15 Contoh Surat Pribadi Berbagai Tema beserta Unsur-unsurnya

contoh surat pribadi

Mau menulis surat pribadi untuk orang tersayang atau untuk tugas sekolah? Yuk, simak contoh surat pribadi berikut, lengkap berbagai tema!

Apakah kamu pernah menulis surat pribadi untuk teman, keluarga, atau seseorang yang spesial? Surat pribadi merupakan salah satu cara yang baik untuk menyampaikan perasaan dan berbagi kabar dengan orang yang kita sayangi. 

Meskipun teknologi terus berkembang dan kita bisa berkomunikasi lewat pesan singkat atau media sosial, menulis surat tetap punya daya tariknya sendiri, lho. Kamu bisa merasakan keintiman dalam menyampaikan pesan dan bisa jadi kenangan berharga untuk penerimanya. Apa sih surat pribadi itu? Simak pengertian singkat, unsur-unsur dan contohnya berikut ini, yuk!

 

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah pesan atau komunikasi tertulis yang ditujukan untuk seseorang secara khusus seperti teman, keluarga, guru, atau kenalan pribadi lainnya. Isinya biasanya lebih pribadi seperti kabar terbaru, hal-hal yang ingin diceritakan, perasaan, atau hal-hal lain yang ingin disampaikan.

Meskipun surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak lebih baku surat resmi, tapi kamu harus tetap memperhatikan etika dan sopan santun ya, terutama jika surat pribadi ditujukan untuk orang yang lebih tua seperti guru, orang tua, kakak, atau kakek dan nenek.

 

Baca juga: Memahami Surat Resmi dari Tujuan, Fungsi, Struktur dan Contohnya

 

Unsur-Unsur Surat Pribadi

Agar kamu bisa menyampaikan pesan dengan jelas, berikut adalah unsur-unsur yang ada dalam surat pribadi: 

1. Tempat dan Tanggal Surat

Unsur pertama adalah tempat dan tanggal surat. Biasanya, bagian ini terdiri dari nama tempat dan tanggal surat ditulis. Kamu bisa menuliskannya di bagian kiri atas surat.

2. Alamat Penerima

Selanjutnya adalah alamat penerima surat secara lengkap. Biasanya, alamat ditulis di bagian depan amplop agar surat tidak salah kirim dan diterima orang yang tepat. 

3. Salam Pembuka

Unsur ketiga, sapaan atau salam pembuka untuk penerima surat. Contoh salam pembuka adalah Assalamualaikum, dear,teruntuk, halo, hai, dan sapaan lainnya. 

4. Paragraf Pembuka

Setelah memberikan sapaan atau salam pembuka, bagian selanjutnya adalah paragraf pembuka. Biasanya, bagian ini berisi pengenalan atau pembukaan tentang topik yang akan dibahas. 

5. Isi Surat

Isi surat berisi pesan yang ingin disampaikan pengirim kepada penerima surat pribadi.

6. Salam Penutup

Bagian ini berisi ucapan terima kasih, harapan, doa, atau ucapan salam. 

7. Nama Pengirim 

Unsur terakhir, nama dan tanda tangan pengirim yang diletakkan di bagian bawah.

 

Baca juga: Macam-macam Konjungsi, Ciri, dan Contoh Kalimatnya

 

Contoh Surat Pribadi dalam Berbagai Tema 

Berikut adalah 15 contoh surat pribadi dalam berbagai tema:

1. Contoh Surat Pribadi untuk Teman 

Medan, 14 April 2019

 

Teman lama ku Muh Fadil

Di Papua

 

Assalamualaikum Aziz, apa kabarmu? Semoga kesehatan selalu menyertaimu. Alhamdulillah aku disini baik-baik saja. Aku kangen banget loh sama kamu hehe, kayak cewek-cewek aja kangen-kangenan segala haha. Peduli amat, iya kan? Orang kita juga bisa punya rasa kangen haha.

Eh, Aziz gimana liburanmu kemarin? Kamu tau gak, liburan ku begitu menyenangkan loh.

Bayangin aja aku lagi berjalan sendirian di tepi pantai, terus tiba-tiba lewat seorang cewek yang cantik, tuh cewek betul-betul menarik perhatian aku loh haha. Langsung aku samperin loh, awalnya sih tuh cewek cuek banget, juteknya minta ampun. Tapi aku berhasil deketin dia, kamu tau kan aku ini rajanya ngegombal, sampe tukeran pin BBM segala loh. Untung saja gak ada kamu waktu itu, karena kamu lebih ganteng dari aku, otomatis tuh cewek pasti lebih milih kamu daripada aku hoho.

Nah, itu cerita liburanku. Mana cerita liburanmu? Aku udah gak sabar pengen denger cerita liburan kamu seperti apa. Barangkali tidak menyenangkan haha.

Sekian dulu surat dari aku ya, kalo kamu tidak sibuk tolong sempatkan untuk membalas surat aku ya. Aku tunggu loh, inget tuh.

 

Sahabat Terbaikmu

Wildan Putra

 

Baca juga: Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung serta Perbedaannya

 

2. Contoh Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Malang, 10 September 2022

 

Hai Dev,

Bahagia sekali rasanya mendengar kamu mendapatkan posisi teratas di sekolah. Senang sekali menjadi teman sekelasmu sejak kelas 7 SMP.

Semua karena kerja keras dan rasa rajin kamu untuk mencapai segala sesuatu. Aku tahu betul bagaimana kamu bekerja keras dan mengorbankan banyak hal. Banyak sekali waktu kamu gunakan untuk belajar, sementara kami bingung memilih pakaian untuk berpesta.

Selamat, Genius!

 

Banyak cinta untukmu,

Alex

 

3. Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Bandung, 8 Oktober 2016

 

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,

Assalamu’alaikum wr. wb.

Bagaimana kabar Ibu? Saya berharap saat ini Ibu dalam keadaan sehat wal ‘afiat dan selalu ada dalam lindungan Allah SWT.

Oh iya Bu, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira pada Ibu. Berita ini merupakan berita yang menjadi harapan kita berdua pada saat saya masih berada di bangku SMA dulu. Alhamdulillah saat ini saya telah berhasil terpilih menjadi atlet Kung-Fu yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun depan.

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Ibu atas didikan dan bimbingan Ibu sejauh ini. Saya tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu, Ibulah yang telah menemukan bakat yang ada pada diri saya, dan Ibu juga yang sudah membimbing saya menjadi atlet yang terkenal dan serba bisa seperti sekarang ini.

Ibu ini tidak ada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidik saya selama ini. Ibu selalu melatih saya dengan semangat dan penuh keyakinan dalam hati Ibu. Ibu selalu memotivasi saya dan menyakinkan saya untuk menjadi atlet yang hebat di masa depan. Kini, semua usaha Ibu yang telah Ibu lakukan selama ini telah terbayarkan Bu.

Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu atas jasa-jasa yang telah Ibu berikan kepada saya selama ini. Selain itu, saya juga mengundang Ibu untuk menemani dan mendampingi saya pergi ke China untuk melihat dan mendukungku secara langsung di sana. Saya akan menjemput Ibu dan keluarga langsung ke rumah.

Sekian surat ini saya buat, nanti kita lanjutkan obrolan ini pada saat kita bertemu Bu.

 

Salam Hormat,

Bagus Saputra

 

Baca juga: Apa itu Kalimat Efektif? Pahami Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

 

4. Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua 

Medan, 22 Mare 2017

Kepada

Ayah dan Bunda

Di Yogyakarta

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ayah dan bunda apa kabar? Aku berharap semoga ayah dan bunda selalu dalam keadaan sehat, Aamiin. Aku di sini Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat dan baik-baik saja.

Ayah dan bunda, libur semester ini aku belum bisa pulang ke Yogyakarta. Aku akan melaksanakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di salah satu desa di Bandung selama 50 hari.

Namun yang menjadi sedikit masalah bagiku sekarang adalah tabunganku sudah mulai menipis Yah. Kalau memang Ayah atau Bunda sedang ada uang, aku minta dikirim Yah, karena untuk bekal nanti ke Bandung dan sekaligus masih banyak kebutuhan yang harus aku penuhi di sini.

Aku berjanji pada Ayah dan Bunda akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh agar aku bisa mendapatkan nilai yang sempurna dan bisa pulang tepat pada waktunya. Aku sangat merindukan Ayah, Bunda, dan dan juga Kakak di rumah, sampaikan salam rinduku untuk Kakak ya.

Cukup sampai di sini dulu ya suratnya, aku mohon doa restu dari Ayah dan Bunda semoga diberikan kemudahan dan kelancaran untukku dalam melaksanakan ujian semester dan juga KKL.

Sekian dulu surat dariku, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Salam rindu dari anakmu tercinta.

Udin Pites

 

5. Contoh Surat Pribadi Singkat

Cirebon, Mei 27th, 2015

Lilis Marinasari

Kuda Street 14th

Makassar

 

Lilis tercinta,

Aku ingin meminta maaf atas kelakuanku terakhir kali pada saat itu. Setelah beberapa refleksi jelas bahwa bukan salah kamu, bahwa aku putus dengan pacarku dan mungkin itu yang terbaik untuk kami.

Maaf aku marah padamu dan menyalahkanmu, aku hanya sedih saja. Aku harap ini tidak akan merusak persahabatan kita dan kita bisa melewati masa ini. Aku mengerti bagaimana perasaan kamu sekarang.

 

Salam hangat,

Anita

 

6. Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris untuk Orang Tua

Jl. Mangga No. 8, Jakarta November 25, 2019

 

Dear Mom and Dad,

How are you, my beloved parents? I hope you are healthy and happy. I miss you so much. It’s been a long time since I last saw you. How is everything at home? How is your work, your garden, your hobby, and your pet?

I am doing well here. I am studying hard and enjoying my life in college. I have many friends and activities. I have joined some clubs and organizations. I have learned many things and skills. I have also traveled to some places and experienced some cultures.

Mom and Dad, I am writing this letter to thank you for your love and support. You have always been there for me, from the day I was born until now. You have always given me the best, from the basic needs to the opportunities. You have always taught me values, from morals to manners. You have always encouraged me to pursue my dreams, from education to career.

Mom and Dad, you are the best parents in the world. You are my heroes, my role models, and my inspiration. You are my source of strength, happiness, and peace. You are my home, my family, and my everything.

Mom and Dad, I hope you are proud of me. I hope I can make you happy. I hope I can repay your kindness. I hope I can be a good son/daughter for you.

Mom and Dad, I love you more than words can say. You are always in my heart and in my prayers. I will always remember you and cherish our moments.

 

Your son,

Rama

 

7. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris untuk Teman 

Jl. Merdeka No. 10 Surabaya July 15, 2020

 

Dear Rudi,

How are you doing, my friend? I hope you are fine and enjoying your life in Germany. I am writing this letter to congratulate you on your academic achievement. I heard that you got a scholarship to continue your master’s degree in Berlin. That’s awesome, man! You must be very proud of yourself.

I am very happy for you, Rudi. You have always been a hardworking and smart student. You deserve this opportunity to pursue your dream.

I am sure you will do great things in the future. Please don’t forget to keep in touch with me and our other friends here. We miss you a lot.

I am also doing well here. I am working as a journalist in a local newspaper. I like my job, but sometimes it can be stressful and tiring.

I still remember our days in college, when we used to write articles for the campus magazine. Those were fun times, right? 

Well, I think that’s all for now. I hope you can reply to this letter soon. I want to hear more about your experience in Germany.

How is the culture, the people, the food, and the weather there? Are you having any difficulties in adapting to the new environment? I hope you can cope with everything well.

Once again, congratulations on your scholarship. I wish you all the best in your study and career. Take care of yourself and stay healthy.

 

Your friend, 

Andi

 

8. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat

Bogor, 4 Juni 2018

 

Sahabatku,

Jajang Nurjaman

Di Cikadut

 

Assalamu’alaikum.

Hai Jang, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja Jang? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir tiga tahun yang lalu Jang, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor. Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Jang. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dna keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Jang.

Oh iya Jang, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

 

Sahabatmu,

Junaedi

 

9. Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Bali, 15 November 2014

 

Umar Habib

di Jakarta

 

Assalamualaikum wr.wb.

Hai, apa kabarmu di sana Kak? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami di sini sekeluarga baik-baik dan sehat semua. Tapi tetap hanya ada satu yang kurang, yaitu kehadiran dirimu di sini yang sangat kami harapkan Kak. Kami sekeluarga disini sangat rindu sama kakak. Apalagi si Bambang yang selalu bawel dan bertanya kapan kakak bisa pulang ke rumah. Dia cuma berpesan kalau jangan lupa oleh-oleh kakak pulang, hehe.

Komar punya kabar baik nih Kak, kemarin kan ada seleksi penerimaan CPNS, nah Alhamdulillah Komar lulus dalam tahap awalnya kak, doain Komar ya semoga tahap selanjutnya bisa lulus lagi tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kalau Komar lulus, nanti Komar bisa segera menyusul kakak di sana hehe.

Oh iya kak, Bapak sama Ibu nitip pesan, katanya jangan pernah lupakan sholat lima waktu dan ngajinya juga jangan sampai ditinggal, dan yang juga termasuk penting adalah istirahat yang cukup dan makan teratur, dan jangan suka keluar malam kalau tidak terlalu penting.

Kak, sepertinya sampai sini saja dulu ya, jangan lupa balas surat ini ya kak, kalo tidak Komar bakalan ngambek hohoho. Jaga diri baik-baik ya kak di sana. Kami sekeluarga tetap bangga sama Kakak.

 

Adikmu yang nakal,

Komar

 

10. Contoh Surat Pribadi untuk Kakek

Palembang, 29 Agustus 2017

 

Untuk Kakekku Tersayang,

Mbah Kakung

 

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Mbah Kakung, ini Rendi cucu Mbah Kakung. Bagaimana kabar Mbah Kakung dan Mbah putri ? Rendi kangen sekali dengan Mbah Kakung dan Mbah putri yang sudah membesarkan Rendi bersama papah. Rendi harap, Mbah Kakung dan Mbah putri selalu sehat ya. Maaf Rendi baru sempat menuliskan surat untuk Mbah Kakung. Saat ini Rendi sudah pindah ke Palembang mengikuti paman Rendi. Di sini Rendi tinggal di salah satu rumah paman di pinggir kota palembang. Suasananya sangat nyaman. Malah sangat mirip dengan di desa. Rendi jadi semakin rindu dan ingin pulang!

Sebenarnya Rendi sedikit kesepian di sini. Mbah Kakung tahu sendiri kalau Rendi tidak pandai bergaul. Apa lagi mas Paman masih sibuk mengurus kepindahan tugas dinasnya di kantor. Tapi Mbah Kakung dan Mbah putri tidak perlu khawatir karena paman menjaga Rendi dengan baik.

Paman juga bilang kalau Rendi boleh pergi mengunjungi Mbah Kakung dan Mbah putri di Garut kalau paman mendapatkan cuti beberapa hari. Rendi tidak sabar untuk bisa bertemu dengan Mbah Kakung dan Mbah putri. Sampai waktunya tiba, Mbah Kakung dan Mbah putri tolong jaga kesehatan. Rendi akan selalu sehat di sini dan terus bersama paman.

Rendi akan lebih sering lagi menulis surat untuk Mbah Kakung dan Mbah putri! Kapan-kapan akan Rendi telfon juga saat Pakde ada di rumah Mbah Kakung!

 

Cucu kesayangan,

Rendi.

 

11. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat Lama

Bekasi, 11 Desember 2014

 

Teruntuk Anisa Yulistika

Di tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo tika, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. kiki, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 10? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 10. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK.

Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.

Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 7A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!

Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!

 

Sahabatmu,

Anindi Rumanisa

 

12. Contoh Surat Pribadi Perpisahan dengan Guru dalam Bahasa Inggris

Class 5A SMP Negeri 1 Jakarta August 20, 2018

 

Dear Mr. Brown,

I am writing this letter to express my gratitude and appreciation for being your student. You have been my favorite teacher since I entered this school.

You have taught me so much, not only about English, but also about life. You have inspired me to pursue my passion and to never give up on my dreams.

Mr. Brown, you are more than a teacher, you are a mentor, a friend, and a role model. You always encouraged me to do my best, to challenge myself, and to learn from my mistakes. You always supported me, listened to me, and cared for me. You always made the class fun, interesting, and engaging. You always showed respect, kindness, and patience to every student.

Mr. Brown, I am sad to hear that you are retiring. I will miss you a lot. I will miss your jokes, your stories, your advice, and your smile. I will miss your presence in the classroom, in the school, and in my life. But I am also happy for you, because you deserve to enjoy your retirement.

You have worked hard and dedicated your life to education. You have touched and changed many lives, including mine.

Mr. Brown, I hope you can stay in touch with me and the other students. Please don’t hesitate to contact me if you need anything. I would love to hear from you and to visit you someday. I wish you all the best in your retirement. May you have a wonderful and peaceful time with your family and friends.

Thank you for everything, Mr. Brown. You are the best teacher ever. I will always remember you and cherish our memories.

 

Your student, 

Lisa

 

13. Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat dalam Bahasa Inggris

Jl. Kebon Jeruk No. 5 Jakarta September 10, 2019

 

Dear Mei,

How are you, my dear friend? I hope you are doing well and having a great time in China. I am writing this letter to thank you for your visit to Indonesia last month. I was so happy to see you and to spend some days with you.

Mei, you are such a wonderful friend. You are kind, generous, and fun. You always make me laugh and smile. You always support me and encourage me. You always understand me and accept me. You are like a sister to me.

Mei, I really enjoyed our time together in Indonesia. We did so many things, didn’t we? We visited many places, such as Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, and Lombok. 

We saw many attractions, such as monuments, museums, temples, beaches, and mountains. We tried many foods, such as nasi goreng, sate, rendang, gado-gado, and bakso. We learned many cultures, such as batik, wayang, gamelan, and angklung. We had so much fun, right? 

Mei, I hope you also liked your visit to Indonesia. I hope you learned something new and valuable. I hope you made some good memories and friends. I hope you felt the warmth and hospitality of the Indonesian people. I hope you will come back again someday.

Mei, I miss you so much. I wish we could see each other more often. But I know that we are still connected by our hearts. We are still friends, no matter the distance. We are still sisters, no matter the difference.

Mei, please write back to me and tell me how you are. I want to hear about your life in China. How is your family, your school, your hobbies, and your dreams? I hope everything is going well for you.I love you, Mei. You are the best friend ever. I will always remember you and cherish our friendship.

 

Your friend, 

Rani

 

14. Contoh Surat Pribadi untuk Ibu

Untuk wanita spesial dalam hidupku,

Ibuku tercinta

 

Ibu apa kabar? Semoga ibu sehat selalu dan selalu baik baik saja di sana. Bagaimana kabar adik adik di sana bu? Tentu saja baik baik saja bukan. Aku harap ibu dan adik adik selalu sehat. Kabarku disini juga baik baik saja bu.

Aku kangen sama ibu. Sudah lama aku tidak berkunjung ke kampung halaman. Ibu, maaf aku belum bisa pulang saat Hari Ibu. Hal ini dikarenakan masih ada tanggung jawab dan tugas pekerjaan yang belum aku selesaikan. Aku janji setelah semua pekerjaanku selesai, aku akan segera pulang. Jadi aku harap ibu jangan khawatir ya. Doakan aku ya bu, semoga pekerjaanku di sini cepat selesai dengan baik. Aku sangat merindukanmu, Bu. Rasanya sudah tidak sabar lagi untuk memelukmu. Aku juga kangen dengan masakan ibuku tercinta ini.

Sudah dulu ya, Bu. Terima kasih ibu. Aku sayang ibu.

 

Dari anak tersayang,

Bella Savira

 

15. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Sunda

Sukabumi, 30 Januari 2018

 

Kahatur

Teh Arum

Di Bandung

 

Assalamualaikum Wr.Wb.

Teh Arum kumaha damang? Alhamdulilah atuh upami damang mah hehe. Abdi oge dina danget ieu mah Alhamdulillah nuju aya dina kasehatan.

Maksad abdi ngadamel ieu serat teh kanggo masihan terang yen minggon payun abdi bade ka Bandung. Upami teu ngarepotkeun mah abdi bade ameng ka bumi Teh Arum. Sareng abdi teh hoyong direncangan ameng ngurilingan kota Bandung supados apal hehe.

Dupi mung sakieu hela serat ti abdi, mugia tiasa enggal tepang minggon payun. Hatur nuhun.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

 

Hormat abdi

Adul Vatinson

Itulah 15 contoh surat pribadi dengan berbagai tema untuk orang-orang yang kamu sayang. Kamu bisa belajar lebih banyak lagi tentang materi ini bareng master teacher di Brain Academy. Bisa belajar online atau offline di Brain Academy terdekat dari rumahmu!

IDN CTA Blog Brain Academy Center

 

Referensi:

Hariati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

Detik.com. 2022. 15 Contoh Surat Pribadi Lengkap dengan Struktur dan Cara Buat yang Benar. Tautan: https://www.detik.com/sulsel/berita/d-6362119/15-contoh-surat-pribadi-lengkap-dengan-struktur-dan-cara-buat-yang-benar

Brilio.net. 2023. Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris berbagai tema. Tautan: https://www.brilio.net/ragam/11-contoh-surat-pribadi-dalam-bahasa-inggris-beragam-tema-pengertian-dan-tips-merangkai-kalimatnya-231113q/contoh-surat-pribadi-dalam-bahasa-inggris-berbagai-tema-2311138.html?page=all 

Devi Lianovanda