Latihan Soal & Pembahasan PAT Kelas 10 IPA 2023

BA - Latihan Soal - PAT 10 IPA 2022

Yuk, pahami kisi-kisi, latihan soal, beserta pembahasan PAT kelas 10 IPA, yang terdiri dari Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Semangat!

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

BIOLOGI

1. Perhatikan karakteristik berikut!

1. Mengalami pergiliran keturunan
2. Memiliki jaringan pengangkut
3. Hidup di tempat lembap
4. Fase dominan sporofit
5. Menghasilkan spora

Jenis tumbuhan yang memiliki karakteristik tersebut adalah ….

  1. Pteridophyta
  2. Bryophyta
  3. Angiospermae
  4. Gymnospermae
  5. Spermatophyta

 

Jawaban: A
Pembahasan:
Berdasarkan organ reproduksinya, Plantae dibagi menjadi Cryptogamae (tumbuhan tingkat rendah) dan Phanerogamae (tumbuhan tingkat tinggi). Cryptogamae terdiri atas Pteridophyta (tumbuhan paku) dan Bryophyta (tumbuhan lumut). Pteridophyta (tumbuhan paku) memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Hidup di tempat lembap (higrofit)
  • Mengalami pergiliran keturunan (metagenesis)
  • Fase dominan sporofit berupa kormus
  • Memiliki membran inti (eukariotik)
  • Memiliki banyak sel (multiseluler)
  • Menghasilkan spora
  • Memiliki jaringan pengangkut berupa xilem dan floem

Sementara itu, Phanerogamae terdiri atas Spermatophyta (tumbuhan berbiji) yang terbagi menjadi Gymnospermae (tumbuhan berbiji terbuka) dan Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup).

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

2. Ordo tumbuhan yang terdapat pada kelas dikotil adalah ….

  1. asparagales, brassicales, rosales
  2. proteales, myrtales, arecales
  3. cucurbitales, poales, asterales
  4. malvales, poales, asparagales
  5. fabales, rosales, malvales

Jawaban: E

Pembahasan:

Dari 250.000 spesies angiospermae yang teridentifikasi 170.000 di antaranya adalah kelompok eudicot atau dikotil sejati.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

3. Daniel sedang mengamati jenis-jenis tumbuhan yang tumbuh disekitar rumahnya, pada pengamatannya dia menemukan satu jenis tumbuhan yang memiliki percabangan batang yang berbentuk ulir, sporofitnya berdaun kecil dan berbentuk sisik yang berwarna transparan dan tersusun melingkar pada batangnya. Batang tanaman tersebut juga berongga dan beruas-ruas. Gametofitnya berukuran kecil dan mengandung klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis. Jenis tumbuhan yang diamati oleh Daniel adalah ….

  1. paku purba (Psilotum)
  2. paku kawat (Lycopodium)
  3. paku ekor kuda (Equisetum)
  4. paku tanduk rusa (Platycerium)
  5. paku sarang burung (Asplenium)

Jawaban: C
Pembahasan:
Tumbuhan yang diamati oleh Daniel adalah Equisetum karena memiliki ciri khas yaitu percabangan batang yang berbentuk ulir, memiliki rongga, dan beruas-ruas. Tumbuhan ini termasuk ke dalam subdivisi sphenopsida (paku ekor kuda). Paku ekor kuda sering tumbuh di daerah tempat berpasir.

Sporofitnya berdaun kecil (mikrofil) atau berbentuk sisik, warnanya agak transparan dan tersusun melingkar pada batang. Batang Sphenopsida berongga dan beruas-ruas. Batang tampak keras karena tersusun oleh sel-sel dengan dinding sel mengandung silika (sehingga dikenal juga sebagai scouring rushes atau ampelas, yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok). Batangnya memiliki rizom. Pada ujung beberapa batang, terdapat strobilus yang di dalamnya terdapat sporangia. Sporangium menghasilkan spora yang bentuk dan ukurannya sama, tetapi ada yang berjenis jantan maupun betina, sehingga paku ekor kuda disebut sebagai paku peralihan.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

4. Organisme berikut ini yang merupakan contoh dari produsen adalah ….

  1. bakteri metanogen
  2. bakteri heterotrof
  3. zooplankton
  4. protozoa
  5. jamur

 

Jawaban: A
Pembahasan:
Produsen merupakan anggota dari ekosistem yang berperan sebagai penghasil utama makanan karena memiliki kemampuan mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik. Salah satu contoh dari produsen adalah bakteri metanogen. Bakteri tersebut dapat memanfaatkan metana yang terdapat di suatu lingkungan untuk menjadi produk organik. Oleh karena itu, pada daerah yang banyak mengandung metana dan tidak terdapat tumbuhan atau alga, bakteri metanogen akan berperan sebagai produsen primer.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

5. Pencemaran cahaya dapat mengganggu hewan yang memiliki cara hidup ….

  1. diurnal
  2. nokturnal
  3. krepuskular
  4. diurnal dan nokturnal
  5. krepuskular dan nokturnal

 

Jawaban: E
Pembahasan:
Pencemaran cahaya merupakan kondisi yang terjadi ketika terdapat intensitas cahaya berlebih pada saat kondisi gelap. Hal tersebut dapat mengganggu hewan-hewan yang mencari makan pada kondisi gelap. Cara hidup hewan secara umum dikelompokkan menjadi tiga, yaitu diurnal, nokturnal, dan krepuskular.

Hewan diurnal merupakan hewan yang aktif di kondisi terang seperti pagi dan siang hari. Hewan nokturnal merupakan hewan yang aktif di kondisi gelap seperti malam hari. Hewan krepuskular merupakan hewan yang aktif di kondisi remang atau kelam seperti fajar dan senja. Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa hewan yang dapat terganggu akibat pencemaran cahaya adalah nokturnal dan krepuskular.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AMFISIKA

1. Saat mudik bersama keluarga, Rima duduk di kursi belakang mobil bersebelahan dengan beberapa tas bawaan. Tas tersebut disusun begitu saja di atas kursi belakang. Ayah Rima yang sedang mengemudikan mobil dengan kecepatan cukup tinggi tiba- tiba mengerem karena terdapat jalan berlubang di depannya. Tas-tas di sebelah Rima terlempar ke depan dan susunannya menjadi berantakan.

Peristiwa tersebut dapat dijelaskan dengan ….

  1. Hukum I Newton
  2. Hukum II Newton
  3. Hukum III Newton
  4. Hukum Kekekalan Energi
  5. Hukum Kekekalan Momentum

Jawaban: A
Pembahasan:
Peristiwa terlemparnya tas-tas di sebelah Rima ketika mobil berhenti mendadak menunjukkan bahwa tas-tas tersebut berusaha mempertahankan keadaannya yaitu bergerak ke depan bersama mobil. Hal ini dijelaskan pada Hukum I Newton mengenai kelembaman, bahwa suatu benda cenderung mempertahankan keadaannya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

2. Dua buah benda masing-masing bermassa M dan m terpisahkan sejauh r.  Apabila konstanta gravitasi sebesar G, besarnya gaya gravitasi antara dua benda yang berinteraksi adalah ….

  1. sebanding dengan kuadrat jarak kedua benda
  2. berbanding terbalik dengan konstanta gravitasi
  3. berbanding terbalik dengan jarak kedua benda
  4. sebanding dengan massa masing-masing benda
  5. berbanding terbalik dengan massa masing-masing benda

 

Jawaban:
Pembahasan: D
Gaya tarik-menarik antara dua benda:

fis 1a-2

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

3. Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Aphelium adalah jarak terjauh planet dari matahari saat planet mengorbit matahari.
  2. Aphelium adalah jarak terdekat planet dari matahari saat planet mengorbit matahari.
  3. Kelajuan planet tersebut sangat kecil agar tidak terlepas dari orbit.
  4. Kelajuan planet tersebut sangat besar agar tidak tertarik oleh gravitasi matahari.

Pernyataan yang tepat ketika suatu planet berada di titik aphelium adalah pernyataan nomor….

  1.  1 dan 3
  2.  1 dan 4
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. hanya 4

Jawaban: A
Pembahasan:

Perihelium adalah jarak terdekat planet ke matahari ketika mengorbit matahari. Aphelium adalah jarak terjauh planet ke matahari saat planet mengorbit matahari. Ketika planet berada sangat jauh dari matahari, maka kelajuannya akan semakin kecil. Gaya gravitasi antara planet dan matahari pun menjadi sangat kecil. Jika planet bergerak dengan sangat cepat di titik terjauhnya, planet bisa lepas dari pengaruh gravitasi matahari dan keluar lintasan (tidak lagi mengorbit matahari). Dengan demikian pernyataan yang tepat adalah 1 dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

4. Perhatikan gambar berikut!

fis 4a-3

Sebuah benda bergerak dari titik A sampai titik E seperti pada gambar. Jika titik A sebagai acuan energi potensial maka benda mempunyai energi potensial negatif pada saat benda berada pada titik ….

a. A
b. B
c. C
d. D
e. E

Jawaban: E
Pembahasan: E
Benda pada titik E mempunyai energi potensial negatif karena berada dibawah (-h) dari titik acuan energi potensial (A).

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

5. Benda A bermassa m bergerak ke kanan dan menumbuk benda B bermassa 2m yang diam di atas permukaan horizontal yang licin. 
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
1. Koefisien restitusi sama dengan nol
2. Jumlah momentum sebelum dan sesudah tumbukan sama besar
3. Kecepatan benda A sebelum dan sesudah tumbukan tetap
4. Energi kinetik total kedua benda tetap

Pernyataan yang benar jika kedua benda mengalami tumbukan tidak lenting sama sekali adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

Jawaban: A
Pembahasan
Uji tiap pernyataan:

1. Koefisien restitusi sama dengan nol → benar, tumbukan tidak lenting sama sekali memiliki koefisien restitusi nol
2. Jumlah momentum sebelum dan sesudah tumbukan sama besar → benar, pada setiap jenis tumbukan yang ideal berlaku hukum kekekalan momentum yang menjamin jumlah momentum sebelum dan setelah tumbukan sama

fis 5a-1

3. Kecepatan benda A sebelum dan sesudah tumbukan tetap → salah, dengan menggunakan hukum kekekalan momentum, kita dapat mengetahui bahwa kecepatan benda A setelah tumbukan lebih kecil dari sebelum tumbukan

fis 5b

fis 5c

4. Energi kinetik total kedua benda tetap → salah, pada tumbukan tidak lenting sama sekali, energi kinetik total kedua benda setelah tumbukan akan lebih kecil daripada energi kinetik total sebelum tumbukan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

KIMIA

1. Raka melakukan identifikasi larutan asam dan basa dengan menggunakan kertas lakmus. Hasil percobaan yang dilakukan adalah sebagai berikut.

kim 1a-3
Larutan yang senyawanya dapat melepaskan ion adalah ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. hanya 4
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4

 

Jawaban: C
Pembahasan:
Perubahan warna kertas lakmus saat dicelupkan dalam larutan asam dan basa adalah sebagai berikut.
Larutan asam

  • Lakmus biru -> merah
  • Lakmus merah ->  merah

Larutan basa

  • Lakmus merah -> biru
  • Lakmus biru ->  biru

Menurut Arrhenius, basa adalah spesi yang dapat melepaskan ion saat dilarutkan ke dalam air (membentuk larutan). Berdasarkan perubahan warna kertas lakmus di atas, larutan basa ditunjukkan oleh larutan 4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

2. Perhatikan gambar berikut!

kim 2a-2

Titran dan titrat secara berurutan ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 3 dan 4
d. 2 dan 4
e. 4 dan 2

 

Jawaban: D
Pembahasan:
Titran adalah larutan penitrasi yang berada di dalam buret, sedangkan titrat adalah larutan yang dititrasi yang berada di dalam labu Erlenmeyer. Keterangan dari gambar dapat disimpulkan sebagai berikut.

1 = buret
2 = titran
3 = statif
4 = titrat

Maka, titran dan titrat secara berurutan ditunjukkan oleh nomor 2 dan 4.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

3. Sebanyak 20 mL larutan KOH 0,2 M ditetesi larutan HCl 0,1 M. Jumlah volume asam yang digunakan untuk menitrasi basa tersebut adalah..

a. 20 mL
b. 40 mL
c. 10 mL
d. 4 mL
e. 2 mL

Jawaban: B
Pembahasan:
Volume asam yang digunakan untuk titrasi dapat dihitung melalui persamaan berikut.

kim 3a-3

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

4. Jungkook melakukan praktikum sifat-sifat koloid di sekolah. Dia akan menerapkan salah satu sifat koloid. Terdapat 4 gelas yang masing-masing gelas berisi air kopi, sirup, susu, dan air gula. Kemudian, keempat gelas tersebut disorot oleh cahaya senter. Sifat koloid yang diterapkan dan campuran yang akan menghamburkan cahaya adalah ….

a. efek Tyndall pada air kopi
b. efek Tyndall pada air susu
c. gerak Brown pada air gula
d. koagulasi pada air susu
e. gerak Brown pada air susu

 

Jawaban: B
Pembahasan:
Salah satu sifat koloid yang melibatkan penghamburan cahaya adalah efek Tyndall. Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya oleh partikel koloid menghasilkan berkas cahaya. Campuran yang tergolong ke dalam koloid adalah air susu. Air kopi merupakan campuran heterogen, sedangkan gula dan air sirup merupakan larutan (campuran homogen).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

5. Pasangan berikut yang merupakan koloid dengan medium pendispersi padat adalah ….

a. mutiara dan debu
b. jeli dan busa sabun
c. awan dan kabut
d. kaca berwarna dan mutiara
e. asap dan tinta

Jawaban: D
Pembahasan:

Jenis koloid yang menggunakan zat padat sebagai medium pendispersi adalah sebagai berikut.

  • sol padat: jenis koloid padat-padat, contohnya kaca berwarna dan mutiara.
  • emulsi padat: jenis koloid cair-padat, contohnya jeli dan mentega.
  • busa padat: jenis koloid gas-padat, contohnya batu apung.

Dengan demikian, pasangan yang merupakan koloid dengan medium pendispersi padat adalah kaca berwarna dan mutiara.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

MATEMATIKA IPA

1. Diketahui mtk 1a-Jun-11-2022-01-22-47-87-PM Jika mtk 1b-Jun-11-2022-01-23-21-97-PM maka nilai dari mtk 1c-Jun-11-2022-01-24-10-90-PM adalah..

a. 6
b. 10
c. 16
d. 20
e. 26

Jawaban: E
Pembahasan:

Karena mtk 1b-Jun-11-2022-01-23-21-97-PMmaka didapat mtk 1d-Jun-11-2022-01-25-48-60-PM

Diketahui mtk 1a-Jun-11-2022-01-22-47-87-PM sehingga didapat perhitungan sebagai berikut

mtk 1e-Jun-11-2022-01-26-44-29-PMOleh karena itu, nilai dari mtk 1c-Jun-11-2022-01-24-10-90-PM dapat dihitung sebagai berikut.

mtk 1f-4

Dengan demikian, nilai dari mtk 1c-Jun-11-2022-01-24-10-90-PM adalah 26.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

2. Nilai yang setara dengan mtk 2a-Jun-11-2022-01-30-34-52-PM adalah..

mtk 2b-Jun-11-2022-01-31-02-74-PM

Jawaban: C

Pembahasan:

Perhatikan tabel berikut!

mtk 2c-Jun-11-2022-01-31-54-36-PM

Oleh karena itu, nilai dari mtk 2a-Jun-11-2022-01-30-34-52-PM dapat dihitung sebagai berikut.

mtk 2d-Jun-11-2022-01-32-47-65-PM

Dapat diperhatikan pula pada tabel di atas bahwa mtk 1g-4

Dengan demikian, mtk 2a-Jun-11-2022-01-30-34-52-PM memiliki nilai yang sama dengan mtk 2e-4 .
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

3. Bentuk sederhana dari mtk 3a-Jun-11-2022-01-35-14-57-PM adalah..

mtk 3b-Jun-11-2022-01-35-51-45-PM

Jawaban: A

Pembahasan:

Ingat kembali identitas trigonometri berikut!

mtk 3c-Jun-11-2022-01-36-59-98-PM

Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.

mtk 3d-Jun-11-2022-01-37-46-86-PM

Dengan demikian, bentuk sederhana dari mtk 3a-Jun-11-2022-01-35-14-57-PM adalah -1

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

4. Diketahui segitiga ABC dengan mtk 4a-Jun-11-2022-01-39-52-38-PM Nilai dari mtk 4b-Jun-11-2022-01-40-37-93-PM adalah..

mtk 4c-4

Jawaban: E

Pembahasan:

Dapat diperhatikan bahwa mtk 4d-Jun-11-2022-01-42-05-26-PM sehingga didapat persamaan sebagai berikut.

mtk 4e-Jun-11-2022-01-42-39-48-PM

Kemudian, ingat bahwa mtk 4f-3Oleh karena itu, nilai darimtk 4b-Jun-11-2022-01-40-37-93-PM adalah sebagai berikut.

mtk 4g-2

Dengan demikian, nilai dari mtk 4b-Jun-11-2022-01-40-37-93-PM adalah -5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

5. Dari beberapa pilihan berikut, informasi yang tepat apabila mtk 5a-Jun-11-2022-01-48-26-14-PMberada di kuadran IV adalah ….

a. mtk 5b-Jun-11-2022-01-49-02-15-PMbernilai positif
b. mtk 5c-Jun-11-2022-01-56-28-72-PM dan mtk 5d-4 bernilai positif
c. mtk 5c-Jun-11-2022-01-56-28-72-PM dan mtk 5d-4 bernilai negatif
d. mtk 5c-Jun-11-2022-01-56-28-72-PM bernilai positif dan mtk 5d-4 bernilai negatif
e. mtk 5c-Jun-11-2022-01-56-28-72-PM bernilai negatif dan mtk 5d-4 bernilai positif

Jawaban: E
Pembahasan:
Ingat bahwa apabila berada di kuadran IV, maka dan bernilai negatif, sedangkan bernilai positif.
Dengan demikian, informasi yang tepat apabila berada di kuadran IV adalah bernilai negatif dan bernilai positif.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

SEPARATOR LATIHAN SOAL SMA-Jun-10-2022-02-15-38-23-AM

Ada kesulitan saat mengerjakan soal-soal di atas? Yuk, cobain live teaching bareng STAR Master Teacher Brain Academy! Bisa tanya jawab secara interaktif via aplikasi atau PC. Gurunya lulusan PTN ternama lho, pastinya bikin kamu lebih siap hadapi PAT.

[IDN] CTA Blog Kelas Gratis Brain Academy Online

MT Brain Academy