Sulit Mengatur Waktu? Coba Deh Bikin Bullet Journal!

bullet journal

Artikel ini membahas tentang tips mengatur waktu dengan membuat bullet journal

--

Bullet journal atau bujo adalah catatan harian yang dapat membantu kamu dalam memantau serta mengatur jadwal, waktu, dan aktivitas sehari-hari. Yup, bujo memang bisa dikatakan mirip dengan planner. Namun dalam pembuatannya, bullet journal merupakan kombinasi antara planner dengan diary. Dalam bujo, kamu dapat mencatat berbagai macam hal, seperti time table, to-do-list, hingga mood tracker, health tracker, movie recommendation, dan topik menarik lainnya.

Bujo bisa menjadi solusi bagi kamu yang sering keteteran. Apalagi jika kamu aktif mengikuti aktivitas di dalam dan luar sekolah atau kampus, kamu harus pintar-pintar nih dalam mengatur waktu agar semua berjalan dengan seimbang.

Baca Juga: Time Management: Atur Jadwal Mu Secara Efektif Dengan 4 Tips Ini!

Membuat bullet journal tidaklah sulit. Malah, ini merupakan kegiatan seru yang juga dapat meningkatkan kreativitas kamu. Selain membantu kamu untuk mengatur waktu, membuat bujo bisa menjadi healing time setelah seharian belajar dan mengikuti kelas tambahan lainnya. Tertarik untuk mencoba? Yuk simak hal apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat bullet journal!

1. Memilih Notebook dan Alat Tulis

Hal terpenting yang harus dipersiapkan sudah pasti notebook serta alat tulis! Notebook sendiri memiliki tipe serta ukuran yang beraneka ragam dan kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Namun untuk membuat bullet journal, tipe notebook paling umum digunakan adalah yang memiliki kotak-kotak (grid) atau titik-titik (dotted).

bujo starter kitMemilih alat tulis sesuai kebutuhan (Sumber: youtube.com)

Kemudian untuk alat tulis, kamu bisa memilih pena tulis dan pena highlight dengan warna berbeda agar halaman lebih menarik. Bagi kamu yang tertarik dengan kaligrafi atau hand lettering, bisa juga kok menambahkan brush pen kedalam keranjang belanja.

2. Membuat Bullet Journal Collection

collection untuk bujoMenentukan collection untuk bullet journal (sumber: collegeinfogeek.com)

Collection dalam bujo bisa kita isi dengan apa saja, sesuai dengan kebutuhan pribadi tentunya. Selain diisi dengan hal-hal berhubungan dengan jadwal dan pelajaran, bujo untuk pelajar juga bisa diisi dengan hal lain yang menarik minat serta hobi. Beberapa contoh collection yang bisa kamu gunakan diantaranya:

  • Time table: membantu kamu untuk ingat dengan jadwal - jadwal sekolah maupun kegiatan lainnya (di luar sekolah);
  • Goal tracker: membantu untuk fokus mencapai goal yang diinginkan. Goal yang dimaksud tidak hanya nilai, bisa juga seperti target juara dalam suatu lomba atau impian lainnya;
  • Tugas/PR tracker: bagian ini sangat membantu kamu agar tidak lupa dengan tugas atau PR dan mengetahui tugas apa yang harus diselesaikan dan dikumpulkan terlebih dahulu;
  • Study tracker: berguna untuk mengetahui seberapa produktif kamu dan mengetahui apakah kamu telah memanfaatkan waktu dengan baik;
  • Reading tracker: membantu dalam pembagian materi yang harus dibaca. Jadi, kamu bisa mencicil materi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan;
  • Study planning: merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatur waktu. Study planning berguna untuk mengatur waktu belajar di luar jam sekolah.

Baca Juga: Cara Efektif Membagi Waktu Untuk si Super Sibuk

3. Buat Setiap Halaman Semenarik Mungkin

Tentu saja, hal terpenting dalam membuat bullet journal adalah menjadikan setiap halaman se-ciamik dan se-keren mungkin. Kamu tahu kalau warna bisa mempengaruhi motivasi serta keinginan seseorang dalam belajar? Hal ini bisa kamu terapkan dalam membuat bujo, lho! Kamu bisa mengakalinya dengan menggambar menggunakan beragam warna highlighter, menulis dengan font berbeda, atau menambahkan stiker lucu. Pssst, kalau kamu mau, kamu juga bisa menempelkan foto artis favoritmu, mungkin Shawn Mendes atau Jaehyun NCT? hihi~

hias bujo dengan foto idolaMenghias bujo dengan foto artis favorit (sumber: favim.com)

Bila sudah jadi nanti, kamu bisa banget pamerin bujo karyamu ke teman-teman melalui media sosial! Siapa tau, mereka jadi ikut tertarik untuk membuat bujo. Bakal lebih seru bukan bila melakukannya bersama teman?

Nah, karena kini kamu sudah tahu salah satu trik mengatur waktu dengan baik, yuk tingkatkan kualitas belajar kamu dengan mengikuti bimbingan belajar di Brain Academy Online! Tidak hanya mengasah kemampuan akademik, kamu juga akan diajak untuk mengembangkan soft skill yang kamu miliki!

BA online

Referensi:

Iguiguana. 5 Alasan Kamu Harus Mulai Bikin Bullet Journal. 25 Juli 2017. [Daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/life/diy/iguiguana/5-alasan-kamu-harus-mulai-membuat-bullet-journal-c1c2/6 (Diakses: 10 Desember 2020)

Ewafebri. Cara Membuat Bullet Journal Indonesia untuk Pelajar. ewafebri.com. 19 Agustus 2019. [Daring]. Tautan: https://www.ewafebri.com/2019/08/tutorial-bullet-journal-indonesia-untuk-pelajar.html?m=1 ((Diakses: 10 Desember 2020)

Yomi Hanna. Ingin Semangat Belajar? 5 Warna Ini Mungkin Bisa Meningkatkan Semangat Belajarmu. 11 April 2018. [Daring]. Tautan: https://bobo.grid.id/read/08674828/ingin-semangat-belajar-5-warna-ini-mungkin-bisa-meningkatkan-semangat-belajarmu?page=all (Diakses: 10 Desember 2020)

Sumber Gambar:

Bujo starter kit. [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=2So4NFkFCmQ&ab_channel=BlitsyCrafts (Diakses: 22 Desember 2020)

Collection untuk bullet journal. [Daring]. Tautan: https://collegeinfogeek.com/bullet-journal/ (Diakses: 22 Desember 2020)

Menghias bujo dengan foto artis favorit. [Daring]. Tautan: https://favim.com/image/6515668/ (Diakses: 22 Desember 2020)

Profile

Tiara Syabanira Dewantari

Beri Komentar