Apa itu Cumlaude, Magna Cumlaude, dan Summa Cumlaude? Ini Bedanya!

ef6e2b9c-126e-40aa-8cca-c51caa21b567

Saat wisuda, kamu bisa mendapat penghargaan cumlaude, magna cumlaude, atau summa cumlaude. Apa sih perbedaan ketiganya? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Ketika kamu berhasil menyelesaikan studinya di perguruan tinggi, ada beberapa penghargaan yang bisa diberikan kepada kamu. Misalnya, penghargaan mahasiswa berprestasi, mahasiswa lulusan terbaik atau penghargaan lainnya. Tapi, yang paling sering kita dengar adalah penghargan cumlaude.

Kalau kamu pernah datang ke acara wisuda saudara, teman atau kakakmu, mungkin kamu pernah melihat wisudawan yang menggunakan selempang bertuliskan CUMLAUDE. Jadi pengin, ya? Semoga nanti juga bisa, aamiin!

Sebenarnya predikat kelulusan yang bisa diberikan kepada mahasiswa bukan hanya cumlaude, ada juga yang namanya magna cumlaude dan summa cumlaude. Apa itu? Berikut penjelasannya!

 

Pengertian Cumlaude, Magna Cumlaude & Summa Cumlaude

Cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude berasal dari bahasa latin. Predikat ini diberikan sebagai penghargaan kepada mahasiswa yang lulus dengan prestasi akademik yang baik dan memenuhi syarat dari universitas atau perguruan tinggi. Agar lebih jelas tentang perbedannya, berikut adalah pengertian cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude:

 

Pengertian Cumlaude

Cumlaude, berasal dari bahasa latin yang artinya “dengan pujian”. Cumlaude adalah penghargaan akademik yang diberikan kepada mahasiswa dengan indeks prestasi kumulatif atau IPK diatas 3,5 sampai dengan 3,79. Untuk mendapatkan predikat ini, bukan hanya harus memenuhi standar IPK saja, biasanya pihak perguruan tinggi punya syarat lain seperti masa studi, nilai tugas akhir atau skripsi, dan syarat lainnya.

 

Pengertian Magna Cumlaude

Magna cumlaude juga berasal dari bahasa latin yang artinya “dengan pujian besar”. Magna cumlaude adalah penghargaan akademik untuk mahasiswa dengan IPK diatas 3,79 sampai dengan 3,99. Mahasiswa yang lulus dengan predikat magna cumlaude artinya lulus with great honor.

 

Pengertian Summa Cumlaude

Summa cumlaude merupakan predikat tertinggi dari cumlaude. Penghargaan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,99 atau sempurna yaitu 4,00. Wow! Jika kamu lulus dengan predikat summa cumlaude, artinya kamu lulus with highest praise atau kehormatan tetinggi. Memiliki IPK 4,00, artinya semua mata kuliah berhasil diselesaikan dengan nilai sempurna atau A, tidak pernah gagal atau mengulang mata kuliah, dan bisa lulus sesuai masa studi.

Jadi, dari ketiga predikat di atas, cumlaude berada di posisi ketiga, magna cumlaude berada di posisi ke-dua, dan summa cumlaude merupakan predikat penghargaan tertinggi.

Syarat Cumlaude

Setiap perguruan tinggi tentu punya standar dan syarat yang berbeda-beda untuk memberikan penghargaan ini. Tapi, secara umum, syarat untuk mendapatkan predikat cumlaude adalah berdasarkan IPK atau indeks prestasi kumulatif. Selain IPK, universitas juga bisa memberikan syarat tertentu misalnya harus mendapatkan nilai A pada sidang tugas akhir/ sidang skripsi,  memiliki skor TOEFL, atau harus lulus tepat waktu sesuai masa studi.

Berikut adalah contoh syarat mendapatkan predikat cumlaude (dengan pujian) di ITB:

  1. Menunjukkan penghayatan yang baik tentang hakekat dan norma-norma akademik
  2. Menunjukkan derajat kemandirian akademik yang tinggi
  3. Dapat menyelesaikan pendidikan tidak lebih dari 10 semester
  4. Berhasil menjaga prestasi akademik dengan skala penilaian yang berlaku atau IPK sama dengan atau lebih besar dari 3,50. 

Nah itu contoh syarat untuk mendapatkan predikat cumlaude di Institut Teknologi Bandung. Di kampus atau fakultas lain dalam satu universitas bisa memiliki syarat yang berbeda.

 

Baca juga: Ini Cara Menghitung SKS dan KRS di Perkuliahan untuk Mahasiswa Baru

 

Manfaat Cumlaude

Lulus dengan predikat cumlaude, magna cumlaude atau summa cumlaude mendatangkan manfaat atau keuntungan. Apa saja? Ini penjelasannya:

 

1. Memiliki Peluang Mendapatkan Beasiswa

Predikat cumlaude meningkatkan peluang untuk mendapatkan beasiswa untuk pendidikan yang lebih tinggi. Misalnya, setelah lulus S1, kamu berniat melanjutkan kuliah S2 dengan beasiswa. Dengan IPK yang kamu miliki dapat meningkatkan kesempatan untuk meraih beasiswa. Di beberapa kampus, kamu juga bisa mengikuti program fast track dimana kamu bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun. 

 

2. Meningkatkan Peluang Kerja

Beberapa perusahaan mungkin mengejar mahasiswa dengan predikat cumlaude atau lulusan terbaik. Di banyak lowongan kerja, ada minimal IPK untuk melamar posisi tersebut. Jika berhasil lulus dengan predikat cumlaude, magna cumlaude atau summa cumlaude, kamu memiliki IPK yang tinggi. Tapi, perlu diingat bahwa IPK tinggi bukan penentu utama kamu berhasil diterima bekerja, ya. Soft skill, hard skill, dan pengalaman yang kamu punya juga dinilai. IPK akan membantu kamu untuk lolos seleksi administrasi atau screening CV. 

 

3. Bisa Jadi Asdos

Dosen biasanya mencari mahasiswa yang potensial untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan jadi asdos atau asisten dosen, kamu bisa dapat beberapa manfaat seperti: dapat uang jajan tambahan, meningkatkan keterampilan komunikasi karena membantu mengajar mahasiswa, membantu kita semakin menguasai ilmu yang kita punya. Kamu bisa menjadi asisten dosen sambil menunggu panggilan dari perusahan yang kamu lamar.

 

Baca juga: Mengenal Sistem UKT, SPI, dan SPI di Perguruan Tinggi Negeri

 

Bagaimana Cara Mendapat Predikat Cumlaude?

Untuk mendapatkan predikat cumlaude, kamu harus bisa menjaga nilai IPK agar tetap baik tiap semesternya. Beberapa caranya adalah: mengerjakan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu, aktif di kelas, dan menyelesaikan tugas akhir dengan baik. 

Selain hal-hal akademik, kamu juga bisa aktif di organisasi baik di dalam atau di luar kampus. Misalnya ikut komunitas seperti AIESEC untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Kamu juga bisa ikut kegiatan magang yang bisa meningkatkan soft skill, hard skill, dan membangun relasi. 

Yang terpenting adalah mampu menjaga keseimbangan antara kuliah dan kegiatan lainnya. Aktif di berbagai kegiatan boleh saja, tapi jangan mengganggu prestasi akademik, ya!

Nah itulah pembahasan tentang cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude. Semoga semakin paham dan bikin jadi semangat untuk dapat salah satu predikatnya, ya! Tapi, jangan telalu memaksakan diri untuk meraih gelar tersebut agar tidak mudah burnout.

Untuk saat ini, fokus dulu untuk masuk ke perguruan tinggi impianmu. Kamu bisa belajar bareng Master Teacher dari Brain Academy. Bisa belajar secara online atau offline di Brain Academy terdekat dari rumahmu.

IDN CTA Blog Brain Academy Center

Referensi:

Magna Cumlaude vs Summa Cumlaude: What’s the Difference? [daring]. Tautan:https://www.indeed.com/career-advice/career-development/magna-cum-laude-gpa-vs-summa-cum-laude-gpa

Apa itu cumlaude, magna cumlaude, dan summa cumlaude? [daring]. Tautan: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6387152/apa-itu-cum-laude-magna-cum-laude-dan-summa-cum-laude-ini-perbedaannya

Manfaat punya IPK Tinggi dan Cumlaude [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/17/104130271/4-keuntungan-punya-ipk-tinggi-dan-cumlaude-mahasiswa-cek?page=all

Syarat Cumlaude Program Sarjana ITB [daring]. Tautan: https://metallurgy.itb.ac.id/persyaratan-cum-laude-dan-fast-track/

Devi Lianovanda