4x

I2 = I1 = (4x) = 2x

ω2 = …?

Terdapat dua kondisi pada penari balet, yaitu saat kedua tangannya direntangkan dan saat kedua tangannya dirapatkan. Maka berlaku hukum kekelan momentum sudut.

IPA_Fisika2

Penari balet berputar sebanyak 4 putaran per sekon.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Seekor ikan badut berada 60 cm di bawah permukaan air laut. Jika massa jenis air laut 1.025 kg/m3, tekanan mutlak yang dirasakan oleh ikan badut tersebut adalah …. (1 atm = 101.000 Pa)

  1. 6.150 Pa
  2. 94.850 Pa
  3. 107.150 Pa
  4. 115.300 Pa 
  5. 120.000 Pa

Pembahasan:

Diketahui:

h = 60 cm = 0,6 m

ρ = 1.025 kg/m3

P0 (tekanan udara di permukaan laut) = 1 atm = 101.000 Pa

 

Ditanya:

Tekanan mutlak?

 

Tekanan hidrostatis yang dirasakan ikan badut yaitu:

Ph = ρgh

Ph = (1.025)(10)(0,6)

Ph = 6.150 Pa

Dengan demikian, tekanan mutlak yang dirasakan ikan adalah

P = P0 + Ph

P = 101.000 + 6.150

P = 107.150 Pa

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Aliran fluida yang garis arusnya (streamline) tidak mengalami turbulensi atau putaran disebut ….

  1. aliran incompressible
  2. aliran tidak termampatkan
  3. aliran tunak
  4. aliran laminer
  5. aliran stasioner

Pembahasan:

Fluida ideal adalah fluida yang memenuhi syarat berikut:

  • Fluida incompressible yaitu fluida tidak mengalami perubahan volume ketika mendapatkan tekanan. Sehingga massa jenis tidak berubah.
  • Aliran laminer yaitu aliran fluida ideal bersifat laminer, artinya garis arusnya (streamline) tidak mengalami turbulensi atau putaran.
  • Aliran tunak yaitu aliran fluida ideal bersifat stasioner atau tunak, artinya di setiap titik aliran nilai kecepatannya selalu tetap (konstan).

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Sebuah lempeng tembaga dengan luas A dipanaskan hingga suhunya naik 50°C. Jika koefisien muai panjang tembaga adalah x. Maka pernyataan yang benar mengenai pertambahan luas lempeng tersebut adalah ….

  1. berbanding terbalik dengan luas semula
  2. berbanding terbalik dengan perubahan suhu
  3. berbanding terbalik dengan 2 kali luas semula
  4. berbanding lurus dengan koefisien muai panjang tembaga
  5. berbanding lurus dengan dua kali koefisien muai panjang tembaga

 

Pembahasan:

Pemuaian adalah pertambahan panjang yang umumnya terjadi ke segala arah, ke arah panjang, ke arah lebar, dan ke arah tebal.

Pemuaian luas dinyatakan dengan persamaan:

A = A0͘͘͘͘·β·T

A = A0͘͘͘͘·2α·T

A ~ 2α

Dengan:

A0͘͘͘͘ = luas penampang semula

β = koefisien muai luas

α = koefisien muai panjang

T = perubahan suhu

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Fluida Statis

Subtopik : Hukum Archimedes

Level Kognitif : HOTS

6. Sebuah logam ketika massanya diukur di udara menggunakan neraca diperoleh nilai sebesar 475 gram. Kemudian, ditimbang kembali di dalam air dan nilai massa semu yang terukur adalah 340 gram. Jika logam tersebut kemudian dicelupkan ke dalam suatu zat cair dengan massa jenis , nilai massa semu yang terukur adalah ….

A. 250,5 gram
B. 275,5 gram
C. 299,5 gram
D. 318,5 gram
E. 339,5 gram

 

Kunci Jawaban : C

Pembahasan :

Diketahui:

Ditanya:

Jawab:

Sebuah benda ketika massanya diukur di dalam air akan menunjukkan nilai yang lebih kecil (massa semu) dibandingkan ketika diukur di udara. Hal itu dikarenakan terdapat gaya apung yang bekerja pada benda dan besarnya adalah sebagai berikut.

Gaya apung yang dihasilkan oleh air dapat dihitung juga dengan persamaan berikut.

Dengan mensubstitusi persamaan kedua ke persamaan pertama diperoleh nilai sebagai berikut.

merupakan volume logam yang seluruhnya tercelup ke dalam air sehingga untuk menentukan nilai massa semu logam yang terukur ketika dicelupkan ke dalam zat cair dapat dihitung sebagai berikut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Setelah PTS terbitlah PAS! Persiapkan PAS dari sekarang yuk! Brain Academy Online lagi ada diskon besar. Harga mulai dari 1,2Juta aja! Kapan lagi langganan Brain Academy Online cuma segini. Langganan sekarang dengan klik banner di bawah ini ya.

Promo PAS Brain Academy Online

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BIOLOGI

1. Suatu jaringan memiliki ciri-cirinya itu berbentuk silindris panjang, inti sel banyak dan terletak di tepi, memiliki pola gelap terang, dan terdiri dari banyak miofibril yang tersusun sarkomer. Jaringan tersebut bersifat volunter dan cepat lelah. Berdasarkan informasi di atas, jaringan tersebut dapat ditemukan pada ….

  1. jantung dan sfingter kandung kemih
  2. esofagus dan jantung
  3. sfingter kandung kemih, esofagus, dan rangka
  4. rangka, usus besar, sfingter kandung kemih
  5. rangka, jantung, dan usus halus

 

Pembahasan:

Otot lurik merupakan jaringan otot yang melekat pada rangka. Selain melekat pada rangka, otot lurik juga dapat ditemukan di esofagus, sfingter kandung kemih, dan sfingter anus. Otot lurik memiliki ciri-ciri yaitu sel berbentuk silindris panjang, memiliki banyak inti yang terletak di pinggir, terdiri dari banyak miofibril yang tersusun sarkomer, dan memiliki pola lurik. Otot lurik ini berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh yang dikendalikan di bawah kesadaran dan kerjanya cepat lelah.

Sehingga jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Gerakan dengan arah yang berlawanan disebut dengan gerak antagonis. Salah satu contoh gerakan antagonis adalah fleksi dan ekstensi. Contoh gerakan fleksi dan ekstensi adalah ….

  1. gerakan kepala saat memahami sesuatu
  2. gerakan tangan saat bersalaman
  3. gerakan kaki saat menendang bola
  4. gerakan kepala saat menyundul bola
  5. gerakan tangan saat membuka kunci

 

 Pembahasan:

Fleksi adalah gerakan membengkokkan atau mengurangi sudut pada sendi sedangkan ekstensi yaitu gerakan meluruskan atau memperbesar sudut pada sendi. Contoh gerakan fleksi adalah saat kita menekuk lengan dan menekuk kaki. Sementara itu, contoh gerakan ekstensi adalah saat kita meluruskan lengan dan meluruskan kaki. Saat menendang bola, terjadi gerakan menekuk dan meluruskan kaki sehingga terjadi gerakan fleksi dan ekstensi.   Sementara   itu,   gerakan   kepala   saat   memahami   sesuatu   (mengangguk) merupakan contoh dari gerakan depresi dan elavasi. Gerakan tangan membuka kunci merupakan gerak sinergis antara otot pronator teres dan pronator kuadratus. Gerakan kepala menyundul bola merupakan gerak antagonis yaitu depresi dan elavasi. Gerakan tangan bersalaman merupakan contoh gerakan abduksi dan adduksi.

 Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Penyusun tulang rawan pada balita berbeda dengan tulang rawan pada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh tulang rawan balita ….

  1. tidak dijumpai lacuna
  2. berasal dari perikondrium
  3. tidak aktifnya kondroblas
  4. matriks tulang berupa kondrin
  5. mengandung lebih banyak kondroblas

Pembahasan:

Tulang rawan pada balita dan orang dewasa memiliki perbedaan. Tulang rawan pada balita berasal dari mesenkim dan lebih banyak mengandung sel-sel tulang rawan (kondrosit), yaitu kondroblas yang tidak aktif. Sementara itu, tulang rawan orang dewasa lebih banyak mengandung matriks dan berasal dari perikondrium (selaput tulang rawan) yang mengandung kondroblas.

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Pernyataan berikut yang benar berkaitan dengan struktur otot dalam mekanisme kontraksi otot adalah….

  1. Pita gelap ditemukan pada aktin sedangkan pita gelap ditemukan pada miosin
  2. Garis M dan dan pita I akan memendek saat kontraksi
  3. Aktin dan miosin akan bersentuhan saat kontraksi,  sehingga pita I dan zona H memanjang
  4. Struktur miofibril tidak terlibat saat kontraksi
  5. Saat relaksasi zona tumpang tindih aktin miosin menjadi besar dan lebar

Pembahasan:

Kontraksi dan relaksasi otot melibatkan pergerakan sarkomer. Pada sarkomer terdapat pita I yang terdiri dari protein aktin dan zona H yang terdiri dari miosin. Saat otot berkontraksi, Zona H dan Pita I akan berubah, menjadi lebih pendek atau bahkan menghilang karena aktin akan bergeser ke tengah mendekati garis M. Saat otot relaksasi, Zona H dan Pita I akan kembali ke ukuran semula.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Tekanan darah manusia dapat diukur dengan sphygmomanometer (tensimeter). Alat ini akan menunjukkan nilai sistole dan diastole. Kondisi yang menyebabkan diastol adalah ….

  1. serambi menguncup dan bilik mengembang, darah mengalir dari serambi ke bilik
  2. serambi mengembang dan bilik menguncup, darah mengalir dari serambi ke bilik
  3. serambi menguncup dan bilik mengembang, darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh
  4. bilik menguncup dan serambi mengembang, darah mengalir dari luar tubuh ke jantung
  5. bilik menguncup dan bilik mengembang, darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh

Pembahasan:

Sistole adalah tekanan darah ketika jantung berkontraksi untuk memompa darah ke arteri dan vena. Diastole adalah tekanan darah ketika jantung relaksasi atau tekanan darah balik dari arteri dan vena ke jantung. Maka kondisi yang menyebabkan diastol adalah ketika serambi menguncup dan bilik mengembang sehingga darah mengalir dari serambi ke bilik. Hal tersebut menunjukkan bahwa jantung sedang relaksasi atau menerima darah balik dari vena.

Jadi jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : Struktur dan Fungsi Sistem Peredaran Darah

Subtopik : Gangguan Sistem Peredaran Darah Manusia

Level Kognitif : HOTS

6. Anita melakukan uji darah di laboratorium karena merasa kurang sehat. Berdasarkan hasil uji laboratorium didapatkan data sebagai berikut.

Gejala yang muncul atau dirasakan oleh Anita adalah ….

A. muncul bintik kemerahan disertai demam tinggi selama tiga hari berturut-turut
B. kepala terasa pusing, mata berkunang-kunang, dan cepat merasa lelah
C. kerontokan rambut dan penurunan berat badan secara drastis
D. demam tinggi, hilang nafsu makan, dan muntah berlebihan
E. sakit kepala, penglihatan sering buram, dan nyeri otot

 

Kunci Jawaban : B

Pembahasan :

Uji darah di laboratorium dapat dilakukan untuk mengetahui komposisi darah dan dapat menjadi cara mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah. Berdasarkan hasil uji laboratorium Anita, diperoleh data jumlah hemoglobin dan tekanan darah yang berada di bawah batas normal. Saat kadar hemoglobin di bawah normal, ini menandakan bahwa Anita menderita anemia atau kurang sel darah merah. Tekanan darah yang ada di bawah batas normal menandakan Anita menderita hipotensi atau tekanan darah rendah. Kedua penyakit ini dapat ditandai dengan kepala sering pusing, mudah letih, lesu, lunglai, wajah pucat, dan mata sering berkunang-kunang. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengikatan dan distribusi oksigen di seluruh tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

MATEMATIKA

1. Perhatikan gambar berikut ini!

IPA_MTK1

Jika segiempat OPQR merupakan himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dengan titik O(0,0), maka f(x , y)=xy mencapai nilai maksimum pada koordinat ….

  1. (0 , 0)
  2. (0 , 6)
  3. (7 , 9)
  4. (10 , 0)
  5. (17 , 9)

Pembahasan

Hitung nilai dari f(x , y) = xy pada setiap titik pojok sebagai berikut.

             IPA_MTK2

Nilai maksimum pada daerah penyelesaian di atas adalah 10.

Dengan demikian, nilai maksimum dari f(x , y) = x – y dicapai pada koordinat (10 , 0).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Invers dari matriksIPA_MTK4-1adalah ….

IPA_MTK3

Pembahasan:

Ingat! Invers dari matriks IPA_MTK5Dengan demikian, invers dari matriks IPA_MTK4-1adalah sebagai berikut.

IPA_MTK6

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Titik P (a , b) jika dicerminkan terhadap sumbu -x menghasilkan bayangan P’(-5 , 9). Nilai a dan b berturut-turut adalah ….

  1. -5 dan -9
  2. -9 dan -5
  3. 5 dan -9
  4. 9 dan -5
  5. 5 dan 9

 

Pembahasan:

Apabila titik P(a , b) jika dicerminkan terhadap sumbu -x , maka didapat hasil pencerminannya adalah sebagai berikut.

IPA_MTK7

Karena bayangannya adalah P’(-5 , 9), maka didapat

a = -5

dan

-b = 9

   b = -9

Dengan demikian, nilai a dan b berturut-turut adalah -5 dan -9.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Raihan menyimpan uang di bank sebesar Rp6.000.000,00 dengan bunga tunggal sebesar 12% per tahun. Besar bunga yang diterima Raihan setelah menabung selama 2 tahun adalah …. 

  1. Rp720.000,00
  2. Rp1.200.000,00
  3. Rp1.440.000,00
  4. Rp2.400.000,00
  5. Rp3.600.000,00

Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal, diketahui nilai-nilai sebagai berikut. 

M0 = 6.000.000

i = 12% per tahun

n = 2 tahun

Karena Raihan menyimpan uang di bank yang menerapkan sistem bunga tunggal, maka besar bunganya dapat dihitung sebagai berikut.

IPA_MTK8

Dengan demikian, besar bunga yang diterima Raihan setelah menabung selama 2 tahun adalah Rp1.440.000,00.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Nilai maksimum fungsi trigonometri IPA_MTK9 adalah ….

  1. 6
  2. 12
  3. 18
  4. 30
  5. 35

Pembahasan:

Ingat!

a cos x + b sin x = k cos (x – α)

dengan

   IPA_MTK10

Dapat diperhatikan bahwa fungsi IPA_MTK9 dapat ditulis ulang menjadi IPA_MTK11 sehingga didapat IPA_MTK12

Oleh karena itu, didapat nilai k sebagai berikut.

IPA_MTK13

Oleh karena itu, fungsi dapat ditulis ulang menjadi sebagai berikut.

IPA_MTK14

Perlu diperhatikan bahwa -1 ≤ cos x ≤ 1 sehingga didapat hubungan sebagai berikut

-1 ≤   cos x          ≤ 1

-1 ≤    cos (x – a) ≤ 1

-6 ≤   6cos (x – a) ≤ 6

-6 ≤    f(x)           ≤ 6

Dari hubungan di atas, didapat bahwa nilai maksimum untuk adalah 6.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Topik : MINAT – Trigonometri Analitika

Subtopik : Sudut Rangkap dan Sudut Paruh

Level Kognitif : Medium

6. Diketahui . Nilai dari jika dinyatakan dalam x adalah ….

 

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :

Ingat bahwa sehingga dari , diperoleh sebagai berikut.

Selanjutnya, ingat identitas trigonometri sudut rangkap berikut!

Oleh karena itu, nilai dari dapat ditentukan sebagai berikut.

Dengan demikian, didapat .

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

BAHASA INDONESIA

1. Perhatikan kutipan berikut ini!

Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain sampai sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.

Kaidah kebahasaan pada kata yang bercetak tebal adalah ….

  1. verba materia
  2. konjungsi material
  3. kata deklaratif
  4. konjungsi temporal
  5. kata imperatif

 

Pembahasan:

Kaidah kebahasaan pada Teks Prosedur di antaranya adalah konjungsi (bersyarat, temporal, penambahan), verba (material dan mental), dan kata  (imperatif, deklaratif, interogatif). Kata yang bercetak tebal tergolong sebagai verba karena menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Manakah dari jawaban berikut yang merupakan ciri-ciri teks eksplanasi

  1. Membahas suatu fenomena yang tidak bersifat keilmuan
  2. Berusaha mempengaruhi pembaca
  3. Tidak bersifat informatif
  4. Fokus pada fenomena khusus
  5. Berdasarkan fakta

 

Pembahasan:

Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  2. Hal yang dibahas yaitu suatu fenomena yang bersifat keilmuan.
  3. Menjelaskan tentang urutan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu.
  4. Fokus pada fenomena bersifat umum.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Perhatikan konjungsi-konjungsi berikut!

1. Seperti
2. Ibarat
3. Yaitu
4. Yang
5. Bahwa
6. Karena

Konjungsi subordinatif yang digunakan untuk menyatakan komplementasi ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 3
B. 2 dan 5
C. 4 dan 6
D. hanya 4
E. hanya 5

Pembahasan:
Konjungsi subordinatif merupakan konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya tidak sederajat. Salah satu jenis konjungsi koordinatif adalah konjungsi yang menyatakan hubungan komplementasi, yaitu kata bahwa. Konjungsi nomor 1 dan 2 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan pembandingan.

Kemudian, konjungsi nomor 3 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan pemerincian atau contoh, sedangkan konjungsi nomor 4 termasuk dalam konjungsi yang menyatakan atributif berupa perluasan. Selanjutnya, konjungsi nomor 6 merupakan konjungsi yang menyatakan sebab. Dengan demikian, konjungsi subordinatif yang digunakan untuk menyatakan komplementasi ditunjukkan oleh nomor 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!

Bahkan, ibu bersedia pergi kepada apa yang disebut orang-orang pintar dan dari pulau ke pulau lain. Padahal, ibu begitu benci pada ilmu mistik. Ibu tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal. Namun, banyak yang menasihati ibu harus percaya dan mencobanya juga, maklumlah, alam timur masih penuh dengan hal-hal gaib, termasuk hal hal yang berkaitan dengan mistik. Semua itu ibu lakukan untuk mendapatkan Maniek. Betapa ibu mendambakan kelahiranmu, Nduk.

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. harus menemui orang yang disebut orang-orang pintar
  2. tokoh ibu yang tidak percaya pada semua yang tidak masuk akal
  3. tokoh ibu yang menuruti kata orang untuk berobat pada orang pintar
  4. keinginan untuk segera mendapatkan keturunan
  5. tidak memercayai mistik, tetapi tetap melakukan pekerjaan itu

 

Pembahasan

Konflik yang dialami tokoh adalah konflik batin, yakni konflik yang disebabkan oleh adanya dua gagasan atau lebih atau keinginan yang saling bertentangan untuk menguasai diri sehingga memengaruhi tingkah laku. Dalam kutipan cerpen tersebut, tokoh ibu tidak memercayai mistik, tetapi tetap melakukan hal tersebut (pergi ke orang pintar).

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Perhatikan hal-hal berikut!
1. Pengenalan isu atau masalah yang sedang dibahas
2. Sejumlah argumen yang berkaitan dengan isu yang dibahas
3. Pandangan penceramah tentang topik yang akan dibahas
4. Penegasan atas argumen yang telah disampaikan
5. Kalimat khusus yang dapat menarik perhatian pendengar

Hal-hal yang terdapat pada bagian pembuka teks ceramah ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 3 dan 5
D. 1, 2, dan 3
E. 3, 4, dan 5

Pembahasan:
Struktur dalam teks ceramah terdiri dari pembuka atau tesis, isi atau rangkaian argumen, dan penutup atau penegasan kembali. Pembuka atau tesis berisi pengenalan isu, masalah, atau pandangan pembicara tentang topik yang akan dibahas. Dengan demikian, hal-hal yang terdapat pada bagian pembuka teks ceramah terdapat pada nomor (1) dan (3).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

 BAHASA INGGRIS

1. Read the conversation below carefully

Alan     : Tomorrow is my mother’s birthday. I want to buy her a present, but I don’t really know what she likes.

Onches : Have you thought about asking her?

Alan     : I don’t think it’s a good idea. I want to give her a surprise. If I ask her, she might be curious.

According to the dialogue above, which of the following sentences is the expression of giving advice?

  1. Tomorrow is my mother’s birthday.
  2. I want to buy her a present.
  3. But I don’t really know what she likes.
  4. Have you thought about asking her?
  5. I want to give her a surprise.

 

Pembahasan:

Memberikan saran dalam bahasa Inggris juga bisa diutarakan dengan pertanyaan, contohnya “Have you thought about …?, Why don’t we …?” Secara makna, “Have you thought about asking her” berarti “Apakah kamu berpikir untuk bertanya padanya?” yang bisa merujuk pada saran untuk menanyakan pada ibunya.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. You are prohibited to go outside the house if you haven’t finished your homework.

The sentence above is showing an expression of …

  1. agreement
  2. obligation
  3. permission
  4. prohibition
  5. opinion

 

Pembahasan:

“to be + prohibited” artinya  dilarang” yang berarti ungkapan di atas merupakan ungkapan larangan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Read the following text and answer the question!

From: [email protected]
To: [email protected]
Subject: Invitation to interview at OPQ Company

Dear Dina,

Thank you for applying to OPQ Company. Your application for the Junior Developer position stood out to us and we would like to invite you for an interview at our office. You will meet with our Engineering department manager, Ms. Bianca, and two of her team members.  The interview will last about 60 minutes. You’ll have the chance to discuss the position’s responsibilities and learn more about our company.

We would like to conduct your interview sometime this week. Please let me know which one of the following time slots you would prefer.  I will be sending you a calendar invitation once I receive your reply.

  • Monday 3/3, 5:30 p.m.
  • Wednesday 3/4, 10:30 a.m.
  • Wednesday 3/4, 5:30 p.m.

If none of these time slots work for you, let me know. Our offices are located at Jl. Sepat No. 42. You can find an attached screenshot of our exact location. Please bring your ID, so you can receive a visitor’s pass at the reception. Ask for Mr. Erwin, our Office Manager, as soon as you arrive. Looking forward to hearing from you.

Sincerely,
Yolanda
HRD Manager

Who is the addressee of the letter?
A. HRD manager
B. Mr. Edwards
C. Ms. Blake
D. Yolanda
E. Dina

Pembahasan:
Kata addressee artinya “penerima” (recipient). Pada teks ini, orang yang menjadi penerima surat adalah Dina.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Read the following text and answer the question!

Deciding whether you should follow through with a plastic surgery procedure can be tricky, to say the least. There are many factors you should consider before you make your final decision which will have permanent consequences to your physical appearance. Here are some disadvantages.

Another unfavourable factor that you should bear in mind is that, after surgery, the recovery period can last quite a long time. This period can last up to 2 or 3 weeks, depending on the type of procedure. This means your life, immediately post-surgery, is drawn to a halt as you need time to recover. Therefore, you are not able to go through your daily life like you normally would straight after the operation. This is off-putting for many who have jobs and would need to take a considerable amount of time off to do this.

Although this is not common, it can happen during or after surgery. In most cases, this happens due to the reaction to anaesthesia or because of your health history (a person with bad health is more likely to have complications during surgery than those who are in good health). It is highly recommended that you take this factor into consideration, and although unlikely, it can occur. Making this a very serious risk of cosmetic surgery.

Another disadvantage of cosmetic surgery is that after the procedure, it’s not fully guaranteed that you will come out of the other end completely satisfied with the changes. These adjustments made to your face or body may have been desirable before you had them, however, they may not look as you expected and fill you with regret.

No one will guarantee the plastic surgery will successfully work. Therefore, accepting your inner beauty is more impactful for your peaceful mind. It’s all about your acceptance not perfectness.

 

Another unfavourable factor that you should bear in mind is that … (paragraph 2)

The underlined word has the identical meaning to …

  1. adverse
  2. critical
  3. hostel
  4. advantageous
  5. inauspicious

Pembahasan:
Kata unfavourable bermakna tidak menguntungkan, sehingga bermakna sama dengan inauspicious. Sementara jawaban lain memiliki arti yang tidak semakna dengan kata unfavourable.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. After the plastic surgery, the result most likely will be that ….

  1. The doctor will guarantee the plastic surgery will successfully work.
  2. It’s fully guaranteed that you will come out of the other end completely.
  3. It’s not fully  guaranteed that you will be satisfied with the changes.
  4. It’s fully guaranteed that the plastic surgery will successfully work.
  5. No one will guarantee the plastic surgery will successfully work.

 

Pembahasan :
Dalam kalimat “No one will guarantee the plastic surgery will successfully work” yang berarti tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

SEJARAH

1. Perhatikan hal-hal berikut ini!

  1. Konsep 3G (Gold, Glory, Gospel).
  2. Jatuhnya Kota Konstantinopel pada tahun 1453.
  3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pelayaran.
  4. Buku Imago Mundi dan Il Milione karangan Marcopolo tentang Dunia Timur.

Dari keterangan di atas, yang merupakan hal-hal pendorong bangsa Eropa datang ke Nusantara ditunjukkan oleh nomor …

  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.
  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.
  4. HANYA 4 yang benar.
  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan:

Dari hal-hal di atas, yang merupakan faktor pendorong bangsa Eropa datang ke Nusantara adalah nomor 1,2,3, dan 4. Beberapa faktor yang menyebabkan bangsa Eropa datang ke Nusantara adalah sebagai berikut.

  • Konsep 3G (Gold, Glory, Gospel).
  • Jatuhnya Kota Kosntantinopel pada tahun 1453.
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti penemuan kompas, teropong dan peta.
  • Buku Imago Mundi dan Il Milione karangan Marcopolo tentang Dunia Timur.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

2. Bangsa Barat yang berhasil datang pertama kali ke Nusantara dan berusaha melakukan monopoli rempah-rempah di Selat Malaka adalah ….

  1. Belanda
  2. Spanyol
  3. Inggris
  4. Portugis
  5. Italia

Pembahasan:

Bangsa Barat yang pertama kali berhasil datang ke Nusantara adalah bangsa Portugis. Penjelajahan Portugis dimulai oleh Bartholomeus Diaz yang melakukan penjelajahan samudra dan sampai di Tanjung Harapan, Afrika Selatan pada 1488. Penjelajahan lalu diteruskan Vasco da Gama yang sampai di Gowa (India) pada 1498. Setelah sampai di India, ia kemudian pulang ke Lisboa, Portugal dengan membawa rempah-rempah. Portugis pun semakin gigih dalam mencari sumber rempah-rempah. Untuk itu, Portugis melanjutkan ekspedisi ke timur yang dipimpin Alfonso d’Albuquerque untuk menguasai Malaka. Ia berhasil menguasai Malaka sebagai pusat perdagangan rempah-rempah di Asia Tenggara pada 10 Agustus 1511.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

3. Di bawah ini yang termasuk pengadilan pada masa kolonial yang diperuntukkan untuk semua bangsa adalah ….

  1. Raad van Justitie
  2. Politierecht
  3. Hoogsgerechtshof
  4. Landraad
  5. Landgerecht

Pembahasan:

Beberapa jenis pengadilan yang berdiri pada masa penjajahan Belanda, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Raad van Justitie, pengadilan tindak pidana dan perdata seluruh wilayah Hindia Belanda,
  2. Hakim Polisi (Politierecht), dibentuk di beberapa tempat dan merupakan pengganti Raad van Justitie, 3. Pengadilan Tinggi (Hoogsgerechtshof), yang berwenang untuk mengawasi pelaksanaan pengadilan di Hindia Belanda, 4. Pengadilan Pribumi (Landraad), merupakan pengadilan khusus pribumi dan orang asing non-eropa yang terdapat di kota-kota besar, dan
  3. Pengadilan untuk semua bangsa (Landgerecht), dimaksudkan untuk menangani perkara bangsa Eropa, pribumi, maupun orang timur asing.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

4. Tujuan diadakannya Kongres Pemuda I pada tanggal 30 April-2 Mei 1926 adalah ….

  1. membentuk suatu organisasi tunggal yang mengukuhkan satu persatuan bangsa
  2. mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di masa yang akan datang
  3. mempersiapkan perlawanan kepada pemerintah Hindia-Belanda
  4. membentuk persatuan untuk membentuk partai politik nasional
  5. menentukan arah pergerakan nasional berbentuk non-kooperatif terhadap Hindia-Belanda

Pembahasan:

Pada 30 April sampai 2 Mei 1926 diadakan rapat yang dihadiri oleh seluruh organisasi pemuda di Jakarta. Rapat ini dikenal dengan nama Kongres Pemuda I. Kongres ini diketuai oleh M. Tabrani. Kongres ini bertujuan untuk membentuk suatu organisasi pemuda tunggal agar dapat mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam kongres ini, beberapa tokoh pemuda menjadi pembicara dan menyampaikan gagasannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

5. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) merupakan pelopor dari ….

  1. sidang Volksraad
  2. Liga Indonesia Anti Penindasan
  3. Kongres Pemuda II
  4. pendirian Jong Indonesia
  5. rapat pembentukan GAPI

Pembahasan:

Pada tahun 1926 dibentuklah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Melalui PPPI, organisasi dan perkumpulan pemuda yang masih bersifat kedaerahan dapat berkumpul dan menjadi wadah berkembangnya persatuan nasional. Hal ini kemudian memudahkan organisasi pemuda dalam mencapai berbagai kesepakatan menuju persatuan pemuda yang pada akhirnya menjadi benih-benih terjadinya Ikrar Pemuda. PPPI mempunyai hubungan yang baik dengan Perhimpunan Indonesia (PI) di negeri Belanda, dimana mereka mendapat banyak kiriman majalah Indonesia Merdeka secara selundupan dari PI. PPPI juga merupakan penggerak utama dalam terselenggaranya Kongres Pemuda II yang sudah dipersiapkan sejak Juni 1928.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-2

Gimana nih kumpulan soal PAS Kelas 11 IPA dan pembahasannya ini, Brainies? Pastinya ngebantu kamu buat belajar menjelang PAS nanti, kan. Nah, kalau masih punya pertanyaan tentang pelajaran lain, bisa banget coba Brain Academy. Sst… kalian bisa coba kelas gratisnya, loh!

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

 

Fauzia Astuti