Latihan Soal UTBK 2021: Geografi

Shabrina Alfari Mar 29, 2021 • 7 min read


BA_(Latihan_Soal)_-_UTBK_Geografi-01

Artikel ini berisi latihan soal, pemabahsan, serta tips mengerjakan soal UTBK 2021 Geografi

---

Halo, Brainies! Sudah siap untuk belajar latihan soal UTBK 2021 selanjutnya? Kali ini kita akan membahas soal Geografi. Berdasarkan soal-soal UTBK dari tahun ke tahun, pertanyaan terakit topik Geografi Fisik hampir selalu keluar di UTBK.

Topik geografi fisik mencakup subtopik litosfer, batuan dan tanah, atmosfer, hidrosfer, sumber daya alam, hingga mitigasi bencana. Wah, meskipun cukup luas, topik ini tidak sesulit yang dibayangkan kok! Hal terpenting adalah paham tips pengerjaan soalnya dan paham konsep dasar dari topik-topik yang ada. Yuk coba perhatikan contoh pembahasan soal berikut ini!

Baca juga: Latihan Soal UTBK 2021: Sejarah

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMP-Mar-29-2021-09-44-55-47-AM

Topik : Atmosfer

Subtopik : Curah Hujan dan Iklim

Apa pengaruh rangkaian pegunungan Andes di tepi barat Benua Amerika terhadap fenomena cuaca/iklim?

  1. Akumulasi hujan di sisi timur
  2. Tekanan udara tinggi di sisi barat
  3. Akumulasi hujan di di sisi barat
  4. Suhu udara tinggi di sisi barat
  5. Kelembaban udara tinggi di sisi timur

Jawaban: C

Pembahasan:

Rangkaian Pegunungan Andes berada di tepi barat Benua Amerika. Di sebelah barat pegunungan ini, terdapat Samudera Pasifik sebagai massa air. Intensitas curah hujan sangat bergantung pada hadapan lereng. Pada lereng yang mengarah datangnya angin (windward), maka curah hujan akan tinggi karena angin yang bertiup membawa banyak uap air dari laut. Sebaliknya, pada lereng yang berlawanan dengan arah datangnya angin (leeward), curah hujan akan rendah karena awan yang dibawa oleh angin sudah habis sebagai hujan. Daerah dengan curah hujan rendah ini dinamakan daerah bayangan hujan, dan angin yang melalui daerah ini dinamakan angin fohn yang sifatnya kering.

curah hujan dan iklim

Berdasarkan penjelasan dan ilustrasi di atas, maka akumulasi hujan akan terjadi di sisi barat Benua Amerika. Sehingga, jawaban yang tepat adalah yang C.

Tips:

Hal pertama yang harus kalian kuasai adalah arah mata angin (timur-barat-selatan-utara). Selain itu, penting banget buat kalian untuk menguasai letak geografis dari bentang alam yang ada di dunia (misalnya: letak Samudra Pasifik dan Atlantik, letak Pegunungan Andes, Pegunungan Himalaya, dan sebagainya). Apabila kalian menemukan kata kunci “Rangkaian Pegunungan” dan “Cuaca”, maka hampir pasti hal yang mau diarahkan pembuat soal adalah terkait hujan orografis (hujan di daerah pegunungan). Hujan orografis ini akan terjadi setelah uap air (dari massa air: dalam soal tadi Samudra Pasifik) naik ke lereng pegunungan. Setelah itu, kalian bisa buat ilustrasi sendiri untuk memudahkan kalian dalam menentukan daerah hujan di pegunungan. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMP-Mar-29-2021-09-44-55-47-AM

Topik : Atmosfer

Subtopik : Curah Hujan dan Iklim

Pernyataan berikut yang benar terkait dengan proses terjadinya El Nino adalah…

  1. Penurunan suhu di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur
  2. Penurunan tekanan udara di Samudra Pasifik bagian barat
  3. Terhambatnya pembentukan awan di atas Samudra Pasifik bagian tengah dan timur
  4. Terhambatnya pembentukan awan di atas perairan Indonesia bagian timur
  5. Penurunan tekanan udara di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur

Jawaban: E

Pembahasan: 

El nino terjadi saat tekanan udara di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur rendah. Hal ini dikarenakan temperatur yang hangat di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur (Ingat: temperatur tinggi/hangat maka tekanan rendah). Sementara itu, di Australia dan Indonesia tekanannya lebih tinggi. Sehingga, angin pasat yang normalnya bergerak dari timur ke barat berubah menjadi barat ke timur (karena angin bergerak dari tekanan yang lebih tinggi (Indonesia dan Australia) ke tekanan yang lebih rendah (Samudera Pasifik bagian tengah dan timur)), sehingga menyebabkan angin pasat melemah. 

Peristiwa ini tentu menyebabkan massa air berkumpul di Samudra Pasifik bagian tengah dan timur, akibatnya di Indonesia dan Australia terjadi kekeringan. 

2-Mar-29-2021-09-46-18-75-AM

Tips:

Banyak yang suka bingung dan terbalik-balik dengan El Nino dan La Nina, kunci utama yang harus kalian pegang adalah, angin pasat melemah saat El Nino, dan menguat saat La Nina. El Nino menyebabkan kekeringan, La Nina menyebabkan banjir. Kalian juga harus ingat, tekanan dan temperatur itu berbanding terbalik ya. Jangan dihafalkan, melainkan dipahami, agar ketika diminta menganalisis, kalian lebih mudah tentunya!.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMP-Mar-29-2021-09-44-55-47-AM

Topik : Hidrosfer

Subtopik : Perairan Darat

Sungai-sungai yang berada di sekitar bukit barisan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. memiliki dasar sungai berbentuk “U”
  2. berpola aliran rektangular
  3. kecepatan aliran rendah
  4. arah erosi ke dasar sungai

Pilihlah pernyataan yang benar…

  1. 1, 2, dan 3 benar
  2. 1 dan 3 benar
  3. 2 dan 4 benar
  4. 4 saja yang benar
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: C

Pembahasan:

Perairan darat

Pernyataan 1: Memiliki dasar sungai berbentuk “U”. Morfologi sungai dari hulu ke hilir memiliki perbedaan. Di bagian hulu (pegunungan/perbukitan), morfologi sungai berbentuk V karena erosi lebih dominan terjadi secara vertikal ke dasar sungai akibat gradien (kemiringan) lereng yang besar. Sementara itu, di bagian hilir, morfologi sungai berbentuk U karena erosi lebih dominan terjadi secara horizontal dan banyak sedimentasi (pengendapan) sehingga membentuk lekuk-lekuk sungai. 

Pernyataan 1 salah. Hal ini menunjukkan sungai di sekitar Bukit Barisan tentuk memiliki bentuk V. 

Tips:

Gunakan Teknik eliminasi, apabila pernyataan 1 salah, maka jawaban B dan E juga salah

Jawaban yang mungkin: Tersisa C atau D

Pernyataan 2: Berpola aliran rectangular. Aliran rectangular banyak terdapat di daerah patahan/sesar. Lokasi sekitar Bukit Barisan sangat berkaitan dengan patahan, karena keberadaan sesar aktif akibat pertemuan lempeng. Sehingga pernyataan 2 benar.

Karena pernyataan 2 sudah benar, maka jawaban yang tepat pasti opsi C. 2 dan 4 benar.

Pernyataan 3: Kecepatan aliran rendah. Kecepatan aliran berbanding lurus dengan gradien (kemiringan lereng) akibat gaya gravitasi. Lereng yang curam (gradien tinggi) menyebabkan kecepatan aliran semakin tinggi, sementara lereng yang landai (gradien rendah) menyebabkan kecepatan aliran rendah. Melalui hal tersebut, Bukit Barisan tentu memiliki kecepatan aliran tinggi.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMP-Mar-29-2021-09-44-55-47-AM
Gimana, sudah paham? Kamu mau tahu kunci sukses mengerjakan soal Geografi lainnya? Yuk, langsung aja ikut bimbel di Brain Academy Online! Kami ada kelas intensif UTBK yang siap membantu kamu agar bisa masuk ke PTN impian, lho! Tunggu apa lagi? Yuk daftarkan segera diri kamu!

BA online

Beri Komentar