Yuk Mulai Lakukan Self Love dengan 4 Hal Ini

Elisabeth Garnistia Jan 16, 2021 • 11 min read


 

Yuk_Mulai_Lakukan_Self_Love_dengan_4_Hal_Ini_Content_Blog_820x410_Draft1

Artikel ini akan mengajakmu untuk melakukan self-love dengan 4 hal penting.

--

Saat tahun baru, pasti kamu ingin sekali memberikan waktu untuk kamu melakukan perenungan atas semua hal yang sudah dilewati. Semua hal sedih, susah, menyakitkan rasanya sudah pernah dilewati semua di sepanjang tahun lalu. 

Perasaan kesal, kecewa, marah pada diri sendiri pun tidak bisa dihindari akibat merasa selalu gagal untuk memberikan yang terbaik di beberapa momen penting dalam tahun 2020 lalu. Akhirnya, kamu terus membawa perasaan negatif tersebut di dalam hati sampai awal tahun 2021.

Apa  tidak berat untuk terus-terusan marah dan kecewa dengan diri sendiri? Apa kamu tidak sayang pada perasaan kamu untuk terus-terusan memendam perasaan negatif dan terus mengelak untuk disembuhkan?

Lalu dengan berbagai hal yang kamu sudah lakukan untuk bertahan selama ini, apa kamu sudah memberikan apresiasi yang cukup pada dirimu?

Kalau belum, yuk simak artikel ini sampai habis agar kamu lebih mengenal self-love dan kamu bisa lebih sayang dengan diri kamu!

Papan Love Yourself FirstSelf-Love (Sumber: Freepik.com)

Self-love 

Self-love adalah kondisi di mana kita menghargai diri kita sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang dapat membantu perkembangan fisik, psikologis, dan spiritual menjadi lebih baik. 

Khoshaba dalam psychologytoday.com menuliskan bahwa self-love merupakan hal yang dinamis. Maksudnya, self-love dapat terus berkembang melalui aktivitas-aktivitas yang kita lakukan untuk membuat diri kita menjadi lebih baik dan dewasa.

Contohnya, ketika kita mulai untuk menerima ketidaksempurnaan dalam diri kita, kita akan lebih memusatkan perhatian terhadap hal-hal yang lebih penting

Seperti, kita akan lebih menyayangi diri kita apa adanya sebagai manusia yang tidak sempurna dan hal tersebut bisa menjadi pacuan diri kita untuk menemukan nilai-nilai diri yang lebih berharga dibanding sekedar kekurangan kita. 

Nah kalau kamu merasa butuh melakukan self-love untuk membentuk diri kamu menjadi lebih baik, yuk ikuti 4 cara ini agar kamu makin sayang sama diri kamu! 

1. Kenali Diri Kamu


Kenali Diri Kamu

Kenali Diri Kamu (Sumber: Freepik.com)

Saat kamu ingin memulai self-love, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri kamu secara baik dan utuh. Kamu harus tahu, apa yang kamu pikirkan, rasakan, kamu mau, dan kamu butuhkan.

Dari pengenalan hal-hal di atas, kamu dapat menggali lebih dalam lagi tentang hal yang benar-benar menjadi nilai, tujuan sampai goal dalam hidup kamu. 

Jika kamu sudah mengenal dan memahami diri sendiri secara utuh, kamu akan mampu membuat pilihan-pilihan atas diri sendiri dan pastinya berbeda dari orang lain. 

Yup! Hanya kamu yang dapat menjalankan atas pilihan-pilihan hidup yang kamu pilih karena kamu adalah nahkoda dari hidupmu bukan orang lain

Jadi jangan insecure ya melihat jalan orang lain tampaknya lebih mulus, itu hanya ilusi!

Baca Juga: Monday Blues: Ini 6 Tips Atasi Rasa Cemas di Hari Senin

2. Rawat Diri Kamu dengan Baik


Merawat Diri Kamu

Rawat Diri Kamu dengan Baik (Sumber: Freepik)

Yuk, mulai lakukan kebiasaan yang dapat membuat diri kamu berterima kasih di masa depan.

Mulailah kebiasaan di luar zona nyaman ketimbang rebahan di kasur. Misalnya, kamu bisa mulai membangun kebiasaan berolahraga di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Secara tidak langsung, dirimu akan jauh lebih bertumbuh dari hari kemarin.

Tidak usah memulai dari hal yang berat. Mulailah dari kebiasan yang ringan seperti mulai berolahraga 3 kali seminggu. Selanjutnya jika sudah terbiasa, kamu bisa menambah intensitas waktu olahraga sendiri. 

Kalau kamu ingin membuat dirimu menjadi lebih pintar, kamu bisa mulai menyisihkan waktu 30 menit sampai 1 jam per hari untuk membaca buku yang sudah lama disimpan di lemari. 

Mulai lakukan hari ini, jangan menunda sampai besok karena kamu tidak akan pernah memulainya.

Baca Juga: Kreatif: 6 Cara Biar Kamu Banyak Ide!

3. Lindungi Diri Kamu 


Lindungi Diri Kamu

Lindungi Diri dari Orang yang Tidak Menghargaimu (Sumber: Freepik.com)

Setelah kamu merasa terus-terusan diperlakukan dengan tidak baik dan hal tersebut mulai mengancam kesehatan mental kamu, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk kamu mulai memilah orang-orang yang hadir dalam hidup kamu. 

Coba untuk membuat batasan sejauh mana kamu ingin dihargai oleh orang lain. Jika kamu merasa orang lain tidak menghargai dan memperlakukanmu dengan tidak pantas, ada baiknya kamu mencoba untuk melepas mereka dari hidup kamu. 

Harga dirimu jauh lebih mahal nilainya daripada orang-orang yang tidak pernah memandang kamu bernilai. Diri kamu pantas untuk dihargai oleh semua orang tanpa terkecuali. 

Maka dari itu, batasan yang jelas akan membuat kamu bisa menilai siapa yang berhak dan siapa yang seharusnya pergi dari hidupmu. Ingat tidak semua orang harus menjadi bagian dalam hidupmu, kan?

4. Maafkan Diri Sendiri


Maafkan Diri Sendiri

Maafkan Diri Kamu Sendiri (Sumber: Freepik.com)

Terkadang tanpa disadari, kamu terus-terusan menekan terlalu keras diri sendiri. Kamu merasa telah membuat kesalahan yang cukup fatal dan tidak bisa memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan. 

Hati-hati jangan sampai kamu menghukum diri kamu terlalu keras dengan berlarut-larut dalam kesalahan, ya. Meskipun kamu melakukan kesalahan yang fatal, bukan berarti kamu boleh menghukum diri kamu terus-terusan.

Kenapa? Coba renungkan, kalau kamu tidak membuat kesalahan mungkin kamu tidak akan pernah belajar hal-hal yang belum tentu kamu pikirkan sebelumnya. Mungkin jika berhasil, kamu tidak akan menjadi lebih waspada atau lebih teliti, misalnya.

Kesalahan memang buruk, namun kesalahan dapat menjadi guru terbaik di dalam hidup kita. Lepaskan kesalahan dalam diri kamu, terimalah diri kamu melakukan kesalahan dan cepat perbaiki kesalahan tersebut dengan terus belajar dan improvisasi diri. 

Jangan lupa untuk selalu menanamkan hal positif dalam diri kamu. Kamu bisa memberikan pujian karena kamu sudah mampu melewati kegagalan atau mulai tanamkan pikiran yang positif seperti “kali ini pasti aku akan berhasil”, “aku jauh lebih baik dari aku yang lalu”. 

Setiap kesalahan pasti menyakitkan namun akan lebih menyakitkan jika kamu terus berlarut dalam kesalahan yang sudah berlalu. Ayo mulai maafkan diri kamu!

Setelah kamu sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk langsung lakukan self-love di atas ya karena self-love akan membantu kamu berkembang menjalankan hidup seutuhnya!

Kamu juga bisa memulai kebiasaan belajar baru dengan menggunakan Brain Academy Online agar pengalaman belajar kamu semakin mengasyikan!

BA online

Referensi: 

 Khoshaba, D. 27 Maret 2012. A Seven-Step Prescription for Self-Love. Tautan: https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love (daring). (Diakses: 23 Desember 2020). 

Kusuma, G & Ade, C. 22 September 2020. Self-Love: Menghargai Diri Sendiri, Kalau Bukan Kamu Siapa Lagi?. Tautan: https://satupersen.net/blog/self-love-menghargai-diri-sendiri-kalau-bukan-kamu-siapa-lagi (daring). (Diakses: 23 Desember 2020).

Memahami Diri Sendiri. 8 September 2018. Tautan: https://greatmind.id/article/memahami-diri-sendiri (daring). (Diakses: 23 Desember 2020).

Memaafkan Diri Sendiri. 26 Januari 2019. Tautan: https://greatmind.id/article/memaafkan-diri-sendiri (daring). (Diakses: 23 Desember 2020). 

Resyana, D. (23 September 2020) Cara Sehat Memaafkan Diri Sendiri. Tautan: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3608583/cara-sehat-memaafkan-diri-sendiri (daring). (Diakses: 23 Desember 2020). 

Sumber Gambar: 

Self Love. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/vectors/love'>Love vector created by freepik - www.freepik.com</a>. (Diakses: 23 Desember 2020).

Kenali Diri Kamu. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/hand'>Hand photo created by pch.vector - www.freepik.com</a>. (Diakses: 23 Desember 2020). 

Lindungi Diri dari Orang yang Tidak Menghargaimu. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by wayhomestudio - www.freepik.com</a>. (Diakses: 23 Desember 2020). 

Rawat Diri Kamu dengan Baik. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/woman'>Woman photo created by cookie_studio - www.freepik.com</a>. (Diakses: 23 Desember 2020).

Maafkan Diri Kamu Sendiri. Tautan: <a href='https://www.freepik.com/photos/people'>People photo created by jcomp - www.freepik.com</a>. (Diakses: 23 Desember 2020)

Beri Komentar