3 Jenis Ospek Mahasiswa Baru, Kegiatan, dan Tips Menghadapinya

Pojok Kampus - Ospek (1)

Sebelum resmi menjadi mahasiswa baru, kamu akan menjalani masa orientasi alias ospek. Apa itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Istilah ospek mungkin sudah nggak asing lagi buat kamu. Kegiatan pengenalan ini digunakan dari tingkat sekolah hingga universitas. Di SMP dan SMA, kita mengenal istilah ini dengan Masa  Orientasi Siswa (MOS). Bagi kamu yang masih SMA dan baru akan kuliah tahun ini, mungkin bertanya-tanya apa itu ospek kuliah dan bagaimana tips menghadapinya? Tenang, jawabannya bisa kamu temukan di artikel ini, yuk simak!

 

Apa itu Ospek?

Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus.  Tujuan ospek adalah mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Dengan Ospek, mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan pendidikan yang baru, yaitu perkuliahan.

Kegiatan ospek atau pengenalan kampus sudah ada sejak lama. Pada tahun 1898 sampai 1927, ospek sudah diterapkan pada lembaga pendidikan yang ada saat itu. Salah satunya adalah STOVIA.

Waktu SMP dan SMA, kita juga menjalani ospek dengan nama Masa Orientasi Siswa atau yang sering disebut MOS. Tujuannya kurang lebih sama seperti ospek kuliah, untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, sistem pembelajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

Bedanya, ospek kuliah terdiri dari beberapa kegiatan pengenalan yang berbeda. Ada beberapa kegiatan ospek kuliah, yaitu pengenalan kehidupan kampus, pameran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), orientasi belajar, dan pengenalan fakultas & jurusan. 

Di beberapa kampus, ospek memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya, di UGM disebut Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB), di UI disebut Orientasi Kehidupan Kampus (OKK), di ITB disebut Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM), dan di beberapa kampus lainnya disebut Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

 

—Eits, sebelum lanjut baca artikelnya. Ikut TRYOUT UTBK/SNBT di Brain Academy, yuk. Biar makin siap masuk jurusan dan kampus favorit. GRATIS!—

Brain Academy SNBT

 

Jenis Ospek Kuliah dan Contoh Kegiatannya

Berbeda dengan SMA yang masa orientasinya dilakukan serempak untuk satu angkatan, ospek kuliah terbagi menjadi 3. Apa aja? Berikut penjelasan dan contoh kegiatannya!

 

1. Ospek Kampus

Ospek kampus dilakukan paling awal sebelum ospek fakultas dan jurusan. Orientasi ini ditujukan untuk satu angkatan. Semua mahasiswa baru dari berbagai jurusan dan fakultas berkumpul di satu tempat untuk mendapat pengenalan hal-hal umum mengenai kampus, misalnya visi misi universitas, UKM, dan sistem akademik selama 2 hari.

Penyelenggara Ospek kampus biasanya adalah BEM Universitas yang dibantu panitia ospek. Biasanya, Ospek kampus dibuka dengan upacara resmi dan ditutup dengan kegiatan seru seperti membuat logo kampus dan angkatan, mengibarkan bendera merah putih raksasa, dan lainnya. 

 

Baca juga: Perbedaan Biaya UKT, BKT, dan SPI di Kampus Negeri

 

2. Ospek Fakultas

Ospek Fakultas adalah kegiatan pengenalan mahasiswa baru yang dilakukan di fakultas masing-masing. Jumlah pesertanya tentu akan lebih sedikit, kamu akan berkumpul bersama teman-teman dari beberapa jurusan berbeda tapi di bawah fakultas yang sama.

Pelaksana Ospek Fakultas adalah BEM Fakultas yang dibantu panitia ospek. Pada ospek fakultas, kamu akan diberikan informasi seputar fakultas. Misalnya, dekan, jurusan dalam satu fakultas, ruang kelas, serta UKM. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan dalam pekan yang sama dengan Ospek Kampus selama kurang lebih 3 hari.

 

Baca juga: 100+ Jurusan Baru di UTBK/SNBT 2023, Yuk Daftar!

 

3. Ospek Jurusan

Selanjutnya ada Ospek Jurusan atau yang sering disingkat Osjur. Ini merupakan pengenalan mahasiswa baru di tingkat jurusan. Kegiatan pengenalan ini biasanya dilaksanakan setelah Ospek Kampus selesai. Pelaksananya adalah Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan dibantu panitia ospek.

Ospek jurusan dapat dilakukan selama beberapa hari dengan kegiatan yang berbeda-beda. Biasanya ada pengenalan HIMA, BEM Fakultas, peminatan jurusan, pengenalan fasilitas jurusan seperti lab, organisasi jurusan seperti club broadcasting, radio, dan games yang bisa bikin kamu lebih akrab dengan teman satu jurusan.

Sama seperti Ospek Kampus, kegiatan ini biasanya ditutup dengan event yang cukup besar. Misalnya membentuk nama jurusan dan angkatan. 

 

Tips Menghadapi Ospek Kuliah

 

1. Up-to-date dengan informasi ospek

Sebelum Ospek, biasanya panitia akan memberitahu informasi terkait atribut, hal-hal yang harus dibawa, tempat, dan waktu pelaksanaan ospek. Jangan sampai ketinggalan info, ya biar nggak salah atribut dan semuanya bisa dipersiapkan dengan baik. 

 

2. Persiapkan semua keperluan

Biasanya panitia akan memberikan informasi atribut dan hal-hal yang harus kamu bawa saat kegiatan ospek. Misalnya, membuat papan nama dengan kardus yang berukuran 10x5cm, memakai pakaian hitam putih, menggunakan sepatu dan tas hitam, serta atribut lainnya. Pastikan kamu mempersiapkan semua keperluan dari jauh-jauh hari.

 

3. Datang tepat waktu

Pastinya kamu nggak mau menjadi pusat perhatian dan dapat hukuman karena terlambat ospek, kan? Karena itu, datang tepat waktu, ya. Pastikan kamu tidur yang cukup agar tidak kesiangan dan terlambat datang ke kegiatan ospek.

 

4. Mengerjakan tugas dengan baik

Saat ospek, biasanya kamu akan mendapatkan tugas dari panitia ospek. Misalnya menggambar denah kampus, mencari tahu struktur organisasi kampus, membuat produk ramah lingkungan, dan tugas-tugas lainnya. Nah, tugas-tugas tersebut jangan lupa dikerjakan, ya agar kamu tidak dihukum dan bisa lulus ospek

 

5. Jangan bawa perasaan

Ospek adalah sebuah kegiatan yang harus kamu lewati sebelum resmi menjalani masa perkuliahan. Kamu mungkin akan mendengar omelan atau teriakan dari senior yang galak. Tapi, itu semua nggak perlu dibawa perasaan, ya. Para senior dan panitia ospek, melakukan itu semua hanya karena tugas dan tuntutan peran aja, kok. Mereka tidak benar-benar berniat marah-marah ke kamu.

Itulah pembahasan mengenai ospek kuliah dan beberapa tips yang bisa kamu coba. Sudah tahu mau masuk kampus yang mana? Jangan lupa ikut belajar intensif bareng Master Teacher terbaik dari Brain Academy, ya. Kamu bisa belajar secara online atau offline di cabang terdekat Brain Academy!

Brain Academy SNBT

Referensi: 

Ospek Mahasiswa Baru, Kenapa Penting? [daring]. Tautan: https://www.uph.edu/id/ospek-mahasiswa-baru-kenapa-penting/ (Diakses 21 Februari 2023)

Devi Lianovanda