Brain Academy Online, Pengganti Bimbel Offline di Tengah Pandemi

 

01112021_BAO_Pengganti_Bimbel_Offline_di_Tengah_Pandemi_Content_Blog_820x410_Draft1 Artikel ini membahas tentang keunggulan layanan Brain Academy Online 

Sampai saat ini, sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih menjadi momok bagi pendidikan di Indonesia. Bukan hanya siswa saja yang sulit beradaptasi, namun orangtua pun juga harus beradaptasi mengubah peranan mereka selayaknya guru di sekolah. 

Melihat besarnya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran jarak jauh ini, Ruangguru berinovasi untuk mempermudah para siswa untuk tetap produktif belajar di rumah dengan meluncurkan produk Brain Academy Online

Diharapkan melalui inovasi yang ditawarkan oleh Ruangguru ini dapat menjadi solusi yang ciamik bagi siswa dan orang tua dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh.

Lalu apa perbedaan layanan Brain Academy Online dengan bimbingan offline biasa?

Baca juga: 7 Rekomendasi Situs Belajar Online

Brain Academy Online VS Bimbel Offline  

Brain Academy Online adalah fasilitas kelas virtual yang dihadirkan oleh Ruangguru, bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran siswa di rumah. 

Dengan proses pembelajaran yang lebih santai dan fleksibel, diharapkan siswa tetap bisa mengikuti proses belajar yang maksimal namun tidak perlu mengorbankan keamanan dengan keluar rumah sekaligus siswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk mengikuti bimbel.

Melalui Brain Academy Online, siswa bisa mengakses ratusan ribu video materi belajar, bank soal, infografis, dan quiz yang dapat diakses melalui aplikasi belajar Ruangguru. Selain itu, siswa juga akan dibagikan modul untuk 1 tahun lengkap yang akan dicetak dan dikirimkan langsung ke rumah siswa. 

Fasilitas Brain Academy Online juga dapat diakses dari Senin sampai Jumat selama satu tahun ajaran dengan jadwal pembelajaran disesuaikan pada jenjang kelas. 

Holiday Class Brain Academy OnlineHoliday Class Brain Academy Online (Sumber: dok. Ruangguru)

Fasilitas Penunjang di Brain Academy Online

  • Pembelajaran Interaktif

Live Teaching Brain Academy Online

Fasilitas Live Teaching Brain Academy Online (Sumber: dok. Ruangguru)

Brain Academy Online menyediakan fasilitas Live Teaching, di mana siswa dapat mengikuti proses pembelajaran bersama guru-guru yang sudah terlatih di bidangnya (STAR Master Teacher) secara live melalui Aplikasi Ruangguru.

Sesi pembelajaran dapat diikuti selama 90 menit dan siswa juga dapat melakukan tanya-jawab secara langsung dengan STAR Master Teacher. 

Jangan takut ketinggalan materi, jika siswa tidak bisa mengikuti Live Teaching yang diadakan pada hari itu, siswa masih dapat mengakses rekaman Live Teaching yang sudah berlangsung.

  • Pembelajaran Eksklusif

Klinik PR BA Online Fasilitas Klinik PR Online Eksklusif Brain Academy Online(Sumber: dok Ruangguru)

Brain Academy Online juga menyediakan fasilitas Klinik PR Online di mana siswa dapat bertanya langsung dengan STAR Master Teacher melalui Zoom mengenai kesulitan-kesulitan dalam memahami pelajaran, maupun tugas sekolah. 

Siswa juga dapat menikmati fasilitas Klinik Ujian Khusus yang dapat dipergunakan pada saat persiapan menyambut ujian sekolah.

Untuk menikmati Klinik PR Online ini, siswa hanya perlu booking slot melalui Google Form atau Aplikasi Ruangguru untuk langsung menikmati fasilitas konsultasi bersama STAR Master Teacher yang dituju. 

  • Tim Suporter Belajar

Fasilitas Konsultasi Bersama Guru Wali

Fasilitas Konsultasi Bersama Guru Wali & Counselor Brain Academy Online (Sumber: dok. Ruangguru)

Brain Academy Online bukan hanya menyediakan pembelajaran antara guru (STAR Master Teacher) dengan siswa, namun Brain Academy Online juga memfasilitasi guru wali dan counselor. 

Guru wali bertugas untuk memberikan laporan kepada siswa, orangtua siswa, atau wali siswa setiap bulan secara daring  mengenai perkembangan belajar siswa di kelas Brain Academy Online. Siswa juga bisa bertanya dengan guru wali mengenai jurusan kuliah, lho.

Bukan hanya itu saja, counselor juga dihadirkan untuk setiap siswa dalam membantu menunjang motivasi belajar

Siswa dapat berkonsultasi langsung melalui grup Whatsapp mengenai permasalahan yang berkaitan dengan sekolah, motivasi belajar, hingga permasalahan strategi belajar yang efektif bagi siswa.

Jadi, melalui Brain Academy Online siswa bukan hanya belajar dua arah dengan guru namun siswa juga mempunyai suporter seperti guru wali, konselor yang akan terus mendukung siswa dalam meraih kesuksesan akademik.

  • Kelas Motivatif 

Kelas Motivasi Brain Academy Online

Kelas Motivasi Brain Academy Online (Sumber: dok. Ruangguru)

Sebagai bentuk kepedulian Brain Academy dalam mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi di Indonesia, Brain Academy melalui Brain Academy Online meluncurkan fasilitas Kelas Motivatif guna menunjang proses pembelajaran siswa dan pengembangan diri.

Kelas Motivatif merupakan kelas yang hadir untuk mengasah soft skill para siswa di Indonesia dengan menghadirkan kelas public speaking, kepemimpinan, fotografi, hingga kelas film.

  • Fasilitas Tambahan

Beasiswa Prestasi Brain Academy Online

Program Beasiswa Berprestasi oleh Brain Academy Online (Sumber: dok. Ruangguru)

  • Try Out 

Bukan hanya menghadirkan kelas-kelas yang bermanfaat saja, Brain Academy Online juga memfasilitasi ujian try out untuk menghadapi ujian. Try Out akan dilaksanakan 4 sampai 6 kali dalam setahun akan disesuaikan dengan kebutuhan akademik siswa sesuai dengan jenjang kelas. 

  • Beasiswa Prestasi Brain Academy Online

Brain Academy Online juga menyediakan beasiswa bagi siswa berprestasi. Beasiswa Prestasi Brain Academy Online merupakan program bantuan kepada siswa dari semua jenjang kelas (SD-SMA) yang terdaftar di kelas Ruangbelajar, Ruangbelajar Plus, dan kelas umum dengan memberikan potongan harga untuk berlangganan Brain Academy Online yang akan diberikan langsung kepada siswa berprestasi.

Dengan hadirnya Brain Academy Online diharapkan bisa mempermudah siswa dan orangtua untuk tetap produktif dalam proses belajar di rumah, sehingga siswa bisa mendapatkan hasil belajar yang tetap maksimal meskipun harus belajar di rumah. 

Jadi tunggu apalagi, daftarkan segera melalui laman Brain Academy Online untuk mendapatkan diskon 80% ditambah dengan pengalaman belajar yang menyenangkan dan produktif bersama Brain Academy Online

BA online - Brain Academy

Elisabeth Garnistia