Contoh Soal dan Pembahasan PAT Kelas 10 IPS 2022

BA - Latihan Soal - PAT 10 IPS 2022

Yuk, pahami kisi-kisi, latihan soal, beserta pembahasan PAT kelas 10 IPS, yang terdiri dari Sosiologi, Geografi, Ekonomi, dan Matematika. Semangat!

---

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

SOSIOLOGI

1. Sekolah merupakan sarana pendidikan formal, informal, dan nonformal. Selain itu, lembaga pendidikan formal juga memiliki peran untuk melakukan pengendalian sosial dengan cara ....

a. menjelaskan hal-hal yang terjadi di masa depan
b. mengajarkan siswa membaca dan memahami tata krama
c. membentuk pribadi yang ringan tangan dan acuh tak acuh
d. mengajarkan siswa untuk berbicara dengan baik dan tenang
e. membentuk pribadi siswa yang beradab dan berbudi pekerti

 

Jawaban: E

Pembahasan

Lembaga pendidikan formal atau sekolah memiliki kewajiban utama yaitu mendidik para siswanya agar memiliki pribadi yang benar-benar memiliki sikap yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Pastinya, siswa akan diajarkan bagaimana berperilaku sopan dan bertindak sesuai nilai yang ada di masyarakat. Jika ini dikembangkan maka dampaknya akan membangun siswa menjadi pribadi yang beradab dan berbudi pekerti luhur. Seluruh elemen sekolah seperti kepala sekolah dan guru memiliki kontribusi dalam rangka menjalankan perannya sebagai salah satu lembaga pengendalian sosial di sekolah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

2. Asri sedang melakukan penelitian mengenai pernikahan dini di desa Ruang Makmur. Jenis pengumpulan data yang sesuai untuk penelitian Asri adalah ....

a. angket
b. longitudinal
c. observasi
d. in-depth interview
e. studi kasus

 

Jawaban: D

Pembahasan

Asri sedang melakukan penelitian mengenai pernikahan dini. Penilitian ini dilakukan paling cocok dengan menggunakan pendekatan kualitatif karena hanya memiliki satu variabel (variabel tunggal). Dalam pendekatan kualitatif, jenis pengumpulan data yang umumnya dilakukan adalah observasi dan wawancara. Namun, dalam kasus pernikahan dini, jenis pengumpulan data melalui observasi tidak cukup dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat dan mendalam. Oleh karena itu, jenis pengumpulan data yang paling tepat dilakukan, yaitu melalui wawancara khususnya wawancara mendalam ( in-depth interview) yang bertujuan untuk menggali data secara mendalam dan dilakukan dalam waktu yang relatif lama.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

3. Dalam penelitian kualitatif yang baik, data yang dikumpulkan melalui wawancara harus mendalam dan menyeluruh. Namun dalam kasus tertentu, topik yang diangkat peneliti terkadang bersifat sensitif. Sehingga hal yang harus dilakukan peneliti dalam menghadapi situasi tersebut, adalah ....

a. memberikan imbalan/hadiah kepada informan
b. mengganti informan yang lebih mudah untuk diwawancara
c. memperhatikan nilai-nilai sosial yang dimiliki oleh informan
d. sumber data orang-orang yang dianggap tahu dengan fenomena yang diteliti
e. membangun kedekatan dengan informan sehingga menciptakan rasa percaya

 

Jawaban: E

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa ciri penelitian kualitatif:

1. Bersifat alamiah. Peneliti tidak berusaha memanipulasi setting penelitian ataupun melakukan intervensi terhadap aktivitas subjek penelitian.

2. Data penelitian bersifat deskriptif. Data penelitian berupa narasi cerita, penuturan informan, dokumen-dokumen pribadi, seperti foto, dan catatan pribadi.

3. Subjek terbatas. Sumber data dalam penelitian kualitatif adalah orang-orang yang dianggap tahu dengan fenomena yang diteliti.

4. Kontak personal secara langsung. Dalam proses pengumpulan data, terjadi kontak langsung antara peneliti dengan subjek yang diteliti. Kontak personal dengan subjek penelitian bertujuan untuk membangun hubungan kedekatan (personal) sehingga subjek penelitian tidak ragu-ragu atau malu-malu dalam mengungkapkan informasi serta meminimalisasi terjadinya kebohongan dalam mengungkapkan informasi khususnya pada data atau informasi yang bersifat pribadi dan sensitif. Dalam penelitian kualitatif, hal ini disebut sebagai building rapport (membangun kedekatan hubungan).

5. Analisis data dilakukan secara induktif. Metode penelitian kualitatif lebih berorientasi pada eksplorasi dan penemuan dan tidak bermaksud untuk menguji teori.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

4. Laporan hasil penelitian terdiri atas beberapa bab. Bab pendahuluan biasanya diletakkan pada bagian awal. Kegunaan bab tersebut adalah ....

a. menarik hipotesis awal dan saran berdasarkan hasil penelitian
b. menjelaskan subjek, objek, metode, dan teknik pengumpulan data
c. memberikan informasi teori dan kerangka berpikir dalam penelitian
d. menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang membantu penelitian
e. mendeskripsikan fokus permasalahan serta penyebab dilakukannya penelitian

 

Jawaban: E

Pembahasan

Bagian pendahuluan biasanya membuat latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Sebuah bagian penelitian yang di dalamnya terdapat susunan penulisan yang memudahkan pembaca dalam mempelajari garis besar isi laporan penelitian dengan mudah. Melalui bab pendahuluan tersebut pembaca dapat mengetahui fokus permasalahan serta penyebab dilakukannya penelitian. Bagian pendahuluan ini merangkum keseluruhan isi laporan, maka meskipun letaknya di bagian awal, namun proses pembuatannya, dilakukan pada tahap akhir ketika seluruh isi laporan telah diselesaikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

5. Mendapatkan data yang komperhensif tidak jarang seorang peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara dalam teknik pengumpulan data, hal ini disebut dengan ....

a. mix method
b. synergy method
c. accomplish method
d. collaborative method
e. comprehensive research

 

Jawaban: A

Pembahasan

Pendekatan penelitian dapat terbagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut.

1. Pendekatan kuantitatif menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Pendekatan ini hanya melihat data pada lapisan permukaan, seperti jenis kelamin, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan besarnya penghasilan. Data seperti ini umumnya kita jumpai pada data sensus penduduk dan sensus ekonomi. Instrumen pengumpulan data yang sering dipakai dalam pendekatan kuantitatif adalah kuesioner (angket).

2. Pendekatan kualitatif menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Teknik yang digunakan adalah wawancara. Data untuk jenis penelitian ini tidak dianalisis dengan statistik.

3. Pendekatan campuran (mix method) merupakan pendekatan gabungan antara kuantitatif dengan kualitatif. Pengkombinasian atau penggabungan antara kuantitatif dan kualitatif ini digunakan secara bersama-sama dalam suatu penelitian sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel, dan objektif. Pendakatan campuran ini lebih kompleks dari sekedar mengumpulkan dan menganalsis dua jenis data, tetapi juga melibatkan fungsi dari kedua metode pendekatan yaitu, kuantitatif dan kualitatif secara kolektif sehingga memperoleh hasil penelitian yang secara keseluruhan lebih komprehensif, valid, reliabel, dan objektif daripada penelitian yang hanya menggunakan metode kuantitatif atau metode kualitatif.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AMGEOGRAFI

1. Batuan di bawah ini yang merupakan jenis batuan sedimen akuatis adalah ....

a. gneis
b. scoria
c. breksi
d. granit
e. obsidian

Jawaban: C

Pembahasan

Berdasarkan tenaga pengangkut, batuan sedikem diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu sedimen akuatis, sedimen aeolis, dan sedimen glassial. Batuan sedimen akuatis adalah batuan sedimen yang terbentuk dari hasil pengendapan material erosi yang dibawa oleh air. Contoh dari batuan sedimen akuatis, yaitu batu breksi, konglomerat, dan batu pasir.

 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

2. Kedudukan posisi matahari yang berada di belahan bumi selatan menyebabkan tekanan udara tinggi di kawasan Benua Asia dan tekanan udara rendah di kawasan Benua Australia. Pada saat yang bersamaan, curah hujan di Indonesia bagian barat lebih tinggi dibandingkan Indonesia bagian timur. Faktor yang menyebabkan curah hujan di Indonesia tidak merata berdasarkan informasi tersebut adalah ....

a. angin pasat timur yang kering
b. angin muson yang membawa uap air
c. angin pasat tenggara yang lembab
d. angin muson bertiup dari arah barat
e. terjadi siklon tropis di Indonesia bagian barat

 

Jawaban: D

Pembahasan

Saat kedudukan matahari berada di belahan bumi selatan (BBS), tekanan udara di kawasan Benua Asia menjadi tinggi (musim dingin di belahan bumi utara), sedangkan tekanan udara di kawasan Benua Australia menjadi rendah (musim panas di belahan bumi selatan). Pada saat yang bersamaan, bertiuplah angin dari kawasan Benua Asia ke kawasan Benua Australia yang disebut dengan angin muson barat. Karena angin yang bertiup tersebut melalui Samudra Hindia, maka angin tersebut mengandung uap air yang banyak, sehingga pada bulan Oktober hingga Maret (kedudukan matahari berada di BBS) Indonesia mengalami musim penghujan. Akibat pengaruh angin muson barat, wilayah Indonesia bagian barat memiliki curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan Indonesia bagian timur karena wilayah timur karena awan yang dibawa angin muson barat sudah banyak menjatuhkan airnya di wilayah Indonesia barat sebelum tiba di wilayah Indonesia timur.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

3. Pulau Buton dan Pulau Timor adalah pulau-pulau yang mengalami pengangkatan di Indonesia sehingga seolah-olah air laut di sekitar pulau tersebut menjadi turun. Hal tesebut mengindikasikan di Pulau Buton dan Pulau Timor terjadi proses ....

a. transform
b. divergen
c. konvergen
d. epirogenesa positif
e. epirogenesa negatif

 

Jawaban: E

Pembahasan

Gerak epirogenesa merupakan gerakan vertikal suatu daratan yang sangat lambat dan mencakup wilayah yang luas. Gerak epirogenesa dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Epirogenesa positif merupakan gerakan turunnya sebuah daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut menjadi naik. Contohnya adalah turunnya pulau-pulau di Indonesia bagian timur seperti Kepulauan Maluku dan Pulau Banda.

2. Epirogenesa negatif merupakan gerakan naiknya suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut menjadi turun. Contohnya terjadi di Pulau Buton dan Pulau Timor.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

4. Perhatikan gambar berikut ini!

masswasting

Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya fenomena pada gambar adalah ....

a. membuat jalur parit untuk lintasan air
b. membuat tanggul beton di bawah lereng
c. tidak membangun rumah di bawah lereng
d. membangun jalan raya tegak lurus terhadap lereng
e. mengurangi jumlah curah hujan yang jatuh ke tanah

 

Jawaban: A

Pembahasan

Gambar tersebut merupakan bagian dari masswasting, yaitu soilfall. Soilfall adalah kondisi tanah dari tebing sungai yang berjatuhan ke tubuh air akibat terkikis aliran air. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya soilfall adalah dengan membuat parit sebagai jalur lintasan air menuju sungai di bawahnya.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

5. Perambatan panas yang terjadi karena molekul-molekul udara di dekat permukaan bumi bersinggungan dengan bumi yang menerima panas matahari, biasa disebut dengan ....

a. turbulensi
b. konveksi
c. konduksi
d. sandikala
e. radiasi

 

Jawaban: C

Pembahasan

Konduksi adalah pemanasan secara kontak atau bersinggungan. Pemanasan terjadi karena molekul-molekul udara di dekat permukaan bumi bersinggungan dengan Bumi yang menerima panas Matahari. Molekul-molekul udara yang sudah panas bersinggungan dengan molekul-molekul yang belum panas. Akibatnya, molekul-molekul itu menjadi sama-sama panas. Hal ini berbeda dengan perambatan panas dari Matahari ke Bumi yang biasa disebut dengan radiasi, sebab di ruang angkasa tidak ada molekul udara atau tersusun dari ruang hampa.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

EKONOMI

1. Banyaknya tender-tender potensial yang membutuhkan modal sangat besar menyebabkan tidak banyak perusahaan swasta maupun korporasi yang dapat menggarap secara optimal. Di sinilah fungsi BUMN yang didukung oleh pemerintah dapat menggarap sektor-sektor yang kurang dilirik BUMS. Dari pernyataan tersebut, kita dapat menyimpulkan peran BUMN adalah ....

a. penghasil devisa negara
b. pembuka lapangan kerja
c. mendorong aktivitas masyarakat
d. pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati swasta
e. penghasil barang dan jasa demi pemenuhan hajat hidup orang banyak

 

Jawaban: D

Pembahasan

Dengan dukungan pemerintah, BUMN dapat mengupayakan perhatian pada sektor-sektor yang masih terabaikan padahal sangat potensial. Ini menunjukkan adanya peran sebagai pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati swasta atau menjadi perintis kegiatan usaha yang belum dapat digarap oleh swasta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

2. Penelitian yang dilakukan sebelum memulai usaha yang menyangkut aspek hukum, aspek keuangan, aspek sosial, aspek ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek perilaku konsumen, aspek teknis dan teknologi, aspek sumber daya manusia dan organisasi disebut ....

a. law study
b. market study
c. business study
d. feasibility study
e. consumer study

 

Jawaban: D

Pembahasan

Studi kelayakan usaha atau bisnis (feasibility study) adalah penelitian yang dilakukan sebelum memulai usaha yang menyangkut berbagai aspek usaha baik dari aspek hukum, aspek keuangan, aspek sosial, aspek ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek perilaku konsumen, aspek teknis dan teknologi, aspek sumber daya manusia dan organisasi. Tujuannya untuk mengambil keputusan suatu proyek atau bisnis layak dikerjakan saat ini ataukah lebih baik dibatalkan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

3. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1. Membangun tatanan perekonomian nasional.

2. Mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui koperasi.

3. Mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang koperasi.

4. Membiasakan sikap disiplin dalam diri peserta didik dalam berorganisasi.

5. Menyejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Berdasarkan pernyataan tersebut, yang merupakan tujuan berdirinya koperasi sekolah ditunjukkan oleh nomor ....

a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 2, 3, dan 4
d. 2, 4, dan 5
e. 3, 4, dan 5

 

Jawaban: C

Pembahasan

  • Tujuan pendirian koperasi sekolah antara lain sebagai berikut.
  • Memudahkan para peserta didik memenuhi kebutuhan sekolah.
  • Meningkatkan taraf hidup peserta didik di sekolah tersebut.
  • Mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui koperasi. (2)
  • Mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang koperasi. (3)
  • Membiasakan sikap disiplin dalam diri peserta didik dalam berorganisasi. (4)
  • Menumbuhkan sikap kerja sama melalui pengelolaan usaha koperasi.
  • Menumbuhkan rasa setia kawan dalam berorganisasi melalui koperasi.
  • Mendukung program pemerintah di sektor perkoperasian melalui pendidikan.
  • Menjaga hubungan baik dan kekeluargaan antarpeserta didik di lingkungan sekolah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

4. Rista membuka salon khusus wanita sejak tahun 2019 dengan menyewa sebuah kios yang ada di sekitar lingkungan pasar. Dikarenakan pelanggan Salon Rista semakin banyak, saat ini ia menyewa dua kios dan menambah karyawan. Pernyataan yang tepat terkait langkah tersebut adalah ...

a. Rista menggabungkan unsur methods dan man untuk mencapai tujuan.
b. Rista menerapkan unsur materials yang berkaitan dengan bahan baku yang dibutuhkan.
c. Rista menerapkan unsur man berkaitan dengan manusia sebagai subjek dan objek manajemen.
d. Rista menetapkan unsur market dan man yang digunakan untuk mencapai tujuan usahanya.
e. Rista menerapkan unsur methods yang berkaitan berbagai cara untuk mencapai tujuan usahanya.

 

Jawaban: A

Pembahasan

Unsur dalam manajemen terdiri atas enam unsur yaitu man, money, materials, methods, machines, dan market. Unsur methods merupakan berbagai cara atau metode untuk melaksanakan suatu usaha demi mencapai tujuan. Unsur man berkaitan dengan manusia sebagai subjek dan objek manajemen. Berdasarkan ilustrasi pada soal, Rista mengembangkan usahanya dengan menggabungkan unsur methods yaitu menambahkan sewa kios dan unsur man yaitu menambah karyawan.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

5. Pak Derryl sebagai manajer sebuah perusahaan melakukan kegiatan untuk melihat apakah aktivitas usaha sesuai dengan perencanaan yang telah disusun atau terdapat penyimpangan dan hambatan. Manajer tersebut melakukan fungsi ....

a. pengendalian
b. koordinasi
c. organisasi
d. pengawasan
e. perencanaan

 

Jawaban: D

Pembahasan

Pengawasan adalah sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktifitas yang terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Apabila telah ditemukan kesalahan dalam pekerjaan maka tugas seorang manajer untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

MATEMATIKA IPS

1. Jika 1-Jun-12-2022-05-03-51-94-AM dan 2-Jun-12-2022-05-07-21-04-AM, maka nilai dari 3-Jun-12-2022-05-08-31-20-AM adalah...

a. 5

b. 10

c. 17

d. 26

e. 37

 

Jawaban: C

Pembahasan

Diketahui 1-Jun-12-2022-05-03-51-94-AM dan 2-Jun-12-2022-05-07-21-04-AM

Ingat salah satu sifat invers fungsi berikut. 

4

Karena 2-Jun-12-2022-05-07-21-04-AM, maka 5-Jun-12-2022-05-13-27-00-AM. Oleh karena itu, nilai dari alpha dapat ditentukan dengan perhitungan berikut.

6-Jun-12-2022-05-20-25-38-AM

Didapat nilai 7-Jun-12-2022-05-21-22-34-AM sehingga nilai dari 8-Jun-12-2022-05-22-25-68-AM dapat dihitung sebagai berikut.

9-Jun-12-2022-05-23-21-99-AM

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

2. Perhatikan relasi 10-Jun-12-2022-05-25-07-46-AM berikut!

11-Jun-12-2022-05-26-08-18-AM

Jika 12-Jun-12-2022-05-27-40-03-AM merupakan fungsi invers dari 13-Jun-12-2022-05-27-40-00-AM, maka hasil dari 12-Jun-12-2022-05-27-40-03-AM adalah...

a. b

b. c

c. d

d. e

e. f

 

Jawaban: B

Pembahasan

Berdasarkan diagram pada soal, diperoleh nilai fungsi sebagai berikut.

15-Jun-12-2022-05-30-57-87-AM

Ingat kembali bahwa invers merupakan fungsi kebalikan dari suatu fungsi. Oleh karena itu, didapat nilai fungsi invers dari nilai fungsi yang telah diperoleh sebelumnya sebagai berikut.

16-Jun-12-2022-05-30-57-81-AM

Dengan demikian, nilai dari 14-Jun-12-2022-05-27-39-97-AM adalah c.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

3. Perhatikan segitiga berikut!

17-Jun-12-2022-06-16-21-60-AM

Berdasarkan gambar tersebut, panjang 18-Jun-12-2022-06-16-21-54-AM adalah...

a. 19-Jun-12-2022-06-16-21-50-AM

b. 20-Jun-12-2022-06-16-21-50-AM

c. 21-Jun-12-2022-06-16-21-47-AM

d. 22-Jun-12-2022-06-16-21-47-AM

e. 23-Jun-12-2022-06-16-21-45-AM

 

Jawaban: D

Pembahasan

Ingat bahwa jika yang diketahui adalah sisi, sudut, sisi atau sisi, sisi, sisi, maka berlaku aturan cosinus.

Dengan menggunakan aturan cosinus, didapat perhitungan sebagai berikut.

 

24-Jun-12-2022-06-16-21-65-AM

Karena panjang 18-Jun-12-2022-06-16-21-54-AM tidak mungkin negatif, maka didapat panjang 25-Jun-12-2022-06-16-21-43-AM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

4. Nilai dari 26-Jun-12-2022-06-23-17-17-AM adalah...

a. 5

b. 11

c. 13

d. 25

e. 26

 

Jawaban: C

Pembahasan

Ingat identitas trigonometri berikut ini!

 

27-Jun-12-2022-06-23-17-15-AM

 

Jika dimisalkan 28-Jun-12-2022-06-23-17-81-AM dan 29-Jun-12-2022-06-23-17-12-AM, maka didapat perhitungan sebagai berikut.

 

30-Jun-12-2022-06-23-17-27-AM

Dengan demikian, nilai dari 26-Jun-12-2022-06-23-17-17-AM adalah 13.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-12-2022-03-29-03-26-AM

5. Nilai dari 32-Jun-12-2022-06-39-56-97-AM adalah...

a. 40-Jun-12-2022-06-46-47-31-AM

b. 34-Jun-12-2022-06-39-57-11-AM

c. 35-Jun-12-2022-06-39-57-08-AM

d. 36-Jun-12-2022-06-39-57-05-AM

e. 37-Jun-12-2022-06-39-57-03-AM

 

Jawaban: A

Pembahasan

Perhatikan tabel berikut!

 

38-Jun-12-2022-06-39-58-63-AM

 

Berdasarkan tabel tersebut, nilai dari bentuk yang ditanyakan pada soal dapat dihitung sebagai berikut.

 

39-Jun-12-2022-06-39-57-03-AM

Dengan demikian, nilai dari 32-Jun-12-2022-06-39-56-97-AM adalah 40-Jun-12-2022-06-46-47-31-AM.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

Ada kesulitan saat mengerjakan soal-soal di atas? Yuk, cobain live teaching bareng STAR Master Teacher Brain Academy! Bisa tanya jawab secara interaktif via aplikasi atau PC. Gurunya lulusan PTN ternama lho, pastinya bikin kamu lebih siap hadapi PAT. 

Live Teaching Brain Academy Online

Profile

MT Brain Academy