10 Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Ingin Berkarier di Digital Marketing

jurusan kuliah digital marketing

Mau berkarier di digital marketing? Ini daftar jurusan kuliah dan kampus yang bisa kamu pilih, beserta penjelasan tentang prospek kerjanya.

Pernah nggak melihat ada iklan yang lewat saat kamu lagi scroll Instagram atau Facebook? Atau kamu pasti pernah kan melihat iklan yang muncul sebelum kamu mulai menonton video di Youtube atau di tengah-tengah nonton? Nah, itu merupakan salah satu bentuk digital marketing, loh.

Saat ini, kegiatan pemasaran atau marketing lebih banyak dilakukan secara digital melalui internet. Trik marketing ini dinilai lebih efisien, tepat sasaran, dan bisa menyasar masyarakat lebih luas. Wajar saja, kalau ahli di bidang digital marketing semakin banyak dicari di dunia kerja saat ini.

Terus, kalau mau berkarier di dunia digital marketing, harus ambil kuliah apa sih? Nah, kali ini kita akan bahas jurusan Digital Marketing dan jurusan lain di bidang yang sama. Cus, baca terus ya!

 

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum kita bahas tentang jurusannya, kamu perlu tahu dulu nih sebenarnya apa itu digital marketing. Menurut seorang ahli digital marketing bernama Neil Patel, digital marketing adalah tindakan menjual produk dan layanan melalui saluran atau kanal-kanal di internet yang berbasis digital, seperti SEO, media sosial, aplikasi, email, situs web, blog, push notification, dan sebagainya.

Dalam digital marketing, kegiatan pemasaran produk atau layanan dilakukan menggunakan saluran digital. Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk menjangkau audiens yang aktif di dunia digital dengan lebih cepat, tepat, efektif, serta efisien.

Apabila dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional, metode digital marketing lebih diminati oleh perusahaan. Kenapa? Karena digital marketing dinilai memiliki ROI (return of investment) yang cukup tinggi.

Baca Juga: Intip Jurusan Bisnis Digital, Program Studi ala Drama Korea Start-up

 

Jurusan Digital Marketing di Kampus Indonesia

Buat kamu yang mau berkarier di bidang digital marketing, beberapa jurusan dari kampus di bawah ini bisa kamu pilih.

1. Bisnis Digital, Universitas Padjadjaran

Walaupun nggak secara langsung disebut sebagai jurusan Digital Marketing, jurusan Bisnis Digital di UNPAD ini bisa banget kamu pilih untuk sukses berkarier di digital marketing. Di jurusan ini kamu akan fokus mempelajari bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital. Mata kuliah yang akan kamu temui seperti Digital Marketing, Ilmu Komputer dan Algoritma, Sistem Database, UI/UX, Customer Relation Management (CRM), dan Supply Chain Management.

2. Bisnis Digital, Universitas Negeri Jakarta

Selain UNPAD, kampus yang memiliki jurusan Bisnis Digital lainnya adalah UNJ. Di program studi Bisnis Digital UNJ, kamu akan bertemu mata kuliah seperti Digital Entrepreneurship, Digital Marketing, Marketing Management, Search Engine Optimization (SEO), Management Information System, Web Development, dan sebagainya.

3. D3 Digital Marketing, Telkom University

Program studi Digital Marketing di Telkom University tersedia untuk jenjang diploma atau D3. Di jurusan ini kamu nggak hanya akan belajar tentang digital marketing, tetapi juga manajemen bisnis, manajemen produk, manajemen SDM, pengelolaan media sosial, analisis data, riset pemasaran, dan masih banyak lagi.

4. Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada

Selain keahlian komputer dan marketing, industri digital juga membutuhkan kemampuan komunikasi, loh. Prodi Ilmu Komunikasi akan mengajarkan kamu cara menyampaikan pesan dan informasi yang efisien. Kemampuan ini penting banget untuk bisa sukses di berbagai bidang, termasuk Digital Marketing. Nggak hanya di UGM, jurusan Ilmu Komunikasi iini juga ada di banyak kampus.

5. Bisnis, IPB University

Lulusan bisnis akan ditempa untuk menjadi pengelola bisnis dan manajemennya dengan baik agar bisa bersaing dengan para kompetitor. Kamu juga akan belajar tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis yang pastinya akan relevan dengan dunia kerja Digital Marketing.

6. Digital Marketing, Binus University

Binus menjadi salah satu kampus top swasta yang membuka prodi Digital Marketing. Dengan masuk ke kampus ini, kamu bisa belajar cara menjadi wirausaha masa depan yang kreatif dan inovatif. Kurikulum di jurusan ini juga dirancang dengan menggabungkan antara teori dan praktik sehingga setelah lulus kamu siap untuk memulai bisnis atau masuk ke dunia kerja.

7. Digital Business Technology, Universitas Prasetya Mulya

Universitas Prasetya Mulya juga punya jurusan yang sesuai dengan bidang digital marketing, loh. Di jurusan Digital Business Technology, kamu akan belajar tentang E-commerce Specialization, Mobile & Web Application Development, Database Design, Business Communication, hingga Project Management.

8. Teknik Informatika, Universitas Indonesia

Jurusan seperti Teknik Informatika ini juga bisa kamu pilih untuk menekuni dunia digital marketing. Mata kuliahnya yang masih berbau digital akan mendukung kamu untuk menguasai teknologi digital dan pengembangannya.

9. Digital Marketing, Sampoerna University

Di Sampoerna University, jurusan Digital Marketing berada di bawah naungan Fakultas Bisnis. Jurusan ini akan mengajarkan kamu beberapa mata kuliah seperti strategi pemasaran digital, manajemen konten digital, pengelolaan media sosial, analisis data, SEO, dan sebagainya.

10. Digital Business & Marketing, Politeknik Ubaya

Last but not least, ada jurusan Digital Business and Marketing di Politeknik Ubaya. Dari namanya aja bisa ditebak kan, di jurusan ini kamu akan banyak belajar seputar seluk beluk pemasaran dan teknologi, seperti Manajemen Pemasaran, Integrated Marketing Communication, Etika Bisnis, Aplikasi Komputer, Creative Advertising, dan lainnya.

Psst, intermezzo bentar ya. Bagi kamu yang ingin mendalami jurusan dan karier di bidang Digital Marketing, kamu bisa ikutan event Kupas Kampus dan Karier Digital Marketing di aplikasi Ruangguru, loh. Event ini bisa kamu saksikan di tanggal 19 Agustus 2023. Jangan sampai kelewatan ya, guys!

kupas kampus dan karier digital marketing

Oke, lanjut!

Baca Juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), Gabungan antara Seni dan Komunikasi

 

Prospek Kerja Digital Marketing

Setelah masuk ke dunia digital marketing, kira-kira ada bidang karier apa aja ya yang tersedia untuk kamu? Berikut di antaranya.

1. Digital Marketing Specialist

Digital Marketing Specialist adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing. Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ia juga bertugas untuk meningkatkan brand awareness, traffic web, serta visibilitas perusahaan.

2. Social Media Marketing

Media sosial dinilai paling ampuh untuk menjaring banyak konsumen. Untuk bekerja sebagai Social Media Marketing, kamu perlu memiliki pengetahuan tentang algoritma media sosial, agar konten yang dibuat sesuai dengan target audiens. Kamu juga harus bisa membuat kampanye di media sosial yang dapat menarik pelanggan baru. Ada banyak bidang social media marketing yang bisa kamu coba seperti social media specialist, videographer, content editor, copywriter, dan sebagainya.

3. SEO Specialist

SEO Specialist bertugas untuk mengoptimalkan situs perusahaan dan meningkatkan peringkatnya di halaman hasil mesin pencari (SERP atau Search Engine Results Page), yaitu Google. Seorang SEO Specialist harus memiliki keahlian untuk meneliti kata kunci atau keywords yang sesuai dengan situs perusahaan, menganalisis konten situs, membuat perubahan agar audiens mudah menemukan konten hingga meningkatkan traffic ke dalam situs.

4. Content Writer atau Copywriter

Seorang Content Writer atau Copywriter bertugas untuk menghasilkan konten tulisan yang menarik, seperti artikel blog, caption di media sosial, iklan digital, hingga email pemasaran yang sesuai dengan gaya penulisan atau tone perusahaan. Mereka juga harus bisa menganalisis target audiens dan mengidentifikasi konten yang menarik untuk pembacanya.

5. PPC (Pay-per-Click) Specialist

Seorang PPC Specialist bertugas untuk merencanakan strategi iklan secara digital serta memantau kampanye iklan yang sedang dijalankan. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat strategi pemasaran, pelaksanaan, hingga evaluasi dampak dari iklan yang sudah dibuat.

Mau masuk jurusan impian? Yuk, persiapkan dirimu dari sekarang bareng Brain Academy. Modul soal, STAR Master Teacher terbaik, konsultasi jurusan, tryout berkala, klinik PR, dan masih banyak fasilitas lainnya untuk kamu pejuang PTN!

Untuk ikutan event Kupas Kampus dan Karier Digital Marketing, kamu bisa klik di bawah ini!

 

Referensi:

revou.co/panduan-karir/jurusan-digital-marketing

smb.telkomuniversity.ac.id/cerita-telutizen/prospek-kerja-jurusan-digital-marketing/

edukasi.sindonews.com/read/1021773/211/5-jurusan-kuliah-yang-lulusannya-cocok-bekerja-di-ranah-digital-marketing-1676286146?showpage=all

blog.skillacademy.com/peluang-karir-digital-marketing

(Diakses 31 Juli 2023)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D